10+ Website Infografis Terbaik, Buat Infografis Jadi Praktis!

10+ Website Infografis Terbaik, Buat Infografis Jadi Praktis!

Pembuatan infografis pastinya akan jauh lebih mudah dengan menggunakan website infografis. Hanya dengan beberapa penyesuaian, infografis langsung bisa jadi, lho!

Hal ini karena di dalam website pembuatan infografis sudah menyediakan layout, elemen, hingga fitur-fitur yang lengkap. Jadi, kamu hanya perlu menyusun elemen-elemen tersebut sesuai keinginan dan keperluanmu.

Nah, di artikel ini Dewaweb sudah merangkum beberapa rekomendasi website ataupun aplikasi terbaik untuk membuat infografis yang mudah digunakan. Yuk simak!

Baca Juga: Infografis: Arti, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

1. Canva

Siapa yang tidak tahu Canva? Online tool yang sangat mudah digunakan ini merupakan pilihan terbaik untuk membuat berbagai macam desain, termasuk infografis. Walaupun gratis, Canva menyediakan banyak sekali template dan ilustrasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Canva memiliki interface yang sangat user-friendly sehingga mudah dimengerti, bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi, kamu tinggal menyiapkan data yang dibutuhkan dan Canva akan membantumu mendapatkan infografis keren dengan beragam template, font, dan warna yang siap digunakan.

Berikut adalah salah satu contoh template infografis di Canva:

Canva

2. Mind the Graph

Mind the Graph adalah website infografis yang didesain untuk komunitas peneliti dan ilmuwan, tetapi penggunaannya terbuka untuk umum. Website ini menawarkan lebih dari 3.000 ilustrasi ilmiah dan layout infografis yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Sayangnya, pengguna gratis tidak berhak untuk menggunakan template infografis dari Mind the Graph. Jadi, kalau kamu menggunakan versi gratis, kamu harus mendesain infografismu dari nol.

3. Venngage

Venngage juga menawarkan beberapa pilihan berbeda untuk berbagai jenis grafis yang kamu butuhkan. Di tool pembuat infografisnya, kamu akan menemukan template untuk hal-hal seperti laporan, poster, promosi dan tentu saja, infografis.

Di bagian infografis, kamu juga akan menemukan opsi tambahan untuk dipilih yang cenderung membahas topik dan kategori infografis tertentu, seperti:

  • Statistical
  • Informational
  • Process
  • Comparison
  • Timeline
  • Geographic
  • Charts
  • Tutorial

Setelah kamu menemukan template yang kalian butuhkan, kamu sudah bisa memulai mengkostumisasi grafis tersebut. Venngage juga memperbolehkan kamu untuk memasukkan apa yang disebut dengan “Widgets”, di mana di dalamnya termasuk hal-hal seperti peta dan charts yang didasarkan pada info dan data spesifik yang ada di dalam infografis kamu.

4. Piktochart

Piktochart adalah pilihan yang bagus untuk membuat jenis-jenis infografis yang berbeda. kamu bisa memilih dari beberapa format yang berbeda termasuk ukuran infografis yang tradisional (berbentuk vertikal), ukuran powerpoint (berbentuk horizontal), poster, dan laporan.

Cara membuat infografis di Piktochart terbilang mudah. Kamu juga diberi kebebasan untuk membuat sendiri infografis dari awal atau pilih salah satu template mereka. Beberapa template mereka gratis dan yang lainnya mengharuskan kamu untuk memiliki Lite atau Pro plan).

Setelah kamu memilih template yang kamu mau, kamu bisa kemudian menambahkan berbagai elemen grafis dan text di kanvas kamu. Piktochart juga memperbolehkan pengguna untuk mengupload image milik mereka sendiri.

5. easel.ly

membuat infografis online easel ly

easel.ly adalah salah satu website yang paling mudah bagi kamu untuk membuat infografis. Saat kamu ada di home page tool ini, yang perlu kamu lakukan adalah memilih satu dari banyak template yang mereka tawarkan atau “Start Fresh”. Mereka juga memberikan pilihan untuk memilih template sesuai kategori.

Setelah kamu menemukan template yang kamu suka atau memilih untuk memulai dari awal, kamu akan dibawa ke window baru di mana kamu bisa mendesain infografis kamu sebagaimana yang kamu mau. Website infografis yang satu ini memiliki beragam tools seperti backgrounds, shapes, text, charts, dan lain sebagainya.

6. Visme

Visme adalah sebuah servis yang bisa dibilang masih baru. Tool ini memberi pilihan untuk membantu kamu membuat presentasi, animasi, mockup, banners, dan tentu saja membuat infografis secara online.

Sesudah kamu login dengan akun kamu, layar akan menampilkan semua visual untuk semua project yang sudah kamu lakukan. Layar ini akan kosong jika kamu belum pernah membuat project apapun. Kamu bisa memulai dengan mengklik “Create New Visme” untuk memulai.

Setelah itu kamu bisa memilih tipe project yang ingin kamu lakukan. Tentu saja karena ini tentang infografis, kamu pilih infografis. kamu akan melihat bahwa ada beberapa template gratis yang bisa kamu gunakan. Beberapa template hanya bisa digunakan jika kamu menggunakan akun premium.

Kamu kemudian akan bisa mendesain infografis kamu dengan berbagai tools yang tersedia. Visme bahkan memperbolehkan kamu membuat sebuah objek menjadi animasi.

7. infogr.am

aplikasi membuat infografis infogram

Infogr.am menawarkan template infografis yang simple untuk kamu gunakan. Setelah kamu memilih template yang kamu suka, kamu bisa mengedit elemen yang ada di halaman tersebut. Infogr.am adalah salah satu pilihan yang bagus jika kamu ingin membuat statistik.

8. Snappa

Snappa adalah salah satu tool desain terbaik bagi kamu yang tidak memiliki latar belakang desain tetapi ingin membuat gambar visual yang menakjubkan untuk dipublikasikan secara online. Tool ini mudah digunakan dan untuk dipelajari sehingga mereka dapat menawarkan hasil yang bagus.

Pengembang telah memberikan fitur tambahan di aplikasi ini untuk menyediakan seluruh foto yang tersedia di Stocksnap untuk digunakan di Snappa. Snappa sendiri berfokus pada grafis, bukan foto yang bagus, yang sebenarnya bagus karena grafis dan ikon menawarkan lebih banyak fleksibilitas saat membuat visual.

Untuk menggunakan Snappa, kamu hanya perlu mendaftarkan diri dan memverifikasi akun kamu. Setelah itu, kamu bisa langsung membuat graphic, termasuk infografis yang kamu inginkan.

Untuk memulai membuat infografis, kamu bisa memulai dengan kanvas kosong. Bagi kamu yang membutuhkan bantuan, jangan khawatir! Snappa juga menyediakan template sehingga kamu bisa memilih template mana yang kamu suka. Tetapi, beberapa template hanya bisa digunakan jika kamu upgrade akun kamu ke pilihan membayar.

Snappa

9. Biteable – Video Infographic Maker

Asset Blog Dewaweb

Kamu juga bisa membuat infografis dalam bentuk video. Biteable adalah sebuah online tool gratis yang dapat membantu kamu membuat sebuah infografis dalam format video.

Klip animasi pendek yang memanfaatkan beragam visual dan materi multimedia untuk mengkomunikasikan pesan secara ringkas dan mudah dipahami tentunya akan menarik lebih banyak perhatian.

Website infografis yang satu ini bisa sangat bermanfaat karena orang-orang pasti lebih menikmati menonton karakter animasi sambil belajar. Jadi, orang-orang bisa lebih mudah memahami topik-topik penting.

Alat ini user friendly dan bisa digunakan dengan mudah. kamu tidak memerlukan keterampilan khusus dalam mengedit video untuk menggunakannya. Prosesnya sederhana dan mudah dan Biteable dikemas dengan gaya animasi yang dirancang secara profesional.

Kamu cukup memilih gaya animasi dari galeri template Biteable, mengedit teks dan warna, lalu menambahkan foto dan musik. kamu dapat memilih musik atau gambar dari perpustakaan mereka atau cukup mengupload file kamu sendiri. Gambar yang bisa kamu upload harus berupa format PNG, JPEG, atau GIF kurang dari 3MB.

Jika kamu sudah selesai mengedit videonya, klik ‘Email Me My Video’ dan video akan dikirim ke email kamu. Video juga masih bisa kamu edit dalam waktu 14 hari setelah kamu membuat videonya.

10. Google Chart

Google Chart tools adalah salah satu produk Google Developer yang mudah digunakan dan gratis. Kamu bisa memilih dari berbagai macam chart yang tersedia dan mengonfigurasi berbagai dataset untuk membuatnya senada dengan tema website kamu.

Tool online yang satu ini memang bukan tools yang paling canggih untuk membuat infografis, namun Google Chart menawarkan kebebasan desain lebih banyak dan gratis.

11. DesignWizard

Design Wizard adalah software desain grafis online yang dapat membantumu membuat konten visual. Mereka menyediakan ribuan kerangka desain dan lebih dari 1 juta gambar yang dapat langsung kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dengan konsep drag and drop, kamu tinggal memilih template mana yang ingin kamu gunakan dan sesuaikanlah dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Mana Website Infografis Pilihanmu?

Itulah beberapa rekomendasi website membuat infografis terbaik yang bisa kamu coba. Tidak semua tools di atas gratis, jadi pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu. Selamat mencoba!

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!