20 Website Royalty-Free Stock Photo Gratis

Anda pasti sudah tahu bahwa multimedia adalah salah satu elemen penting untuk meningkatkan on-page SEO. Gambar bisa membuat konten Anda menjadi lebih menarik bagi para pembaca. Memang tidak semua orang senang dengan fotografi dan lebih memilih untuk mencari foto melalui search engine seperti Google dan Bing. Tetapi, terkadang mencari foto-foto yang bisa Anda gunakan tanpa memikirkan masalah hak cipta. Jika Anda sembarangan menggunakan images yang tersedia di internet tanpa meminta izin terlebih dahulu, Anda bisa saja dituntut oleh pemilik image tersebut. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan foto yang bagus tanpa masalah hak cipta? Gunakan stock photo!

Mungkin Anda bertanya – tanya apa itu stock photography? Stock photo adalah persediaan foto yang sering dilisensikan untuk penggunaan tertentu. Foto-foto ini tidak memiliki hak cipta sehingga Anda bebas menggunakannya untuk keperluan pribadi mau pun komersial.

Saat ini, sudah ada banyak stock photography tersedia di internet. Kualitas dan variasinya pun tidak kalah dengan foto-foto yang bisa Anda dapatkan dari Shutterstock, yang merupakan website stock photography berbayar.

Di internet sendiri sudah banyak website yang menawarkan stock photography secara cuma-cuma. Kebanyakan foto-foto di website ini menggunakan lisensi Creative Commons. Apa itu?

Creative Commons adalah organisasi nirlaba atau organisasi non-profit yang menyediakan lisensi alternatif untuk hak cipta. Lisensi Creative Commons memungkinkan individu untuk memilih bagaimana mereka menginginkan konten mereka digunakan kembali, diedit, atau didistribusikan ulang. Lisensi yang sering digunakan untuk stock photo adalah lisensi Creative Commons CC0 yang berarti Anda bebas menggunakan foto tersebut baik untuk tujuan komersial ataupun non-komersial.

Jika Anda mau mencari dan menggunakan stock photography, berikut ini adalah 20 website yang telah kami pilih untuk membantu Anda menemukan images terbaik untuk konten dan desain website atau blog Anda.

20 Website untuk mendapatkan free-royalty stock photo

1 – Kaboompics

Karolina, seorang web designed dari Polandia, adalah sosok kreatif di balik website foto berkualitas tinggi ini. Website foto yang satu ini menawarkan berbagai macam stock photos dengan kualitas tinggi tanpa biaya apapun. Kategori yang ditawarkan disini memang cukup luas. Mulai dari abstrak sampai fashion, kemungkinan besar Anda akan bisa menemukan apa yang Anda cari dan mau.

Foto-foto di Kaboompics boleh digunakan untuk tujuan komersial, tetapi tidak boleh dijual atau di-distribusi ulang. Selain itu, Karolina juga meminta Anda untuk memasukkan kredit dengan backlink ke Kaboompics jika memungkinkan. Dengan begini, Anda juga membantunya untuk mengembangkan websitenya dan Kaboompics dapat terus menyediakan foto-foto berkualitas tinggi untuk semua orang.

2 – Negative Space

Negative Space menawarkan foto stok baru setiap minggunya. Semua foto yang ada di website ini bebas hak cipta (Creative Commons CC0) yang berarti Anda bebas menggunakan foto-fotonya sesuka hati.

Negative Space juga memiliki kategori yang luas. Mulai dari arsitektur sampai tekonologi, koleksi foto mereka yang terus bertambah akan mengundang Anda untuk terus kembali ke website ini.

Mencari foto di galeri Negative Space juga mudah. Anda bisa mencari foto berdasarkan category, copy space position, dan bahkan warna.

3 – New Old Stock

 Jika Anda mencari foto-foto hitam putih, ini adalah website yang tepat bagi Anda.

Koleksi foto-foto vintage yang ada di website ini diambil dari arsip publik melalui Flickr Commons. Menurut website ini, foto-foto yang disediakan di website ini bebas untuk digunakan tanpa batasan hak cipta.

Jika Anda ingin memastikan bahwa mereka benar-benar aman dan bebas untuk digunakan untuk blog post atau kegiatan marketing dan komersial Anda lainnya, Anda bisa membaca tentang lisensinya di website New Old Stock.

4 – Death to the Stock Photo

Pemilik website, Allie dan David, membuat website ini setelah mereka melihat bahwa mencari foto dengan kualitas tinggi untuk bisnis, blog, dan kegiatan kreatif lainnya sangatlah sulit. Dari situlah Death to Stock Photo akhirnya lahir.

Untuk mendapatkan foto dari website ini, Anda hanya perlu memasukkan email Anda dan nikmati foto-foto yang dikirim langsung ke inbox email Anda setiap bulannya.

Kalau Anda bersedia untuk membayar, Death to Stock juga menawarkan Premium membership untuk $15/bulan atau $180/tahun.

Dalam hal lisensi, jika Anda menggunakan foto dari website ini, pastikan bahwa Anda memberi credits kepada mereka dengan meletakkan backlink ke Death to Stock Photo. Anda juga tidak diizinkan untuk mendistribusikan ulang foto-foto yang Anda dapat dari website ini.

5 – Burst (by Shopify)

Burst adalah website resource yang didirikan oleh Shopify. Tujuan dari pembuatan website ini adalah menyediakan stok foto untuk para entrepreneurs. Semua foto yang tersedia di Burst dilisensi dengan Creative Commons CC0 yang berarti Anda bisa menggunakan foto-foto ini secara bebas; termasuk tujuan komersial.

Burst dibuat dengan tujuan untuk membantu para entrepreneurs yang baru membuka bisnis online baik dalam membuat website, campaign marketing, dan produk yang lebih menarik. Kebanyakan foto ini diambil oleh tim Burst dan Shopify sendiri. Gambar-gambar yang tersedia juga memiliki tema yang berhubungan dengan niche bisnis yang sedang trending – mulai dari produk-produk DIY sampai perhiasan. Meskipun begitu, Anda juga bisa menemukan fotografi yang lebih umum di website ini.

6 – PicJumbo

Butuh gambar untuk desain web atau blog post Anda selanjutnya? Coba PicJumbo!

Dengan gambar baru setiap harinya, ada banyak pilihan gambar dengan kualitas tinggi untuk setiap topik yang sesuai dengan website Anda.

Jika Anda menggunakan gambar dari PicJumbo, jangan lupa untuk memberi credits kepada PicJumbo dan meletakan backlink ke websitenya.

7 – Stockpic

Fotografer Ed Gregory mengeluarkan 10 foto baru setiap dua minggu yang dapat Anda gunakan di situs Anda, sebagai bagian dari template, dalam iklan, dan dimana saja yang Anda mau.

Untuk mencari gambar dengan mudah, Anda dapat melihat 100 foto terakhirnya atau melihat-lihat kategori seperti pemandangan, orang, dan teknologi sampai Anda menemukan gambar yang Anda cari.

Semua foto di Stockpic menggunakan lisensi Creative Commons CC0 sehingga Anda bebas menggunakan foto-foto ini baik untuk website, blog post, marketing, dan kegiatan komersial lainnya.

8 – Startup Stock Photos

Sesuai dengan nama websitenya, tema-tema foto yang ada di website ini memang lebih ditujukan untuk perusahaan-perusahaan startup. Foto – foto yang ada di Startup Stock Photos memiliki lisensi Common Creative CC00 sehingga Anda bebas menggunakan foto ini untuk tujuan komersial sekalipun. Jika memungkinkan, berikan credits dan backlinks

9 – Freerange

Semua foto di situs Freerange berasal dari kumpulan fotografer internal, serta komunitas penyumbang eksternal yang bersedia berkontribusi untuk Freerange.

Tidak hanya banyak yang bisa dipilih, tapi foto-foto yang ada di website ini juga memiliki kualitas yang tinggi. Menurut penjelasan mereka, gambar yang disediakan oleh fotograger internal Freerange Stock diambil menggunakan dua kamera. Foto-foto itu dipotret secara digital di kamera DSLR Canon atau mereka adalah resolusi tinggi (4000 dpi) hasil scan dari Nikon dengan lensa 35mm.

Mengenai lisensi, Anda bebas menggunakan gambar-gambar ini untuk segala tujuan, baik komersial maupun tidak komersial. Anda juga tidak perlu memberi kredit kepada Freerange. Tetapi, Anda tidak boleh menjual dan mendistribusi ulang gambar-gambar. Anda juga diminta untuk tidak menggunakan gambar-gambar ini sebagai bagian dari produk yang bisa dikostumisasi seperti Zazzle, Cafepress, dan sebagainya.

10 – Gratisography

Dengan foto baru setiap minggunya, Gratisography adalah salah satu website terbaik dalam menawarkan gambar-gambar dengan resolusi tinggi di bawah lisensi Creative Commons CC00.

Dengan lisensi tersebut, Anda bisa menggunakan foto mereka sesuka hati untuk proyek pribadi dan komersial. Anda dapat menyesuaikan dan memodifikasi gambar saya dan mendapatkan bayaran untuk pekerjaan yang memanfaatkan gambar saya. Ini termasuk kampanye iklan, menambahkan logo atau teks Anda ke gambar, dicetak dalam ukuran cetak apa pun (misalnya, sampul buku, majalah, poster, dll.), Di situs web, blog, atau media digital lainnya, dan pada barang dagangan selama gambar itu sendiri bukanlah barang dagangannya. Anda juga dapat menggunakan gambar dengan orang-orang yang dapat dikenali dalam proyek komersial karena Gratisography memiliki beberapa foto yang mereka rilis dengan menggunakan model.

Semua foto di website ini diambil oleh Ryan McGuire, seorang visual artists yang kreatif di Ithaca, New York. Saat Anda mengunjungi websitenya, Anda bisa melihat bahwa foto-foto yang diambil oleh Ryan terlihat lebih unik dibanding dengan foto-foto di website lain. Untuk mempermudah, Anda bisa mencari foto berdasarkan kategori atau masukkan keyword ke dalam search box yang disediakan.

11 – Pixabay

Pixabay berfungsi sebagai repositori untuk berbagai foto berkualitas yang dirilis di bawah lisensi Creative Commons CC0 ke dalam domain publik. Situs ini bersih dan intuitif, sehingga mudah menavigasi jalan Anda melalui foto, vektor, dan ilustrasi gratis.

Kolom penelusuran utama memungkinkan Anda memfilter permintaan berdasarkan faktor seperti jenis media, orientasi, warna, dan dimensi minimum gambar yang Anda inginkan.

12 – ISO Republic

Misi ISO Republic adalah untuk menyediakan gambar berkualitas tinggi untuk digunakan oleh designer, developer, blogger, marketing, and social media team.

Dan semua yang diperlukan adalah satu kunjungan cepat ke situs web ini untuk mengetahui bahwa mereka berhasil melakukan hal itu. ISO Republic menyediakan begitu banyak gambar sehingga susah dipercaya bahwa ini semua bisa Anda dapat dan gunakan tanpa membayar biaya apapun.

Bagi Anda yang mencari akses ke foto gratis yang lebih eksklusif, ISO Republic mengundang Anda untuk mendaftar ke daftar email dan menerima foto langsung ke kotak masuk Anda.

13 – Shotstash

ShotStash menawarkan berbagai foto; mereka menambahkan gambar baru setiap hari di bawah lisensi komersial dan pribadi gratis.

14 – StyledStock

StyleStock menawarkan fotografi stok feminin gratis untuk setiap pengusaha atau blogger. Koleksi ini benar-benar gratis untuk karya komersial & pribadi Anda.

Anda diperbolehkan menggunakan gambar mereka untuk tujuan komersial ataupun nonkomersial. Namun, hak cipta gambar tetap menjadi milik fotografernya.

Anda bebas untuk mengedit dan menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa meminta izin fotografer atau sumber aslinya. Meski tidak harus, link kembali ke Styledstock.co akan sangat dihargai oleh mereka.

15 – Jay Mantri

Pemilik website ini, Jay Mantri, adalah seorang designer. Website miliknya ini menyediakan gambar-gambar berkualitas tinggi yang professional.

Jay merilis 7 foto baru setiap Kamis. Semua foto di website ini berada di bawah lisensi Creative Commons CC0. Foto-foto yang diupload Jay Mantri juga memiliki tema dan kategori yang beragam.

16 – SplitShire

SplitShire menawarkan sangat banyak foto gratis yang mengagumkan untuk Anda gunakan tanpa batasan. Didukung oleh fotografer Italia Daniel Nanescu, semua gambar yang tersedia di situs web diambil dengan sungguh-sungguh – dan ini bisa terlihat dari hasil-hasil yang tersedia.

Dari potret yang menakjubkan sampai surface yang mudah diakses, kami merasa Anda tidak akan memiliki masalah dalam menemukan foto yang sempurna untuk proyek atau blog post Anda berikutnya. Selain foto, Anda juga bisa menemukan beberapa video gratis untuk para pengunjung SplitShire.

Anda bisa menggunakan foto-foto di SplitShire dengan bebas, misalnya untuk desain web Anda atau kegiatan marketing bisnis Anda. Tetapi, Anda tidak diperbolehkan menjual dan mendistribusikan foto-foto ini.

17 – Stocksnap

StockSnap.io dengan bangga mengklaim bahwa mereka  bukanlah situs stok foto yang jelek dan Anda bisa melihat bahwa mereka berkata jujur.

Anda bisa memilih foto yang Anda inginkan dengan mencari berdasarkan kategori. Kategori yang mereka miliki pun sangat luas. Anda bisa memilih berdasarkan objek foto, kegiatan, mood, dan musim.

Mengenai lisensi, Anda tidak perlu khawatir karena semua foto di Stocksnap ada di bawah lisensi Common Creative CC0, yang berarti Anda bebas menggunakan foto-foto ini untuk kegiatan marketing dan desain dari web Anda.

18 – Unsplash

Unsplash menambahkan 10 foto yang bebas Anda gunakan semaunya setiap 10 hari sekali.

Yang paling kami suka tentang sumber daya ini adalah keunikan foto-fotonya. Dengan banyaknya halaman yang bisa Anda browse, Anda tidak akan menemukan foto-foto klise yang sering ditemukan di website stok foto lainnya.

Belum lagi, setiap foto yang dipublikasikan di Unsplash dilisensikan di bawah Creative Commons Zero (CC0), yang memberi kebebasan kepada pengguna untuk menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, dan menggunakan semua foto tanpa izin atau atribusi.

19 – FoodiesFeed

Bagi Anda para food blogger atau pemilik bisnis makanan, website yang satu ini mungkin bisa dapat membantu Anda.

Di website ini, fotografer makanan dari seluruh dunia berbagi foto mereka untuk mencapai tujuan Foodiesfeed, yaitu untuk membuat sebuah ruang online yang menyediakan foto-foto makanan yang lebih indah. Semua gambar di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0). Dengan lisensi ini, Anda bebas menggunakan foto-foto ini tanpa harus member credits dan atribusi kepada fotografer aslinya.

Jika Anda seorang fotografer profesional atau blogger makanan, memiliki passion tentang makanan, atau memiliki beberapa foto makanan di memory Anda yang bisa digunakan oleh individu kreatif modern lainnya, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas mereka dan berbagi karya dengan mereka.

20 – Pexels

Foto-foto ini dipilih dengan hati-hati dari berbagai sumber gambar gratis untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik.

Semua foto yang ada di website ini ada di bawah lisensi Creative Commons Zero, yang berarti gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial tanpa memerlukan atribusi dan Anda tidak perlu meminta izin dari pemilik foto tersebut. Selain itu berkat fungsi pencariannya, mencari foto yang tepat untuk proyek Anda berikutnya menjadi sangat mudah.