Atur Kapasitas Hosting dengan cPanel

Sama halnya dengan komputer, hosting yang Anda dapat dari salah satu penyedia web hosting Indonesia perlu secara rutin dibersihkan, agar terbebas dari file yang berpotensi membuat kapasitas space menjadi boros. Bagi Anda yang berlangganan layanan hosting murah, Anda akan mendapatkan cPanel, yang didalamnya terdapat fitur untuk dipakai mengatur kapasitas hosting. Fitur apa saja itu?

Disk Space Usage

hosting disk usageDisk space usage adalah salah satu fitur untuk melihat besaran kapasitas yang telah digunakan untuk file tertentu. Melalui fitur ini, Anda dapat mengecek, apakah alokasi penggunaan space sudah maksimal, atau melihat file-file yang seharusnya tidak memenuhi kapasitas, seperti log history atau email. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat login cPanel, membuka menu Disk Space Usage, kemudian tunggu sampai fitur ini selesai menghitung statistik alokasi kapasitas hosting Anda.

File Manager

Setelah Anda mengetahui file apa saja yang perlu Anda hapus, saatnya Anda membuka File Manager yang memiliki fungsi serupa dengan Windows Explorer pada perangkat PC. Dengan fitur ini, Anda dapat membuka direktori file yang harus Anda hapus. Contohnya, Anda dapat menghapus email melalui direktori /home/user/mail, dan menghapus log history melalui /home/user/tmp.

Email Account

Akun email yang sudah lama non aktif tidak akan terhapus begitu saja, sehingga Anda harus menghapus email tersebut melalui fitur Email Account. Caranya, Anda dapat masuk ke menu Email Account, kemudian delete account email yang tidak aktif. Dengan melakukan hal ini, tentu akan membuat kapasitas hosting Anda semakin besar.

SpamExperts

Email spam berpotensi memenuhi kapasitas hosting Anda, terlebih jika email tersebut melampirkan file besar, serta membuang waktu dan bandwidth karena mengunduh attachment tersebut. Untuk mencegah email spam masuk pada Anda, manfaatkan fitur SpamExperts di dalam cPanel Anda. Selain itu, lindungi pula website Anda dengan menggunakan web hosting murah Indonesia dari hacker maupun malware.

phpMyAdmin

Suatu saat, mungkin Anda menemukan file yang besar, dikarenakan revision post yang tersimpan di database. Anda dapat menghapus file-file ini dari salah satu fitur cPanel, bernama phpMyAdmin. Fitur ini memungkinkan Anda dapat mengatur database yang digunakan untuk website. Cara menghapusnya adalah masuk ke phpMyAdmin, kemudian pilih database, dan jalankan perintah DELETE FROM wp_posts WHERE post_type = “revision”; pada kolom SQL.

Tips diatas dapat Anda gunakan untuk mengatur kapasitas hosting Anda agar lebih lapang dan terbebas dari file yang tidak diperlukan. Untuk Anda yang berkeinginan untuk membangun website, saatnya hubungi layanan web hosting murah Indonesia, yang akan memberikan pelayanan prima dan menyediakan segala kebutuhan website.

2,790 total views, 6 views today