20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

Berikut kami akan memaparkan daftar Social Sharing Plugin yang paling komprehensif untuk WordPress Anda.

Kami telah memilih 20 plugin social media WordPress yang terbaik untuk Anda!

Saat ini, social media merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis online maupun offline. Jika Anda mengabaikan social media ini, maka Anda mengabaikan basis pelanggan yang sangat besar dan potensial. Jadi social media ini bukan dinilai penting dari sisi publisitasnya, melainkan dari sisi traffic di mana social media bisa menjadi sumber website traffic terbanyak bagi Anda.

Dalam artikel ini, kami telah mencoba melakukan riset yang menyeluruh akan banyaknya social sharing plugins yang ada. Dengan begitu, kami dapat memberikan daftar terbaik yang bisa jadi panduan terpercaya bagi Anda.

Ketika kita membahas soal integrasi social media yang yang efektif , kita tidak hanya menempatkan sharing buttons di situs kita, tetapi juga mempertimbangkan berbagai aspek lainnya yang sangat penting karena dapat memengaruhi efektivitasnya.

Aspek-aspek yang memengaruhi efektivitas social sharing buttons yaitu posisi di mana Anda meletakkannya serta kualitas plugin itu sendiri. Selain itu, Anda juga perlu memastikan plugin yang Anda pasang tidak memengaruhi kecepatan loading page Anda. Memang social sharing plugin bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi kecepatan loading page suatu situs. User interface dari social sharing plugins Anda juga harus bagus mengingat bagaimana presentasi desain dapat membuat perbedaan besar.

Social sharing yang paling populer adalah melalui Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Pinterest dan StumbleUpon. Memang banyak social media lainnya yang bisa jadi sama efektifnya saat digunakan sebagai social sharing plugins, namun kembali lagi Anda perlu menentukan sendiri nilai-nilai atau keuntungan yang ingin Anda raih dari social sharing plugins Anda.

Ada ribuan social sharing plugins yang dapat Anda temui. Dengan plugins sebanyak itu, meninjau nilai atau keuntungan yang telah kami sebutkan sebelumnya menjadi sangat penting agar Anda dapat menyisihkan plugin yang tak efektif sesuai goal Anda. Tetapi jangan khawatir, kami telah mempersempit daftar tersebut dengan melakukan seleksi ketat.

Kiwi Social Sharing


Kiwi Social Share ini merupakan social sharing plugin yang mudah digunakan tetapi punya fitur cukup lengkap yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian web visitor Anda agar berbagi konten Anda. Plugin ini tersedia dalam versi gratis maupun premium yang bisa Anda gunakan di situs WordPress Anda.

Kiwi Social Sharing mendukung semua situs social media terkemuka sehingga Anda dapat mengaturnya dengan cepat dan memanfaatkannya untuk meningkatkan website traffic Anda. Ada banyak sekali pilihan social sharing plugin di pasaran, namun kebanyakan dari plugins tersebut dapat memperlambat situs Anda. Inilah kelebihan Kiwi, plugin yang menonjol dalam hal itu karena dijamin tidak akan memengaruhi kecepatan loading page Anda.

Social sharing plugin satu ini memberikan pilihan posisi di atas atau di bawah posting Anda. Selain itu Anda juga bisa mengatur floating icons yang bisa menarik perhatian visitor sepanjang waktu ia melihat konten Anda.

Kiwi Social Sharing juga hadir dengan opsi pengaturan drag and drop cepat yang bisa membantu Anda menyiapkan elemen share Anda dengan mudah dan leluasa.

Social sharing plugin ini juga menyediakan empat desain tombol yang berbeda dengan pilihan warna tak terbatas yang bisa Anda pilih.

Social Warfare

Plugin ini memudahkan Anda dalam menambahkan sharing buttons yang menarik untuk blog Anda. Anda juga dapat dengan leluasa mengatur di mana posisi sharing buttons ingin diletakkan – Anda dapat menambahkan tombol berbagi di atas / di bawah posting Anda, melalui shortcode atau melalui floating sharing button.

Anda juga bisa mendapatkan akses ke sejumlah fitur canggih yang memengaruhi website traffic Anda.

Pertama, Anda dapat mengunggah gambar dan deskripsi khusus bagi Pinterest. Pinterest memiliki potensi besar untuk menggiring traffic ke tujuan tertentu. Namun masalahnya adalah sebagian besar gambar yang dibagikan saat pengunjung Anda menekan tombol “Pin” bukan merupakan ukuran yang tepat. Plugin ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Kami telah memerhatikan bahwa saat menggunakan gambar beresolusi tinggi di Pinterest, kami mendapatkan lebih banyak daya tarik dibandingkan dengan membagikan gambar yang berkualitas rendah. Jadi, dengan Social Warfare Anda bisa membuat gambar yang Pinterest-friendly dan visitors akan lebih tertarik membagikan konten Anda lewat Pinterest.

Kedua, Anda mendapatkan opsi untuk menambahkan quote box yang bisa dibaca di dalam konten Anda dan ada banyak pilihan desain yang menarik.

Selain itu, ada banyak lagi fitur menarik yang berguna bagi Anda termasuk custom tweet – di mana Anda bisa menyembunyikan jumlah share yang rendah dan lain-lain.

Ultimate Social Deux

Ultimate Social Deux adalah paket all-in-one menarik yang dapat bekerja maksimal sebagai social sharing plugin bagi WordPress. Ini adalah plugin yang tergolong baru dan kompatibel dengan kebanyakan plugin WordPress yang lainnya – WordPress Widget, Visual Composer, WooCommerce, Aesop Story Engine, Jigoshop dan Easy Digital Download.

Plugin ini mendukung 10 situs social media, selain menyediakan opsi share untuk email. Tampilan social share buttons yang ramping menampilkan logo setiap situs social medianya. Social share buttons ini juga bisa disesuaikan warna, ukuran, penampilan dan posisinya.

Floating social media buttons juga bisa ditambahkan. Plugin ini menggunakan JavaScript dan CSS ringan, jadi tombolnya lebih cepat saat loading.

Monarch

Monarch by ElegentThemes adalah plugin social media lainnya untuk WordPress Anda yang patut mendapat perhatian Anda. Tersedia dengan lebih dari 20 jaringan social sharing yang bisa ditampilkan di situs Anda. Anda bisa lebih leluasa dalam menambahkan dan mengatur sejumlah jaringan social media yang tersedia.

Seperti telah disebutkan sebelumnya di atas, penempatan social sharing button dapat membuat perbedaan besar pada efektivitas promosi social media Anda. Monarch menawarkan banyak pilihan lokasi yang dapat Anda pilih untuk menempatkan sharing button Anda. Dewaweb sendiri menggunakan Monarch dan menaruhnya di bagian kanan blog ini. Lihat sendiri kan betapa bagus tampilannya?

Fitur lain yang menakjubkan dari Monarch adalah opsi berbagi gambarnya. Anda tentu mengetahui bahwa berbagi gambar di situs social media bisa membuat perbedaan besar bagi keberhasilan promosi social media Anda. Anda pun memerlukan plugin WordPress yang berbeda untuk berbagi file media di social media, namun Monarch juga dapat melakukan pekerjaan itu secara sekaligus buat Anda.

Simple Share Buttons Adder

Plugin gratis satu ini sangat to the point. Sangat mudah untuk mengaplikasikannya dan sangat mendasar bagi posting di website Anda.

Pilihlah penempatan, pengaturan berbagi teks dan gambar dengan mudah dan jelas.

Walaupun kami menemukan kekurangan plugin ini pada fitur, namun kesederhanaannya menjadi suatu keuntungan juga bagi Anda yang menginginkan social sharing button ringan demi kecepatan loading page.

Easy WordPress Social Share Buttons

Plugin ini mendukung lebih dari 45 situs social media, termasuk communication apps semcam Whatsapp. Easy Social Share Buttons ini juga menyediakan 22 lokasi berbeda di mana Anda bisa menempatkan sharing button Anda. Fitur pendukung shortcode juga tersedia pada plugin satu ini. Sharing button yang ada juga sudah diatur tampilannya menjadi mobile-friendly sehingga lebih optimal tampilannya bila diakses melaui mobile device semacam smartphone.

ARSocial

Hampir sama dengan social sharing plugin sebelumnya yang telah kami bahas, plugin ini mendukung 42 situs social media dan memiliki fitur yang bisa membebaskan Anda dalam menempatkan sharing button Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur built-in analytics yang bisa membantu Anda dalam mendapat detail untuk pengaturan social sharing Anda secara cepat dan mudah.

Social Buzz

Social Sharing Plugin satu ini benar-benar plugin yang responsive dengan three in-built styles yang dimiliki.

Dengan menambahkan “shares graph” di tiap posting lalu dikombinasikan dengan share buttons yang sangat menarik secara visual, Social Buzz memberi dorongan yang kuat pada web visitors Anda untuk berbagi.

Social Buzz sangat mudah instalasinya dan hanya dalam hitungan menit bisa langsung merekam data penghitungan posting pada blog Anda. Lalu dalam hitungan jam Anda bisa langsung melihat hasil highlight terhadap setiap share posting yang Anda dapat.

Sumo

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan sharing button ke gambar Anda. Ini memberi Anda cara variatif untuk menggiring website traffic ke posting Anda.

Ada sedikit penyiapan dengan Image Sharer, namun Anda memiliki beberapa pilihan penyesuaian khusus yang tersedia untuk Anda, beserta ringkasan dari keseluruhan saham.

Anda dapat memilih sharing button mana yang ingin Anda tambahkan – Pinterest, Facebook, Twitter, dan Yummly semuanya tersedia. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan Pinterest, sebab social media satu ini lebih fokus ke visual dan banyak digunakan oleh para pengunjung website.

AddThis Sharing Buttons

Sebagai social sharing plugin, AddThis paling banyak digunakan untuk WordPress saat ini. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah usia plugin ini yang tergolong tua.

AddThis didirikan pada tahun 2004 dan saat ini mendukung lebih dari tiga ratus situs situs social media. Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan premium atau berbayar. Setiap pengguna bisa mendapatkan plugin ini secara mudah dan mengoperasikannya dalam hitungan menit.

Promosikan konten Anda dengan mudah dengan berbagi ke lebih dari 200 situs social media dan bookmark seperti WhatsApp dll. Share button yang disediakan tampilannya bersih, mudah disesuaikan, sederhana, tidak terlalu mencolok, cepat loading dan dikenali oleh seluruh web.

Maria

Social sharing plugin dengan nama unik ini sangat menjanjikan. Maria menawarkan HD & retina social icons yang sangat atraktif sehingga dapat meningkatkan conversion rate pada website Anda.

Plugin ini telah mendukung semua top social media yang ada sehingga Anda tak perlu khawatir soal koneksi ke platform-platform kesukaan Anda. Plugin ini benar-benar responsive dan resolusinya baik.

Plugin ini kompatibel dengan Visual Composer, dan juga terhadap WordPress page builders lainnya yang biasa digunakan untuk WordPress.

WP Social Sharing

Plugin satu ini telah mendukung lebih dari 6 top social media. Plugin ini dapat dipasang pada posting, page, media dan custom page lainnya. Anda tidak akan dikenakan biaya untuk menggunakan plugin ini.

GetSocial.io Social Sharing Buttons

GetSocial.io memiliki ukuran tombol sharing dengan berbagai pilihan yang berbeda mulai ukuran kecil dan ukuran paling besar. Tersedia dua versi dari plugin ini, ada versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, Anda hanya bisa share maksimal kepada tiga jenis social media. Sementara pada versi premium, Anda bisa mendapat koneksi ke social media yang lebih banyak. Jumlah pengunjung juga dibatasi, untuk versi gratis terbatas kepada 10.000 pengunjung per bulan.

Blog2Social

Blog2Social adalah social sharing plugin gratis yang sangat efektif lainnya. Dengan plugin ini Anda dapat mengotomatisasi proses berbagi posting Anda, Anda dapat menjadwalkan & menerbitkan posting blog secara otomatis & secara terpisah ke semua jaringan sosial Anda.

Dengan Blog2Social Anda juga dapat mempublikasikan konten Anda ke profil, halaman bisnis, halaman komunitas dan kelompok jaringan sosial yang telah Anda konfigurasikan. Selain itu, Anda dapat menentukan jenis konten dan membuat backlink ke suatu posting sehingga Anda dapat menggiring website traffic ke situs Anda.

AddToAny Sharing Buttons

Salah satu fitur populer tentang AddToAny adalah universal button yang memungkinkan pengguna menjelajah dan mendapatkan banyak opsi untuk berbagi ke social media lainnya.

Salah satu fitur yang menguntungkan dari social sharing plugin satu ini adalah Anda dapat memilih dari berbagai jenis ukuran untuk social icon yang ingin ditampilkan. Selain itu, sama seperti berbagai plugins sebelumnya yang telah kami paparkan, AddToAny telah mendukung penggunaan shortcode.

Lebih penting lagi, plugin ini terintegrasi dengan Google Analytics yang bisa membantu Anda sebagai pengelola website untuk mengevaluasi perkembangan website Anda terkait kegiatan social sharing.

Mashshare

MashShare menawarkan solusi yang to the point alias efektif sekaligus eye-catching dalam membantu Anda mengelola social sharing buttons Anda di website.

Plugin ini pertama kali sangat populer karena social button yang ditawarkan didapati sangat mirip menyerupai social button milik website Mashable.

Tersedia versi gratis dari social sharing plugin satu ini namun Anda dapat juga memiliki fitur-fitur lebih menarik dan bermanfaat bila beralih ke versi berbayar atau akun premium.

Custom Share Buttons

Nama asli dari plugin satu ini sebenarnya sangat panjang yaitu “Custom Share Buttons with Floating Sidebar”. Namanya memang terdengar ribet, tetapi kami bisa jamin plugin ini dapat memberi solusi yang sangat straight forward dalam membantu Anda mengelola social buttons Anda.

Anda dapat meletakkan social button Anda pada bagian atas maupun bawah konten Anda. Selain itu Anda juga dapat memilih di mana Anda akan memuatnya (home, page, categories).

Hanya ada satu hal yang menjadi kekurangan plugin ini yaitu floating share buttons yang hanya mobile-friendly jika Anda menggunakan plugin versi premium.

Easy Social Icons

Penggunaan social sharing plugin satu ini sangat mudah. Anda bisa seketika membangun koneksi ke seluruh social media yang diinginkan dari postingan Anda. Selain itu, tampilannya sangat atraktif.

Bricks dan Mortar Creative para pembuatnya mendesain plugin ini menjadi extension yang dapat dengan mudah digunakan. Anda dapat menggunakan bervariasi font keren untuk social button Anda dan mengimplementasikannya sebagai link menuju berbagai social media yang dirangkum dalam PHP Snippet sederhana.

Sumo Share

Sumo Share menyediakan serangkaian tools yang dirancang untuk membantu Anda mengembangkan website traffic Anda dan salah satunya adalah social sharing plugin. Tools ini telah mendukung penggunaan HTML, namun juga dapat dengan mudah digunakan dengan adanya fitur-fitur yang mendukung berbagai setting dari WordPress.

Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan sangat sederhana aplikasinya pada social button yang dimuat.

Anda bisa memilih di mana Anda ingin meletakan social button atau share Anda dengan sekali klik di manapun Anda menginginkannya.

Anda juga bisa mendapatkan akses ke data analisis dasar yang menunjukkan kepada Anda berapa banyak orang yang mengklik tombol share yang Anda sediakan – ini dapat membantu Anda mengetahui social media mana yang paling populer sesuai dengan target pembaca atau pasar website Anda.

Swifty Bar

Plugin terakhir yang kami bagikan ini satu-satunya yang berbeda dengan plugins sebelumnya yang sudah kami bahas. Social sharing plugin ini masih bekerja dengan gaya tradisional di mana letak social buttons hanya bisa ditempatkan pada bagian bawah posting. Namun, cara kerjanya sangat sederhana dan penggunaannya mudah. Walaupun fitur yang tersedia terbatas, plugin ini sangat responsif bila dimuat di mobile device semacam smartphone.