Bisnis Kecil Menggaet Pelanggan Besar – Seperti Apa Strateginya?

Apakah Anda merasa ragu mengejar klien besar karena Anda beroperasi di bisnis skala kecil? Kami punya berita bagus untuk Anda. Anda tidak perlu menjadi sebuah perusahaan besar untuk memperoleh klien besar.

Keunggulan Bisnis Kecil Yang Tidak Dimiliki Perusahaan Besar

Perusahaan kecil memiliki banyak keunggulan dibanding kompetitor yang lebih besar. Ibarat mengemudikan pesawat, perusahaan besar tidak secepat dan secekatan bisnis kecil. Perusahaan besar sering terhambat oleh ukurannya dalam membuat perubahan, sehingga menjadi sulit dan lambat. Bisnis kecil juga bisa lebih inovatif dan mencoba hal baru karena mereka tidak diperlambat oleh pengalaman lalu. Langkah yang diambil perusahaan kecil sangat cepat, dan kecepatan ini sangat bermanfaat ketika memasarkan produk baru.

Perubahan yang cepat

Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda memperoleh keuntungan yang jelas dari perubahan rencana atau taktik yang lebih cepat dibanding kompetitor besar. Anda bisa merilis produk ke pasaran lebih cepat bila Anda hanya memiliki beberapa orang yang terlibat di proses produksinya.

Perusahaan besar harus melibatkan banyak orang dalam memproses perkembangan produk. Anda juga bisa menyesuaikan produk, berdasarkan feedback pelanggan, ini jauh lebih mudah dibanding kompetitor besar Anda. Ketika mereka masih mempelajari pilihan yang bisa dilakukan lalu memperoleh persetujuan, Anda sudah bisa melepas produk di pasaran.

Menjadi sebuah keluarga

Rasa menjadi bagian dari keluarga juga keunggulan yang dimiliki bisnis kecil yang tidak ditemukan di perusahaan besar. Para pegawai diperlakukan seperti anggota keluarga, dan pada banyak kasus mereka memang anggota keluarga yang menjadi bagian dari bisnis keluarga. Perasaan kekeluargaan ini sering menciptakan energi yang besar selama menjalankan projek dan melewati masa sulit. Semangat kekeluargaan mendorong bisnis kecil menuju kesuksesan yang dahsyat. Baca juga artikel kami tentang bisnis kecil dan startup.

Dekat ke pelanggan

Dekat ke pelanggan penting untuk keberhasilan bisnis, dan bisnis kecil sering kali lebih dekat ke pelanggan dibanding perusahaan besar. Bisnis kecil bisa bertemu pelanggan lebih sering dan mengembangkan relasi personal lebih baik dibanding perusahaan besar. Perusahaan besar memiliki banyak lapisan dan departemen dan sering memiliki prosedur rumit yang menghalangi kontak dekat dengan pelanggan. Keluhan pelanggan bisa diatasi dengan cepat dan tingkat personalisasi lebih tinggi pada bisnis kecil, sehingga relasi dengan pelanggan untuk jangka panjang lebih mudah dan menguntungkan.

Struktur yang ramping

Bisnis kecil cenderung sangat ramping. Ada lebih sedikit pegawai dibanding organisasi yang lebih besar dan juga lebih sedikit lapisan manajemen. Dengan jumlah pegawai yang lebih sedikit, perusahaan kecil tidak perlu melakukan PHK di waktu sulit dan operasi bisnis berjalan lebih efisien.

Memiliki lebih sedikit lapisan manajemen membuat keputusan disepakati lebih cepat, menghasilkan fleksibilitas dan adaptasi yang tidak dimiliki perusahaan besar. Struktur yang ramping berarti tiap pegawai bisa lebih dekat ke bisnis dan pelanggan, membuat keduanya memahami bagaimana perusahaan bekerja dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Strategi Binis Kecil Untuk Dapatkan Pelanggan Besar

Berikut beberapa strategi yang bisa digunakan bisnis kecil untuk menggaet klien besar:

Spesialisasi

Hal pertama untuk membedakan diri adalah pada produk yang Anda jual atau layanan yang Anda sediakan. Bila Anda membuka toko lokal, sediakan barang yang pelanggan tidak mudah temukan di tempat lain. Butik lokal bisa menjual koleksi barang unik yang ditemukan pemilik saat berbelanja di distributor, menggabungkannya dengan produk yang dibuat oleh pengrajin lokal. Ini tidak hanya memberi manfaat dengan menyediakan sesuatu yang tidak ada di tempat lain untuk pelanggan, tapi juga mendukung pengrajin lokal, dan mengalirkan uang kembali ke ekonomi lokal.

Bila Anda menyediakan jasa, Anda perlu memberi sentuhan tambahan untuk berkompetisi dengan brand besar. Sering sekali pelanggan memilih penyedia lokal karena rekomendasi dari mulut ke mulut dan ulasan online. Anda perlu bekerja keras untuk menjaga pelanggan tetap senang dan menyebarkan layanan yang Anda sediakan. Untuk restoran, kafe, dan tempat makan kecil, makanan biasanya membawa pelangan untuk kembali. Anda harus bekerja keras memastikan tiap pelanggan secara konsisten memiliki pengalaman baik untuk restoran Anda sekaligus untuk menghindari pelanggan potensial pergi.

Mengenal pelanggan Anda secara personal

Satu hal yang membuat pelanggan sangat frustasi adalah ketika mereka membutuhkan bantuan, mereka harus melewati banyak hal untuk memperolehnya. Mereka menghubungi nomor hotline pelanggan, hanya untuk menunggu lama agar akhirnya bisa berbicara dengan perwakilan layanan pelanggan yang tidak peduli.

Untuk membuat Anda unggul dalam kompetisi, fokuslah pada personalisasi pengalaman tiap pelanggan. Pelajari nama pelanggan dan preferensi belanja mereka lalu gunakan informasi ini. Bila melihat produk yang Anda tahu disukai salah-satu pelanggan, beli produk itu dan beritahukan si pelanggan kalau Anda memiliki sesuatu yang mungkin ia sukai. Sentuhan tambahan seperti ini akan menciptakan loyalitas brand yang terus berlanjut selama bertahun-tahun. Ketahui lebih lanjut tentang cara meningkatkan layanan pelanggan.

Pentingnya informasi kontak

Anda mungkin melihat banyak pelanggan berdatangan ke bisnis Anda dalam satu tahun ini. Jangan biarkan mereka pergi begitu saja, coba peroleh informasi kontak mereka untuk mengirimkan penawaran dan diskon di masa mendatang. Beri mereka pilihan untuk mendaftar atau menolaknya dan atur rencana marketing untuk menggapai mereka.

Setelah memiliki informasi yang Anda butuhkan, gunakan dengan bijaksana. Marketing yang berlebihan hanya akan membuat mereka kesal dan tidak mau berlangganan. Gunakan tool terbaru untuk personalisasi tiap pesan marketing berdasarkan interaksi pelanggan sebelumnya pada bisnis Anda.

Kompetisi harga

Perusahaan besar sering memenangkan pelanggan dengan hanya memberi harga lebih murah. Sebagai bisnis kecil ini berarti Anda harus tetap waspada untuk harga produk yang Anda sediakan dan patok harga barang pada titik itu atau di bawahnya. Anda bisa melakukan perbandingan harga secara online, karena banyak brand mencantumkan harga di website mereka agar pelanggan bisa melihatnya.

Bisnis berbasis layanan harus membuat pelanggan mudah membayar. Ini berarti proses invoicing yang tergabung dengan pembayaran online satu kali klik. Ini juga berarti pengaturan agar tim layanan bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit. Alat pembaca kartu mobile jadi pilihan yang bagus untuk bisnis yang sedang berkembang, karena membuat pegawai bisa menerima pembayaran menggunakan smartphone atau tablet.

Mengambil resiko

Satu keuntungan terbesar menjadi bisnis kecil adalah fleksibilitas. Bisnis besar sering mengalami kesulitan, bahkan perubahan sekecil apapun butuh kerja keras dan waktu berbulan-bulan atau tahunan untuk implementasinya.

Sebagai bisnis yang lebih kecil, Anda bisa melakukan perubahan pada model bisnis tanpa gangguan yang berarti. Meski penting untuk beroperasi secara konsisten agar pelanggan tahu apa yang diharapkan, Anda bisa membuat perubahan kecil seperti menjual produk baru atau memulai food truck untuk berpartisipasi di event spesial. Jangan takut mengambil resiko sebagai pengusaha. Resiko itu akan jadi hal yang mendorong Anda dari startup kecil menjadi bisnis tingkat menengah.

Menggunakan teknologi

Pemilik bisnis kecil kini bisa dengan mudah menganalisa data tanpa membutuhkan staf IT untuk melakukannya. Bisnis kecil saat ini memiliki keuntungan dengan beroperasi di era dimana teknologi telah membuat bisnis kecil terlihat besar. Tool seperti software akunting, aplikasi CRM, dan platform intelegensi bisnis bisa memberi kemudahan pada tiap aspek operasinya.

Untuk hasil terbaik, beli beberapa paket tool berbeda sebelum menentukan pilihan. Beberapa pabrik software tertentu mengkhususkan penawaran pada bisnis kecil. Anda akan temukan harga dan fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Pesaing yang lebih besar menggunakan software yang rumit tapi ini bukan hal yang tepat untuk bisnis Anda bukan?

Kemitraan

Satu cara bagi bisnis lokal dan kecil untuk bersaing adalah dengan menyatukan kekuatan. Dua buah bisnis yang berlokasi berdekatan bisa menjadi tim untuk menarik pelanggan ke dua tempat sekaligus. Atau mereka bisa bekerja sama membayar sesuatu yang belum bisa mereka bayar sendiri-sendiri.

Bisnis kecil juga bisa mengambil manfaat dari dukungan komunitas yang loyal. Organisasi komunitas biasanya mencari cara untuk berpromosi dan membantu bisnis yang dimiliki secara lokal. Berpartisipasilah dalam berbagai event untuk tujuan ini dan aktif dalam komunitas lokal Anda. Ini akan memberi Anda tingkat ekspos yang besar yang biasanya tidak dimiliki bisnis besar.

Bisnis kecil menjadi jiwa dan hati komunitas lokal. Dengan menciptakan pengalaman unik dan personal bagi pelanggan, Anda berarti menawarkan sesuatu yang tidak bisa disediakan kompetitor. Bisnis lokal dan startup kecil harus menyadari kalau mereka bisa berdampingan dengan bisnis besar bila mereka memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda.

Kemitraan menjadi bagian penting dari pertumbuhan bisnis Anda. Ketika mencari perusahaan sebagai mitra, pertimbangkan kekuatan dan kelemahan Anda dan cari perusahaan yang bisa melengkapinya berupa skill, jangkauan geografis, dan relasi.

Bila ada terlalu banyak ketidak-cocokkan, keuntungan hanya akan ada di satu sisi saja, jadi pastikan ada manfaat bagi kedua belah pihak. Satu hal yang perlu diingat, kemitraan komersil harus adil, jadi bahas kontrak bersama spesialis yang memahami keinginan Anda.

Testimoni yang berkualitas

Bila Anda menjalankan bisnis kecil atau sedang memulai usaha, untuk membuat klien mau bekerjasama dengan Anda, mereka membutuhkan bukti yang bisa Anda tunjukkan. Bukti yang paling berharga bisa dalam bentuk video atau testimoni tertulis. Bagian video testimoni di website jadi halaman yang paling banyak dikunjungi orang.

Bisnis yang masih baru bisa dengan cepat membangun testimoni dengan memberikan penawaran yang bagus, misalnya Anda bisa tawarkan fitur trial versi penuh dari produk atau layanan Anda sebagai ganti untuk review yang bagus. Dan jangan lupa menawarkan program reward untuk klien yang memberi referensi ke layanan Anda. Baca informasi kami tentang cara membuat pelanggan menyukai bisnis Anda.

Signal kepercayaan

Website perusahaan Anda sering menjadi titik kontak pertama dengan klien potensial. Untuk memperoleh kepercayaan, transparansi jadi hal penting. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba agar pelanggan datang ke website Anda:

  • Gunakan enkripsi SSL untuk halaman yang meminta pengguna mengisi formulir
  • Optimasi situs untuk kecepatan dan navigasi yang mudah
  • Gunakan jasa copy editor profesional untuk memoles semua konten situs
  • Sertakan kebijakan privacy yang lengkap.

Semakin rinci dan ter-update informasi kontak Anda, semakin baik. Selain formulir kontak website, sertakan nomor bebas pulsa dan informasi tentang jam kantor serta waktu estimasi respon. Bila Anda menjalankan e-commerce, berikan alamat kantor virtual.

Pada halaman About Us, sertakan headshot tiap anggota tim bersama biodata singkat tentang pengalaman yang berhubungan. Investasi pada fotografi profesional akan memberi Anda dividen menguntungkan. Anda bisa sertakan foto para staf di homepage. Ini membantu “memanusiakan” perusahaan online dan para anggota merasa mereka terhubung dengan Anda meski belum bertemu secara langsung.

Pertimbangkan menambahkan klip video pendek atau animasi ke homepage yang menggambarkan bagaimana cara kerja produk atau layanana Anda. Video yang diedit secara profesional masih terjangkau harganya dan ini jadi cara kreatif menambahkan pengunjung ke website. Setelah menambahkan video, tingkat konversi Anda bisa meningkat.

Fokus pada tingkat lokal

Bagi pemula, jauh lebih mudah untuk berhadapan dengan pembuat keputusan kunci yang berlokasi di kota yang sama, dimana ada banyak jaringan dan kesempatan relasi. Juga lebih mungkin Anda mengenal orang di perusahaan yang Anda coba dalami. Jangan remehkan kekuatan perkenalan yang hangat. Tidak hanya ini mengurangi waktu untuk mencapai point kontak yang Anda inginkan, tapi juga memanusiakan Anda, jadi Anda tidak lagi sebagai staff sales, tapi lebih menjadi seorang teman.

Memanfaatkan kesempatan

Bila ada satu hal pasti tentang menjual produk atau layanan ke klien, itu adalah tidak ada hanya satu cara yang benar untuk menjual ke klien. Bila ada pintu terbuka, ambil kesempatan itu. Bila Anda punya satu ide kreatif, coba terapkan. Satu hal yang pasti adalah bila Anda tidak masuk ke dalam permainan, Anda tidak punya kesempatan untuk menang.

Definisikan audiens target Anda

Wanita usia 35 hingga 55 tahun mungkin bisa jadi permulaan, tapi ini saja tidak cukup. Buat profil rinci untuk pelanggan target Anda. Semakin banyak segmen yang Anda identifikasi, semakin banyak host potensial yang bisa Anda dekati.

Butik pakaian wanita yang dipasarkan oleh pemilik BMW misalnya, menentukan pelanggan mereka kemungkinan mengendarai jenis mobil tertentu, berlangganan salon rambut tertentu, bergabung di klub kesehatan, dan kemungkinan bermain bridge. Toko pakan burung bisa memiliki daftar konsumen yang berbelanja alat luar ruangan atau berafiliasi dengan grup konservasi lokal.

Identifikasi bisnis lokal yang melayani segmen pasar yang sama

Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa membawa orang ke pintu penawaran awal Anda, tapi juga menciptakan kemungkinan mereka akan kembali lagi. Untuk toko rokok misalnya, partner host bisa menyertakan pembuat pakaian pria, toko sepatu, dealer mobil, dan klub olahraga. Dan jangan lupakan organisasi non komersil.

Menjaga reputasi digital

Baik kebanyakan transaksi bisnis Anda terjadi online atau offline, satu indikator untuk kredibilitas perusahaan adalah kehadirannya di web, dan khususnya posisinya di hasil pencarian. Buat komitmen untuk meningkatkan citra perusahaan di web dengan rencana berikut:

  • Buat SEO sebagai prioritas. Buat pengunjung datang ke situs Anda dengan menambahkan newsfeed yang membuat publik mengikuti perkembangan terbaru di perusahaan Anda, seperti kontrak yang telah Anda sepakati.
  • Jaga kehadiran harian pada saluran media sosial besar.
  • Menjadi kontributor reguler pada publikasi online. Gunakan jasa editor dengan konten bagus untuk menunjukkan keunggulan Anda pada target pasar.

Ingat, tanpa anggaran atau staf yang dimiliki bisnis besar, kredibilitas menjadi nilai aset paling berharga Anda.

Memilih dengan bijak

Ketika mengejar klien baru, pelajari pasar dengan seksama. Ketahui berita tentang bisnis di area Anda. Klien potensial mana yang melebarkan usahanya? Apakah sudah ada perubahan signifikan pada kepemimpinan? Klien besar mana yang paling mungkin membutuhkan layanan Anda saat ini atau di masa mendatang?

Personal brand

Branding memiliki peran penting. Tapi sebagai pemilik bisnis kecil, terutama bila Anda menyediakan layanan profesional, fokus pertama dan utama Anda adalah pada brand personal, bukan brand perusahaan.

Ketika menggunakan jasa ahli dari luar seperti konsultan, pelatih, dan pembicara, jenis sales ini biasanya dekat dengan relasi dan reputasi. Semakin Anda menekankan diri sebagai pemimpin di bidang Anda, dengan menjadi pembicara, melalui liputan media dan konten marketing, semakin mungkin klien akan membeli dari Anda.

Temukan niche Anda

Anda tidak bisa menjadi apa saja bagi siapa saja. Anda bisa menjadi sangat bagus pada hal tertentu. Alokasikan waktu untuk mengetahui dan memahami apa yang Anda lakukan lebih baik dibanding yang lain. Fokus lalu lebarkan kekuatan Anda.

Kembangkan strategi untuk memperoleh repeat customer

Ini menjadi tujuan jangka panjang Anda. Pada butik pakaian wanita yang memberikan kimono, strategi ini untuk mendorong orang yang sedang melihat-lihat atau berbelanja menuju ruang ganti dan mencoba pakaian lain. Apapun rencana spesifiknya, metode ini menjadi cara paling efektif yang dengan cepat menarik massa pelanggan ke bisnis baru.

 

4,154 total views, 8 views today

  • Hal pertama untuk membedakan diri adalah pada produk yang Anda jual atau layanan yang Anda sediakan. Bila Anda membuka toko lokal, sediakan barang yang pelanggan tidak mudah temukan di tempat lain. Butik lokal bisa menjual koleksi barang unik yang ditemukan pemilik saat berbelanja di distributor, menggabungkannya dengan produk yang dibuat oleh pengrajin lokal. Ini tidak hanya memberi manfaat dengan menyediakan sesuatu yang tidak ada di tempat lain untuk pelanggan, tapi juga mendukung pengrajin lokal, dan mengalirkan uang kembali ke ekonomi lokal.