Alasan Kenapa Anda Perlu Mulai Blogging Cara Membuat Blog Dan Tips Untuk Para Blogger Pemula

Aktivitas blogging bisa sangat berarti bagi banyak orang karena berbagai alasan. Blogging bukan hanya untuk kebutuhan bisnis. Anda bisa mendapat manfaat secara finansial, profesional, dan personal dari blogging, terlebih bila menulis jadi salah-satu hobi Anda.

Berikut beberapa alasan kuat kenapa Anda perlu mulai membuat sebuah blog.

Alasan Kenapa Anda Perlu Mulai Blogging: Karena Memulai Blog Sangat Mudah

Memulai sebuah blog sangat sederhana. Anda bisa memiliki sebuah blog dan menjalankannya dengan hanya beberapa kali klik. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih hosting plan, menentukan domain, dan menggunakan fitur aplikasi.

Setelah menginstal WordPress, Anda bisa mengaksesnya, dan Anda sudah memiliki sebuah blog sendiri. Anda bisa memilih blog yang gratis, tapi bila Anda berencana untuk menghasilkan uang dari blog, Anda perlu memiliki domain dan mengatur hosting sendiri. Silahkan baca artikel kami tentang menghasilkan uang dari blog.

Memulai Blog Tidak Membutuhkan Skil Teknis

Seperti yang telah disebutkan di atas, langkah untuk memulai blog sendiri mudah dan cepat. Terlebih lagi, membuat blog tidak membutuhkan kemampuan teknis terlalu banyak. Bahkan bila Anda mengikuti langkah demi langkah panduan untuk membuat blog, Anda tak akan menemukan masalah yang berarti.

Menarik Audiens

Blogging membuat Anda bisa menarik banyak orang yang menggunakan internet. Blogging bisa membantu mempromosikan diri Anda atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Blogging bisa jadi metode untuk menarik audiens karena memiliki nilai. Dengan menciptakan blog yang bernilai, Anda bisa menarik audiens dan perlahan mengubahnya menjadi pelanggan, partner, teman, atau yang lainnya.

Membangun Otoritas

Memiliki blog dan menulis tentang topik penting yang relevan dengan audiens Anda membuat Anda memiliki otoritas di ruang tersebut. Ini memperkuat citra profesional Anda. Blog menjadi ciri profesional di tahun 2000 seperti layaknya kartu bisnis di tahun 1990-an. Blog kini jadi bentuk kartu bisnis yang baru.

Anda Bisa Blogging Dari Mana Saja

Satu hal menarik dari menjalankan website adalah Anda bisa bekerja dari mana saja. Anda bisa blogging di rumah, dari kafe, atau ketika berlibur. Bahkan ada blogger yang melakukan pekerjaannya ketika bepergian. Tentu, blog mereka berpusat pada traveling, tapi blogger lain tetap bisa menjalankan blog ketika berlibur atau jauh dari rumah.

Blogging Meningkatkan Skill Menulis Anda

Manfaat lain dari blogging adalah semakin banyak Anda menulis, Anda jadi penulis yang semakin baik. Meski banyak blogger yang awalnya sudah menjadi penulis bagus, beberapa blogger, bahkan beberapa blogger yang sukses, bukan penulis yang baik. Melalui blogging, mereka meningkatkan kemampuan menulis.

Semakin lama dan sering Anda melakukan sesuatu, semakin baik Anda melakukannya. Jadi baik Anda penulis yang sudah bagus atau Anda tidak begitu baik dalam menulis, bila Anda blogging teratur, kualitas tulisan Anda akan mengalami peningkatan.

Berbagi  Pengetahuan Dengan Orang Lain Melalui Blog

Mungkin Anda sangat tahu tentang subjek tertentu, bila demikian, sebuah blog bisa jadi cara bagus untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain. Bahkan blog menjadi sumber informasi bermanfaat bagi sebagian orang tentang subjek tertentu.

Misalnya, ada blog berisi review tentang produk elektronik yang membantu konsumen menemukan produk terbaik serta panduan bagaimana menggunakan produk tersebut. Bila Anda ahli dalam produk elektronik, Anda bisa menggunakan keahlian ini pada blog Anda.

Sebagai  hasilnya, Anda bisa membantu banyak orang membuat keputusan lebih baik ketika membeli produk tertentu.

Blog Bisa Meningkatkan Penjualan

Menambahkan blog ke bisnis Anda jadi cara kuat untuk meningkatkan brand dan membangun kepercayaan dengan pelanggan. Tentunya, brand yang kuat dan lebih dipercaya memiliki lebih banyak penjualan. Tapi itu bukan satu-satunya cara blog bisa memberi lebih banyak penjualan pada bisnis Anda.

Karena blog bisa jadi cara yang bagus untuk mendapat tautan dan sharing di media sosial dari situs lain dan ini jadi cara untuk memperoleh traffic lebih banyak ke website bisnis Anda. Semakin banyak traffic yang website Anda peroleh, Anda mendapat semakin banyak pembeli dan semakin banyak penjualan terjadi. Ketahui juga strategi meningkatkan traffic di blog yang akan bermanfaat untuk Anda.

Blogging Jadi Awal Dari Karir Menulis

Melalui blogging, ada banyak blogger yang telah menulis buku dan menjadikan menulis sebagai pekerjaan di website-website besar. Ini jadi bukti kalau blog memiliki kekuatan sangat besar saat ini.

Di masa lalu bila Anda ingin menjadi penulis, Anda biasanya perlu memiliki gelar dan bila ingin menulis sebuah buku Anda harus beruntung menemukan penerbit atau mengenal seseorang di industri ini. Sekarang, dengan sebuah blog Anda bisa menampilkan tulisan ke siapa saja, membangun audiens, dan membuktikan kalau Anda bisa menulis dengan baik karena sudah ada audiens untuk tulisan Anda.

Menciptakan Kesempatan

Blogging bisa mengarah ke bisnis atau traffic lain yang menciptakan kesempatan. Misalnya, orang yang menemukan Anda melalui blog menghubungi Anda untuk jadi pembicara di sebuah acara. Blogging memungkinkan siapa saja yang memiliki sesuatu yang menarik untuk diidentifikasikan sebagai seorang ahli.

Menata Ide Dan Belajar

Blogging memaksa Anda untuk mengajarkan diri sendiri apa yang Anda tidak tahu dan mengungkapkan apa yang Anda tahu. Ketika mulai menulis post blog, Anda dipaksa untuk mengorganisasikan ide. Bila ada celah pemisah di topik yang Anda tulis, Anda harus mempelajarinya. Menulis dan mengungkapkan ide jadi cara untuk menginternalisasikan sesuatu yang telah Anda pelajari atau alami. Menulis membantu Anda menjadi lebih familiar dengan topik yang Anda tulis.

Membagikan Cerita Anda

Blogging memungkinkan Anda menjadi perusahaan media sendiri. Anda bisa membagikan cerita dengan cara yang Anda inginkan tanpa bergantung pada jurnalis. Ketika Anda menulis tentang sebuah topik sendiri yang Anda minati, Anda bisa memutuskan bagaimana memotret cerita tersebut, informasi apa yang perlu disertakan, dan mana yang perlu dihapus. Blogging membuat Anda bisa memastikan semua informasi faktual yang disertakan di blog.

Bertemu Orang Baru

Audiens yang Anda peroleh dari blogging tidak harus selalu menjadi audiens Anda. Mereka bisa menjadi teman, rekan kerja, partner, atau lainnya. Ada banyak orang yang akan Anda temui langsung setelah mereka membaca blog Anda. Beberapa orang ini bisa menjadi teman atau rekan bisnis Anda.

Menjadi Terlihat

Hanya 1 persen pengguna internet yang secara aktif menciptakan konten baru, sedang 99 persen lainnya hanya membacanya. Dengan blogging, Anda memisahkan diri dari kelompok 99 persen ini. Menjadi “terlihat” jadi hal penting dalam kondisi ekonomi yang kian kompetitif.

Menghasilkan Uang

Bila Anda memiliki banyak pembaca, berarti Anda punya kesempatan untuk monetisasi blog. Di kondisi ekonomi saat ini, memiliki tambahan sumber penghasilan bisa sangat bermanfaat. Bila Anda bekerja dengan bayaran tidak seperti yang diharapkan, atau Anda sekedar ingin menambah penghasilan, blogging bisa jadi caranya. Pemasukan yang berasal dari blogging bisa bersifat pasif, berarti bisa otomatis atau tidak secara langsung berhubungan dengan jumlah waktu yang Anda alokasikan.

Panduan Untuk Memulai Sebuah Blog

Jadi Anda sekarang ingin memulai sebuah blog, tapi belum tahu cara untuk memulainya? Ada banyak sekali info di internet atau banyak saran yang akan Anda terima untuk melakukan berbagai hal berbeda, dan Anda merasa semua itu terlalu membingungkan. Berikut ini kami paparkan panduan yang sederhana dan mudah dipahami.

Ada 4 langkah utama yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah blog. Bila Anda mengikuti panduan dan 4 langkah ini, Anda akan memilik sebuah blog sendiri dalam waktu kurang dari 30 menit.

Langkah memulai sebuah blog:

  1. Pilih platform blog yang Anda sukai
  2. Pilih web hosting untuk blog Anda
  3. Atur blog di domain Anda
  4. Design blog Anda

Memilih Platform Blog Yang Anda Sukai

Memilih dimana Anda ingin membangun blog jadi cara pertama yang harus Anda lakukan. Anda bisa menggunakan WordPress, yang jadi platform terbesar di dunia. Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress.

Tapi ada juga alternatif lain sebagai berikut:

  • Blogger – terbaik selanjutnya setelah WordPress.
  • Tumblr – Gabungan dari blog dan jaringan sosial. Menarik dan sangat mudah digunakan.

Meski WordPress lebih besar dibanding keduanya, berikut alasan kenapa Anda perlu menggunakan WordPress:

  • Pengaturannya mudah dan gratis
  • Ada banyak tema dan layout gratis
  • Ada banyak forum support untuk berjaga ketika Anda mengalami kesulitan
  • Orang bisa berinteraksi dengan Anda dengan mudah. Konten Anda bisa dibagikan, dikomentari, dan seterusnya.

Self-hosting Atau Yang Gratis?

Ini jadi keputusan terbesar yang perlu Anda buat sebelum melangkah lebih jauh. Anda perlu memutuskan apakah membayar untuk blog Anda atau memilih yang gratis.WordPress, Tumblr, dan Blogger, semua menawarkan blog gratis. Ini sangat bagus untuk mereka yang tidak terlalu serius tentang blogging. Tapi ada juga kekurangannya:

  • Anda tidak bisa memiliki nama domain sendiri. Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL) biasanya tidak menarik. Memiliki blog gratis dengan layanan blog di atas dan nama domain Anda menjadi: blogsaya.wordpress.com, blogsaya.blogspot.com, atau blogsaya.tumblr.com
  • Ada batasan untuk blog gratis. Anda tidak bisa sepenuhnya me-monetisasi-nya, dan kemungkinan Anda tidak bisa meng-upload semua video dan gambar yang ingin Anda tunjukkan. Semuanya terbatas, bahkan Anda tidak punya akses ke tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress.
  • Anda tidak sepenuhnya memiliki blog Anda. Mungkin terdengar konyol, tapi Anda sebenarnya tidak memiliki blog Anda sendiri. Blog Anda di-hosting pada web properti orang lain dan mereka bisa menghapusnya kapan saja. Ini berarti semua kerja keras Anda pada blog bisa hilang dalam hitungan detik.

Sebaliknya, dengan blog self-hosted dan nama domain Anda sendiri, Anda jadi pemilik sebenarnya dari blog Anda. Anda bisa memberi nama blog apapun yang Anda mau, misalnya, namaAnda.com atau blogtopAnda.com. Anda bisa mengeditnya dengan .com, .co.uk, .net, .org, atau akhiran web lainnya. Juga ada bandwidth tak terbatas untuk video dan gambar.

Memulai Blog Dengan Domain Sendiri (Bila Anda Memilih Self-hosting Dan Domain Custom)

Bila Anda masih bingung dengan apa yang dimaksud blog self-hosted, berikut ini penjelasan dan bagaimana Anda bisa mengaturnya sendiri.

Anda perlu memilih nama domain yang Anda suka dan juga pilih perusahaan hosting yang bisa host blog Anda.

  • Domain. Domain pada dasarnya URL dari website Anda. Misalnya, google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain).
  • Hosting. Hosting adalah perusahaan yang meletakkan website Anda di internet agar siapa saja bisa melihatnya. Semua tersimpan di sana. Ini ibarat hard-drive komputer pada internet dimana blog Anda akan disimpan.

Men-design Blog WordPress Anda

Buat blog Anda persis seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda bisa menuju Appearance > Themes dan instal tema gratis WordPress atau Anda bisa menuju tema premium website dan membeli temanya. Anda bisa pilih yang terlihat profesional dan mudah disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur ini yang membuat Anda bisa mengubah tema dalam beberapa kali klik.

Jadi bila Anda bosan dengan template blog yang sekarang, Anda bisa menggantinya dengan yang lain tanpa kehilangan konten atau gambar apapun. Yang perlu diingat, design blog tidak hanya harus merefleksikan kepribadian Anda, tapi juga tentang isi blog. Tidak ada korelasinya menampilkan tema sepak bola bila blog Anda tentang tenis, bukan?

Blog Anda juga harus mudah dinavigasi bila Anda ingin orang berdatangan. Bila tidak demikian, orang tidak akan betah di blog Anda. Design jadi seni yang bersifat subjektif, berarti tiap orang menyukai hal berbeda. Tapi tak ada yang suka web yang jelek dan mereka tidak suka web yang sulit dinavigasi. Buat semua mudah bagi audiens Anda.

Kesalahan Blogger Pemula Dan Cara Memperbaikinya

Sebelum melangkah lebih jauh dalam membangun blog, Anda perlu ketahui beberapa kesalahan umum ketika memulai blogging.

Musik Otomatis

Musik otomatis pada blog tidak hanya mengganggu, tapi juga berpengaruh pada bandwidth Anda. Musik otomatis membuat blog Anda lebih lambat. Apakah Anda ingin kehilangan pembaca karena mereka tidak mau menunggu situs Anda loading? Dan setelah mereka menunggu situs Anda loading, apakah mereka jadi kesal atau kaget karena speaker mereka di volume tinggi dan mereka tidak tahu akan mendengar musik? Bisa diasumsikan mereka tidak akan kembali ke blog Anda.

Menggunakan Design Dengan Latar Belakang Gelap Dan Teks Terang

Masalah ini bukan tentang estetika tapi lebih tentang kegunaan dan kemampuan konten untuk terbaca. Membaca teks secara online lebih sulit untuk mata dibanding membaca surat tradisional. Menggunakan latar belakang gelap dengan teks berwarna terang membuat mata lebih sulit membaca.

Menggunakan Kata “Klik Di Sini,” Bukan Frase Kata Kunci Untuk Tautan

Pilih kata untuk tautan Anda dengan seksama.  Ketika Anda menulis post dan perlu memasukkan link, pertimbangkan bagaimana Anda akan menulis kalimatnya dan dimana Anda menyertakan link. Misalnya, mana dari kalimat berikut yang lebih efektif?

  • Kami bisa membantu Anda menemukan informasi tentang blog host paling populer.
  • Untuk informsi tentang blog host klik di sini.

Kalimat pertama lebih efektif karena memiliki frase kata kunci yang membantu SEO dan lebih deskriptif untuk pembaca. Kata “klik di sini” atau bahkan hanya kata “di sini” terhubung ke halaman lain di satu tempat pada web.

Memilih Nama Blog Yang Tidak Menarik Atau Berlebihan

Bila Anda memulai blog, baik untuk jangka panjang atau tidak, pertimbangkan judulnya dengan serius. Coba hindari kata-kata yang terlalu umum. Tujuannya adalah Anda ingin menonjolkan diri. Pilih nama yang merefleksikan kepribadian dan niche Anda, tapi juga kreatif.

Beberapa hal yang perlu Anda pikirkan ketika memberi nama blog:

  • Apakah judulnya fleksibel? Apakah nama yang Anda pilih memungkinkan niche Anda untuk tumbuh? Misalnya, bila Anda memulai blog tentang kehamilan dan judul blog yang Anda pilih adalah Perut Hamil, apa yang terjadi ketika Anda masih melakukan blogging setelah 18 bulan dan Anda tidak lagi hamil? Fokus keseluruhan dari blog Anda telah berubah, tapi judul Anda tidak demikian dan tidak lagi merefleksikan topik Anda.
  • Apakah judul merefleksikan topik blog? Judul jadi cara bagus untuk meningkatkan SEO bila Anda memilih kata dengan hati-hati untuk merefleksikan niche blog Anda.
  • Apakah judul yang Anda pilih cocok dengan nama domain Anda? URL Anda harus cocok dengan nama blog Anda. Akan membingungkan dan sulit diingat bila blog Anda diberi nama The Nelson Three tapi URL-nya adalah maxlovespie.blogspot.com. Keduanya sangat tidak berkaitan.

Nah, sekarang Anda tahu alasan kenapa perlu memulai sebuah blog, cara memulainya, dan kesalahan mana saja yang perlu dihindari oleh blogger pemula.  Selamat menikmati blog baru Anda!

38 total views, 14 views today