17 Mitos Seputar SEO Yang Tidak Boleh Diikuti Para Ahli SEO

Adakah cara meningkatkan traffic hingga 13,15 persen dalam waktu hanya 30 hari? Yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan konten berkualitas yang didukung oleh statistik dan data, memberi solusi pasti untuk masalah pembaca, dan mempromosikan postingan blog. Strategi ini sangat mendasar tapi merupakan cara memenangkan SEO. Pada kenyataannya konversi pada traffic pencarian lebih baik dibanding traffic media sosial hingga 9 persen. Tapi untuk memperolehnya Anda harus berhenti mempercayai beberapa mitos, dan kali ini kami akan membahas lebih rinci tentang mitos seputar SEO yang tidak boleh diikuti para ahli SEO.

Mitos seputar SEO ini cenderung mencegah marketer konten dan blogger untuk meningkatkan traffic pencarian dan ranking.Beberapa ahli SEO mengklaim kalau mereka berafiliasi dengan Google. Ini merupakan mitos besar karena Google tidak mengungkapkan siapa partner SEO mereka dan afiliasinya. Jadi bila seorang konsultan atau agensi SEO menjanjikan peringkat atas untuk harga rendah, itu adalah penipuan. Tak ada seorangpun yang bisa menjamin peringkat atas Google.Tanpa banyak kata-kata lagi, berikut ini 17 mitos SEO yang harus Anda tinggalkan, juga ada tips dan saran yang perlu Anda ikuti.

1.Satu Mitos Seputar SEO yang tidak boleh diikuti para ahli SEO: Target kata kunci tidak lagi relevan setelah Google Hummingbird

17-mitos-seputar-seo-yang-tidak-boleh-diikuti-para-ahli-seo

GoogleHummingbird mengubah sistem pencarian masa depan. Hummingbird membuat produser konten mengadopsi pola pikir baru yang akan memberi manfaat pada end user. Bila kata kunci masih ada pada halaman pertama Google, ini  menjadi indikasi kalau kata kunci masih penting.

Menurut Matt Cutts, kepala tim WebSpam di Google, 90 persen pencarian diperkirakan dipengaruhi oleh Hummingbird, yang tidak selalu update seperti Panda dan Penguin, tapi terjadi perubahan total pada algoritma pencarian. Anda bisa baca artikel kami tentang manual penalty dan Google Panda.

Rand Fishkin, pendiri Moz, menyebut kurang dari 15 persen peringkat ditentukan oleh target kata kunci. Ia menyarankan Anda untuk fokus pada penawaraan nilai yang unik daripada konten unik, yang menjadi apa yang SEO coba gapai sebelumnya.

Meski begitu, salah bila mengatakan kalau menargetkan kata kunci yang relevan pada konten Anda tidak lagi bermanfaat sama sekali. Riset dan penargetan kata kunci sebenarnya menjadi lebih mudah, karena dengan Hummingbird, Anda tidak perlu cemas tentang mengikuti rasio kata kunci tertentu. Tapi fokuslah pada search intent para pencari. Misalnya, kenapa seseorang mencari “Software CRM untuk bisnis skala kecil”?

  • Apakah orang itu ingin membeli software CRM?
  • Apakah ia ingin membaca ulasan yang jujur?
  • Apakah pencari seorang pemula yang tidak tahu kepanjangan dari CRM?

Perubahan pada algoritma Hummingbird menjadi penekanan bagi kita tentang pentingnya mengetahui alasan di balik kata kunci tertentu, dan menciptakan konten untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini berarti kata kunci masih memegang peran penting, karena tanpanya, Anda tidak tahu intent pencari.

Beberapa platform otoritas seperti Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, Pinterest dan lain-lain menggunakan target kata kunci untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Hampir tidak mungkin menemukan persis apa yang Anda cari, kecuali dengan menggunakan kata kunci untuk mencarinya. Kata kunci ibarat kompas untuk kampanye SEO Anda, kata kunci memberitahu kemana Anda harus pergi dan menjadi petunjuk apakah Anda mengalami kemajuan atau sebaliknya.

2. Peta Situs XML Akan Meningkatkan Peringkat Pencarian Anda

Apakah Anda sudah meng-instal Google XML Sitemaps generator pada situs WordPress Anda? Bisakah sebuah peta situs meningkatkan peringkat pencarian Anda? Anda tidak akan menemukan XML sitemap sebagai faktor yang mempengaruhi peringkat pada pencarian. Tapi sitemap XML dibutuhkan bila Anda ingin membangun situs yang crawl-able. Tiap kali Anda menciptakan post baru atau mengedit post yang sudah ada, XML Google sitemap generator akan menciptakan sitemap yang diperbaharui sesuai dengan halaman baru Anda dan mengirimnya ke Google dan mesin pencari lainnya.

Casey Henry bereksperimen dengan sitemap untuk mengetahui apakah bisa meningkatkan peringkat pencarian. Dan hasilnyacukup mengejutkan. Ketika ia menginstal Google XML Sitemap generator pada web klien, dibutuhkan rata-rata 14 menit untuk Google mengindeks halaman baru.

Kini kita tahu kalau XML sitemap membantu mesin pencari menelusuri dan mengindeks halaman baru lebih cepat. Tapi apakah juga meningkatkan peringkat pencarian? Sebuah sitemap tidak mempengaruhi peringkat aktual halaman web Anda. Sitemap seperti bantuan, panduan yang memberi lebih banyak informasi tentang situs Anda pada Google, seperti memastikan kalau semua URL Anda terindeks untuk penelusuran yang lebih mudah. Tentu, ini bisa membuat situs Anda jadi lebih terlihat ketika URL diprioritaskan, tapi ini tidak jadi jaminan.

Tips untuk Anda, bila belum menggunakan Google XML Sitemap generator pada situs WordPress Anda, Anda perlu menginstalnya sekarang. Tidak ada jaminan peringkat Anda akan naik tapi ini akan membantu Google menemukan konten baru Anda lebih cepat.

3.Tag MetaTidak Penting

Tag meta jadi cara webmaster memberi informasi tentang situs mereka pada mesin pencari. Tag meta bisa digunakan untuk memberi informasi ke semua klien dan tiap sistem hanya memproses tag meta yang mereka pahami dan mengabaikan lainnya. Tag meta ditambahkan pada bagian head dari halaman HTML Anda.

Tag meta adalah tag HTML yang muncul di antara pembukaan dan penutup head tags. Tag meta digunakan untuk menunjukkkan potongan preview halaman web spesifik pada hasil pencarian. Ada banyak perdebatan dalam dunia SEO tentang dampak tag meta, terutama setelah Hummingbird. Danny Sullivan menulis sebuah artikel tentang “death of meta tags” untuk membahas lebih jauh tentangtag meta, dan kenapa tag meta tidak lagi berguna pada SEO saat ini.

Ada 3 elemen tag meta:

  • judul tag
  • deskripsi meta
  • kata kunci

Judul tag muncul di bagian head dari halaman web, tapi tidak menjadi elemen halaman. Deskripsi meta dan kata kunci, sebaliknya, adalah elemen halaman opsional. Tanpa deskripsi meta, Google bisa menarik teks dari badan halaman sebagai potongan preview.

Matt Cutts menyebut Google tidak menggunakan tag meta kata kunci dalam peringkat halaman. Tapi tag meta masih relevan, dan wajar bila Anda menghabiskan waktu untuk tag meta ini. Menambahkan tag meta mungkin tidak meningkatkan peringkat pencarian, tapi tag meta membantu memberitahu pengguna dan mesin pencari informasi tentang situs Anda. Tag meta juga membuat mesin pencari tertarik, yang kemudian bisa menarik lebih banyak klik dari pengguna pencarian.

Untuk menciptakan deskripsi meta yang kaya, gunakan tips berikut:

  • Buat meta menjadi bentuk deskripsi. Gunakan kata kunci yang relevan dengan artikel. Gunakan formula pertanyaan seperti “siapa,”“apa,”“kenapa,”“kapan,”“dimana,” dan “bagaimana” seperti formula yang digunakan jurnalis untuk membuat laporan. Teknik ini berhasil dengan baik ketika digunakan untuk menulis deskripsi.
  • Buat meta yang unik. Tiap deskripsi meta harus berbeda dari deskripsi halaman lain.
  • Buat meta pendek. Google membatasi deskripsi hingga 160 karakter atau lebih sedikit.

4. Gunakan Tag Meta Robot Untuk Menentukan Halaman Terindeks

File Robots.txt memberitahu mesin pencari bagian mana dari halaman atau tautan untuk diindeks dan mana yang diabaikan. Tapi Anda bisa dengan mudah mengatur teks noindex dan nofollow dengan menggunakan Yoast atau All in One SEO WordPress plugins. Anda hanya perlu memeriksa tombol noindex bila Anda yakin Anda ingin halaman jadi bersifat privat, tidak untuk umum.

Jadi apa ini berarti kalau tanpa tag meta robot, Google tidak akan menemukan halaman baru Anda? Sepertinya tidak demikian. Anda bisa gunakan Robot.txt file untuk memblokir semua web crawlers dari semua konten Anda, folderspesifik, atau halaman web tertentu. Tapi bila Anda tidak ingin memblokir web crawlers, maka tak perlu lakukan. Hemat waktu Anda dan salurkan ke hal yang lebih penting.

5. Domain Level Atas Meningkatkan Peringkat

Domain level atas menempati posisi paling tinggi di hirarki sistem nama domain. Kebanyakan user akan mengenalinya dengan .com sebagai ekstensi website, tapi mereka kadang bingung bila menemukan .biz atau .guru. Ini karena ketika Anda mengetik frase kata kunci ke mesin pencari, 98 persen hasil pencarian adalah nama domain .com. Dalam hal konversi, domain .com telah mencapai hasil luar biasa untuk banyak orang. Di tahun 2007, sebelum update pada Google algoritma, ICANN memperkenalkan nama domain generik tingkat atas yang baru seperti .guru, .club, .company, .email.

Alexandros Ntoulas bersama timnya menemukan kalau domain tingkat atas jadi kambing hitam utama spam web. Penelitian mereka menunjukkan kalau domain.biz, .us, dan .com adalah propogator terbesar untuk spam web. Dan ini termasuk link yang Google gunakan untuk membuat peringkat halaman web di mesin pencari mereka.

Apakah domain tingkat atas yang baru mempengaruhi SEO? Matt Cutts dari Google telah menyatakan kalau domain tingkat atas baru tidak memiliki manfaat pada domain yang telah ada, tapi belum jelas apakah kata kunci di ekstensi domain baru akan bertindak sebagai signal peringkat.

Exact match domain tidak lagi kuat tanpa signal lain yang mendukungnya, dan kemungkinan Goole akan menurunkan volume pada beberapa domain tingkat atas yang baru atau memperlakukannya seperti sub-domain dalam hal kekuatan peringkat. Dengan kata lain, domain tingkat atas mungkin punya nilai yang bagus, tapi jangan berharap lebih.

Faktor utama apakah domain tingkat atas memiliki dampak pada SEO adalah apakah domain mengandung kata kunci. Tentunya, nama-nama exact match domain beresiko terkena penalti.

SekarangAnda tahu kalau ketika memilih domain tingkat atas, yang jadi pertimbangan adalah manfaat jangka panjangnya ketika Anda mendaftar nama domain yang mudah diingat dan profesional.

Bila Anda belum mendaftarkan nama domain apapun, sebaiknya Anda memilih nama domain tingkat atas seperti .com dna .net. Tapi bila Anda sudah menjadi pemilik situs, putuskan untuk fokus menawarkan nilai yang lebih, menciptakan konten berkualitas tinggi, dan menggunakan media sosial untuk menghubungkan influencers yang akan membantu mempromosikan konten Anda. Ada juga nama domain yang aneh tapi bagus dalam pencarian, bahkan masuk peringkat 4 untuk keyword volume dengan kompetisi yang ketat.  Ini jelas menunjukkan kalau ini tidak lagi tentang ekstensi domain tingkat atas, tapi nilai daripenawaran situs Anda. Kami juga punya informasi tentang meningkatkan peringkat posting di mesin pencari Google yang akan bermanfaat bagi Anda.

6. Menyertakan Target Kata Kunci Dalam Anchor Text Tidak Lagi Masalah Dalam SEO

Ketika membangun link, apakah Anda perlu menggunakan kata kunci di anchor text?

Anchor text adalah teks yang bisa di-klik dalam hiperlink. Ketika di-klik, frase ini membawa pengguna ke sebuah web atau blog. Banyak ahli di industri ini meyakini kalau anchor text akan tetap jadi faktor peringkat selamanya, tak peduli perubahan apa yang terjadi selanjutnya pada Google update.

Jadi apakah anchor text berisi kata kunci masih membantu meningkatkan peringkat Anda? Tujuan dari tiap update atau perubahan algoritma adalah membantu pencari menemukan situs yang tepat yang mengandung informasi yang mereka cari, dengan cara yang ramah bagi pengguna.

Optimasi berlebihan bisa membuat Anda mendapat penalti dari Google. Sebelum Google Penguin, Anda bisa gunakan anchor text berisi kata kunci pada postingan blog, baik untuk internal link dan eksternal link, misalnya tautan ke situs lain. Tapi ada sedikit perubahan sekarang. Tentu, link yang kontekstual memiliki 5 hingga 10 kali kekuatan peringkat dibanding link profil penulis biasa yang muncul di post tamu, misalnya. Tapi penggunaan anchor text berisi kata kunci yang berlebihan akan secara negatif mempengaruhi peringkat situs Anda. Cross linking dengan banyak anchor text juga sama resikonya, jadi Anda harus menghindarinya.

Meski demikian, tidak akurat bila mengatakan anchor text yang berisi kata kunci tidak lagi relevan dalam peringkat pencarian. Dengan kata lain, ini mitos. Sekarang ganti pendekatan Anda. Variasikan anchor text Anda dan pastikan kata kunci utama dan sekunder, juga nama brand, URL, dan keyword generik digunakan sebagai anchor text.

Alangkah baiknya bila Anda membangun link secara alami, karena itu yang diinginkan Google. Anda tidak lebih cerdas dari para insinyur yang bekerja membuat algoritma jadi lebih pintar. Jadi jauhi radar Google dan hindari penalti. Setelah update Penguin, kebanyakan situs yang mengoptimalkan anchor text terkena penalti. Sebaliknya, situs yang memvariasikan anchor text mengalami peningkatkan peringkat, dan hanya beberapa saja yang terpengaruh secara negatif.

Ada beberapa jenis anchor text yang bisa Anda gunakan tapi coba dulu dan tentukan mana yang paling sesuai untuk Anda. Pertama, pahami kalau brand building adalah cara paling mudah untuk tetap positif di mata Google. Jadi Anda bisa ikuti strategi anchor text berikut ini. Ada 3 jenis anchor text yang perlu Anda fokuskan:

  • Anchor text natural, bisa berupa kata kunci, nama brand, URL, tapi harus mengalir alami bersama isi konten Anda. Ini akan berdampak pada peringkat Anda. Matt Cutts telah melakukan natural anchor text sejak lama dan berhasil karena tujuan utama Google adalah menciptakan pengalaman pencarian terbaik untuk penggunanya.
  • Anchor text berupa nama brand atau URL brand. Bila Anda bisa membangun lebih banyak anchor text berupa nama brand atau URL, Anda akan baik-baik saja. Targetkan anchor text brand sekitar 90 persen dari link Anda. Contohnya, “NerdFitness adalaha situs otoritas untuk para penggiat kebugaran.” Ada ribuan kata kunci yang penulis bisa gunakan untuk membangun link, tapi tidak dilakukan. Sebaliknya, kebanyakan anchor text mengarah pada halaman sendiri, baik nama brand dan URL. SmartPassiveIncome juga memiliki lebih banyak anchor text brand danURL.

Tentu Anda tidak bisa  mengontrol anchor text yang digunakan orang lain untuk membuat tautan link ke halaman web Anda tapi bila ada kesempatan, baik melalui guest blogging atau interview, hindari anchor text keyword rich. Atau lebih baik gunakan nama brand + kata kunci misalnya, Brian Dean’s Link Building. Anda juga bisa gunakanURL brand sebagai anchor text.

  • Anchor text generik, jangan gunakan terlalu banyak, karena akan menjadi optimasi berlebihan.

Menurut pengawas mesin pencari, lebih dari setengah jumlah anchor text memiliki satu hingga tiga kata. Ini berarti ketika menggunakan keyword generik, Anda harus mengubah dari satu kata menjadi 3 kata atau lebih, misalnya “belajar lebih di sini,”“kunjungi situs ini,”“lihat homepage,”“mulai hari ini.” Setidaknya 5 persen dari anchor text harus generik, terutama ketika Anda membuat tautan dari atau ke halaman yang tidak relevan.

Misalnya, ketika ingin membuat referensi ke web olahraga dari blog marketing internet Anda, Anda bisa gunakan keyword generik. Paragraf berikut jadi contohnya:

“Ketika mulai blogging, saya melakukan kesalahan, hingga seorang teman dari Kanada, yang mendirikan web olahraga menyarankan saya untuk mempersempit niche saya dan fokus pada kelompok kecil yang memiliki potensi. Anda tertarik dengan sarannya? Anda bisa mebaca saran dari teman saya dan mengambil manfaatnya.”

 Kesimpulannya, anchor text berisi kata kunci masih penting, tapi gunakan pendekatan ini dengan bijak dan variasikan sebisa mungkin.

7. Google Akan Menemukan Konten Baru Anda Dan Mengindeksnya

Crawl optimization merupakan topik penting yang nantinya akan dibahas mendalam. Crawl optimization merujuk pada hal yang Anda lakukan untuk membantu Google menemukan, menelusuri, dan mengindeks konten baru Anda dengan mudah.

Mesin pencari ibarat memberi makan konten baru. Ketika artikel Anda live, berarti Anda mempersiapkan makan untuknya. Tapi apakah itu berarti konten baru Anda akan ditelusuri dan diindeks tanpa input Anda? Tentu itu bisa terjadi, tapi butuh waktu hingga dua hari, terutama bila blog Anda masih baru. Untuk meningkatkannya, Anda harus membantu pencari menemukan konten baru Anda.

Itu salah-satu manfaat menginstal Google XML sitemap generator plugin untuk WordPress. Anda tak perlu lakukan apa-apa lagi setelah mengatur plugin-nya. Di saat Anda memencet tombol “publish,” sitemap XML baru bergerak dan terkirim ke mesin pencari dan direktori utama. Ini membantu Google mengindeks konten baru secepat mungkin.

Memperbaharui profil media sosial akan membuat konten baru terindeks lebih cepat. Caranya sangat sederhana, cukup share link di halaman Facebook atau Tweeter Anda. Cara sederhana lain yang berhasil adalah Pingomatic. Cara ini membuat Anda dengan cepat memberitahu web services tentang konten baru Anda. Menggunakan jasa gratis ini membuat konten baru Anda terindeks dalam 6 jam.

8.Gunakan Jasa Agensi SEO Untuk Berada di Peringkat Atas Dengan Cepat

Ini jadi mitos yang paling menarik. Bagaimana bisa agen SEO atau ahli SEO menjamin Anda berada di peringkat atas di Google saat ini? Tentu ada banyak pertimbangan kenapa Anda membutuhkan jasa agensi SEO, terutama untuk analisa kata kunci dan auditing yang kompetitif. Tapi peringkat cepat bukan salah-satu alasannya. Yang terjadi adalah Google menangani lebih dari 100milyar pencarian tiap bulan. Karena tidak ada SEO yang bisa memprediksi kata kunci esok hari, hampir tidak mungkin bagi siapapun untuk menjamin peringkat pencarian yang cepat.

Setelah hampir 8 tahun menulis posting blog pertama, seorang blogger mendapat kunjungan lebih dari 700.000 dalam satu bulan. Dan telah terbit 614 post blog dalam waktu itu. Ada beberapa blog lain dengan bandingan konten yang serupa, tapi tidak menarik traffic banyak tiap bulannya. Ini jadi bukti kalau beberapa faktor memberi dampak pada peringkat Google Anda, termasuk waktu.

Ada banyak cara untuk meningkatkan peringkat, terutama melalui keyword long tail, tapi ini tidak menjamin peringkat atas. SEO adalah pekerjaan jangka panjang. Bila Andamerasa mampu masuk peringkat 10 atas Google dalam waktu semalam atau beberapa bulan setelah memulai sebuah blog, Anda melakukan sebuah kesalahan besar.

Nama domain yang telah berumur, link otoritas, dan konten menarik, semua bisa meningkatkan peringkat, tapi bukan jaminan juga. Ada banyak sekali situs yang telah memenuhi syarat ini tapi masih berusaha masuk peringkat yang bagus di hasil pencarian Google.

Bila ada dana di anggaran Anda, ada beberapa alasan tepat untuk menggunakan jasa agensi SEO:

  • Anda tidak punya waktu untuk mengurus situs Anda
  • Anda ingin meningkatkan traffic pencarian
  • Anda butuh bantuan untuk riset longtail keyword
  • Anda ingin selalu update di industri SEO
  • Anda ingin dilatih oleh agensi SEO

Tapi Anda tidak perlu menyewa agensi SEO yang menjanjikan memberi Anda peringkat atas dengan cepat. Bila mereka kebetulan berhasil membuat situs Anda di posisi pertama, tanpa dasar yang kuat, peringkat Anda akan jatuh dan Anda mengalami kerugian. Yang perlu diingat, SEO diperuntukkan bagi pengusaha digital bororientasi jangka panjang yang bertekad untuk membantu pengguna menemukan jawaban yang mereka cari. Baca artikel kami yang lain tentang cara meningkatkan penjualan yang berisi tips menarik untuk Anda.

9.Guest Blogging Sudah Mati

Di tahun 2014, Matt Cutts pernah berkata, “Bila Anda menggunakan guest blogging sebagai cara untuk mendapat link… hentikan.” Banyak SEO yang tidak memahami dengan pasti pernyataan ini dengan cepat menentang guest blogging.

Jadi apakah guest blogging tidak berarti lagi? Tak ada perbedaan teknis antara konten guest blogging dan jenis konten lainnya. Guest blogging hanya berarti tamu berkontribusi di sebuah konten di blog Anda. Yang dibicarakan Matt Cutts adalah tentang konten buruk pada blog dari penulis luar. Tapi meski penulis adalah pemilik situs, update Google Panda telah mulai menghukum konten dengan kualitas buruk.

Mesin pencari mengindeks milyaran halaman web, mulai dari nama domain, IP address, lokasi, dan seterusnya, dan halaman web ini dimiliki oleh orang berbeda. Coba bayangkan, konten pada situs dengan otoritas tinggi secara teratur dikontribusi oleh para freelancer dan penulis luar. Situs seperti New York Times, eHow, BusinessWeek, Inc., CNN, Mashable dan sebagainya, semua mengandalkan konten yang ditulis bukan oleh pemilik situs sendiri, tapi oleh ratusan orang lain.

Ketika bicara tentang guest blogging, yang jadi masalah bukan tamunya atau kontennya, tapi konteksnya, jenis artikelnya, keunikannya, achor text, dan link yang mengarah dari dan ke situs. Guest blogging belum mati dan tidak akan mati juga karena Google tidak bisa secara akurat membaca guest post, terutama ketika link penulis tepat ada di dalam tubuh konten, bukan pada profil penulis.

Satu cara menumbuhkan traffic blog hingga 206 persen bisa melalui guest blogging. Bahkan Matt Cutts sendiri kemudian mengendorse guest blogging. Guest blogging masih direkomendasikan selama Anda mengikuti langkah sederhana berikut:

  • Hindari blog berspam. Bila blog tidak memiliki konten unik, hindari.
  • Jangan sebut “guest posts.” Ini penting karena Google bisa menemukan teks ini sebagai guest post. Tapi tulis seolah Anda berada di dalam rumah kontributor. Tak masalah dari mana asal tamu Anda, selama postingnya berguna.
  • Bangun hubungan, bukan link. Jangan buat guest post di blog terpercaya hanya karena linknya. Bila ini cara berpikir Anda, Anda keliru.
  • Bangun brand Anda. Gunakan nama brand atau URL Anda sebagai anchor text untuk membangun link natural.
  • Link kontekstual. Sebisa mungkin, letakkan link di dalam konten, bukan di profil penulis yang tidak akan memberi berat berarti.
  • Gunakan guest blogging dengan hati-hati. Ciptakan konten yang membuat mereka berpikir ini sesuai dengan mereka dan memberi solusi masalah mereka. Dekati audiens, jawab komentar mereka, dan bangun daftar email Anda.

10.Riset Kata Kunci Tidak Dibutuhkan

Sebagai marketer konten dan blogger, Anda tidak bisa mengabaikan riset kata kunci. Google update tidak menghapus pentingnya kata kunci. Ini adalah faktor yang selalu ada, Anda akan mendapat lebih banyak klik ketika halaman web muncul di atas. Yang harus Anda hindari adalah optimasi berlebihan dan berlebihan menggunakan anchor text yang kaya kata kunci.

Google’s keyword planner masih jadi alat riset kata kunci yang paling akurat. Selain menggunakan Google keyword planner untuk meriset kata kunci Anda, Anda juga bisa memeriksa kata kunci mana yang jadi target kompetitor. Caranya mudah saja. Pertama, masuk ke SEMrush. Ketik URL kompetitor pada kotak pencarian. Lalu klik tombol “cari.” Lihat ke bawah untuk menemukan kata kunci utama yang kompetitor targetkan.

Riset kata kunci masih sangat relevan. Tapi untuk tetap aman, fokus pada user intent dibalik pencarian, bukan hanya kata kuncinya.

11.Pencarian berbayar meningkatkan hasil pencarian organik

Apakah AdWords PPC membantu dalam organic ranking? Sepertinya tidak. Tidak ada korelasi jelas antara organic ranking dan paid ranking. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Organic search hasilnya berasal dari indeks database. Tingkat konversi traffic pada iklan berbayar sebenarnya 35 persen. Ini lebih tinggi dari traffic organik.

Dengan iklan berbayar, Anda bisa menargetkan lebih banyak kata kunci dan mudah menguji kampanye berbeda. Yang lebih penting, Anda bisa memperkuat identitas brand ketika iklan berbayar Anda muncul di atas peringkat pencarian. Pencarian berbayar bisa membantu menyaring kata kunci yang Anda targetkan secara organik, melalui data yang akurat.

Tingkat click through pada iklan berbayar akan memberi Anda pandangan tentang kata kunci terbaik untuk mengoptimalkan pencarian organik. Jadi tak diragukan kalau pencarian berbayar bisa membantu meningkatkan tingkat konversi hasil organik, tapi tidak membantu dalam peringkat.

12. Klaim Google Listing Akan Meningkatkan Traffic Pencarian

Google places adalah listing bisnis resmi yang menyertakan nomor telepon bisnis dan alamat Anda. Klaim Google place listing lokal sangat penting. Anda berarti memberitahu Google untuk memasukkan bisnis Anda dalam daftar di area dimana Anda paling banyak memiliki pelanggan atau klien.

Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta untuk melewati proses verifikasi, melalui telepon untuk memverifikasi nomor pin Anda. Tapi hanya mendaftarkan bisnis Anda di Google lokal tidak akan meningkatkan peringkat pencarian. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapat peringkat yang Anda inginkan adalah:

  • Tetap konsisten. Google maupun Bing tidak suka inkonsistensi. Dengan kata lain, Anda tidak boleh mengganti nama bisnis di kemudian hari, kembali ke Google lokal, masuk daftar, dan dalam beberapa bulan ke depan merubah lainnya. Agar tetap konsisten, gunakan detail yang sama seperti yang Anda lakukan dalam guest blogging, di profil media sosial, dan semua website yang menampilkan Anda.
  • Jangkauan lokal. Minta orang lain berbicara tentang listing Anda. Minta mereka memberi tautan ke halaman listing lokal Anda. Anda selalu bisa gunakan Open Site Explorer untuk menemukan siapa yang memberi tautan ke situs Anda, dan memberi notifikasi pada mereka tentang listing bisnis Anda.

Ada 5 cara untuk meningkatkan peringkat pencarian lokal Anda:

  • Klaim listing lokal
  • Klaim situs media sosial
  • Tambahkan kontak info di website Anda
  • Update meta dan informasi judul
  • Dapatkan review online
13. Google tidak menyukai blackhat link building

Apa yang banyak SEO sebut sebagai blackhat sebenarnya tidak demikian. Bahkan, kebanyakan dari apa yang Anda lakukan yang sepertinya whitehat adalah blackhat yang tersamar. Google memiliki definisi terbaik, praktek SEO tebaik, dan panduan yang perlu Anda ikuti untuk situs Anda. Berikut beberapa teknik yang harus Anda hindari:

  • Generated konten secara otomatis
  • Berpartisipasi dalam link schemes
  • Membuat halaman dengan sedikit atau tanpa konten original
  • Cloaking
  • Text atau link tersembunyi
  • Doorway pages
  • Konten buruk
  • Partisipasi dalam program afiliasi tanpa menambahkan nilai yang memadai
  • Memasukkan halaman dengan kata kunci tidak relevan
  • Menciptakan halaman dengan perilaku seperti phising, atau menginstal virus, trojan
  • Mengirimkan automatic query ke Google.

Banyak orang mengira meninggalkan komentarpada blog adalah teknik SEO blackhat, tapi ini tidak benar. Pertanyaan yang perlu diajukan adalah, apa nilai dari komentar Anda pada situs tersebut? Apakah menambahkan nilai atau hanya mencari link? Bila tidak menambahkan nilai, maka itu termasuk teknik blackhat.

Tahukah Anda kebanyakan orang menggunakan guest blogging dengan cara yang salah? Ini masuk blackhat juga. Praktek SEO apapun yang tidak berpusat pada sudut pandang pengguna adalah blackhat.

Praktek whitehat SEO butuh waktu untuk menunjukkan hasil. Membeli link tidak dianjurkan karena Google menganggapnya sebagai teknik blackhat. Tapi bila link bermanfaat bagi users, apakah ini dibolehkan? Tentu. Tujuan Google adalah memberi pengguna pencarian informasi yang tepat jadi mereka akan kembali lagi untuk melakukan pencarian lain. Ini cara Google mendapat uang, karena perlahan iklannya akan di-klik.

Jadi praktek whitehat SEO adalah semua yang berkaitan dengan pengalaman pengguna dan Google menyukainya. Misalnya, marketing media sosial adalah whitehat, tapi social media scheming, dengan mencoba memanipusi peringkat pencarian dengan mendapat sebanyak mungkin orang untuk mention, tweet, dan share link ke media sosial adalah blackhat.

Google tidak membenci platformnya tapi tidak menyukai apa yang dilakukan pada platform. Blog WordPress adalah platform bagus tapi apa yang terjadi di sana bisa whitehat atau blackhat.

14. Konten Bentuk Panjang = Peringkat Atas

Konten berbentuk panjang bisa meningkatkan peringkat, tapi tidak sesederhana itu. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam situs berkualitas tinggi. Untuk masuk peringkat di Google pada masa Hummingbird, fokusnya pada intent user dan memperoleh editorial link.

Orang menganggap konten panjang berharga. Tapi kenyataannya kebanyakan artikel panjang tidak begitu berharga bagi pengguna. Yang perlu Anda tanyakan adalah apakah halaman konten memiliki nilai penting dibanding halaman lain di hasil pencarian?

Konten bentuk panjang memang masuk peringkat, tapi tidak di posisi pertama. Kesimpulannya, konten bentuk panjang bisa meningkatkan peringkat, tapi yang harus Anda perhatikan, jangan menulis konten yang jelek. Anda tidak bisa menulis konten dengan panjang 2000 kata dan berharap peringkat atau konversi meningkat. Anda harus menulis konten yang sangat bagus. Konten yang bagus akan mendapat tweet, link, konversi, dan peringkat tinggi.

15. Link Ke Situs Otoritas Membuat Pengunjung Organik Menjauh

Yang pasti, memberi tautan ke blog lain akan membuat pengunjung pergi. Tapi beberapa situs populer menjadi sukses karena mereka selalu memberi tautan ke yang lain. Tapi selama konten Anda bermanfaat, bisa dipraktekkan, persuasif, dan mendalam, meski pembaca meng-klik link dan pergi, mereka akan kembali.

Berulang kali kita mencoba mendapat link dari situs otoritas seperti CNN, Mashable, Business Insider, BoingBoing, .gov, dan.edu karena kita tahu kalau link dari situs-situs ini akan meningkatkan peringkat pencarian kita. Tiap industri memiliki situs otoritas. Terpisah dari hal itu, Anda bisa menemukan situs otoritas yang serupa dengan mengunjungi similarsites.com.Ketik URL dari salah-satu situs otoritas dan cari informasinya.

Dengan cara yang sama, ketika Anda memberi  link ke situs ramah Google, terutama halaman yang relevan dengan konten yang Anda tulis, Google akan menelusuri situs Anda dan mengikuti link ke situs terpercaya. Google tidak akan secara jelas menyatakan kalau ini meningkatkan peringkat Anda, tapi memang demikian kenyataannya.

Ikuti tips sederhana ini ketika memberi tautan ket situs otoritas untuk tetap aman dan memperoleh reward:

  • Beri tautan dari halaman konten berkualitas tinggi
  • Beri tautan hanya ketika dibutuhkan
  • Gunakan nama brand atau URL situs otoritas sebagai anchor text Anda
  • Temukan halaman yang relevan pada situs otoritas dan berita tautan ke sana
  • Bila bisa, beri notifikasi ke pemilik situs atau blogger ketika Anda memberi tautan ke mereka (Anda bisa memperoleh tweet atau link natural).
16. Tag H1 Jadi Elemen Penting Yang Akan Meningkatkan Peringkat Pencarian

Sebelum Google Panda, semua yang Anda lakukan untuk optimasi on page memberi beban berat di mata Google. Tapi kini berbeda. H1 merupakan elemen penting tapi tidak ada indikasi yang jelas kalau bisa meningkatkan peringkat pencarian.

Chris Butterworth melakukan eksperimen untuk menemukan efek elemen H1-H6 pada peringkat. Setelah dua minggu, ia menemukan kalau semakin tinggi angkanya, semakin rendah peringkatnya. Jadi elemen tanpa gaya <p> memiliki peringkat lebih tinggi dari elemen gaya <h1>.

Beberapa waktu lalu Matt Cutts menjawab pertanyaan yang sangat umum, sebagai berikut:

Nik khawatir kalau mesin pencari tidak tahu apa yang terjadi pada halamannya karena header tags tidak dioptimalkan dengan baik. Matt Cutts mengatakan tidak masalah apakah Anda menggunakan H1 atau H2. Yang penting adalah halaman Anda mengandung informasi relevan dan bermanfaat yang akan memenuhi kebutuhan pengguna Anda.

Rand Fishkin juga mengatakan kalau gaya heading tidak lagi masalah dalam SEO saat ini, tapi pengalaman pengguna yang baik yang jadi pertimbangan. Alasan besar kenapa kebanyakan orang terobsesi dengan gaya <h1> berlebihan dalam dunia internet marketing adalah karena mereka memiliki banyak software untuk membantu high-converting landing pages dan kebanyakan software ini bisa merancang halaman web HTML sederhana.Tapi dalam industri yang tidak berhubungan dengan internet, tak ada yang banyak peduli tentang header tags, tapi masih memberi prioritas pada konten. Itu jadi alasan kesuksesan mereka.

Secara umum, penggunaan heading tags masih direkomendasikan. Bukan karena Anda ingin meningkatkan peringkat pencarian, tapi karena ini akan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Mereka akan lebih mudah menavigasi situs dan tahu perbedaan antara sub-head dan sisa teks lainnya. Bergantung tema atau template WordPress Anda, tag H1-H3 akan membagi teks menjadi bagian yang lebih kecil dan mudah dicerna. Dan ketika pembaca senang tentang konten dan bertahan membacanya, Google akan memberi reward dengan peringkat dan peningkatan traffic yang lebih baik.

17. Signal Sosial Bukan Faktor Peringkat

Apakah link dari  Facebook, Twitter, dan media sosial lain mempengaruhi peringkat ? Apakah signal sosial bagian dari faktor peringkat pada Google? Social metrics memiliki peran penting dalam membawa semua faktor peringkat dan membuatnya saling bekerja sama. Yang bagus dari sosial metric adalah bisa melacak dan mengukur dengan presisi, tidak seperti personal brand Anda.

Ada korelasi antara media sosial dan pencarian. Google dan Bing menggunakan data dari situs sosial untuk menentukan manfaat situs Anda dan dimana menentukan peringkatnya.

Efek signal sosial pada peringkat mungkin tidak terlihat karena signal sosial tidak langsung memberi tautan ke halaman tertentu.

Meski peringkat yang meningkat tidak bertahan lama, ketika pengguna berbagi halaman Anda di platform sosial, Anda akan mengalami peningkatan dalam traffic pencarian. Ingat, butuh waktu untuk melihat peningkatkan traffic pencarian dan peringkat, terutama ketika Anda fokus hanya pada signal sosial. Sebaiknya Anda menggunakan SEO, blogging, dan sosial media marketing untuk meningkatkan traffic web, sambil membangun brand Anda.

Membaca blog lain dan belajar dari marketer konten yang berpengalaman bisa membantu Anda menemukan passion Anda dan melakukan perubahan. Web adalah platform yang dinamis dan Anda perlu bersikap bijak. Kebanyakan saran di luar sana datang dari pemahaman mendalam tentang optimasi mesin pencarian dan bagaimana mesin pencari bekerja. 17 Mitos Seputar SEO ini akan membantu situs Anda berkembang dan menemukan cara lebih baik untuk memanjakan target audiens Anda.

1,404 total views, 4 views today

Posted in: