3 Tren Jualan Online yang akan Booming di 2019

Dikutip dari CNNIndonesia.com, industri perdagangan digital di Indonesia mengalami pertumbuhan yang semakin menjanjikan di tahun 2019. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia, menurut prediksi McKinsey, akan meningkat hingga 8 kali lipat. Dihitung dari total belanja online senilai 8 miliar USD di 2017 menjadi 55 – 65 miliar USD di tahun 2020. Itu artinya, ini saat yang tepat bagimu untuk mulai jualan online. Masih bingung? Simak dulu informasi tren jualan online yang akan booming di 2019 berikut ini!

Bisnis kuliner online

Tren jualan online yang akan booming di 2019 salah satunya adalah bisnis kuliner online. Jenis usaha yang tidak pernah sepi peminat ini dipredikasi masih akan booming tahun ini. Kepopuleran bisnis kuliner online didukung dengan hadirnya beragam aplikasi mobile dan media sosial. Keduanya membuat proses pembelian dan pengantaran pesanan sangat praktis, mudah, dan aman. Kelebihan itu membuat bisnis kuliner menjadi usaha yang berpeluang besar mendapat keuntungan.

Bisnis kuliner yang dilakukan secara online dapat mendorong peningkatan penawaran dan permintaan. Kamu yang tertarik memulai bisnis kuliner online bisa memanfaatkan e-commerce ataupun berjualan melalui sosial media seperti Instagram yang kini sedang nge-trend. Bisnis kuliner online dan offline yang saat ini dapat diintegrasikan membuat peluang bisnis kuliner makin besar. Tinggal bagaimana kamu mengemas produk dengan menarik untuk dijual.

Bisnis fashion online

Perkembangan bisnis jualan online saat ini didukung dengan perkembangan digital yang semakin pesat. Banyak dan beragamnya produk yang dijual secara online membuat aktivitas jual beli online semakin meningkat. Salah satu jenis bisnis online yang berkembang dan dipredikasi tetap akan booming di 2019 adalah bisnis fashion online. Bisnis ini masuk dalam kategori bisnis online terbaik di dunia, mengingat target pasarnya yang luas dan menjadi salah satu kebutuhan utama manusia.

Agar peluang sukses menjalankan bisnis fashion online semakin besar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari menentukan konsep dan fokus terhadap satu jenis produk (misalnya produk untuk anak, remaja, atau dewasa), mengeksplor keunikan, inovasi, dan kreativitas, memilih pemasok produk yang tepat, melakukan promosi, menggunakan jasa influencer, hingga membuat memberikan layanan terbaik dan respon yang cepat terhadap pelanggan.

Mencoba bisnis fashion online sangat layak kamu pertimbangkan karena kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk menyewa tempat dan menyiapkan modal besar. Bisnis online termasuk gratis dan dapat kamu pasarkan dengan mudah dan aman. Baik menggunakan mobile phone atau sejumlah akun media sosial yang kamu miliki. Munculnya beragam marketplace juga bisa membuat bisnis fashion online lebih mudah dipasarkan.

Dropshipping

Satu lagi tren jualan online yang akan booming di 2019, yakni dropshipping. Dropshipping bisa jadi pilihan usaha yang cocok bagi kamu yang tidak mempunyai modal besar. Modal yang menjadi salah satu masalah utama memulai usaha bisa kamu atasi dengan jenis usaha satu ini. Pendapat bahwa untuk memulai bisnis hingga sukses membutuhkan modal besar memang tidak salah, namun juga tidak 100% benar. Apalagi saat ini kamu bisa memulai usaha tanpa atau minim modal.

Dropshipper pun merupakan istilah yang cukup akrab di telinga, khususnya bagi kamu yang kerap belanja online. Dropshipper pada dasarnya merupakan orang yang melakukan penjualan produk orang lain, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya produksi ataupun menyediakan stok barang. Poin terpentingnya adalah kamu harus memastikan produsen yang kamu pilih menawarkan produk berkualitas baik, agar semakin banyak pembeli dan membuat bisnis dropship-mu sukses.

Itulah informasi seputar tren jualan online yang akan booming di 2019. Bila kamu tertarik mencoba peruntungan dengan jualan online, 3 pilihan tren jualan online di atas layak dipertimbangkan. Jadi, apa produk yang akan kamu jual secara online tahun ini?

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia