5 Modul Pilihan Untuk Website Berbasis CMS Drupal

  1. Drupal Web CMS

Drupal adalah CMS berbasis open-source, yang dirilis di bawah lisensi GNU. Dengan demikian, Anda pengguna layanan cloud hosting Indonesia yang ingin mengatur konten website melalui CMS ini dapat men-download, menggunakan serta memodifikasinya dengan bebas dan gratis, karena Anda tidak akan dibebankan biaya lisensi ataupun pemeliharaannya.

Baca Juga : Berkenalan dengan CMS yang Paling Dinamis, Drupal!

Berikut 5 modul pilihan yang mungkin berguna untuk website berbasis CMS Drupal.

Modul Backup and Migrate

Modul berikut berguna untuk membantu membuat backup file website maupun database berbasis CMS Drupal.

Fitur yang bisa ditemukan di dalam modul Backup and Migrate antara lain :

  • Multiple backup schedules.
  • Backup/Restore multiple database MYSQL.
  • Supports file kompresi gzip, bzip and zip .
  • Support backup ke FTP/S3/Email.
  • Membuat schedule auto backup.
  • Dan fitur lainnya.

Modul Administration Menu

Modul Adminstration Menu berguna untuk  menambahkan navigasi menu di halaman administrasi CMS Drupal dalam bentuk drop down di bagian paling atas. Dengan menggunakan modul ini akan membantu dan mempermudah dalam mengelola website berbasis CMS Drupal.

Modul WYSIWYG

Menurut Wikipedia, editor WYSISYG adalah suatu sistem di mana konten (teks dan grafis) pada layar selama proses editing muncul dalam bentuk erat sesuai dengan penampilan saat dicetak atau ditampilkan sebagai produk jadi, seperti dokumen, halaman web, atauslide presentasi. 

Modul WYSIWYG untuk Cms Drupal adalah modul antarmuka cms Drupal dengan fitur lengkap untuk editor dan berhubungan dengan teks editor yang tentunya akan membantu dalam membuat,mengedit sebuah artikel atau konten dengan website berbasis CMS Drupal.

Modul XML sitemap

Sitemap dalam sebuah website diperlukan oleh beberapa sebuah mesin pencari di internet seperti (Google, Bing, dll) untuk mengindex dan mendata seluruh isi dari sebuah website. Dengan menggunakan Modul XML Sitemap untuk CMS Drupal dapat membuat secara otomatis sebuah sitemap untuk website berbasis CMS Drupal.

Dikutip dari halaman resmi Modul XML Sitemap juga dilengkapi dengan beberapa submodul yang dapat dimanfaatkan untuk menambah sitemap link untuk konten, item sebuah menu, dan lainnya.

Modul Pathauto

Modul Pathauto secara otomatis mengenerate URL/path aliases sebuah konten atau halaman yang dibuat dengan website berbasis Drupal. Dengan memanfaatkan modul Pathauto ini akan membantu sebuah website untuk memiliki clean url yang membantu untuk SEO sebuah website.

Demikian 5 modul pilihan yang mungkin berguna untuk website berbasis Drupal. Selain ke 5 modul Drupal di atas masih banyak modul CMS Drupal yang bisa di manfaatkan untuk membantu dan memudahkan dalam mengelola website berbasis CMS Drupal.

Semoga bermanfaat.

2,155 total views, 8 views today