5 Free Plugins E-Commerce WordPress untuk Anda!

wordpress shopping cart toko online pluginMunculnya berbagai layanan web hosting Indonesia tentunya memudahkan Anda menjalankan bisnis online. Nah, bagi sahabat Dewaweb sebagai pengguna hosting Indonesia yang memakai WordPress sebagai CMS-nya, mungkin sahabat Dewaweb terpikir tentang bagaimana caranya mengubah WordPress menjadi situs e-commerce (toko online)?  Berikut terdapat 5 plugins terbaik dan gratis yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan WordPress sebagai situs toko online:

Eshop

Plugin WordPress pertama yang dapat dipilih oleh para pengguna layanan web hosting Indonesia adalah Eshop. Plugin ini hadir dengan pengaturan simple, serta menyediakan berbagai metode untuk memasukkan daftar produk. Selain itu, tampil juga dengan user interface yang mudah di mengerti para newbie, Eshop juga memungkinkan Anda mengatur metode pembayaran, melihat statistik penjualan,  dan metode pengiriman termasuk berat produk jualan.

Quick Shop

Sedangkan plugin bernama Quick Shop ini memungkinkan Anda menambah sidebar yang menampilkan cart belanja pengunjung di sepanjang halaman website, dimana pengunjung tersebut juga dapat menghapus barang belanja mereka dengan mudah. Selain itu, Quick Shop pun hadir dengan fungsi lainnya, seperti email serta metode pembayaran Paypal.

The Cartpress Ecommerce Shopping Cart

Plugin ketiga adalah The Cartpress Ecommerce Shopping Cart yang hadir dengan fitur profesional.  membantu Anda membuat katalog dan cart shopping, serta memperluas fungsi dengan memasang plugin dan themes dengan cara yang sama seperti menggunakan WordPress secara umum. Melalui plugin yang fleksibel ini, tentu saja Anda dapat menciptakan situs toko online dengan pilihan fitur yang lengkap dan dapat dikostumisasi.

iThemes Exchange: Simple WP Ecommerce

Pilihan plugin selanjutnya adalah iThemes Exchange: Simple WP Ecommerce, dikembangkan oleh developer bernama iThemes. Plugin ini hadir dengan antarmuka yang sederhana untuk membantu Anda menambahkan produk, integrasi Paypal, dan manajemen yang dapat dikostumisasi, membuat Anda dapat menjalankan bisnis online sesuai dengan cara sendiri. Saat ini, iThemes Exchange bahkan telah di-install oleh lebih dari 3000 pengguna dengan rating 3.9.

MarketPress – WordPress eCommerce

Yang terakhir adalah MarketPress-WordPress eCommerce yang dikembangkan oleh WPMUdev. Plugin ini dapat membantu Anda menciptakan situs toko online secara instan, serta hadir dengan fitur yang lengkap seperti fleksibilitas terhadap semua themes pada WordPress. Terdapat pula berbagai metode pembayaran seperti PayPal, Google Checkout, Authorize.net, MoneyBookers (Skrill), mendukung Google Analytics, dan memungkinkan Anda mengatur metode pengiriman.

Kelima plugins ecommerce untuk CMS WordPress di atas dapat Anda aplikasikan untuk mengatur toko online Anda agar berjalan sesuai keinginan. Disamping melakukan sejumlah trik untuk memaksimalkan kegiatan bisnis online, Anda pun sebaiknya memilih layanan web hosting Indonesia yang tak hanya menawarkan harga ekonomis, tapi juga layanan yang berkualitas. Selamat mencoba!

  • Hai Dewaweb, kenapa tidak ada woocommerce di list plugins e-commerce ini?

    • Dewaweb Cipta

      Terpikir juga sih untuk memasukkan woocommerce ke artikel ini – namun penulis berpikir woocommerce mungkin sudah terlalu umum dan artikel ini ingin menyuguhkan alternatif-alternatif lain selain woocommerce. Tapi mas Yonathan benar, woocommerce masih tetap terhitung sebagai plugin e-commerce (shopping cart) gratis yang bagus juga.

  • Dhimas Anta Kumala

    terimakasi suda sharing ilmunya , sangat bermanfaat