10 Tren Desain Website di Tahun 2018

10 tren desain website tahun 2018 dewaweb

Desain website adalah salah satu elemen penting pada website. Desain sebuah website dapat menentukan apakah pengunjung akan tertarik untuk mengeksplor website kita. Selain itu, desain website yang tepat juga dapat membantu kita untuk terus mengoptimasikan SEO website kita.

Tren Desain Web 2018

Di tahun 2018 ini, website diprediksikan akan fokus untuk memberikan pengalaman yang kaya kepada pengunjung website. Teknologi seperti virtual reality, machine learning, dan voice user interface telah diolah dan sekarang sudah mulai menjadi mainstream. Diprediksikan bahwa kita akan melihat banyak desain yang bersih dan minimalis, dengan integrasi teknologi immersive pada berbagai website. Baca terus untuk mengetahui tren desain website seperti apa yang diprediksikan akan banyak terjadi di tahun 2018!

Menggunakan Flat Design

Di tahun 2017, desainer dan developer mulai membuat website yang simpel dan bersih dengan tujuan untuk meningkatkan performa website pada mobile.

Desain bersih dan minimalis yang loading dengan cepat sangat trendi dan diminati karena beberapa alasan. Di jaman sekarang, pengguna ponsel dan pengguna dekstop menginginkan situs web dengan waktu loading yang cepat, tampilan yang menarik, dan SEO yang dioptimasi pada layout mereka. Inilah sebabnya mengapa flat design mulai menjadi populer dan akan terus populer di tahun 2018.

Yang dimaksud dengan flat design sendiri bukan berarti desain website Anda menjadi hanya dua dimensi. Flat design menekankan minimalism dan usability. Berikut adalah beberapa poin yang berhubungan dengan flat design.

Menjadikan Mobile Sebagai Prioritas

Menurut studi dari Statista , di tahun 2016 kemarin, 43.6% dari jumlah seluruh traffic website di dunia datang dari perangkat mobile. Angka ini adalah kenaikan dari 35.1% di tahun sebelumnya. Setiap tahunnya, web desain yang mobile-friendly semakin dibutuhkan dan tren tersebutnya sepertinya akan terus berjalan.

Website yang memiliki banyak gambar biasa membutuhkan waktu lebih banyak untuk loading dan membuat pengguna mobile frustasi karena kelambatannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jumlah orang-orang yang menggunakan mobile device untuk mengakses website akan terus meningkat dan desain yang mengedepankan mobile adalah suatu keharusan.
Di tahun 2018, Google akan menggunakan Mobile First Index , yang membuat website versi mobile Anda menjadi semakin penting dalam memastikan bahwa website Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian. Ini tentunya semakin menekan website Anda untuk memiliki desain yang mobile-friendly.

Accelerated Mobile Pages (AMP) juga menjadi lebih penting. Jika Anda belum pernah mendengar tentang ini, AMP adalah standar pengkodean open source untuk penerbit yang memungkinkan mereka memiliki waktu loading website yang cepat di mobile device. Situs web mobile tradisional bisa sedikit kikuk, namun AMP meningkatkan pengalaman mobile dengan cara mengurangi penggunaan kode, menggunakan sumber daya eksternal untuk file media dan menjalankan skrip secara paralel sehingga halaman web Anda dapat dimuat seketika.

Jika Anda merancang situs baru atau memperkuat situs yang ada, AMP adalah suatu keharusan untuk tahun 2018. Tidak ada pelanggan potensial yang menyukai halaman yang memiliki waktu loading lambat, dan Anda tentunya tidak ingin kehilangan pelanggan potensial hanya karena ini.

Desain yang responsif

Anda pasti sudah familiar dengan aturan desain website yang responsif. Desain responsif sebenarnya lebih sering dianggap sebagai sebuah prinsip desain dibanding sebuah tren. Namun, kepentingannya tidak bisa diabaikan karena desain yang responsif merupakan salah satu aturan yang dapat membantu SEO Anda.

Desain yang responsif adalah ketika situs web Anda dirancang sedemikian rupa sehingga dapat berubah ukuran agar terlihat menarik di berbagai ukuran layar, baik untuk smartphone, tablet, TV, hardware dan desktop.

Meskipun revolusi UX telah berlangsung hampir satu dekade, namun ini baru saja diimplementasikan dalam skala yang lebih luas. Pada 2018, diprediksi bahwa elemen desain ini akan terus berkembang dan mengintegrasikan bentuk teknologi baru seperti Augmented Reality dan Virtual Reality.

Font yang menonjol dan warna-warna cerah

Mungkin kata minimalis membuat Anda membayangkan design web yang membosankan. Padahal bukan itu maksudnya. Dengan layout yang minimalis, Anda dapat mengkontraskannya dengan warna-warna cerah dan font yang menarik perhatian.

Dengan font yang menonjol, pengunjung website Anda dapat fokus dengan konten Anda. Selain itu, whitespace pada desain website Anda membantu website Anda untuk menjadi mudah dibaca.

Orang-orang juga biasa hanya melihat website Anda selama beberapa menit atau bahkan detik sehingga Anda perlu menarik perhatian mereka dengan warna dan desain yang menarik. Tujuan dari desain web Anda adalah untuk menciptakan experience yang mudah dan dapat dinikmati oleh para pengujung agar mereka tinggal di website Anda untuk beberapa lama dan menjadikan mereka customer Anda.

Di tahun 2018, diperkirakan bahwa kita akan melihat lebih banyak permainan fonts dan warna pada desain website dibanding gambar. Ini bukan sesuatu yang mengherankan mengingat diperlukannya desain yang optimal untuk mobile. Menggunakan gambar dapat memperlambat waktu loading website. Sementara menggunakan typography pada desain website tidak akan memiliki akibat apapun pada website Anda. Selain itu memanfaatkan warna dapat membantu Anda membuat sebuah halaman web dengan tombol call-to-actions yang menarik perhatian. Typography diperkirakan akan mengalahkan tombol-tombol dan gambar untuk call-to-actions .

Layout dengan Susunan Grid ‘Berantakan’

Layout grid menyediakan cara yang mudah bagi perancang untuk mengikat semua elemen halaman web mereka secara bersamaan, memberi setiap halaman sebuah tema dan membuatnya lebih mudah dinavigasi. Teori desain ini telah ada selamanya, tapi ada pergeseran dalam cara penggunaannya.

Banyak content management system (CMS), termasuk platform populer seperti WordPress, menggunakan desain grid sebagai dasar templatenya. Pada bulan Maret 2017, grid CSS diperkenalkan untuk memberi para desainer pilihan lebih banyak.

Grid berantakan design web
Pada tahun 2018, kita akan melihat pergeseran ke arah desain yang menggunakan ruang yang lebih netral dan tata letak grid yang tidak beraturan untuk gaya desain ultra modern . Gaya sederhana yang mencakup penggunaan ruang putih (atau ruang negatif) membuat konten menonjol sehingga lebih mudah dibaca dan dinavigasi. Gaya ini juga lebih eye-catching yang tentunya akan mendorong pengguna untuk meluangkan lebih banyak waktu di situs Anda.

Typography yang ekspresif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan semakin minimalis layout website, web designer diprediksikan akan menjadi lebih kreatif dalam typography mereka.

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, waktu loading yang cepat akan membantu SEO dan user experience pengunjung website Anda. Typography dapat membantu mengurangi beban gambar pada sebuah website dan tetap menarik perhatian pengunjung website.


Bagi beberapa orang, typography mungkin tidak terdengar seperti elemen desain yang sangat menarik sama sekali. Gothic atau modern, serif atau sans, script atau slab, apa bedanya? Setiap gaya typography, terlepas dari apa kata-kata sebenarnya, memiliki kemampuan untuk membawa pikiran Anda ke asosiasi tertentu, bahkan secara tidak sadar. Font gothic biasanya akan mengingatkan Anda pada Eropa, sejarah, gereja, dan bahasa kuno. Typography modern hadir di kebanyakan logo untuk perusahaan-perusahaan teknologi besar saat ini dan font tertentu dapat mengingatkan Anda pada brand mereka. Script mengingatkan orang tentang pesta mewah dan feminisme sedangkan font slab dikaitkan dengan sesuatu yang kuat.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan rela membayar sejumlah besar uang untuk mengembangkan font khusus untuk brand mereka. Brand besar seperti Intel dan AirBnB bahkan rela mengembangkan font khusus untuk nama mereka. Memanfaatkan typography dan kemudian menempatkannya di latar belakang flat design dapat menciptakan desain web yang kuat dan menarik perhatian pengunjung website.

Logo Animasi dan Scroll Triggered Animation

Teknologi sudah semakin maju dan browser web menangani animasi jauh lebih baik daripada sebelumnya. Animasi dulunya sangat mencolok dan bahkan dianggap mengganggu. Namun, di tahun 2018, animasi diprediksikan akan menjadi semakin banyak. Mulai dari logo animasi sampai scroll-triggered animation.

Menggunakan scrolled animation

Scrolled animation mendorong pengguna untuk terus menggulir ke bawah halaman situs web Anda dengan elemen interaktif yang dibuat secara khusus dengan harapan untuk meningkatkan keterlibatan (engagement). Penggunaan scrolled-triggered animation telah meningkat akhir-akhir ini dan karena tidak memerlukan data dengan jumlah besar untuk didownload ke device atau browser agar terlihat menarik. Animasi seperti ini, saat dipikirkan dengan matang, dikodekan, dan diterapkan dengan baik ke desain website Anda, dapat membantu brand Anda dengan membuat perusahaan Anda terlihat lebih profesional dan modern daripada pesaing.

Scrolled animation ini bukanlah hal baru, tapi sudah mulai digunakan dengan cara baru. Scrolled animation adalah scrolled animation yang minimalis, edukatif dan strategis, dirancang untuk meningkatkan konversi . Scrolled trigger animation akan menarik pengguna ke titik konversi dengan memberi insentif kepada mereka untuk menggulir ke formulir kontak dan elemen untuk mengumpulkan lead lainnya.

Scrolled animation juga bisa membersihkan tampilan dan nuansa situs Anda. Alih-alih memiliki koleksi tombol dan menu, situs Anda akan menyediakan pengalaman interaktif yang lebih menarik bagi pengguna dan pengunjung website Anda.

Logo Animasi

Logo animasi juga merupakan tren desain website yang bisa sangat membantu bisnis dan situs Anda. Visual dinamis lebih berkesan bagi pikiran kita dan lebih mudah dipahami. Ini jugalah alasan mengapa konten video sangat populer dan bermanfaat.

Logo perusahaan harusnya menjadi bagian yang paling mengesankan dari sebuah brand. Dengan logo animasi, Anda dapat membantu brand awareness dan membantu membuat perusahaan Anda mudah diingat.

Selain membuat perusahaan Anda mudah diingat, logo animasi membantu menceritakan kisah brand Anda. Mereka dapat membantu membangkitkan emosi melalui gambar atau warna transisi. Jadi jika produk atau layanan Anda lebih rumit, animasi benar-benar dapat membantu menjelaskan bisnis Anda secara lebih lengkap kepada calon pelanggan Anda.

Yang terpenting, logo Anda adalah salah satu gambar pertama bisnis Anda yang dilihat oleh pelanggan dan calon pelanggan Anda, sehingga Anda perlu memberi banyak emosi positif dengan cepat dan segera. Logo animasi berbeda dari apa yang kebanyakan pengguna biasanya lihat dan tentunya akan membuat brand Anda mudah diingat oleh orang-orang.

Internet of Things

Internet of Things (IoT) menggunakan teknologi untuk menghubungkan perangkat ke internet. Contoh dari IoT termasuk smart light bulbs, seperti Phillips Hue dan aplikasi yang membantu Anda melacak kunci yang hilang .

Situs web pasti menggunakan teknologi IoT. Pada tahun 2018, diprediksikan kita akan melihat interface IoT di situs web yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan perangkat cerdas. Situs yang lebih cerdas memiliki backend yang lebih kompleks, namun web developer profesional akan membuat Anda terhubung dan membuat interface yang mudah digunakan.

Virtual Reality Video

Pada tahun 2017, kita menyaksikan munculnya video di situs web. Sepertinya setiap situs memiliki intro video, jadi kita bisa melihat wajah dibalik produk dan layanan yang kita pakai setiap hari. Selain itu, di tahun 2017 ini juga ada peningkatan aplikasi dan layanan yang mempermudah pembuatan video.

Di tahun 2018, website diprediksikan akan membuat video yang lebih canggih dan immersive. Bersiap-siaplah untuk melihat situs web menggunakan 360 video, 360 modeling, pemetaan video, dan video interaktif.

desain website immersive

Chatbots, Machine Learning, dan Artificial Intelligence

Hal-hal di atas mungkin terdengar seperti sesuatu dari film science fiction. Tetapi ketiganya sudah mulai menjadi mainstream.
Selama bertahun-tahun, kita semakin sering berkomunikasi dengan bot. Anda mungkin pernah berbicara dengan bot terakhir kali Anda menghubungi provider handphone Anda.

Awalnya, bot ini sepertinya membuat lebih sulit untuk memecahkan masalah, tapi selama bertahun-tahun, mereka menjadi lebih pintar berkat peningkatan kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) dan pembelajaran mesin. Ini juga mengapa Facebook mengenal kita dengan baik. Facebook telah mengetahui seperti apa penampilan kami dan bertanya apakah kami ingin menandai diri di foto. Facebook juga menggunakan data lokasi dan mempelajari kebiasaan membaca sehingga tahu persis iklan, acara, dan informasi mana yang harus ditunjukkan kepada pengguna supaya pengguna menekan tombol “like”.
Di tahun 2018, teknologi diprediksikan akan terus disempurnakan dan dimasukkan ke dalam situs web perusahaan. Interaksi web akan menjadi seamless.

Bayangkan sebuah situs web yang sudah tahu persis apa yang pelanggan Anda cari dengan hanya menganalisis interaksi mereka dengan situs perusahaan Anda. Layanan pelanggan via web akan menjadi semakin cepat dan efisien berkat teknologi baru ini. Jadi, integrasikan ini ke desain website Anda.

Voice User Interface and Search

Voice user interface sering disebut sebagai pemrosesan bahasa alami. Sederhananya, ini mengacu pada interaksi manusia dengan komputer dalam bentuk percakapan. Contoh voice user interface adalah Alexa, Siri, dan Cortana. Voice user interface sekarang dapat memahami dan bertindak berdasarkan perintah suara yang rumit. Bila dikombinasikan dengan pembelajaran mesin, interface ini bisa memprediksi kebutuhan Anda bahkan sebelum Anda menyelesaikan perintahnya. Website diprediksikan akan mulai mengintegrasikan voice user interface mereka ke website mereka.

Interaksi Tanpa Batas

Interaksi tanpa batas adalah tema lain di tahun 2018. Menerapkan chatbots dan voice user interface memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan situs web Anda tanpa harus mengklik atau menunggu halaman memuat ulang.

Meningkatkan micro-interactions

Interaksi mikro adalah elemen desain lain yang bisa Anda taburi di seluruh situs Anda untuk meningkatkan komunikasi. Contoh dari hal ini akan memungkinkan pengguna untuk meninggalkan ulasan sederhana dengan menggulirkan beberapa bintang alih-alih mengirimkan formulir.

Facebook dan social media lainnya telah membuat micro-interactions menjadi semakin populer. Pengguna senang dengan adanya fitur-fitur yang memungkinkan mereka bereaksi pada satu postingan. Fitur-fitur yang dimaksud disini adalah fitur-fitur seperti ‘like’ pada Facebook dan Instagram. Micro-interactions ini dapat digunakan oleh pengunjung untuk berinteraksi dengan pengguna lain atau pemilik website tanpa harus meloading ulang halamannya.

Ini berbeda dengan user experience pada website statis tradisional yang meminta pengunjungnya untuk meloading ulang halamannya ketika mereka melakukan sesuatu, seperti misalnya menulis dan posting sebuah review. Mungkin skenario terdengar seperti bukan masalah besar, tetapi hal sekecil ini pun bisa mempengaruhi bounce rate halaman tersebut.

Ada customer yang merasa terganggu dengan hal itu dan memilih untuk meninggalkan halaman tersebut. Hal ini dapat secara tidak langsung membuat calon pelanggan Anda meninggalkan website Anda. Anda tentu tidak mau ini terjadi bukan? Maka dari itu, micro-interactions dapat membantu mengurangi hal-hal seperti ini dan memberi pengguna interaksi yang lebih menarik.

Menggunakan micro-interactions di 2018 akan memberi kesempatan user untuk berkomunikasi secara real-time dan meningkatkan kecepatan serta konektivitas yang banyak diharapkan di dunia yang sudah lebih terhubung secara digital ini.

Penggunaan Scalable Vector Graphics (SVGs)

Scalable Vector Graphics atau SVGs bukanlah sesuatu yang baru. Tetapi di tahun 2018, mereka diprediksikan akan mulai menggantikan format file gambar tradisional seperti PNG, GIF, dan JPG. SVGs adalah gambar vector, bukan pixel, dan ini memberi mereka banyak kelebihan. Mereka memiliki skalabilitas yang tinggi dan dapat menjaga kualitas gambar. Ini berarti mereka tidak akan memengaruhi kecepatan sebuah halaman ketika dijadikan sebuah animasi karena mereka tidak memerlukan permintaan HTTP. SVGs bisa menjadi sebuah keharusan di tahun 2018, terutama untuk multimedia experience untuk pengguna – video 360-degree, 3D images, dan cinemographs).

Aplikasi Web Progresif

Aplikasi sudah menjadi hal yang penting di jaman digital ini. Web designer sudah mulai melihat pentingnya aplikasi dan mulai mencoba membuat sesuatu yang menggabungkan web dan aplikasi. Hybrid ini sering disebut dengan istilah aplikasi web progresif.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di 2018, diprediksikan bahwa kita akan mulai melihat website menambahkan elemen seperti transisi halaman menggunakan animasi dan push notifications. Beberapa website seperti Medium , sudah menawarkan aplikasi yang mudah digunakan dengan satu klik saja. Aplikasi seperti ini akan terus berubah – mengikuti apa yang disukai pelanggan.

Mereka berguna bagi pengguna sejak kunjungan pertama di tab browser, tidak diperlukan instalasi. Saat pengguna semakin sering mengunjungi website itu, maka ini akan membantu web tersebut untuk loading lebih cepat, bahkan jika Anda memiliki jaringan internet yang kurang bagus.

Keamanan Website

Sepertinya setiap kali Anda membaca situs berita favorit Anda, ada cerita tentang hacker jahat, pelanggaran data yang serius, atau serangan malware .

Keamanan harus menjadi prioritas dan ini merupakan langkah penting dalam desain dan pengembangan web. Google telah mengambil langkah untuk memberi tahu pengguna situs-situs web mana yang berpotensi membahayakan. Sewaktu Anda memikirkan desain web Anda, pastikan untuk mempertimbangkan keamanan informasi pelanggan Anda. Pastikan sertifikat keamanan Anda diperbarui pada semua halaman. Orang hanya akan berinteraksi dengan situs web Anda, mendownload konten Anda, dan membagikan informasinya jika mereka mempercayai Anda.

Simpulan

Menciptakan pengalaman web yang kaya berarti menggunakan teknologi baru dan mengenalkannya ke klien Anda. Pada tahun 2018, fokusnya adalah pada merancang situs web sederhana namun kuat yang dioptimalkan dengan baik untuk perangkat seluler dan sangat berfokus pada pengalaman pengguna. Situs ini akan menampilkan jenis format, gaya dan teknologi baru. Apakah Anda akan mengikut tren website desain 2018 ini?

Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami mengenai 10 elemen penting dalam desain website . Semoga membantu!

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan