10 Cara Membangun dan Mengembangkan Daftar Email Anda

Tentunya Anda semua sudah tidak asing dengan online marketing. Tetapi di jaman sekarang ini, ketika mendengar online marketing kebanyakan orang menganggap bahwa itu hanyalah social media marketing. Padahal ada berbagai cara lain untuk melakukan online marketing, termasuk email marketing.

Email marketing adalah salah satu strategi online marketing yang sering dianggap remeh oleh orang banyak. Padahal strategi ini adalah strategi yang paling tepat untuk berhubungan dengan pelanggan Anda secara personal.

Langkah pertama untuk melakukan email marketing adalah dengan membangun list penerima email. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk membangun daftar email Anda.

Strategi membangun daftar email untuk website Anda

Pop-Up di website Anda

Mungkin selama ini Anda menganggap pop-up di website yang Anda kunjungi menganggu. Pop-up adalah cara yang ampuh untuk membuat pengunjung website Anda subscribe ke email Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh AWeber, pop-up form meningkatkan blog subscription sebanyak 1375% lebih banyak daripada cara tradisional. Sementara itu sebuah studi oleh Sumo menemukan bahwa 10% pop-up forms terbaik berhasil menambah blog subscription sebanyak 9.3%.

Agar pop-up yang Anda pasang tidak dianggap mengganggu oleh para pengunjung, Anda harus memperhatikan waktu munculnya pop-up Anda. Kebanyakan pemilik website lebih memilih untuk memunculkan pop-up tersebut di awal. Padahal bisa saja Anda kehilangan banyak pelanggan newsletter Anda karena itu. Salah satu waktu yang dianggap sebagai waktu yang tepat adalah di akhir sebuah konten. Kebanyakan pengunjung akan memutuskan apakah mereka akan membaca kembali dan berlangganan newsletter dari website Anda setelah membaca konten Anda. Dengan memunculkan pop-up tersebut di akhir konten, Anda akan secara tidak langsung meminta mereka untuk memutuskan saat itu juga untuk berlangganan ke newsletter Anda. Bagi Anda pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan plugin berlangganan untuk mempermudah Anda.

Waktu lain yang bisa membantu menambah daftar email Anda adalah saat pengunjung akan meninggalkan website Anda. WPBeginner melakukan strategi ini dan berhasil meningkatkan daftar emailnya sebesar 600 persen dengan menggunakan plugin OptinMonster untuk WordPress. Ketika Anda memasang pop-up saat seseorang akan menutup tab tersebut, Anda menarik kembali perhatian mereka. Pastikan bahwa pesan di pop-up Anda menarik sehingga mereka mau berlangganan newsletter Anda. Untuk pop-up yang lebih menarik, Anda bisa menggunakan kata-kata seperti ‘Yes, I will join the list’ or ‘Yes, I’m in’ dan tidak hanya ‘Join now’ atau ‘Submit.

Jika Anda tidak mau memasang pop-up di website Anda, Anda bisa memasang kolom di bagian atas atau bawah website Anda agar pengunjung dapat mendaftarkan emailnya. Tetapi perlu diingat bahwa strategi ini tidak akan bekerja sebaik menggunakan pop-up.

Tawarkan Insentif kepada Pelanggan

Anda bisa menawarkan insentif bagi pengunjung yang mendaftarkan diri ke newsletter Anda. Insentif ini bisa berupa kupon, diskon, atau bahkan ebook atau ecourse. Masih banyak pemilik website yang belum menawarkan insentif untuk mendorong orang berlangganan newsletter email mereka. Tentu saja ini menyebabkan kerugian yang signifikan pada mereka karena kehilangan pelanggan yang seharusnya mereka bisa dapatkan.

Seberapa efektif sebenarnya menawarkan insentif kepada pelanggan dalam membangun email list Anda? Sangat efektif. Salah satu cerita sukses datang dari website Flyte yang berhasil meningkatkan newsletter bulanan sebanyak 5,000 persen hanya dengan menawarkan insentif kepada orang-orang yang bergabung dengan newsletter mereka.

Dalam menawarkan insentif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Insentif Anda harus relevan dengan website Anda
  2. Topik dan insentif Anda menarik bagi pengunjung website Anda agar mereka mau berlangganan email Anda
  3. Beritahu pengunjung yang akan berlangganan bahwa mereka akan mendapat email secara regular dari Anda saat mereka mendaftar untuk mendapatkan insentif Anda
  4. Kirimkan insentif secepatnya setelah orang-orang telah mendaftar dan sekali lagi ingatkan bahwa mereka akan mendapat email dari Anda secara teratur.

Adakan Giveaway

Josh Earl, seorang blogger menemukan satu cara yang berhasil menambah list email blognya. Dalam upaya untuk membangun daftar emailnya dengan cepat, Earl memutuskan untuk mengadakan sebuah giveaway. Dia menawari orang software berbayar yang populer di pasar niche nya dan syarat untuk menang adalah untuk share tentang giveaway yang dia adakan dan berlangganan newsletter miliknya. Tentu saja banyak orang akan tertarik untuk bergabung dengan sebuah giveaway yang berhadiah software berbayar? Earl berhasil mendapatkan 482.044 pengunjung ke blognya dan mendapatkan 187.991 pelanggan ke daftar emailnya dalam waktu 11 hari,  semuanya karena giveaway yang dia adakan. Jika Anda bisa melakukan giveaway dengan benar, strategi ini bisa benar-benar membantu dalam membangun daftar email Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba dalam mengadakan giveaway:

Pertama, pastikan insentif yang Anda tawarkan kepada pengunjung Anda relevan dan merupakan sesuatu yang diminati oleh banyak orang pada niche Anda. Membagikan gadget sebagai hadiah dari giveaway memang pasti akan diminati banyak orang. Tetapi, apakah itu relevan dengan bisnis Anda? Apakah orang-orang akan tetap mengunjungi bisnis Anda dan berlangganan newsletter dari Anda setelahnya? Jika Anda membagikan hadiah yang relevan, tentunya akan membuat orang-orang ini tetap berlangganan.

Yang kedua adalah jadikan berlangganan newsletter dari website Anda sebagai salah satu syarat yang harus mereka lakukan karena ini adalah tujuan utama dari giveaway yang Anda adakan, yaitu menambah daftar email website Anda.

Cara terakhir adalah untuk memberi poin lebih bagi mereka yang menyebarluaskan giveaway Anda di social media atau mengundang teman mereka untuk bergabung. Cara ini dapat membuat orang-orang menjadi lebih bersemangat untuk bergabung dengan giveaway yang Anda adakan.

Adakan challenge

Untuk menarik perhatian, coba adakan sebuah challenge. Challenge yang dimaksud disini adalah challenge seperti misalnya menulis blog post selama 30 hari dengan topik yang berbeda setiap harinya atau instagram challenge, dimana peserta harus mengupload photo di instagram setiap harinya untuk periode waktu tertentu. Challenge – challenge seperti ini dapat membantu membangun daftar email karena challenge-challenge yang dimaksud disini biasa berdurasi cukup panjang, kegiatan ini bisa membantu menciptakan ikatan dan kedekatan antara Anda dan peserta challenge. Kedekatan ini akan membuat mereka lebih percaya kepada Anda dan tidak ragu untuk berlangganan newsletter Anda.

Natalie Sisson, seorang penulis, menjalankan challenge ini untuk membangun daftar emailnya sebelum peluncuran bukunya. Sisson mengadakan sebuah blog challenge dimana dia memberikan topik bagi para pesertanya untuk menulis berbagai konten selama 30 hari. Challenge yang diadakannya sangatlah sukses sampai-sampai Sisson mengatakan bahwa challenge seperti ini adalah inisiatif paling sukses yang pernah dia lakukan di blognya. Challenge yang dia adakan berhasil menambahkan 1,000 lebih pelanggan ke daftar emailnya, membantu bukunya untuk menjadi bestseller #1, dan peningkatan traffic website sebanyak 100 persen.

Sebelum memulai challenge ini, adakan survey untuk pengunjung website Anda. Tujuan dari survey ini adalah untuk melihat hal apa yang paling mereka butuhkan dan jalankan challenge yang berkaitan dengan apa yang mereka butuhkan. Jadikan mendaftarkan diri untuk berlangganan newsletter Anda sebagai persyaratan untuk berpartisipasi dalam tantangan ini. Anda akan dikejutkan dengan betapa sukses strategi ini nantinya.

Lakukan peningkatan konten

Meningkatkan konten blog menjadi sangat populer beberapa waktu lalu dan strategi ini adalah strategi yang harus Anda coba lakukan. Peningkatan konten akan menjadi semakin populer karena dua alasan. Yang pertama, peningkatan konten memberi kesempatan kepada pelanggan untuk menerima tawaran konten yang relevan.

Peningkatan konten juga memungkinkan Anda untuk mengelompokkan pengunjung website Anda. Penelitian dari MarketingSherpa menunjukkan bahwa Anda bisa mendapat hingga 208 persen kenaikan conversion rate dengan cara pengelompokkan ini dan mengirim email yang dirancang khusus untuk pelanggan tersebut.

Bila Anda mempertimbangkan dua faktor di atas, Anda dapat dengan jelas melihat bahwa peningkatan konten adalah masa depan pembuatan daftar email dan akan menjadi lebih menonjol pada tahun 2017. Brian Dean melaporkan peningkatan konversi 785 persen dalam satu hari hanya dengan menerapkan peningkatan konten.

Untuk melakukan strategi ini, Anda hanya perlu menawarkan konten yang sudah Anda perdalam kepada pelanggan melalui pop-up opt-in form di website Anda. Sebagai contoh, jika artikel Anda adalah ‘5 Cara untuk Meningkatkan Traffic’, tawarkan content upgrade ’20 Cara untuk Meningkatkan Traffic’. Tekankan bahwa pengunjung hanya akan mendapatkan konten yang sudah diperdalam isinya apabila mereka sudah mendaftar ke daftar email Anda. Mengenai segmentasi, Anda bisa mengetahui dan yakin bahwa mereka tertarik dengan topik itu karena mereka sudah membaca topik itu di blog Anda. Jika Anda menawarkan konten yang lebih mendalam, tentu mereka akan berlangganan newsletter Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara-cara menulis konten yang lengkap, Anda bisa membaca panduan copywriting yang pernah kami rilis sebelumnya.

Lakukan peningkatan konten pada guest posts yang pernah Anda tulis untuk website atau blog lain

Mirip dengan peningkatan konten, peningkatan pada guest post pada dasarnya adalah meningkatkan kembali guest post yang pernah Anda tulis untuk website atau blog lain dan menawarkan peningkatan tersebut kepada pengunjung website dan blog tersebut. Satu-satunya perbedaan antara guest post dengan peningkatan konten hanyalah pada lokasi post tersebut. Anda tidak melakukannya di website atau blog milik Anda sendiri tetapi di website atau blog milik orang lain.

Peningkatan konten pada guest post sudah dibuktikan sebagai strategi yang berhasil oleh banyak influencer. Seorang blogger bernama Bryan Harris mengatakan bahwa dia berhasil menambah daftar emailnya sebanyak 500 orang setiap kali dia mengedit ulang konten guest post yang pernah ditulisnya untuk website lain.

Ada beberapa hal yang perlu diingat untuk membuat strategi ini bekerja untuk Anda:

  1. Perhatikan kualitas tulisan Anda. Pastikan bahwa konten yang Anda berikan adalah konten yang komprehensif dan praktis. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah pelanggan yang bisa Anda dapatkan, namun juga mengurangi kemungkinan pemilik blog menghapus konten yang sudah Anda perbaiki.
  2. Sertakan resource lampiran ke blog post Anda jika memungkinkan – lebih banyak orang ingin mendownload resource lampiran yang melengkapi posting Anda. Resource yang paling sering disertakan oleh para blogger dalam konten mereka adalah lampiran checklist.
  3. Sebutkan bahwa Anda akan memberikan konten yang lebih mendalam atau bahwa Anda telah mengupdate konten ini di bagian awal konten Anda. Ini akan membuat orang-orang penasaran dan menimbulkan rasa ingin tahu yang pada akhirnya akan meningkatkan konversi secara besar-besaran.
  4. Ketika Anda akhirnya memperkenalkan peningkatan isi konten Anda, pastikan Anda mengarahkan orang ke landing page yang secara khusus disesuaikan untuk blog yang akan mempublikasikan konten tersebut.

Memanfaatkan Qualaroo untuk membangun daftar email Anda dengan cepat

Salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk membantu membangun daftar email Anda dengan cepat adalah dengan memanfatkan tools survey Qualaroo. Tool ini adalah sebuah website khusus survey yang menanyakan pertanyaan survey langsung ke pengunjung website Anda ketika mereka mengunjunginya.

Salah satu cerita sukses adalah dari the University of Alberta. Mereka menggunakan Qualaroo untuk mengajak pengunjung website mereka berlangganan ke email newsletter milik mereka. Mereka melakukan ini dengan menanyakan hal ini kepada pengunjung dengan menggunakan Qualaroo dimana ada fitur jika mereka memilih yes, pengunjung dapat langsung memasukkan email mereka dan maka secara otomatis terdaftar di daftar email milik University of Alberta.

Optimasi halaman konfirmasi e-mail

Terkadang orang yang sudah memasukkan alamat email mereka tidak mengkonfirmasi email mereka. Ada banyak alasan yang bisa terjadi, misalnya email konfirmasi terkirim ke folder spam/junk mereka atau mereka tiba-tiba saja berubah pikiran.

Untuk menghindari masalah yang kedua, ada satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu mengoptimasi halaman konfirmasi e-mail Anda. Bagaimana caranya? Ada 3 langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Dengan menyebutkan kembali apa saja manfaat yang akan orang-orang dapatkan jika mereka berlangganan e-mail dari Anda.
  • Gunakan call-to-action yang kuat, seperti misalnya ‘Ayo segera subscribe sekarang’. Jika seseorang tidak langsung mengkonfirmasi email mereka saat itu juga, kemungkinan besar mereka tidak akan pernah mengkonfirmasi email tersebut.
  • Anda bisa menjelaskan cara konfirmasi email dengan memasukkan panduan visual di e-mail yang Anda kirim.

Tampilkan jumlah pelanggan dan testimonial untuk meyakinkan pengunjung

Menampilkan jumlah pelanggan email Anda dapat membantu meyakinkan pengunjung untuk ikut berlangganan, apalagi jika jumlah pelanggan email Anda sudah banyak. Tetapi jika jumlah pelanggan email Anda masih sedikit, sebaiknya Anda tidak melakukan ini.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan orang-orang untuk berlangganan email Anda adalah dengan menampilkan review dari para pelanggan Anda di website. Tampilkan testimonial dari orang-orang yang sudah bergabung di newsletter Anda dan merasa terbantu karenanya. Testimonial sendiri bisa lebih bekerja dibanding sekedar menunjukkan jumlah orang yang telah berlangganan newsletter Anda.

Integrasikan email marketing dengan video marketing dan social media marketing

Strategi lain yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan video marketing dan social media marketing. Anda bisa memberikan pilihan untuk mendaftarkan email mereka di akhir sebuah video yang Anda upload ke channel YouTube/Vimeo Anda. Letakkan sebuah link di layar video Anda yang akan langsung membawa penonton video dan pengunjung ke sebuah squeeze page untuk mendaftarkan email mereka. Setelah itu, Anda bisa langsung mengirimkan sebuah hadiah bagi pelanggan baru Anda. Misalnya jika video Anda tentang bagaimana cara membuat jadwal dan menyusun menu makanan untuk seminggu, Anda bisa mengirimkan resep-resep makanan yang bisa disiapkan dalam waktu singkat atau sebuah dokumen bagi mereka untuk menjadwalkan makanan mereka. Untuk social media, Anda bisa mempromosikan newsletter Anda di Twitter atau social media Anda lainnya.

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan