10 Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil

Ketika pertama kali memulai bisnis, Anda mungkin melakukan banyak riset. Anda banyak bertanya, mendapat informasi dari berbagai buku, majalah, serta sumber lain yang tersedia. Anda banyak berinvestasi dalam bentuk uang dan waktu  untuk mengembangkan usaha yang Anda jalani, lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Bagi Anda yang telah bertahan memulai dan membangun bisnis dan berhasil, Anda tentu ingin tahu bagaimana langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi jauh lebih baik dari yang sudah ada saat ini. Ada banyak cara untuk melakukannya, dan kami mempunyai 10 ide mengembangkan bisnis berskala kecil sebagai informasi bermanfaat untuk Anda.

 

Memilih ide yang tepat untuk bisnis Anda akan bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki, sumber daya yang tersedia, dan seberapa banyak uang dan waktu yang ingin Anda investasikan kembali.

 

Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil Dengan Membuka Bisnis Di Lokasi Lain

Membuka bisnis di lokasi lain mungkin tidak menjadi pilihan terbaik untuk ekspansi bisnis Anda, tapi ini jadi urutan pertama karena ini yang sering muncul di pikiran kebanyakan wirausahawan untuk mengembangkan usaha. Ekspansi fisik tidak selalu jadi jawaban terbaik tanpa penelitian dan perencanaan yang teliti menurut penulis dan konsultan bernama Frances McGuckin. Berikut beberapa tips untuk siapa saja yang ingin membuka bisnis di lokasi lain:

  • Pastikan Anda memperoleh keuntungan yang konsisten dan Anda menunjukkan pertumbuhan stabil selama beberapa tahun terakhir.
  • Lihat tren yang ada, baik secara ekonomi maupun konsumen, sebagai indikasi kekuatan perusahaan Anda.
  • Pastikan Anda memiliki sistem administratif dan tim manajemen yang bagus. Anda membutuhkan poin ini untuk membuka bisnis di lokasi baru dan menjalankannya.
  • Siapkan rencana bisnis yang lengkap di lokasi yang baru.
  • Pilih lokasi berdasarkan apa yang terbaik untuk bisnis Anda, bukan untuk dompet Anda.

Memang ada beberapa cara untuk mengembangkan bisnis dengan menjadikan produk atau layanan Anda tersedia untuk para pelanggan baru. Tapi yang paling jelas adalah membuka toko di lokasi baru seperti membuka sebuah toko atau kios di kota lain.

Lokasi baru bisa juga bersifat virtual, seperti website dengan toko online. Pendekatan lain untuk meningkatkan jangkauan ke konsumen adalah melalui iklan. Setelah mengidentifikasi pasar baru Anda, Anda bisa membuat iklan di media pilihan yang menargetkan pasar tersebut. Bila pasar baru Anda merupakan penduduk usia muda, Anda bisa gunakan media sosial sebagai iklannya.

Membuka Franchise

Cerita tentang pengusaha yang menjadi terkenal sekaligus sukses karena  bisnis franchise sudah banyak sekali kita dengar dan ini bukan sekedar cerita. Bila Anda memiliki bisnis yang berhasil dan bisa mengembangkan sistem ini sehingga orang lan bisa menduplikasi keberhasilan Anda, franchise bisa jadi jalur cepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Lisensikan Produk Anda

Ini jadi ide yang efektif dengan biaya rendah, khususnya bila Anda memiliki produk layanan atau produk bermerek. Anda bisa menerima royalti dari penjualan atau penggunaan software atau nama merek Anda. Lisensi juga meminimalisir resiko dan biayanya lebih rendah dibanding dengan harga untuk memulai perusahaan sendiri dan memprouduksi serta menjual merek atau produk Anda.

Untuk memperoleh partner lisensi, mulailah dengan meriset perusahaan yang menyediakan produk atau layanan serupa dengan Anda. Tapi sebelum memulai pertemuan atau menghubungi perusahaan lain, temui pengacara yang kompeten yang spesialis dalam hak properti intelektual. Ini berguna untuk mengurangi resiko kehilangan kontrol pada produk atau layanan Anda.

Inovasi Produk Dan Jasa

Menemukan dan mempromosikan kegunaan baru dari produk atau layanan Anda jadi cara yang tepat untuk pelanggan yang sudah ada agar membeli kembali dan menarik pelanggan baru. Pada dasarnya, inovasi berarti memperkenalkan sesuatu yang baru dari bisnis Anda. Ini bisa berupa:

  • Meningkatkan atau menggantikan proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas atau memperluas rentang dan kualitas produk atau layanan.
  • Mengembangkan produk dan layanan yang sepenuhnya baru, untuk menyesuaikan dengan perubahan pelanggan atau permintaan pelanggan.
  • Menambahkan nilai pada produk, layanan, atau pasar yang sudah ada untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor dan meningkatkan nilai ke pelanggan dan pasar.

Diversifikasi

Ada beberapa ide untuk memvariasikan saluran produk atau jasa Anda:

  • menjual produk atau layanan yang saling melengkapi
  • impor atau ekspor produk Anda
  • menjadi pembicara yang dibayar atau kolumnis
  • mengajar di kelas edukasi bisnis

Diversifikasi bisnis jadi strategi pengembangan yang bagus, karena membuat Anda memperoleh saluran income lebih banyak yang tentunya akan meningkatkan penjualan dan margin keuntungan.

Targetkan Market Lain

Market Anda yang sekarang sudah baik, tapi adakah yang lain? Bila market konsumen Anda mulai dari remaja hingga mahasiswa, pikirkan tentang dimana mereka menghabiskan waktu? Mungkinkan Anda memperkenalkan bisnis Anda ke sekolah, klub, atau kampus? Anda bisa tawarkan diskon ke klub minat tertentu atau mendonasikan sebagian keuntungan ke sekolah atau asosiasi lain. Bawa produk Anda ke market yang membutuhkannya.

Perdalam Market Yang Sudah Ada

Ketika berbicara tentang bagaimana mengembangkan bisnis, satu ide yang muncul di pikiran adalah memperoleh pelanggan baru. Tapi pelanggan yang sudah Anda miliki jadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Akan lebih mudah dan efektif dari segi harga untuk membuat orang yang sudah membeli dari Anda untuk membeli kembali dibanding menemukan pelanggan baru dan membujuk mereka untuk membeli dari Anda.

Bergabung Dengan Bisnis Lain

Merger yang sebenarnya terjadi secara legal ketika dua bisnis menyatu dan menggabungkan aset menjadi kesatuan yang baru terbentuk. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam merger bisnis:

  • Sediakan waktu untuk mengetahui pemilik bisnis lain, personalitas dan komitmen mereka di masa mendatang.
  • Area penting yang perlu Anda ketahui:
  1. Kondisi keuangan
  2. Riwayat bisnis
  3. Deskripsi operasi bisnis
  4. Detail tentang hutang yang dimiliki
  5. Kontrak pegawai
  6. Dokumen lain yang penting untuk kelancaran operasi bisnis. Meski tidak banyak orang yang suka membaca laporan keuangan, ini jadi bagian yang penting karena Anda akan ikut bertanggung jawab bila timbul masalah di kemudian hari.
  • Pahamai kalau tahap awal merger biasanya butuh 3 hingga 9 bulan
  • Sadari kalau merger bisa merusak performa bisnis Anda sendiri karena waktu yang Anda habiskan untuk ini. Perhatikan layanan konsumen, karena jauh lebih mudah untuk mempertahankan klien yang sudah ada dibanding memperoleh yang baru.
  • Siap menghadapi produktifitas yang lamban di tahap awal dan masalah lain dengan pegawai dan tempat kerja.
  • Tetap bersikap positif dan tunjukank rasa percaya diri tentang merger ini di depan klien dan staf.
  • Jangan terburu-buru, tapi jangan juga biarkan proses merger berlarut-larut. Pada kebanyakan kasus, beberapa pertemuan antara pemilik bisnis dan pengacara menjadi penting untuk mengetahui semua detail.
  • Jangan lakukan merger bila keuntungan hanya berada di satu pihak atau salah-satu pihak merasa tidak puas. Bahas masalah ini di awal negosiasi.
  • Jangan biarkan pihak ketiga memaksa Anda untuk merger hanya agar mereka mendapat komisi.
  • Jangan sampai pegawai tahu tentang merger dari sumber lain, beritahukan ke mereka sejak awal, berikan update informsi dan  kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.
  • Jangan terlalu dipikirkan bila beberapa pegawai mengundurkan diri, karena ini biasa terjadi setelah merger. Ini bagin dari proses merger dan bersiaplah menghadapinya.
  • Jangan harap produktifitas akan segera meningkat. Buat target jangka pendek yang akan dicapai.

Dengan kesabaran dan ketekunan, manfaat bagi kedua belah pihak akan terasa luar biasa. Perencanaan jadi hal penting, ikuti rencana yang sudah dibuat. Diskusikan prosesnya dan bahas kemajuan yang telah dicapai.

Ekspansi Secara Global

Anda tidak perlu membuka bisnis lain untuk ekspansi secara global. Anda hanya perlu memprioritaskan penawaran untuk market internasional. Anda juga membutuhkan distributor asing yang akan membawa produk Anda dan menjulanya di pasar domestik mereka.

Dengan investigasi mendalam, perencanaan efektif, dan eksekusi kreatif, banyak perusahaan bisa sukses di pasar global saat ini. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

  • Kenali perusahaan dan industri Anda. Sebelum menentukan apakah produk atau layanan Anda sesuai untuk pasar global, Anda perlu memiliki gambaran jelas tentang industri Anda saat ini, dan posisinya di masa mendatang. Pertimbangkan berbagai hal yang bisa merubah saluran produk atau layanan Anda nantinya.
  • Tentukan bagaimana perubahan model bisnis Anda. Ada banyak cara perusahaan memasuki pasar asing, termasuk ekspor, import, lisensi, joint venture, dan produksi off-shore. Untuk bisnis yang memproduksi atau menjual kembali produk, ekspor biasanya jadi metode paling mudah dan minim resiko.
  • Identifikasi dan investigasi pasar target. Anda harus menemukan pasar yang membutuhkan apa yang Anda tawarkan. Tapi masalahnya bukan hanya pada permintaan pasar. Anda perlu pertimbangkan faktor lain yang berdampak pada kemampuan Anda memperdalam pasar. Anda akan membutuhkan beberapa penyesuaian seperti mengubah material produksi untuk memenuhi persyaratan lingkungan di beberapa negara.
  • Kembangkan rencana bisnis. Rencana bisnis yang Anda buat ketika membuka usaha dan rencana lain yang Anda buat untuk operasi dan ekspansi domestik, tidak akan cocok diaplikasikan secara langsung untuk pasar asing. Anda mungkin bisa mengadaptasinya atau membuat rencana yang benar-benar baru. Ada banyak aspek yang perlu diperhitungkan, termasuk:
  1. Pelanggan atau pasar potensial
  2. Strategi ekspor/impor
  3. Biaya tambahan, misalnya pengiriman dan penyimpanan
  4. Model penjualan
  5. Persyaratan legal

Ekspansi Melalui Internet

Bill Gates mengatakan di akhir tahun 2002 hanya akan ada dua jenis bisnis, bisnis dengan keberadaan internet dan bisnis yang tanpa bisnis sama sekali. Mungkin ini pernyataan yang berlebihan, tapi website yang efektif jadi bagian tak terpisahkan dari bisnis saat ini. Anda bisa baca informasi kami tentang teknologi cloud hosting.

Menempatkan website Anda di hasil pencarian atas adalah kuncinya. Lebih dari 80 persen traffic datang dari mesin pencari. Saat ini ada lebih dari 4 milyar halaman web dan traffic di internet yang berlipat ganda jumlahnya setiap 100 hari, karenanya membuat website Anda terlihat jadi hal penting. Anda bisa pelajari cara meningkatkan peringkat posting di mesin pencari.

Anda perlu senjata untuk mencapai ini. Design dan program memang penting, tapi konten Anda yang akan menarik pengunjung ke situs Anda dan membuat mereka betah. Menyatukan strategi konten berdasarkan perilaku pengguna, mengukur dan melacak aliran klik pengunjung, dan menulis konten berkualitas berdasarkan riset kata kunci akan membuat Anda memperoleh hasil pencarian yang bagus dan memenuhi kebutuhan pengunjung Anda.

Setelah penjelasan rinci di atas, kini Anda bisa tentukan ide mana yang bisa Anda aplikasikan untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan jenis usaha yang Anda jalankan.

796 total views, 8 views today