5 Situs untuk Mengecek Loading Time Website Anda

website load time test tools
Dengan adanya layanan web hosting Indonesia, Anda dapat membangun website personal maupun perusahaan dengan cara praktis. Setelah berhasil membangun website yang diinginkan, ada sejumlah langkah optimasi yang perlu Anda lakukan, agar situs Anda dapat diakses dengan cepat. Sementara jika langkah optimasi selesai Anda lakukan, sebaiknya periksa kecepatan loading website Anda. Bagaimana cara memeriksanya? Berikut sejumlah tools yang dapat digunakan oleh seluruh pengguna layanan hosting Indonesia.

Free Speed Test

Tools pertama yang dapat dipakai untuk mengecek kecepatan website adalah Free Speed Test. Dengan mengakses freespeedtest.com, Anda dapat melihat berapa loading time yang diperlukan, melalui berbagai data center yang tersebar di seluruh dunia. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa waktu yang diperlukan untuk membuka website Anda dengan akurat.

Web Site Optimization

Para pengguna web hosting Indonesia pun dapat menggunakan tools Web Site Optimization, melalui situs websiteoptimization.com. Hadir dengan sejumlah fitur, seperti web page, speed report, calculates total object sizes, global report, external files calculation, analysis & recommendations, serta loading time, memungkinkan Anda dapat mengetahui berapa loading time untuk membuka situs Anda, serta bagaimana caranya untuk meningkatkan performa.

Rapid Search Metrics

Selanjutnya, pengguna layanan hosting Indonesia dapat memakai tools Rapid Search Metrics melalui situs rapid.searchmetrics.com. Dengan tools ini, Anda dapat menggunakan fitur speed analysis dan estimates loading time untuk menganalisa kecepatan performa website. Selain itu, situs ini pun dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan SEO.

Pingdom Tools

Ada pula Pingdom Tools yang juga dapat Anda gunakan untuk mengecek loading time website dengan sangat efektif. Situs yang dapat diakses melalui tools.pingdom.com ini mampu menampilkan loading time dari setiap elemen yang ada di dalam website Anda, seperti elemen CSS, HTML, gambar, JS, dan banyak lagi.

Aptimize (UPDATE: sudah tidak berfungsi)

Anda pun dapat memakai tools yang dapat diakses pada situs aptimize.com untuk mengecek kinerja loading website. Berbeda dengan keempat tools sebelumnya, Aptimize memberikan laporan unik dimana setelah melakukan pengecekan URL, tools ini akan mengirimkan hasil analisa melalui email dan dalam format PDF.

Lima situs yang disebutkan diatas dapat Anda pakai untuk mengecek kecepatan loading website. Jika Anda telah mengetahui bagaimana kinerja website Anda, maka Anda pun dapat melakukan sejumlah optimasi melalui web hosting Indonesia yang digunakan, agar performa situs menjadi semakin prima, sesuai keinginan Anda. Anda dapat memilih Dewaweb sebagai penyedia layanan hosting Indonesia yang juga bisa membantu website Anda berjalan lebih cepat hingga 40 kali!

13,917 total views, 8 views today

  • Ari

    Saya sendiri terbiasa pakai gtmetrix yang menggabungkan poin-poin analisa kecepatan website dari Google Page Speed dan YSlow. Lumayan membantu. Tapi terkadang juga pakai Pingdom buat cek http request yang membuat berat load website.

    • Dewaweb Cipta

      Tools-tools yang dijelaskan pada artikel ini sifatnya independen (pihak ketiga), jadi netral hasilnya. Kalau salah satu pihak (misalnya pihak hosting) “ngaku” server nya cepat, bisa kita buktikan apakah benar-benar cepat atau tidak dari tools-tools semacam ini. Sebaliknya juga sama, kadang belum tentu salahnya pihak hosting kalau misalkan website kita diakses nya lambat. Faktor-faktor yang ditampilkan pada laporan GTMetrix misalnya, akan menunjukkan hal-hal apa saja yang membuat loading website kita lambat.

  • bener banyak faktor bikin speed website kita lambat/cepat, kadang hosting ok cuma di website kita pake banyak plugin dan script yg bikin pengaruh jg, klo pengen speed website kita cepet bisa pake banyak cara kyk pake cdn, cloudflare dll. website saya jg pas di test hasilnya diatas 4 second dioprek lagi sekarang dibawah 4 second segitu pake shared hosting. sering test pake testspeed biar gampang analisanya

  • Saya sendiri biasa menggunakan Page speed Insights tools oleh google, namun hanya satu saja tidak cukup untuk cek kecepatan speed website/blog, kita harus mengeceknya dengan tools yang terbaik di internet untuk sebagai perbandingan saja…

  • terima kasih infonya, alhamdulillah. dari semua rata2 web saya dapet nilai B

    http://rahmadmars.com/

    • Sama-sama Pak Rahmad. Sukses selalu.

  • Terima kasih Pak atas tambahan informasinya.

  • terima kasih banyak @ardyansyahahmad:disqus atas ulasannya 🙂 semoga artikel kami bermanfaat bagi Anda.

  • kerenn broo

  • mantab gan makin tahu blog cepat atau tidak disaat loading.