5 Cara Meningkatkan Page Views

Apakah jumlah page views Anda tidak mencukupi?

Ingin pengunjung bertahan lebih lama dan melihat konten Anda lainnya?

Membuat pengunjung untuk bertahan di website Anda lebih dari beberapa detik memang cukup sulit, terlebih lagi mendorong mereka untuk membaca konten lainnya. Padahal, dalam menganalisa data pengunjung website, page views merupakan suatu pengukur yang penting untuk diperhatikan.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke website Anda tidak memiliki waktu untuk melihat-lihat lebih dari satu halaman. Bounce rate Anda meningkat setiap pengunjung meninggalkan website Anda dengan hanya satu page view.

Meskipun page views yang rendah bukanlah pengukur kualitas konten sebuah website, namun ini berarti bahwa pengunjung tidak tertarik dengan konten lainnya karena Anda tidak memberikan cara yang tepat untuk menavigasi blog Anda. Rendahnya page views juga menunjukkan kualitas user experience (UX) yang buruk.

Apa itu user experience? Menurut Wikipedia, istilah user experience berarti emosi dan perilaku seseorang dalam menggunakan suatu produk, sistem, atau jasa. UX juga tidak hanya terkait dengan user interface (UI) tetapi juga terkait dengan pengalaman pengunjung saat berkunjung ke website Anda.

Kurangnya antusiasme pengunjung untuk melihat konten lainnya juga menyebabkan rendahnya tingkat keterlibatan yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat konversi. Ini semua bisa membuat website Anda kurang efektif dalam penjualan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa page views penting dan bagaimana Anda bisa meningkatkannya.

Page Views vs Unique Visitors

Meningkatkan page views website Anda harus menjadi salah satu tujuan penting bagi setiap webmaster. Dari sudut pandang user experience, page views adalah indikasi kualitas sebuah website yang jauh lebih penting dibanding “visits” atau unique visits”. Contohnya:

  • Website A: unique visitors 21.000, page views 22.512
  • Website B: unique visitors 19.271, page views 53.165

Jika Anda melihat dari data di atas tentu akan berpikir bahwa website A jauh lebih unggul dengan kualitas website yang tinggi karena jumlah unique visits nya. Padahal website A tidaklah lebih unggul karena jumlah page views nya yang sedikit.

Website A:

Rata-rata page views per visit: total page views/unique visitors= 22512/21000= 1.1

Ini menunjukkan bahwa setiap pengunjung tidak tertarik untuk membaca konten lainnya di website ini. Pengunjung hanya akan membaca satu konten lalu menutup website Anda.

Website B:

Rata-rata page views per visit: total page views/unique visitors= 53165/17251= 3.08

Ini menunjukkan bahwa website B jauh lebih unggul dibanding website A karena berarti pengunjung membaca atau melihat setidaknya tiga halaman sebelum akhirnya meninggalkan website Anda. Ini juga berarti bahwa website B memiliki kualitas user experience yang lebih baik serta berhasil memaksimalkan setiap unique visitors untuk melihat konten lainnya. Selain itu, jumlah rata-rata page views setiap kunjungan yang tinggi juga menunjukkan bahwa website B menawarkan konten ke pengunjung yang sesuai.

Jika dilihat dari kacamata finansial, page views yang lebih tinggi memberikan pemasukan yang lebih baik (baik melalui AdSense, penjualan, CPM, dan lainnya).

Alasan Meningkatkan Page Views

  1. Meningkatkan pendapatan melalui iklan. Jika Anda berencana untuk menjual ruang untuk iklan di website Anda maka sebagian besar pengiklan ingin mengetahui jumlah page views Anda karena page views berhubungan langsung dengan seberapa sering konten Anda dilihat dan seberapa sering iklan tersebut terlihat.

Page views yang tinggi dapat meningkatkan pendapatan dari iklan. Secara garis besar, semakin tinggi page views Anda, semakin banyak pula pendapatan dari iklan dan nilai website Anda juga akan semakin naik.

Meskipun Anda tidak berencana memasukkan iklan dalam website Anda, iklan online bisa berbentuk apa saja mulai dari iklan banner yang sederhana, link afiliasi ke post dari sponsor dan featured content.

  1. Meningkatkan conversion rate atau tingkat konversi Anda. Semua website memiliki tujuan dan jika tujuan website Anda adalah bisnis tentu Anda ingin meningkatkan tingkat konversi. Salah satu cara untuk membuat pengunjung membeli produk atau menggunakan jasa Anda adalah dengan bergabung dengan email list atau membuat mereka bertahan di website Anda dalam durasi selama mungkin. Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu di website Anda, semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membuat mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Kedua manfaat di atas adalah alasan mengapa page views wajib menjadi prioritas utama Anda dalam meningkatkan penjualan, pendaftaran, dan langganan.

Lalu bagaimana cara yang baik dalam meningkatkan jumlah page views website Anda?

Hal yang menguntungkan dari cara meningkatkan page views adalah tidak membutuhkan strategi yang kompleks. Meningkatkan page views hanya membutuhkan perencanaan yang baik mengenai desain website dan konten yang diberikan.

  1. Berikan Link yang Relevan

Banyak pemilik website yang memasukkan link ke dalam artikel hanya karena membaca bahwa Google menghargai konten yang memiliki link eksternal. Ini menyebabkan mereka memasukkan link yang tidak relevan dengan isi konten mereka.

Mengapa link penting dalam meningkatkan user experience?

  • Link dapat membantu memberikan jawaban. Jika hanya sebagian kecil pembaca yang akan bertanya mengenai suatu hal dalam artikel Anda, Anda bisa memberikan link untuk mereka.
  • Link dapat membantu pembaca dalam eksplorasi topik yang Anda bahas. Saat Anda menulis sesuatu tentu Anda harus memilih lingkup pembahasan. Jika ada topik terkait yang menarik tetapi Anda tidak memiliki ruang untuk menjelaskannya, Anda dapat memberikan link agar pembaca bisa terus megeksplorasi topik terkait.
  • Link dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas. Link pada post yang berdasarkan data yang kuat membuat pembaca akan lebih mempercayai informasi yang Anda berikan.

Lalu, apakah Anda harus memasukkan link internal atau eksternal? Jawabannya adalah memasukkan link yang memberi penjelasan yang paling sesuai, baik di website Anda maupun website lain.

Perlu diperhatikan bahwa artikel Anda yang sangat relevan dengan artikel yang sedang Anda tulis akan lebih baik dibanding artikel di website lain karena pembaca sudah terbiasa dengan gaya tulisan Anda.

Link internal juga memiliki manfaat lebih yaitu meningkatkan jumlah halaman website yang dilihat oleh pengunjung. Website yang baru belum memiliki konten yang terlalu banyak dan berkualitas untuk dijadikan internal link, namun website yang sudah membuat konten selama bertahun-tahun sudah memiliki banyak konten yang berkaitan yang dapat dijadikan internal link.

Link eksternal bisa Anda gunakan sebagai strategi promosi konten Anda dimana strategi ini membantu membuat website Anda terlihat lebih terpercaya oleh mesin pencari. Selain itu, manfaat utamanya adalah jika Anda memberikan link ke sumber yang terpercaya, pengunjung Anda akan berterima kasih karena telah membawa mereka ke website yang sangat baik dan mereka bisa berubah menjadi pembaca setia.

Meskipun tidak semua link akan di klik oleh pengunjung, namun Anda bisa mendapatkan tambahan sekitar 10-20% page views.

  1. Optimasi Kecepatan Loading Website

Jika Anda memiliki sebuah konten yang panjang tentu akan memasukkan gambar agar lebih mudah dibaca. Namun banyaknya gambar juga mempengaruhi kecepatan loading website Anda terutama bagi mereka yang membaca menggunakan ponsel.

40% pengunjung akan menutup website Anda jika loading nya membutuhkan waktu lebih dari tiga detik. Loading website yang laman dapat mempengaruhi jumlah page views Anda, belum lagi tujuan conversion rate dan optimasi mesin pencari.

Ada banyak rewards bagi website yang bisa memberikan loading website yang cepat sehingga ini juga harus menjadi prioritas Anda. Kami telah memberikan beberapa tips mempercepat loading website yang bisa Anda ikuti.

Anda bisa menggunakan website analytic data untuk melihat apakah pengunjung Anda lebih banyak menggunakan ponsel atau PC untuk melihat website Anda. Dengan cara ini, Anda bisa membuat konten yang sesuai. Misalnya, pengunjung Anda lebih banyak menggunakan PC sehingga artikel dengan gambar yang banyak tidak mengganggu. Tetapi, jika pengunjung Anda kebanyakan menggunakan ponsel, lebih baik membuat konten dengan format berbeda.

  1. Desain Website yang Simpel

Tulisan Anda harus jadi fokus saat pengunjung membaca artikel Anda. Jika Anda membuat konten yang mudah dibaca, pembaca akan terus membaca konten Anda tanpa merasa terganggu. Jika Anda membuatnya sulit untuk dibaca, pembaca tidak akan merasa antusias untuk mengunjungi halaman website Anda lainnya.

Meskipun setiap website memiliki desain yang berbeda, ada 3 hal yang biasanya membuat pembaca terganggu. Berikut cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Minimalkan atau hilangkan sidebar

Sidebar adalah elemen sebuah blog yang sering terlupakan. Anda harus memikirkan dengan baik apa yang akan Anda masukkan dalam sidebar, tetapi sidebar tidak terlalu penting.

Salah satu media blog yang sekarang sedang populer adalah Medium. Medium populer karena mudah dibaca dan tidak ada gangguan seperti sidebar. Pemilik website yang menggunakan layout simple seperti Medium mampu meningkatkan tidak hanya page views mereka namun juga conversion rate hingga 26-71%.

Jika Anda tetap ingin menggunakan sidebar, hanya masukkan informasi penting seperti biodata, link untuk populer dan top post, link ke produk atau jasa.

  • Optimasi penggunaan scroll down top menu

Menu di bagian atas blog yang bergerak seiring kamu membaca artikel tentu bisa mengganggu. Tetapi, jika kamu memang ingin menggunakan teknik ini pilihlah hanya beberapa menu yang penting.

Anda bisa melakukan tes dengan membandingkan sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan teknik ini dan pengaruhnya terhadap pengunjung. Jika tidak mengganggu Anda tetap bisa menggunakannya.

Tetapi, jika Anda mulai menambahkan header, footer, tombol berbagi ke media sosial atau sidebar, Anda hanya akan membuat pengunjung tidak betah seberapa bagus pun konten Anda.

  • Tunda atau jangan gunakan pop-ups.

Meskipun pop-ups meningkatkan conversion rate melalui email subscription, namun pop-ups juga mengganggu para pengunjung. Alhasil, jumlah pengunjung Anda akan turun dan page views Anda berkurang.

Jika Anda ingin menggunakan pop-ups, tunda waktu kemunculannya. Jangan biarkan pop-ups muncul di saat website loading, tunggu setidaknya 10-60 detik.

Biarkan pembaca menikmati konten Anda selama sekitar 30 detik hingga satu menit, maka menutup sebuah pop-ups yang simple tidak akan terlalu mengganggu.

  1. Konsistensi Sangat Penting

Kredibilitas Anda akan ditunjang oleh konsistensi. Desain website dan isi konten harus konsisten karena pembaca yang sudah beberapa kali mengunjungi website Anda sudah mengetahui bentuk website Anda.

Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam konsistensi dan user experience.

  • Branding dan logo: Brand bisa dikenali dengan berbagai cara tetapi akan lebih mudah jika dikenali melalui logo. Jika Anda ditunjukkan sebuah logo brand terkenal Anda tentu akan langsung mudah menebak brand tersebut. Apapun produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda disarankan menggunakan logo tersebut di seluruh bentuk komunikasi: blog, email, produk, atau landing pages. Bayangkan jika logo Anda berubah dari halaman blog ke landing page yang tentunya akan membuat pengunjung bingung.
  • Style: Style meliputi skema warna, tipe font yang digunakan, ukuran font, layout, writing tone, dan lainnya. Menjadi konsisten membantu pembaca tahu ekspektasi mereka untuk blog Anda, yang juga meningkatkan user experience mereka.

Jika Anda ingin menunjukkan kreativitas Anda, cukup tunjukkan melalui konten dibanding melalui desain website.

  1. Konten yang Menarik

Meskipun Anda sudah membuat pengunjung tertarik dengan keempat tips di atas, konten tetap merupakan bagian paling penting karena tidak mungkin pembaca mau membaca konten yang tidak menarik.

Konten yang menarik membuat pembaca ingin membaca konten Anda lainnya sehingga kesempatan Anda untuk meningkatkan page views semakin tinggi. Tingkatkan kualitas konten Anda dan jumlah traffic dan jumlah halaman yang dibaca juga meningkat.

Konten yang menarik biasanya merupakan konten yang komprehensif, mendalam, informatif, menghibur, mudah diakses, dapat dipercaya, dan bermanfaat. Selain meningkatkan page views, konten yang bermanfaat juga akan memberikan “share triggers” dimana pembaca akan lebih mungkin untuk membagikan konten tersebut ke media sosial mereka.

Kesimpulan

Memaksimalkan page views website Anda memberikan banyak manfaat mulai dari meningkatkan potensial penghasilan Anda dari iklan hingga meningkatkan tujuan conversion rates. Google juga menyukai website dengan bounce rate yang rendah, jumlah page views yang tinggi per pengunjung, durasi selama mengunjungi website, dan lainnya.

Meskipun ada banyak cara, meningkatkan page views website tidak harus selalu menyusahkan. Konten yang menarik, desain yang sederhana, loading website yang cepat, serta pemberian link terutama link internal dalam artikel Anda adalah beberapa cara yang juga membantu mengoptimasi website dan user experience. Lakukan satu per satu dan bersabar serta ukur dan lakukan tes dalam menerapkan tips di atas. Jangan frustasi jika sesuatu yang Anda coba tidak membuahkan hasil. Beberapa metode mungkin dapat bekerja dengan baik di website lain, tetapi belum tentu memberi Anda hasil yang baik pula.

Pada akhirnya, Anda harus mengetahui target audience Anda dan bereksperimen dengan berbagai cara berbeda untuk mengetahui cara yang paling sesuai dan memberikan hasil paling baik. Selain itu meningkatkan page views berarti Anda membantu meningkatkan user experience dan pendapatan sehingga website Anda lebih dipercaya dan disukai.

Dalam meningkatkan page views, Anda harus banyak bersabar karena ini bukanlah metode yang bisa bekerja dalam semalam.  Semoga artikel ini membantu!