Bagaimana caranya saya bisa mempercepat waktu loading website saya?

Mempercepat waktu loading website

Mempercepat waktu loading website

Seberapa cepat website Anda bisa diakses oleh para pengunjung website Anda adalah salah satu faktor paling menentukan dalam keberhasilan Anda di dunia online.  Sebuah website/situs yang lambat (waktu yang dibutuhkan untuk me-load halaman-halaman website Anda amat lama) akan sangat berpengaruh pada transaksi-transaksi penjualan online, menghabiskan sumberdaya server hosting Anda, merusak ranking SEO website Anda, dan akan membuat para pengunjung website Anda frustrasi.

Seringkali, ketika suatu website dirasa lambat dan membutuhkan page load time yang besar, sang pemilik website atau administrator website tersebut menghubungi pihak tim support hosting dan menanyakan mengapa server hosting mereka lambat.  Kinerja server hosting memang bisa jadi sebagai salah satu penyebab mengapa website terasa lambat loading nya, namun seringkali hal ini bukanlah penyebab utama nya.  Yang lebih umum terjadi ketika suatu website lambat aksesnya, adalah karena website itu sendiri dan bagaimana settingan/konfigurasi terhadap website tersebut.

Kabar baiknya, ada beberapa hal berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan page load time dari website Anda:

Bagaimana cara untuk bisa mempercepat website saya?

Website Anda bisa kita umpamakan seperti sebuah mobil.  Agar supaya kita bisa benar-benar mengoptimalkan kinerja dari suatu mobil, kita perlu untuk melakukan tune-up (menyetel), membersihkan, testing, servis berkala dan melakukan upgrade.  Hal yang serupa juga perlu kita lakukan untuk website kita.  Dewaweb akan senantiasa terus menyediakan jasa layanan dan hardware yang terbaik, namun demikian software yang membelakangi semua dan setiap website yang ada juga memerlukan banyak perhatian dan perawatan jangka panjang untuk bisa memastikan kinerja yang optimal.

Berikut beberapa tips agar supaya kinerja website Anda bisa optimal:

  1. Hapus dan buang software-software yang tidak terpakai.  Ini termasuk plugin-plugin yang sudah tidak digunakan lagi, themes yang sudah lama, add-on yang tidak lagi dipakai, serta fitur-fitur tambahan lainnya yang tidak digunakan.  Seringkali software-software (script) semacam ini menumpuk dan membuat macet kinerja website Anda.  Jika tidak Anda gunakan, hapus saja!
  2. Upload dan gunakan file-file gambar dengan resolusi yang sesuai untuk web.  File-file gambar adalah salah satu faktor utama yang membuat page load time website Anda sangat tinggi (lama aksesnya).  Batasi jumlah penggunaan gambar pada halaman website Anda.  Pastikan ukuran gambar yang Anda tampilkan di website Anda sama ukurannya dengan ukuran file gambar yang Anda upload, jangan sampai lebih besar.  Sebisa mungkin Anda menggunakan file gambar yang terkompresi dengan baik tanpa harus mengorbankan kualitas gambarnya.
  3. Aktifkan CloudFlare (baca caranya di sini).  CloudFlare adalah sebuah tool untuk melakukan caching, yang pada intinya akan mempercepat waktu loading website Anda.  Sebagian file-file website Anda akan dikumpulkan pada server-server CloudFlare di seluruh dunia (caching), dan file-file website Anda tersebut akan diberikan kepada para pengunjung website Anda dari lokasi server CloudFlare yang terdekat – sehingga waktu loading website Anda di hadapan para pengunjung website Anda akan terasa lebih cepat.

Hal-hal tersebut diatas hanyalah sedikit tips-tips saja tentang bagaimana kita bisa mempercepat waktu loading website kita.  Anda bisa melakukan pengukuran tentang seberapa cepat waktu loading website Anda dengan menggunakan GTMetrix atau yang sejenis.  Jasa-jasa semacam ini bahkan terkadang memberikan kita tips/trik lanjutan tentang bagaimana kita bisa mempercepat waktu loading website kita!

Apabila website kita sudah benar-benar optimal, kinerja CPU dan RAM pada server hosting kita takkan lagi terbebani dengan pemrosesan website kita itu sendiri, dan pada akhirnya bisa lebih banyak melayani traffic pengunjung website kita.  Cobalah selalu untuk mengusahakan agar website kita “ringan” dan optimal, maka Anda akan memperoleh lebih banyak sukses dalam usaha online Anda.  Apabila Anda membutuhkan solusi khusus yang berkaitan dengan peningkatan kecepatan waktu loading website Anda dan bagaimana cara menangani loading website dengan traffic yang memiliki volume besar (misalnya 10.000 pengunjung per harinya), hubungi Dewaweb segera karena kamilah ahlinya!

8,050 total views, 8 views today