15 Website Download Lagu dan Musik Bebas Royalti

  1. 15-website-download-lagu-musik-bebas-royalti

Konten video adalah salah satu konten online yang paling banyak diminati. Semakin banyak orang sadar bahwa video dapat menjadi salah satu strategi online marketing yang ampuh. Dengan konten video yang menarik, Anda bisa membangun brand awareness bisnis Anda atau bahkan juga memperkenalkan personal brand Anda sendiri. Meskipun membuat video terdengar mudah, tetapi tidak begitulah kenyataannya. Salah satu kesulitan yang sering dihadapi para pembuat video adalah menemukan website untuk men-download lagu dan musik gratis yang bisa mereka gunakan tanpa memikirkan hak cipta.

Menemukan lagu dan musik legal dan gratis untuk video online Anda adalah salah satu hal yang sulit. Sebagai pembuat video online, Anda menginginkan soundtrack yang bagus dan cocok untuk karya video Anda, namun Anda juga ingin memastikan bahwa Anda tidak melanggar hukum hak cipta apa pun. Bagaimanapun juga, tidak ada hal yang lebih membuat frustasi daripada bekerja keras membuat video dan mengupload video tersebut ke Youtube hanya untuk mendapati YouTube menghapus video tersebut karena pelanggaran hak cipta musik.

Beruntung ada beberapa sumber online dimana Anda bisa menemukan lagu dan musik yang sempurna untuk proyek video Anda. Kami telah mengumpulkan daftar sepuluh situs hebat untuk menemukan musik bebas royalti untuk video online Anda.

Tetapi, sebelum kita membahas lebih lanjut berbagai website yang menawarkan musik gratis untuk video Anda, mari kita bahas dulu mengapa Anda perlu mencari lagu tanpa hak cipta dan bagaimana cara mengatasinya.

Kapan pun Anda menemukan gambar, lagu, musik (atau konten online apapun, dalam hal ini), ada kemungkinan bahwa mereka:

  • memiliki lisensi yang melarang Anda menggunakannya
  • tidak memiliki lisensi sama sekali

Dengan berasumsi bahwa karena konten itu ditaruh di internet, anda tidak harus meminta izin terlebih dahulu untuk menggunakannya, perbuatan Anda akan dianggap ilegal jika Anda menggunakannya. Undang-undang hak cipta cenderung mendukung pencipta konten, sehingga mereka dapat melakukan tindakan terhadap Anda jika Anda menggunakannya tanpa izin mereka, meskipun mereka memasukkan konten secara online ke tempat yang agak mudah untuk disalin dan digunakan oleh orang lain.

Sekarang, copy-paste untuk hobi atau proyek pribadi kecil mungkin tidak akan membawa Anda ke masalah yang sebenarnya (walaupun masih ilegal), namun menggunakannya untuk hal-hal besar seperti publikasi online atau surat-surat akademis bisa menjadi cukup bagi pihak yang bermasalah untuk bertindak. Tidak masalah jika Anda memberi kredit kepada pemiliknya atau pembuatnya atas pekerjaan mereka – mereka dapat dengan mudah meminta kompensasi uang daripada hanya memberikan kredit untuk pekerjaan itu.

Maka dari itu, untuk menghindari semua masalah ini, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencari konten yang memiliki lisensi Creative Commons.

Creative Commons adalah seperangkat lisensi yang secara otomatis memberi Anda izin untuk melakukan berbagai hal, seperti menggunakan kembali dan mendistribusikan konten. Kemudian terserah pada lisensi Creative Commons (CC) spesifik apakah turunan dari karya tersebut diperbolehkan, dan apakah konten tersebut dapat digunakan untuk tujuan komersial. Lisensi ini sering dipandang sebagai “open source equivalent” untuk karya non-kode.

Anda dapat dengan mudah menggunakan konten di bawah lisensi ini dan menggunakannya dalam pekerjaan Anda selama Anda mengaitkannya dengan pembuatnya, alias memberi mereka kredit. Ada total tujuh lisensi CC yang berbeda:

CC0, yang merilis konten ke domain publik. Anda bebas melakukan apapun yang Anda inginkan dengan ini, dan Anda bahkan tidak perlu mengaitkan pekerjaan itu dengan siapapun. Ini pada dasarnya diberikan untuk Anda (dan orang lain). Europeana menggunakan lisensi ini untuk metadata mereka.

CC BY (CC Attribution), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli. Saylor.org menggunakan lisensi ini untuk semua konten mereka.

CC BY-SA (CC Attribution-ShareAlike), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli, dan Anda membagikan modifikasi Anda dengan lisensi yang sama (atau yang kompatibel). Wikipedia menggunakan lisensi ini untuk konten mereka.

CC BY-ND (CC Attribution-NoDerivatives), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dan berbagi pekerjaan selama Anda memberi credits pada pencipta asli, namun Anda tidak diizinkan melakukan modifikasi terhadapnya. GNU dan FSF menggunakan lisensi ini untuk situs web mereka.

CC BY-NC (CC Attribution-NonCommercial), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli, dan Anda setuju untuk tidak menjual atau memodifikasi karya tersebut. Museum Brooklyn menggunakan lisensi ini.

CC BY-NC-SA (CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan, berbagi, dan memodifikasi sebuah karya selama Anda memberi credits pada pencipta asli, dan Anda setuju untuk tidak menjual karya tersebut atau modifikasi yang Anda lakukan. Anda juga setuju untuk membagikan karya modifikasi Anda dengan lisensi yang sama (atau yang kompatibel). Lisensi ini digunakan oleh MIT Open Courseware.

CC BY-NC-ND (CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dan berbagi pekerjaan selama Anda memberi penghargaan pada pencipta asli, namun Anda tidak diizinkan melakukan modifikasi terhadap karya tersebut. Anda juga setuju untuk tidak menjual pekerjaan itu. TED Talks video menggunakan lisensi ini.

Organisasi Creative Commons menyatakan bahwa lisensi non-komersial melarang penggunaannya yang “terutama ditujukan untuk atau ditujukan pada keuntungan komersial atau kompensasi moneter.” Organisasi CC tidak ingin lebih deskriptif dari itu, dan menyarankan agar Anda menghubungi pencipta konten jika Anda tidak yakin. Jika tidak, cukup cari konten yang ramah komersial karena Anda juga tidak akan memiliki masalah dengan itu.

Untuk contoh kasus gambar, penggunaan biasanya dianggap komersial setiap kali orang harus membayar uang untuk melihat konten atau mendapatkan akses ke produk yang menyertakan gambar. Dalam arti tertentu, orang membayar sebagian dari jumlah total uang untuk melihat gambar ini, dan oleh karena itu keuntungan partai dari ini. Jika gambar digunakan dengan cara dimana gambar tidak memberikan keuntungan apapun, hal itu dianggap tidak komersial.

Jika Anda memiliki masalah dalam menemukan konten berlisensi CC, Anda dapat dengan mudah masuk ke halaman pencarian organisasi CC yang menggunakan Google bersamaan dengan beberapa pengaturan spesifik.

Seperti yang bisa Anda lihat, mudah untuk mendapatkan konten hebat yang Anda inginkan tanpa masalah hukum atau etika. Dan begitu Anda memasukkannya ke dalam alur kerja Anda, tidak akan memakan waktu lebih lama daripada yang biasa dicari.

Nah sekarang, mari kita lihat 15 websites yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan lagu-lagu tanpa hak cipta.

15 website untuk men-download lagu atau musik bebas royalti

Youtube Audio Library

Cara termudah untuk menemukan audio untuk video Anda adalah melalui Youtube Audio Library. Youtube menyadari bahwa semakin banyak orang membutuhkan musik tanpa hak cipta dengan meningkatnya popularitas vlog. Fitur dari Youtube ini adalah salah satu sumber populer untuk mendapatkan audio untuk video-video Youtube.

Dengan menggunakan Youtube Audio Library, Anda bisa menambahkan musik dan sound effect secara langsung ke semua video Youtube milik Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendownload musik-musik yang tersedia jika Anda ingin memasukkan soundtrack ke video Anda melalui software untuk mengedit video.

Fitur ini juga menyediakan ratusan musik dan sound effects tanpa hak cipta. Anda bisa dengan mudah mencari musik. Youtube Audio Library membagi musik ke berbagai kategori seperti genre, instrumen, mood, duration, dan attribution.

Kebanyakan musik yang tersedia memang sudah pasti bebas dari hak cipta. Tetapi, ada beberapa pemilik musik yang meminta Anda meletakkan credits di video Anda. Tenang saja, musik tersebut tetap gratis dan Anda boleh menggunakannya sesuka hati asal Anda menyebutkan siapa komposer atau pemilik dari musik tersebut.

Mobygratis

Moby Gratis menyediakan berbagai musik dari artis-artis terkenal tanpa masalah hak cipta untuk digunakan di Youtube video. Mereka menyediakan semua track dalam format MP3 untuk Anda download dan gunakan secara gratis. Hal yang perlu diperhatikan adalah Moby Gratis menyediakan musik-musik ini untuk Anda yang membuat video tanpa kepentingan komersial. Jika Anda berpikir untuk membuat video yang menghasilkan uang, situs ini kurang tepat untuk Anda.

CCMixter

CCMixter adalah bagian dari usaha Common Creative untuk menyediakan media tanpa hak cipta online. Mixter memberi kesempatan kepada Anda untuk menikmati berbagai sample lagu untuk Anda download. Anda bisa mencari musik di library yang menyediakan berbagai genre dan style untuk menemukan lagu-lagu kesukaan Anda dan memasukkannya ke dalam video Anda untuk background musik. Website ini juga memperbolehkan Anda untuk membuat mashups lagu-lagu.

Semua musik yang tersedia di website ini memang sudah pasti gratis, tetapi beberapa pemilik lagu akan meminta Anda untuk memberi mereka credits di video Anda.

Incompetech

Incompetech adalah website milik Kevin MacLeod. MacLeod secara rutin menyediakan musik dengan tujuan untuk membantu orang-orang yang membutuhkannya dalam membuat projek sekolah, video Youtube, atau bahkan film atau game amatir.

Untuk mencari lagu di website ini, Anda bisa mulai dengan melihat kategori yang tersedia. Musik dikategorikan berdasarkan genre dan feel. Di halaman FAQ di situs tersebut, Anda bisa melihat bahwa semua musik di situs tersebut benar-benar gratis untuk Anda gunakan sebagai soundtrack video.

Jika Anda menggunakan musik atau lagu apapun dari website ini, jangan lupa untuk memberi credits di video Anda.

Bensound

Bensound adalah sebuah perusahaan milik musisi Prancis dimana Anda bisa mendapatkan creative common music untuk video-video Anda. Semua musik di situs ini memiliki kualitas tinggi dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunjungi kategori ‘Royalty Free Music’ dan download musik apapun yang Anda mau dan gunakan untuk video Youtube Anda. Mereka juga menawarkan pilihan untuk membayar paket berlangganan.

Musopen

Situs yang satu ini bisa dibilang unik jika dibandingkan dengan website musik gratis lainnya. Musopen menyediakan musik-musik yang masa hak ciptanya sudah kadaluarsa. Tidak hanya musik, website ini juga menyediakan rekaman, sheet music, dan textbook tentang musik gratis bagi para pengunjung dan pengguna tanpa halangan hak cipta.

Di Musopen, Anda juga bisa mencari musik berdasarkan komposer, penyanyi, instrumen, period, dan jenis musik. Mereka juga memiliki koleksi musik klasik yang lengkap bagi Anda yang tertarik dengan genre musik ini.

Partners in Rhyme

Website musik yang satu ini memiliki berbagai jenis audio. Mulai dari music loops gratis sampai sound effects, midi files, dan berbagai jenis lainnya, Partners in Rhyme memiliki semuanya. Ada beberapa musik tanpa hak cipta mereka yang harus Anda bayar jika Anda mau menggunakannya. Tetapi, musik gratis mereka juga tetap banyak.

Free Soundtrack Music

Website yang satu ini menyediakan tracks tanpa hak cipta untuk digunakan dalam film, video YouTube, games, dan beberapa produksi multimedia lainnya. Sama seperti Partners in Rhyme, beberapa musik yang mereka sediakan harus Anda bayar jika Anda mau menggunakannya. Tetapi, Free Soundtrack Music tetap memiliki koleksi musik gratis yang bisa Anda download dan gunakan dengan mudah untuk produksi video Anda.

Free Soundtrack Music menyediakan genre dan artis yang bervariasi. Anda juga bisa menemukan loops dan musik background yang bisa Anda gunakan untuk membuat video terbaik Anda.

PacDV

PacDV menawarkan musik dan sound effect gratis. Track yang tersedia di website ini dapat digunakan secara gratis untuk projek-projek video, film, audio, dan multimedia lainnya. Mereka hanya meminta para pengguna musiknya untuk meletakkan backlinks ke website mereka atau mendapat credits di projek Anda.

Synkio

Website musik tanpa hak cipta ini sedikit berbeda dengan website musik tanpa hak cipta lainnya. Untuk menggunakan situs ini, Anda akan diminta untuk mengisi sebuah survey. Hasil survey ini nantinya akan digunakan oleh team Synkio untuk memberi Anda daftar pilihan yang berisi lagu-lagu atau track yang sesuai dengan apa yang Anda cari dan juga budget Anda.

Anda akan mendapat daftar harga yang jelas dan simpel untuk setiap track yang mereka tawarkan. Anda tidak perlu khawatir karena Synkio menawarkan musik-musik yang memuaskan dan berkualitas tinggi.

Audionautix

Audionautix hanya memiliki musik yang dilisensikan dengan lisensi Creative Commons 3.0 unported. Itu berarti Anda bebas untuk berbagi dan remix audio, dan menggunakannya secara komersial. Fitur bagus yang dimiliki Audionautix memungkinkan Anda menelusuri tracks tidak hanya menurut genre, tapi juga berdasarkan mood dan tempo. Ini bisa membuat lebih mudah untuk menemukan audio yang sempurna untuk pekerjaan Anda.

Free Music Archive

Tagline Free Music Archive adalah line yang menarik bagi siapa saja yang pernah berburu musik Creative Commons yang bagus – “It’s not just free music; it’s good music.” (“Bukan hanya musik gratis; ini adalah musik yang bagus”). Saat Anda mencari musik, berdasarkan genre atau komposer, Anda dapat membuka setiap lagu atau album untuk melihat jenis lisensi yang telah dipilih oleh penciptanya di bawah. Genre termasuk audio lisan, internasional, rock, hip-hop, elektronik, dan banyak lagi.

CCTrax

CCTrax memungkinkan Anda untuk mencari seluruh perpustakaan musik Creative Commons berdasarkan genre. Genre yang terdaftar di situs tersebut meliputi electronica, dub, hip hop, rumah, jazz, piano, dan klasik modern. Mereka juga memiliki diagram yang memecah lisensi Creative Commons sehingga Anda dapat lebih memahami arti masing-masing lisensi individu dan, jika Anda ingin membagikan musik Anda, mana yang tepat untuk Anda.

Jamendo

Jamendo menawarkan perpustakaan dengan jumlah lebih dari 400.000 tracks, namun tidak semuanya berlisensi di bawah Creative Commons, jadi saat memilih musik dari situs ini, pastikan bahwa Anda hanya memilih lagu yang tersedia untuk digunakan secara gratis. Meskipun Anda tidak dapat memfilter hasil pencarian Anda hanya untuk menunjukkan hasil berlisensi CC, semua audio yang tidak boleh digunakan akan memiliki tombol ‘pro’ di sampingnya sehingga mudah dikenali. Lisensi untuk setiap lagu dicantumkan di bagian bawah halaman, jadi pastikan untuk scroll ke bagian paling bawah untuk memeriksa dengan tepat bagaimana Anda bisa menggunakan audio.

Audiofarm

Audiofarm menyediakan pengunjungnya dengan lagu Creative Commons, dan selain menemukan musik dari berbagai genre, Anda juga dapat mendownload rekaman suara, jika itu yang terjadi pada apa yang Anda cari. Rekaman suara yang disertakan di Audiofarm adalah akting suara, komedi, dan berita. Ini adalah situs lain di mana Anda perlu memeriksa lisensinya karena tidak semua konten dibagikan di Audiofarm berlisensi di bawah Creative Commons.

Semua website yang disebutkan di atas hanyalah 15 situs di antara banyaknya perpustakaan musik di luar sana. Apakah Anda tahu website musik lain yang menawarkan musik tanpa hak cipta? Selain itu, apakah Anda sudah menggunakan Creative Commons? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah!