Linux adalah sebuah sistem operasi komputer yang bisa dijalankan untuk berbagai alat komunikasi seperti handphone, laptop, hingga komputer. Pada komputer, Linux bisa dijadikan sistem operasi seperti Windows. Namun, kebanyakan Linux digunakan pada server. Sebanyak 90% internet didukung oleh server Linux. Sedangkan 80% OS yang berjalan di smartphone seluruh dunia, dibuat oleh kernel Linux. Memang, apa saja kelebihan Linux hingga digunakan untuk menopang berbagai macam perangkat ini?

Kelebihan Linux dibanding sistem operasi lain

  • Open source

Kelebihan Linux yang membuat sistem operasi ini banyak digunakan di server atau OS smartphone adalah open source. Artinya, untuk bisa menggunakan Linux, tidak perlu ada lisensi yang dibeli dengan harga yang lumayan, seperti pada Windows.  Dengan kata lain, sistem operasi Linux ini gratis. Siapapun bisa menggunakan sistem operasi Linux sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  • Kebal malware

Sistem komputer yang satu ini juga ‘kebal’ malware daripada sistem operasi lainnya. Keamanan Linux terhadap serangan malware bisa dijamin beberapa tingkat di atas yang lainnya. Tapi, bukan berarti Linux tidak bisa terserang malware sama sekali. Hanya saja, risikonya jauh lebih kecil dibanding sistem operasi lain, misal Windows, karena Linux mengharuskan penggunanya untuk menjadi administrator terlebih dulu jika ingin menjalankan program atau mengeksekusi kode tertentu.

  • Memiliki aplikasi bawaan yang cukup lengkap

Linux juga sudah dibekali dengan aplikasi bawaan yang relatif lengkap ketika kamu meng-install-nya untuk pertama kali. Bahkan bila pengguna menginginkan sistem operasi untuk tujuan khusus, aplikasi yang dibutuhkan bisa jadi sudah ada di dalamnya. Aplikasi umum lainnya, yang biasa digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, seperti multimedia, pengarsipan, dan office sudah pasti tersedia di dalam sistem operasi Linux.

  • Didukung oleh driver yang andal

Masalah pada proses instalasi driver yang seringnya bermasalah di sistem operasi lain tidak akan terjadi pada Linux. Ini karena Linux sudah memiliki dukungan driver yang berkembang dan meluas. Kamu tidak perlu repot meng-install driver atau khawatir driver yang di-install tidak bekerja, sehingga bisa menghambat pekerjaan.

Kekurangan sistem operasi Linux

Kelebihan Linux tidak otomatis membuat sistem operasi ini menjadi yang paling tangguh dan tidak punya cela. Linux tetap memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan sistem operasi lain, dari segi tampilan dan penggunaan.

  • Tampilan interface yang sedikit rumit

Interface Linux mengharuskan penggunanya untuk cepat beradaptasi dan belajar dahulu tentang root, terminal, dan urusan lainnya. Bagi kamu yang belum pernah menggunakan sistem operasi ini, mungkin akan sedikit kesulitan di awal untuk memahami sistem kerja Linux. Terlebih Linux memiliki beberapa kode perintah untuk menjalankan suatu program atau aplikasi.

  • Lemah jika digunakan untuk gaming

Kekurangan Linux yang lainnya adalah kenyataan bahwa sistem operasi ini tidak banyak mendukung gaming pada laptop maupun komputer. Hanya sedikit games yang dibuat di platform ini. Sehingga, untuk pengguna yang lumayan senang dengan gaming dan menggunakan komputer untuk bermain games, maka menggunakan sistem operasi Linux tidaklah disarankan.

  • Beberapa versi Linux tidak cukup memiliki aplikasi bawaan

Beberapa jenis Linux juga memiliki aplikasi bawaan yang cukup sedikit jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Ini disebabkan pengembangan aplikasi pada Linux membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga pengguna harus bersabar menunggu update sistem operasi Linux.

Kelebihan Linux, beserta kekurangannya juga, diharapkan bisa membantumu menentukan sistem operasi apa yang akan digunakan pada laptop atau komputer. Pada intinya, tidak ada sistem operasi yang benar-benar hebat, yang ada hanyalah sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan sehingga membuatnya terlihat sempurna.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia