Bisnis Online – Alasan Kenapa Anda Perlu Memulainya Sekarang

Belakangan ini, banyak perusahaan yang baru berdiri bertanya, “Haruskah mereka membangun bisnis secara online?” Bila Anda tidak yakin tentang hal ini, Anda tidak sendirian. Yang perlu Anda lakukan adalah meyakinkan diri. Bahkan sebenarnya Anda harus sudah memulai bisnis secara online sejak bertahun-tahun lalu. Dengan kondisi ekonomi yang kian tidak menentu, banyak perusahaan yang tidak memanfaatkan internet perlahan mulai gulung tikar. Internet telah menciptakan perusahaan dengan model baru, yang mengubah persepsi tradisional dalam melakukan sebuah bisnis. Anda bisa baca tentang manfaat internet untuk bisnis di sini.

Keberadaan sebuah bisnis online merupakan alat marketing dan komunikasi yang kuat, menjadi platform yang sangat efisien dari segi harga, dengan cara kerja yang ramah lingkungan, dan simbol profesionalisme yang banyak dibutuhkan saat ini. Internet menciptakan lingkungan bisnis yang tidak lagi mementingkan waktu dan jarak. Orang memiliki akses untuk mendapat lebih banyak informasi yang bisa membantu mereka membuat keputusan, dan konsumen memiliki akses untuk mengetahui produk dan layanan yang lebih luas jangkauannya.

Anda perlu pertimbangkan fakta berikut. Menurut sebuah survey, rata-rata pertumbuhan e-commerce sekitar 25 persen per tahun. Sebanyak 81 persen usaha berskala kecil yang memiliki bisnis online selama tahun sebelumnya memperoleh pelanggan baru, yang memicu peningkatan penjualan dan profit. Sebanyak 30 persen usaha kecil yang menjalankan usahanya melalui website dan memiliki kurang dari 20 pegawai kini mendapat lebih dari 25 persen pendapatan secara online.

Bila fakta di atas belum bisa meyakinkan Anda untuk mulai melakukan bisnis secara online, berikut beberapa alasan kenapa Anda perlu memulai bisnis secara online saat ini juga.

Bisnis Online Untuk Menciptakan Kesempatan Pertumbuhan Usaha

Untuk berhasil di dunia internet, bukan berarti Anda harus menjadi perusahaan raksasa. Banyak perusahaan berskala kecil dan menengah berhasil membangun bisnis online yang cukup menguntungkan. Bahkan penelitian menunjukkan perusahan kecil dan menengah jadi kekuatan pertumbuhan e-commerce yang utama di tahun-tahun mendatang.

Tidak Ada Batasan Akses Dan Lokasi

Internet menjangkau berbagai penjuru dunia dan semua zona waktu. Ini berarti ketika bisnis dilakukan online, terbentuk kapabilitas yang sama. Pada toko fisik, pelanggan dibatasi oleh jam buka-tutup toko. Sebaliknya, bisnis online Anda bisa diakses internet dari area mana saja dan buka 24 jam setiap hari sepanjang tahun. Selain itu, dengan peningkatan marketing mobile, bisnis online Anda mendapat keuntungan lain, yakni bisa diakses siapa saja yang memiliki mobile device. Pelanggan hanya dibatasi oleh jangkauan jaringan mereka.

Investasi Awal Yang Rendah

Manfaat signifikan untuk bisnis berskala kecil adalah investasi awal untuk memulai bisnis online umumnya lebih rendah dibanding harga untuk memulai bisnis yang sama menggunakan model tradisional. Teknologi yang digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis online lebih terdepan dan juga lebih murah diperoleh. Banyak bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan rumah tinggal sebagai kantor dengan komputer biasa, beberapa software dasar, dan koneksi internet.

Membangun Citra Perusahaan Jadi Lebih Baik

Memiliki eksistensi secara online dapat membangun kredibilitas dan profesionalisme Anda. Pelanggan berharap melihat alamat website Anda di kartu nama dan materi promosi lainnya. Mereka bertanya, “Apakah Anda memiliki website?” atau “Bisa saya baca lebih rinci tentang produk dan layanan Anda di sana?” Baik Anda menjual produk atau layanan secara online atau tidak, Anda tetap perlu memiliki eksistensi di internet. Website perusahaan yang baik akan meningkatkan citra perusahaan, terutama bila produk dan layanannya bagus.

Informasi Lebih Mudah Sampai Ke Pelanggan

Beberapa tahun lalu, perusahaan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengantarkan update informasi tentang produk atau jasa mereka ke pelanggan. Tapi kini semua telah berubah, kini Anda bisa menambahkan atau membuat konten terkait perubahan pada perusahaan dan produk dalam hitungan jam, menerbitkannya di situs, dan membagikannya ke seluruh dunia.

Support Pelanggan Jadi Lebih Baik

Website Anda menjadi titik kontak untuk Anda, dan manfaatnya jauh lebih baik dibanding kartu bisnis. Pelanggan bisa menghubungi dan berbicara dengan Anda, berkat email dan software live-chat. Bisnis online tidak menemukan kesulitan untuk melakukan kontak dengan pelanggan melalui telepon, email, twitter, facebook, dan sebagainya. Ini jadi cara yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Ketika pelanggan menghubungi Anda, mereka ingin jawaban yang cepat. Selain itu, bentuk layanan pelanggan yang fleksibel ini bisa memperpanjang jam operasi fisik sebuah toko. Bisnis online juga menawarkan kenyamanan dalam mengantarkan produk langsung ke depan pintu  pelanggan, tanpa mereka perlu mengalami kemacetan hanya untuk mengunjungi toko Anda dan bertransaksi.

Operasi Rendah Biaya

Mengoperasikan bisnis online jauh lebih efektif dari segi harga dibanding menjalankan perusahaan fisik. Teknologi membuat Anda bisa menjalankan bisnis online, termasuk menangani manajemen persediaan, pembayaran, pengiriman, dan seterusnya.

Melakukan proses bisnis ini melalui sistem online membuat Anda memotong biaya secara signifikan pada hampir semua area bisnis. Selain itu, segala hal jadi jauh lebih mudah karena satu orang bisa melakukan pekerjaan beberapa orang. Misalnya saat komunikasi massal dengan pelanggan. Mengirimkan banyak email ke daftar pelanggan lebih mudah dibanding mengirim 100 orang untuk membagikan flyer. Keuntungan lain, harga transaksi berkurang, karena tidak ada kebutuhan untuk mempekerjakan kasir ketika software kereta belanja membuat pelanggan bica check out sendiri.

Pemeliharaan Rendah Biaya

Uang sewa gedung, tagihan listrik, biaya keamanan, dan pengeluaran umum kantor lainnya di lokasi fisik bisa meningkat. Dengan bisnis online, Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan banyak pengeluaran ini.

Strategi Pemasaran Yang Lebih Disukai

Dengan kemajuan di jaringan media sosial, mesin pencarian, dan sebagainya, internet membuat pemilik bisnis lebih mudah dan lebih efektif mempromosikan bisnis online mereka. Banyak platform seperti iklan media sosial, email marketing, dan mobile marketing kini hadir untuk membantu mempromosikan bisnis ke pelanggan. Ini juga memudahkan pengatur bisnis untuk melacak dan menganalisa pola pembelian pelanggan mereka, dan bisnis jadi lebih baik dalam menyesuaikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Bisnis Tetap Relevan

Internet kini jadi bagian besar dari kehidupan kita. Suka atau tidak, internet tidak menunjukkan tanda akan ditinggalkan. Jadi kenapa kita tidak mengambil manfaatnya secara maksimal? Membuka bisnis online membuat Anda bersentuhan dengan sesuatu yang baru, seperti berbagai blog yang Anda temukan yang memberitahukan informasi terbaru. Agar tetap relevan, bisnis Anda perlu secara konsisten menerbitkan konten yang menarik bagi konsumen. Ditambah lagi, eksistensi secara online di website media sosial jadi bagian besar untuk memperoleh nama dan bisnis di luar sana.

Jangkauan Global

Bisnis online bisa membawa usaha Anda ke audiens yang lebih luas, yang global. Siapa saja yang memiliki koneksi internet bisa melihat produk atau layanan Anda secara online. Internet jadi jendela belanja dunia untuk produk Anda. Anda juga memiliki kebebasan untuk hidup dan bekerja dimana saja yang Anda suka. Anda  bisa bepergian ketika menjalankan bisnis online. Bukankah itu menyenangkan?

Bagus Untuk SEO

Ketika menjalankan bisnis di platform seperti Google Maps, Yelp, atau Foursquare, Anda mendaftarkan semua informasi tentang bisnis Anda, termasuk tautan ke website perusahaan. Ini berarti sekarang ada setidaknya 3 tautan pada website bereputasi baik yang mengarahkan traffic ke situs Anda. Semakin banyak backlink yang dimiliki situs Anda, bisnis online Anda semakin terlihat ke audiens yang lebih luas sebagai pelanggan potensial. Baca lebih lengkap artikel kami tentang desain web yang SEO friendly.

Manfaat Melakukan Bisnis Online

Anda tidak perlu melakukan semua kegiatan bisnis dengan internet untuk mendapat manfaat dari bisnis online. Bisnis berskala kecil mungkin hanya membutuhkan alamat email untuk berkomunikasi dengan klien, pelanggan, dan supplier secara elektronik. Bisnis lain mungkin perlu menggunakan website untuk melakukan keseluruhan bisnis secara online.

Banyak manfaat dari bisnis online, antara lain:

  • Akses global, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu
  • Meningkatkan layanan klien melalui fleksibilitas yang lebih tinggi
  • Hemat biaya
  • Pengiriman barang lebih cepat
  • Meningkatkan profesionalisme
  • Mengurangi sampah kertas
  • Kesempatan untuk mengatur bisnis dari lokasi manapun.

Pelanggan mungkin lebih suka mengunjungi website Anda untuk menemukan produk dan layanana Anda, daripada mengunjungi Anda secara langsung. Mereka juga akan berharap melihat alamat website dan email di kartu bisnis dan materi promosi lainnya.

Kesempatan Bisnis Secara Online

Bagaimana Anda mengatur bisnis secara online akan bergantung pada produk dan layanan yang Anda tawarkan. Anda bisa menggunakan internet untuk:

  • Menjalankan toko online
  • Mengatur persediaan
  • Berkomunikasi dengan pelanggan, dan memperoleh feedback mereka tentang bisnis Anda
  • Menawarkan layanan online
  • Memungkinkan pelanggan untuk membuat reservasi atau janji secara online
  • Mengatur keuangan, seperti online banking, pajak, dan pembayaran pegawai
  • Meriset pesaing.

Kesempatan Di Masa Mendatang

Yang perlu diingat, bisnis Anda serta tool online yang tersedia, terus berubah dan berevolusi. Meski Anda tidak merencakan untuk segera memiliki website ketika mulai menjalankan usaha, ada baiknya memikirkan apakah nanti Anda membutuhkannya dan untuk apa Anda menggunakannya.

Ketika merencanakan aspek online dari bisnis Anda, yang Anda perlu lakukan:

  • Meriset pesaing Anda dan binsis lain yang menggunakan tool online
  • Memutuskan aspek mana dari bisnis online yang akan bermanfaat bagi bisnis Anda
  • Memperhatikan anggaran untuk melihat apa yang bisa Anda biayai
  • Memfamiliarkan diri dengan hukum dan aturan yang akan diaplikasikan pada aktifitas bisnis online Anda
  • Mempertimbangkan kebutuhan Anda, termasuk software yang Anda butuhkan dan jenis komputer yang Anda perlu operasikan.
  • Rencanakan resiko, seperti virus komputer, scam, penipuan data, dan kerusakan pada hardware.
  • Pikirkan training apa yang Anda atau staf Anda butuhkan
  • Bersikap realistis tentang waktu dan anggaran yang Anda butuhkan untuk mengatur berbagai aspek pada bisnis online Anda.

Mempelajari Internet Marketing

Internet marketing bukan hal yang rumit, tapi juga bukan proses yang bisa dilakukan dengan tanpa usaha. Anda bisa ketahui definisi internet marketing di sini. Pemilik bisnis yang tidak tahu banyak tentang internet marketing tapi ingin menggunakan internet marketing pada strategi pemasaran secara menyeluruh  harus dengan seksama mempelajari prinsip dasar internet marketing sebelum meluncurkan kampanye marketing online mereka.

Untungnya, bagi pemilik bisnis ini, ada banyak pilihan untuk belajar tentang internet marketing. Pilihan bisa berupa riset online, membaca buku, dan mempelajari kampanye internet marketing yang berhasil.

Riset tentang internet marketing online jadi satu metode yang bisa digunakan untuk mempelajari lebih banyak tentang hal ini. Jenis riset ini bisa jadi sangat informatif dan pemilik bisnis bisa memperoleh banyak saran dan informasi yang dibutuhkan. Namun, informasi dan saran yang didapat bisa keliru atau tidak tepat.

Ketika meriset apapun secara online, sangat penting untuk mengingat kalau tidak semua  informasi yang tersedia akurat. Hal ini dikarenakan berbagai faktor, termasuk konten yang ditulis oleh mereka yang tidak memiliki cukup pengetahuan tentang subjek yang ditulis atau konten ditulis bertahun-tahun lalu dan sudah kadaluarsa. Ini bisa menimbulkan masalah, tapi untungnya pemiliki usaha masih bisa belajar dari internet. Ini hanya berarti mereka perlu lebih cermat dalam menerima informasi yang akurat dan memverifikasi informasi yang mereka peroleh sebelum menerapkannya di strategi internet marketing.

Buku jadi sumber informasi lain untuk belajar lebih banyak tentang internet marketing. Ada banyak variasi buku yang tersedia yang fokus pada subjek ini dan memberikan banyak informasi bermanfaat. Ketika memilih buku untuk digunakan sebagai materi riset, sebaiknya pilih buku yang menerima ulasan positif. Juga pastikan Anda memilih buku yang diterbitkan baru-baru ini. Ini penting karena industri internet marketing terus berubah dan buku yang diterbitkan beberapa tahun lalu bisa tidak lagi sesuai dan tidak memiliki informasi yang cukup tentang perkembangan baru di industri ini. Keuntungan menggunakan buku untuk belajar tentang internet marketing adalah mudah dibawa-bawa dan mudah dibaca ketika Anda meluncurkan kampanye internet marketing.

Yang terakhir, pemilik bisnis bisa belajar banyak hal yang berkaitan dengan internet marketing cukup dengan mempelajari kampanye internet marketing yang sukses. Bila bisnis Anda menawarkan produk dan layanan di area tertentu, pertimbangkan untuk memasukkan istilah yang relevan ke mesin pencarian populer dan pelajari beberapa website bisnis peringkat paling atas.

Ini bisa memberi Anda banyak wawasan tentang apa yang dilakukan pemilik bisnis, yang bisa berkontribusi pada keberhasilan mereka. Mengamati semua mulai dari design website hingga strategi optimasi mesin pencarian dan bahkan konten web bisa membantu Anda menentukan kenapa mereka lebih sukses dari Anda. Anda perlu juga mengetahui bagaimana mereka memasarkan website, yang menyertakan iklan banner, program marketing afiliasi, atau jenis iklan lain. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa mendapat kesempatan untuk menerapakan perubahan  pada website dan strategi marketing Anda, yang membantu Anda mencapai keberhasilan ke tingkat yang lebih tinggi. Pastikan untuk tidak meniru apapun secara langsung dari pesaing, tapi coba saingi tingkat keberhasilan mereka dengan cara Anda sendiri. Baca juga artikel kami tentang menghasilkan uang dari blog.

Sebagai kesimpulan, bila Anda seorang pemilik usaha yang belum memiliki eksistensi online yang kuat, Anda perlu segera belajar tentang dunia internet marketing. Karena ini sangat penting. Bila pesaing melakukan marketing online, mereka akan memperoleh keuntungan stabil dan menjadi lebih menarik bagi pelanggan potensial.

Sebelum terlalu banyak pelanggan potensial menjadi pelanggan setia kompetitor Anda, kini waktunya untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa bertahan dalam memasarkan bisnis secara online.

Tiap bisnis perlu memiliki sebuah website. Semakin profesional website Anda, semakin banyak manfaat Anda peroleh. Semoga sekarang Anda bisa melihat kenapa bisnis online jadi investasi yang solid. Ketika berbicara tentang bisnis online, sulit menemukan sesuatu yang salah, karena baik pelanggan dan bisnis sama-sama mendapat manfaatnya. Menjadi online membuat bisnis menumbuhkan pelanggan lebih cepat, nyaman, bisa diakses, terjangkau, dan lebih siap untuk membantu pelanggan. Dan ketika bisnis difokuskan pada memberi manfaat pada pelanggan, keuntungan menjadi hal yang otomatis terjadi.

272 total views, 12 views today