3 Case Study Brand Indonesia yang Sukses dengan Content Marketing

Content marketing adalah sebuah tren baru dalam hal pemasaran produk yang bertujuan untuk menarik banyak audiens mengenal dan membeli barang jualanmu. Strategi pemasaran ini dianggap lebih efektif daripada sebuah iklan karena sekarang orang sudah kebal dengan promosi produk secara langsung. Kini iklan hanya digunakan sebagai penyebaran konten yang menjadi bagian dari strategi pemasaran di era digital.

Dengan menggunakan konten untuk tujuan pemasaran, orang juga akan lebih mempercayai bisnis yang kamu jalankan karena dianggap kredibel dengan memiliki konten yang bermanfaat. Beberapa pemilik bisnis di Indonesia pun sudah menerapkan strategi content marketing untuk menggaet audiens. Apa sajakah brand tersebut?

Eiger

Pada ajang penghargaan Indonesia Content Marketing Award (ICMA) 2018, Eiger memenangkan dua kategori sekaligus yaitu “The Best Content Marketing Implementation in Apparel Category” dan “The Best Content Marketing Implementation of The Year”. Hal ini tak lepas dari keseriusan Eiger mengimplementasikan strategi content marketing dari konten yang mereka ciptakan untuk pemasaran sebuah produk.

Bisnis perlengkapan aktivitas outdoor ini dinilai layak memenangkan kategori tersebut karena kontennya yang tak sekedar tentang produk jualan. Eiger mampu memaksimalkan berbagai platform website seperti eigeradventure.com, microsite theblackborneoexpedition.com, digital magazine eigeradventurenews.com, newsletters, serta media sosialnya. Dengan konten-konten yang berkualitas di berbagai platform tersebut, Eiger mampu menjaring target audiens mereka. Banyak yang tertarik untuk membeli produk Eiger berkat brand story yang diciptakan melalui strategi content marketing.

Kamu bisa lihat sendiri pada website Eiger bagaimana cara mereka melakukan strategi pemasaran konten untuk berbagai produknya. Eiger juga tak segan mengajak artis dan musisi terkenal di Indonesia untuk berkolaborasi. Salah satu konten yang banyak disukai oleh audiens pada website Eiger adalah bagian edukasi yang berisi tentang serba-serbi kegiatan outdoor seperti berpetualang ke gunung atau melakukan ekspedisi di sebuah daerah dengan tidak lupa menyelipkan promosi produk Eiger di dalamnya.

Pocari Sweat

Pocari Sweat juga berhasil meraih “The Best Content Marketing Implementation in Beverages Industry” pada ajang penghargaan “Indonesia Content Marketing Award” 2018. Hal ini juga tak lepas dari startegi pemasaran produk Pocari Sweat yang tak sekadar iklan semata.

Track record content marketing Pocari Sweat sudah bisa dilihat sejak tahun 2015 dengan cara melakukan brand storytelling lewat video interaktif #KejarBiru. Dalam video ini, Pocari Sweat menyelipkan edukasi tentang pentingnya menjaga ION selama puasa dan promosi produk isotonik Pocari Sweat.

Di tahun 2018, Pocari Sweat juga mengadakan Sweat Dance Cover Competition untuk mengakomodasi talenta anak muda Indonesia dan mengajak untuk berani berkeringat demi mewujudkan mimpi. Strategi content marketing yang dilakukan oleh Pocari Sweat bukan hanya sekadar promosi produk tapi juga mengajak audiens mengenal bisnis yang dijalankan sehingga terbentuklah kepercayaan pelanggan pada mereka.

Royco

Brand penyedia bumbu masakan ini juga memenangkan kategori “The Best Content Marketing Implementation in Food Industry” pada ICMA 2018. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui website ini efektif menjangkau  target audiens yang umumnya wanita dan ibu rumah tangga.

Royco menyediakan konten gratis tentang berbagai resep masakan melalui video demo memasak, tips dan trik memasak, hingga metode pengolahan bahan. Dengan berbagai macam resep yang disediakan, secara tidak langsung Royco menyelipkan promosi produk dan menciptakan branding sendiri.

Konten tentang resep masakan juga akan membuat audiens percaya bahwa Royco adalah brand terpercaya karena bisa menyediakan konten yang bermanfaat. Daripada to the point menjual produk, memberikan resep masakan dinilai lebih bisa menarik audiens karena sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari.

 

Kamu juga bisa melakukan branding pada usahamu dengan menciptakan content marketing yang tepat. Pikirkan saja hal-hal apa saja yang sekiranya masih berhubungan dengan produk yang kamu jual dan menjadikannya sebuah cara pemasaran. Semoga menginspirasi!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia