7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Modal Kecil

Ide bisnis online dengan modal kecil

Menjadi pengusaha sukes. Siapa sih yang tidak mau menjadi pengusaha sukses dengan omzet miliyaran bahkan triliunan? Tapi, pertanyaannya adalah, apakah setiap orang bisa menjadi pengusaha sukses? Bisa, tentu bisa. Yang menjadi masalah hanyalah harus memulai dari mana? Berbeda dengan di post-post sebelumnya yang lebih banyak membahas tentang web, SEO, hosting, domain, dan sesuatu semacam itu, kali ini kami justru ingin sedikit refresh dengan membahas tentang ide bisnis online dengan modal kecil.

Kenapa online? Kenapa tidak offline? Karena kami ingin mengajak -lebih tepatnya mendorong- Anda, para Sahabat Dewaweb, untuk lebih melek terhadap perkembangan zaman. As we know, dunia digital dan perkembangan teknologi adalah hal yang tidak bisa kita tawar-tawar lagi. Semakin cepat dan semakin cerdas kita merespons tantangan pasar, maka semakin cepat pulalah kita menuai kesuksesan. Bukankah begitu?

Tapi sebentar, yang dimaksud dengan modal di sini apakah hanya uang dan barang? Tidak. Yang dimaksud dengan modal di sini bisa juga berupa modal manusiawi atau keahlian. Dengan kata lain, sumber daya manusia (SDM).

#1 Reseller dan Dropshipper

E-commerce adalah bisnis yang mengalami perkembangan besar-besaran dalam setahun terakhir. Menurut Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, potensi perdagangan e-commerce diperkirakan mencapai 280 triliun rupiah. Itu hanya pada tahun 2015. Berbelanja online baik barang maupun jasa via e-commerce sudah merupakan hal lumrah bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Ini tentu bisa kita jadikan peluang.

Lalu bagaimana jika Anda tertarik di bisnis ini tapi tidak memiliki modal yang besar atau bahkan tidak punya modal uang sama sekali? Anda bisa memulainya dari menjadi reseller atau dropshipper.

Secara sederhana, reseller atau dropshipper adalah bisnis dengan cara menjualkan barang yang disediakan oleh supplier. Keuntungannya adalah dari selisih harga barang dari supplier dengan harga jual. Berapa keuntungannya? Tentu bervariasi. Untuk sepatu, misalnya, keuntungan satu item biasanya berkisar antara 25-75 ribu rupiah.

Barang atau jasa apa saja yang bisa Anda jual kembali?

  • Produk fesyen dewasa seperti sepatu, pakaian, aksesoris, dll.
  • Produk fesyen bayi dan anak beserta perlengkapannya seperti pakaian, sepatu, mainan, dll.
  • Kosmetik.
  • Perlengkapan dan peralatan dapur. Tentu saja yang bisa dikirim via jasa ekspedisi.
  • Voucher.
  • Domain.
  • Buku.
  • dll.

Modal yang Diperlukan

Tergantung dengan jenis komoditas yang akan Anda jual, tapi biasanya, modal yang diperlukan berupa:

  1. Smartphone untuk dijadikan toko online juga untuk berkomunikasi dengan supplier dan konsumen
  2. Paket Internet.
  3. Laptop atau komputer (opsional).

Langkah-Langkah Menjad Reseller atau Dropshipper

  1. Tentukan jenis barang yang akan Anda jual.
  2. Pelajari product knowledge dengan saksama. Misalnya, jika Anda akan menjual sepatu, tentu Anda harus tahu range size, bahan, karakteristik unik dari barang yang Anda jual.
  3. Tetapkan standar kualitas dan demografi pasar. Anda ingin menjual barang yang seperti apa? Dengan range harga berapa? Target pasar Anda kalangan ekonomi yang bagaimana? Contoh, jika Anda ingin menjual peralatan dapur dan akan memasarkannya ke teman-teman Facebook Anda, Anda harus tahu dulu profesi mereka apa, kira-kira penghasilannya berapa. Ini berhubungan dengan pengetahuan tentang daya beli target pasar.
  4. Cari dua atau tida supplier yang memang membuka reseller atau dropshipper. Mencari supplier ini bukan perkara mudah, sebetulnya. Andalah yang kelak akan menentukan sendiri yang mana supplier yang cocok dan yang mana yang tidak.
  5. Tetapkan platform apa yang akan Anda gunakan. Untuk pemula, kami menyarankan untuk mengoptimasi media sosial terlebih dahulu alih-alih langsung membuat situs web.
  6. Mulai unggah barang jualan Anda dan lakukan promosi.

Tip: Hindari nge-tag teman secara berjamaah ketika melakukan promosi. Hindari nge-BC.

#2 Online Personal Shopper

Ini profesi yang sudah marak di luar negeri sana dan mulai merambah ke Indonesia setahun belakangan. Personal shopper bukanlah orang yang disuruh-suruh berbelanja oleh klien, itu tukang namanya. 😀

Personal shopper adalah ia yang memberikan jasa untuk menjadi pembelanja pribadi sekaligus memberikan masukan dan saran kepada konsumen. Seorang online personal shopper harus memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang produk yang diinginkan klien sekaligus kemampuan komunikasi bisnis yang baik.

Misalnya begini, klien Anda ingin membeli satu unit laptop yang akan dia pakai untuk mengetik, Internet, dan presentasi. Bujet yang dia sediakan sekitar 3 juta rupiah. Ia tidak peduli tentang merek, kapasitas RAM, HDD, dan lain sebagainya karena memang tidak terlalu paham. Tugas Anda sebagai online personal shopper adalah mencari laptop sesuai kriteria yang diinginkan sekaligus di mana membelinya.

Dari mana penghasilannya?
Komisi. Anda bisa menetapkan persentase dari harga barang atau komisi flat.

Di mana membeli barang yang dibutuhkan klien?
Beberapa online personal shopper berafiliasi dengan e-commerce atau toko offline, beberapa tidak berafiliasi dengan toko mana pun namun memiliki koneksi dan jaringan yang luas.

Bagaimana sistem pembayarannya?
Anda yang menetapkan. Bisa dengan cara mendapatkan pembayaran terlebih dahulu dari klien, atau kalau Anda berafiliasi dengan e-commerce, Anda bisa memesankan sehingga klien hanya perlu melakukan pembyaran.

Jenis Barang atau Jasa?

  • Tergantung wawasan dan keahlian Anda. Bisa saja berupa personal shopper khusus fesyen dan kosmetik, khusus elektoronik, furnitur, dll.

Modal yang Diperlukan:

  1. Smartphone atau laptop.
  2. Internet.
  3. Database klien, produk, e-commerce, dan toko offline.

Langkah-Langkah Menjadi Online Personal Shopper

  1. Personal shopper berbasis kepercayaan. Jadi yang pertama kali harus Anda bangun adalah personal identity Anda.
  2. Miliki relasi yang luas.
  3. Karena ini profesi yang masih jarang, sebaiknya Anda membuat peraturan yang bisa diakses oleh klien atau calon klien.
  4. Promosi di mana? Bisa di media sosial atau blog.

#3 Garage Seller

Anda punya barang-barang layak pakai yang hanya berfungsi sebagai penunggu gudang atau kardus di sudut ruangan? Anda punya buku-buku yang bernasib menyedihkan karena tidak pernah Anda baca? Kenapa tidak dijual? Keuntungan dari bisnis seperti ini memang tidak terlalu besar, tapi jika Anda serius, Anda bisa mengembangkan dengan cara mengumpulkan barang bekas layak pakai dari teman atau orang-orang terdekat dan menjualnya secara online.

Modal yang Diperlukan:

  1. Smartphone atau laptop.
  2. Kamera (opsional).
  3. Internet.
#4 Payment Agent

Untuk beberapa jenis transaksi, pembayaran tunai sulit dilakukan atau tidak terlalu efektif. Misalnya, ada beberapa online shop yang hanya menerima pembayaran via transfer dan kartu kredit, atau beberapa gerai yang jam bukanya sangat terbatas seperti BPJS. Nah, Anda bisa berbisnis di bidang ini: menyediakan jasa pembayaran online kepada konsumen offline atau kepada mereka yang kesulitan melakukan pembayaran via transfer bank. Yang Anda lakukan adalah Anda menerima pembayaran dari klien secara tunai dan membayarkannya via transfer bank atau jenis pembayaran lainnya (kartu kredit, voucher, saldo, dll).

Dari mana penghasilannya?
Komisi. Anda bisa mengambil komisi dari jumlah pembayaran yang harus dibayarkan klien. Misalnya, harga barang + ongkir adalah 200 ribu. Anda bisa men-charge sebanyak 210 ribu kepada konsumen.

Tip: Pertimbangkan biaya transfer antarbank.

Jenis Pembayaran yang Bisa Anda Layani:

  • Pulsa.
  • Listrik.
  • E-commerce.
  • Internet.
  • Tiket pesawat.
  • Booking hotel.
  • BPJS.
  • dll

Modal yang Diperlukan:

  1. Smartphone atau latpop.
  2. Internet.
  3. Saldo di rekening bank (debet) dan atau kartu kredit.

Langkah-Langkah Menjadi Payment Agent:

  1. Tentukan jenis pembayaran apa saja yang Anda sediakan, sesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda tidak memiliki kartu kredit, jangan sediakan layanan untuk jenis pembayaran yang hanya bisa menggunakan kartu kredit.
  2. Promosikan jasa kepada orang-orang terdekat lebih dulu, misalnya tetangga, saudara, atau teman.
#5 Craft-er

Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan yang bisa dijual, Anda bisa memanfaatkan keahlian itu. Misalnya, menjahit, melukis, doodling, dan lain-lain.

Modal yang Diperlukan:

  1. Alat kerja.
  2. Smartphone atau laptop.
  3. Kamera (ospional).

Langkah-Langkahnya:

  1. Buatlah foto yang menarik dari hasil kerajinan tangan Anda lalu posting di akun media sosial, biasanya Instagram.
  2. Promosi.

#6 Afiliasi

Afiliasi artinya Anda bekerja sama dengan pemilik jasa atau barang tertentu. Tugas Anda adalah ikut serta mempromosikan dan menjual produk mereka dan Anda akan mendapat komisi dari setiap produk yang terjual. Semakin andal Anda melakukan promosi dan semakin banyak closing yang Anda lakukan, maka komisi yang akan Anda dapatkan pun semakin banyak pula.

Banyak lho perusahaan yang menyediakan program afiliasi dengan komisi yang lumayan. Anda hanya perlu mencari yang paling cocok dengan minat Anda.

Modal yang Diperlukan:

  1. Smartphone dan laptop.
  2. Internet.
  3. Blog da media sosial.

#7 Temen Jalan

Jika Anda punya hobi traveling dan tahu tempat-tempat asyik dan unik untuk dikunjungi, Anda bisa mulai memikirkan bisnis di bidang ini. Temen jalan agak-agak mirip dengan travel agent, tapi dikelola oleh personal, bukan perusahaan. Semacam open trip gitu, deh. Mula-mula, Anda bisa menentukan destinasi, anggaran biaya, fasilitas apa saja yang Anda sediakan, lalu promosikan di media sosial atau blog yang Anda miliki. Atau, Anda juga bisa menyediakan tenaga untuk menjadi guide bagi rombongan yang akan berangkat ke destinasi tertentu.

Peluang bisnis ini cocok untuk Anda para travel blogger. Selain hobi Anda tersalurkan, Anda pun bisa mendapatkan uang dari blog, bukan?

*

Oke, sekian pembahasan tentang ide bisnis online dengan modal kecil kali ini. Jika Anda punya ide bisnis lain yang lebih kece, segera dipraktikkan biar idenya tidak disambar orang. Sampai jumpa di post selanjutnya, semoga bermanfaat.

6,974 total views, 36 views today

  • Sep….
    Ilmunya mantap.
    Sekarang saya ngerti.
    Terimakasih admin DewaWeb.

    • Sama-sama Pak Iwan. Sukses yah…