10 Website Gratis Membuat Infografik dengan Mudah

Jika Anda seorang internet marketer, Anda mungkin menyadari bahwa infographic atau infografik sedang menjadi tren di dunia online marketing.

Kehadiran media ini dapat membuat konten Anda menjadi lebih menarik bagi orang banyak dan nantinya dapat membantu Anda untuk meningkatkan traffic website. Dengan bentuk vertikal dan persegi panjang yang khas, infographic adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan informasi dan ide Anda dengan kreatif dan menarik.

Namun, dengan kata-kata yang sering disebut-sebut ini, Anda mungkin bertanya-tanya – apa sebenarnya infographic itu? Visual ini mudah dibingungkan dengan bentuk lain dari data visual, meski memiliki sejarah, desain, dan tujuan unik tersendiri.

Pada artikel ini, kami akan mendefinisikan infographic untuk Anda, mendiskusikan sejarah infographic, dan memberitahu beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya.

Apa itu Infographics?

Menurut Wikipedia, infographic atau infografik adalah visual grafis yang berisikan informasi, data, atau pengetahuan yang bertujuan untuk mengedukasi hal-hal komplex untuk pembaca dengan cepat dan jelas. Definisi ini menjelaskan bahwa infographics dibuat dengan tujuan untuk menyajikan data atau inforasi kompleks dalam format yang mudah dimengerti.

Meskipun infografik baru saja mendapatkan popularitas online yang meluas, mereka sebenarnya sudah ada sejak abad ke-17.

Infografik yang tercetak mendapat popularitas di abad ke-20, terutama dengan tersedianya surat kabar. Selain itu, mulai tahun 1983, ahli visualisasi data bernama Edward Tufte menulis serangkaian buku tentang infographics. Dia juga menawarkan ceramah dan workshop tentang jenis data visual ini.

Pada awal abad ke-21, infographics dialihkan ke format digital. Dengan begitu banyak contoh bersejarah, ajaran Tufte, dan munculnya dan meningkatnya penggunaan internet, infographics beralih secara mulus ke platform online.

Tahun 2010 adalah awal dari terbentuknya infographics seperti yang kita kenal sekarang. Sebuah visual yang dirancang untuk menyajikan informasi yang kompleks, biasanya diposting di blog atau di dalam artikel di situs web, terkadang menyebar secara viral.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang membuat infographics populer? Infografis yang baik cenderung menyebar seperti api, mendapat ratusan shares di social media, views, linkbacks, dan komentar. Tapi mengapa kita tertarik pada infographics dan bukan artikel yang ditulis dengan baik mengenai topik yang sama?

Ini mungkin ada kaitannya dengan fakta bahwa manusia memproses konten visual lebih cepat daripada konten tertulis. Menurut penelitian, otak kita memproses data visual sekitar 60.000 kali lebih cepat dari teks. Ini berarti kita semua mengerti grafis jauh lebih baik daripada teks.

Selain itu, sebuah studi yang disponsori oleh 3M menemukan bahwa presenter yang mengandalkan alat bantu visual 43% lebih efektif dalam meyakinkan anggota audience mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan, berlawanan dengan mereka yang hanya mengandalkan teks.

Sepertinya kita cenderung belajar lebih cepat, dan mungkin menyerap lebih banyak, saat informasi disajikan kepada kita dalam format visual yang bertentangan dengan teks tertulis. Jadi, ada kemungkinan bahwa infografis menjadi sangat populer karena dibuat untuk langsung masuk ke pikiran kita – artinya, mereka dirancang untuk diserap dengan cepat dan memiliki efek jangka panjang daripada artikel biasa.

Mungkin tidak ada salahnya bahwa banyak infographics dirancang dengan baik juga, dan mereka dibuat seputar topik menarik atau topik yang membuat kita berpikir jauh. Faktor-faktor ini merupakan formula yang efektif untuk mendapat social shares yang banyak dan kesuksesan yang viral.

Membangun backlinks dengan menggunakan infographics

Salah satu keuntungan terbesar infographics adalah bahwa mereka cenderung mendapatkan link dari situs lain lebih banyak daripada jenis media lainnya . Karena mudah dicerna dan sangat menarik secara visual, infographics bisa menjadi aset besar bagi Anda yang mencoba membangun backlinks untuk SEO website Anda.

Jika Anda mencoba membangun backlinks dengan infographic, Anda dapat membuat prosesnya sedikit lebih mulus dengan mengikuti tip berikut:

  • Pastikan infographics Anda tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Website lain tidak akan mempublikasikan ulang infographics yang tidak dapat diikuti pembaca dengan jelas dan mudah.
  • Sertakan “kode embed” yang mudah untuk disalin untuk setiap infographics yang Anda sertakan di blog atau situs Anda . Ini tidak hanya membuat proses posting mudah bagi siapa saja yang ingin menerbitkannya kembali, namun pastikan bahwa Anda juga menyertakan backlinks ke situs Anda. Anda dapat melihat contoh ini di salah satu infografis kami di blog kami.
  • Gunakan pencarian gambar reverse Google atau alat seperti TinEye untuk mencari website yang menggunakan infographics Anda tanpa izin. Jika Anda menemukannya, hubungi pemilik situs untuk meminta backlinks yang sesuai dengan hak Anda, sebagai pembuat konten.
  • Hubungi situs yang mempublikasikan konten yang berkaitan dengan topik infographics Anda dengan email singkat dan ramah. Kirimkan sebuah link ke gambar Anda dan tanyakan apakah mereka ingin membagikannya dengan pembacanya.

Membagikan konten infographics Anda di website-website dimana influencer menghabiskan waktu mereka bisa memberi Anda beberapa backlinks yang dapat membantu meningkatkan traffic website Anda.

Jika Anda tertarik untuk membuat sebuah infographics tetapi tidak memiliki latar belakang graphic design, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini, sudah banyak website yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat infographics dengan mudah dan gratis.

10 Websites Gratis untuk Membuat Infographics

1. Canva Infographic Maker

Canva adalah sebuah online tool yang mudah digunakan dan cukup lengkap untuk membuat berbagai macam grafis. Mulai dari brosur sampai presentasi, Anda bisa memanfaatkan Canva untuk membuatnya. Selain itu, Canva juga memiliki koleksi images, icons, fonts, dan fitur yang bisa Anda pilih. Jika Anda tidak yakin dengan ukuran-ukuran grafis yang sesuai, Anda juga mendapat berbagai template untuk mempermudah proses desain Anda – termasuk untuk infographics.

Canva juga memiliki infographic maker yang bisa Anda gunakan dengan gratis. Ini akan mempermudah proses pembuatannya karena Canva menyediakan banyak template, elemen desain, dan fonts yang bisa Anda gunakan. Ada beberapa pilihan yang hanya tersedia jika Anda menjadi pro member Canva serta beberapa elemen yang bisa Anda beli dengan harga $1. Anda bisa menggunakan Canva di browser Anda atau mendownload aplikasi Canva untuk mobile device jika Anda perlu mendesain saat Anda bepergian.

Berikut adalah salah satu contoh template infografik di Canva

Canva

Setelah Anda memilih satu template (atau Anda juga bisa memulai dengan kanvas kosong di Canva), Anda bisa memulai membuat infographics Anda. Selain menggunakan gambar yang sudah tersedia di Canva atau mengupload gambar Anda sendiri.

2. Vizualize

VIsualize

Website yang satu ini membantu membuat infographic dengan tipe yang berbeda. Mereka membantu penggunanya membuat infographic resume.

Setelah Anda mendaftarkan diri dan login ke Visualize, Anda bisa mulai membuat resumenya. Anda bahkan bisa menghubungkan akun Visualize anda dengan akun LinkedIn untuk memasukkan beberapa informasi secara otomatis.

Visualize Features

Website ini tepat bagi Anda yang ingin membuat resume atau CV Anda dengan format yang berbeda dan lebih kreatif. Ini dapat membantu menonjolkan CV Anda serta membangun personal brand Anda dengan lebih efektif. Tool online juga gratis sehingga Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan resume yang menarik.

3. Venngage

Sama seperti Canva, Venngage menawarkan beberapa pilihan berbeda untuk berbagai jenis grafis yang Anda butuhkan.

Anda akan menemukan template untuk hal-hal seperti laporan, poster, promosi dan tentu saja, infographics.

Di bagian infografis, Anda juga akan menemukan opsi tambahan untuk dipilih yang cenderung membahas topik dan kategori infographics tertentu, seperti:

  • Statistical
  • Informational
  • Process
  • Comparison
  • Timeline
  • Geographic
  • Charts
  • Tutorial

Setelah Anda menemukan template yang kalian butuhkan, Anda sudah bisa memulai mengkostumisasi grafis tersebut. Venngage juga memperbolehkan Anda untuk memasukkan apa yang disebut dengan “Widgets”, dimana di dalamnya termasuk hal-hal seperti peta dan charts yang didasarkan pada info dan data spesifik yang ada di dalam infographics Anda.

4. Piktochart

Piktochart adalah pilihan yang bagus untuk membuat jenis-jenis infografis yang berbeda. Anda bisa memilih dari beberapa format yang berbeda termasuk ukuran infographics yang tradisional (berbentuk vertikal), ukuran powerpoint (berbentuk horizontal), poster, dan laporan.

Untuk memulai membuat infographics, Anda diberi kebebasan untuk membuat sendiri infographic dari awal atau pilih salah satu template mereka. Beberapa template mereka gratis dan yang lainnya mengharuskan Anda untuk memiliki Lite atau Pro plan).

Setelah Anda memilih template yang Anda mau, Anda bisa kemudian menambahkan berbagai elemen grafis dan text di kanvas Anda. Piktochart juga memperbolehkan pengguna untuk mengupload image milik mereka sendiri.

5. easel.ly

easel.ly adalah salah satu website yang paling mudah bagi Anda untuk membuat infographics. Saat Anda ada di home page tool ini, yang perlu Anda lakukan adalah memilih satu dari banyak template yang mereka tawarkan atau “Start Fresh”. Mereka juga memberikan pilihan untuk memilih template sesuai kategori.

Setelah Anda menemukan template yang Anda suka atau memilih untuk memulai dari awal, Anda akan dibawa ke window baru dimana Anda bisa mendesain infographics Anda sebagaimana yang Anda mau. Easel.ly memiliki beragam tools seperti backgrounds, shapes, text, charts, dan lain sebagainya.

6. Visme

Visme adalah sebuah servis yang bisa dibilang masih baru. Tool online ini memberi pilihan untuk membantu Anda membuat presentasi, animasi, mock-ups, banners, dan tentu saja infographics.

Sesudah Anda login dengan akun Anda, layar akan menampilkan semua visual untuk semua project yang sudah Anda lakukan. Layar ini akan kosong jika Anda belum pernah membuat project apapun. Anda bisa memulai dengan mengklik “Create New Visme” untuk memulai.

Setelah itu Anda bisa memilih tipe project yang ingin Anda lakukan. Tentu saja karena ini tentang infographics, Anda pilih infographics. Anda akan melihat bahwa ada beberapa template gratis yang bisa Anda gunakan. Beberapa template hanya bisa digunakan jika Anda menggunakan akun premium.

Anda kemudian akan bisa mendesain infographic Anda dengan berbagai tools yang tersedia. Visme bahkan memperbolehkan Anda membuat sebuah objek menjadi animasi.

7. infogr.am

Infogr.am menawarkan template infographics yang simple untuk Anda gunakan. Setelah Anda memilih template yang Anda suka, Anda bisa mengedit elemen yang ada di halaman tersebut. Infogr.am adalah salah satu pilihan yang bagus jika Anda ingin membuat statistik.

8. Snappa

Snappa adalah salah satu tool desain terbaik bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang desain tetapi ingin membuat gambar visual yang menakjubkan untuk dipublikasikan secara online. Tool ini mudah digunakan dan untuk dipelajari sehingga mereka dapat menawarkan hasil yang bagus. Pengembang telah memberikan fitur tambahan di aplikasi ini untuk menyediakan seluruh foto yang tersedia di Stocksnap untuk digunakan di Snappa . Snappa sendiri berfokus pada grafis, bukan foto yang bagus, yang sebenernya bagus karena grafis dan ikon menawarkan lebih banyak fleksibilitas saat membuat visual.

Untuk menggunakan Snappa, Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan memverifikasi akun Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung membuat graphic, termasuk infographics yang Anda inginkan.

Untuk memulai membuat infographics, Anda bisa memulai dengan kanvas kosong. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan, jangan khawatir! Snappa juga menyediakan template sehingga Anda bisa memilih template mana yang Anda suka. Tetapi, beberapa template hanya bisa digunakan jika Anda upgrade akun Anda ke pilihan membayar.

9. Biteable – Video Infographic Maker

Anda juga bisa membuat infographic dalam bentuk video. Biteable adalah sebuah online tool gratis yang dapat membantu Anda membuat sebuah infographic dalam format video.

Klip animasi pendek yang memanfaatkan beragam visual dan materi multimedia untuk mengkomunikasikan pesan secara ringkas dan mudah dipahami tentunya akan menarik lebih banyak perhatian.

Penggunaan alat ini bisa sangat bermanfaat karena orang-orang pasti lebih menikmati menonton karakter animasi sambil belajar . Manfaat dari video ini adalah pengetahuan dibagikan melalui cara yang menyenangkan. Mereka mempermudah orang-orang untuk memahami topik-topik utama. Konten bisa disederhanakan dan membantu mereka mengingat informasi yang Anda bagikan melalui video ini. Anda dapat membuat video infographic dengan mudah dengan Biteable untuk menjelaskan konsep kunci, membuat panduan instruksional dan tutorial untuk dibagikan kepada pengunjung website Anda.

Alat ini user friendly dan bisa digunakan dengan mudah. Anda tidak memerlukan keterampilan khusus dalam mengedit video untuk menggunakannya. Prosesnya sederhana dan mudah dan Biteable dikemas dengan gaya animasi yang dirancang secara profesional.

Bagaimana cara menggunakannya? Setelah membuat akun gratis Anda di platform, Anda dapat mulai dengan membuat video.

Anda cukup memilih gaya animasi dari galeri template Biteable, mengedit teks dan warna, lalu menambahkan foto dan musik. Anda dapat memilih musik atau gambar dari perpustakaan mereka atau cukup mengupload file Anda sendiri. Gambar yang bisa Anda upload harus berupa format PNG, JPEG, atau GIF kurang dari 3MB.

Jika Anda sudah selesai mengedit videonya, klik ‘Email Me My Video’ dan video akan dikirim ke email Anda. Video juga masih bisa Anda edit dalam waktu 14 hari setelah Anda membuat videonya.

10. Google Chart

Google Chart tools adalah salah satu produk Google Developer yang mudah digunakan dan gratis. Anda bisa memilih dari berbagai macam chart yang tersedia dan mengkonfigurasi berbagai data set untuk membuatnya senada dengan tema website Anda.

Tool online yang satu ini memang bukan tools yang paling canggih untuk membuat infographics, namun Google Chart menawarkan kebebasan desain lebih banyak dan tidak memerlukan biaya. Google memungkinkan Anda membuat chart dan mereka memiliki variasi yang cukup luas untuk Anda mendesain graphics Anda. Anda dapat memilih gaya dan format Anda sendiri, dan Anda dapat menyesuaikan grafik Anda sesuai dengan selera Anda sendiri. Mungkin Google Chart tidak memiliki template sebanyak website lainnya, namun tool ini bisa sangat mempermudah proses pembuatan Infographics Anda.