Berkenalan dengan CMS yang Paling Dinamis, Drupal!

drupal
Penyedia layanan web hosting Indonesia kini kian marak, memungkinkan semua orang dapat mengatur kebutuhan website dengan mudah. Sahabat Dewaweb, mungkin Anda hanya mengenal CMS seperti WordPress dan Joomla saja. Padahal, ada CMS lain yang dapat Anda gunakan, yaitu Drupal. Untuk memaksimalkan layanan hosting murah yang Anda gunakan, saatnya memasang CMS yang paling dinamis ini, dan kenali lebih dekat apa saja yang ditawarkan Drupal.

Drupal dan Open-source

Drupal adalah CMS berbasis open-source, yang dirilis di bawah lisensi GNU. Dengan demikian, Anda pengguna layanan web hosting Indonesia yang ingin mengatur konten website melalui CMS ini dapat men-download, menggunakan serta memodifikasinya dengan bebas dan gratis, karena Anda tidak akan dibebankan biaya lisensi ataupun pemeliharaannya.

Drupal dan Fitur Keamanan Prima

Drupal pun dapat dipakai oleh semua pengguna hosting Indonesia untuk mengatur kebutuhan website, mulai dari blog sampai situs perusahaan, namun tetap dalam cara yang aman. Drupal memiliki dukungan aplikasi file pemeliharaan serta database yang mempunyai fitur keamanan level atas, sehingga Anda tak perlu ragu untuk mengembangkan website Anda dengan leluasa.

Pilihan Tema yang Kaya

Para pengguna hosting murah pasti tak ingin mengeluarkan biaya lagi hanya untuk menggunakan sebuah themes pada website. Dengan memakai Drupal, Anda kini dapat memilih ratusan koleksi themes gratis, serta dapat dikustomisasi sesuka hati. Disamping itu, tampilan themes standar yang ada dapat juga Anda pakai untuk membuat custom design.

Komunitas Besar dan Multi-user

Drupal memiliki komunitas dengan pengguna aktif yang berjumlah banyak, membuat para pengguna layanan web hosting Indonesia yang memakainya tak perlu takut saat menemukan suatu masalah. Selain itu, Drupal pun merupakan CMS dengan sistem multi-user, membuat pengguna dapat login sebagai authenticated user, atau masuk tanpa login sebagai anonymous. Sementara itu, pengguna dapat mengontrol hak akses dan memberikan multi-level akses pada user.

Banyak sekali bukan kelebihan yang ditawarkan CMS yang satu ini? Sahabat Dewaweb, tidak ada salahnya Anda mulai menggunakan Drupal untuk mengatur dan membangun sebuah website. Tentu saja Anda para pengguna hosting murah atau web hosting Indonesia pun dapat men-download script Drupal dari situs drupal.org.

  • Jaka Wijaya

    Min, post selanjutnya kalau bisa bikin review perbandingan wordpress dengan drupal .

    Saya juga pengen nyoba drupal tapi pengetahuannya masih minim. Ditunggu post selanjutnya ya.

    • Dewaweb Cipta

      Ok baik terimakasih banyak atas tanggapannya mas Jaka! Nanti kita usahakan ya, karena masih banyak topik yang mau kami bahas, mohon bersabar…^_^