30+ Ide Jualan Online Terlaris, Banyak Diincar Pembeli!

30+ Ide Jualan Online Terlaris, Banyak Diincar Pembeli!

Ada banyak ide jualan online terlaris yang banyak diincar oleh para pembeli, seperti kuliner, fashion, perlengkapan ibadah, olahraga, pakaian anak-anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski demikian, berjualan online bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih ada banyak platform jualan yang sebelumnya harus dikuasai terlebih dahulu oleh calon penjual.

Namun, keuntungan dari penjualan online ini yakni kamu bisa menyebarkan usaha kamu seluruh warga Indonesia yang ada di luar daerah. Dengan begitu, tingkat penjualan pun bisa terus bertambah dan kamu bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Masih bingung ingin memulai jualan online seperti apa? Simak dulu informasi ide jualan online terlaris yang banyak diincar oleh para pembeli di bawah ini!

1. Kuliner

Kepopuleran bisnis kuliner online didukung dengan hadirnya beragam aplikasi mobile dan media sosial. Keduanya membuat proses pembelian dan pengantaran pesanan sangat praktis, mudah, dan aman. Kelebihan itu membuat bisnis kuliner menjadi usaha yang berpeluang besar mendapat keuntungan.

Bisnis kuliner yang dilakukan secara online dapat mendorong peningkatan penawaran dan permintaan. Kamu yang tertarik memulai bisnis kuliner online bisa memanfaatkan e-commerce ataupun berjualan melalui sosial media seperti Instagram yang kini sedang nge-trend.

Bisnis kuliner online dan offline yang saat ini dapat diintegrasikan membuat peluang bisnis kuliner makin besar. Tinggal bagaimana kamu mengemas produk dengan menarik untuk dijual.

2. Fashion

ide jualan online - fashion

Perkembangan bisnis jualan online saat ini didukung dengan perkembangan digital yang semakin pesat. Banyak dan beragamnya produk yang dijual secara online membuat aktivitas jual beli online semakin meningkat. Salah satu jenis bisnis online yang berkembang dan diincar oleh banyak pembeli adalah fashion.

Bisnis ini masuk dalam kategori bisnis online terbaik di dunia, mengingat target pasarnya yang luas dan menjadi salah satu kebutuhan utama manusia.

Baca Juga: Cara Memilih Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Online

Agar peluang sukses menjalankan bisnis fashion online semakin besar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Mulai dari menentukan konsep dan fokus terhadap satu jenis produk (misalnya produk untuk anak, remaja, atau dewasa), mengeksplor keunikan, inovasi, dan kreativitas, memilih pemasok produk yang tepat, melakukan promosi, menggunakan jasa influencer, hingga membuat memberikan layanan terbaik dan respon yang cepat terhadap pelanggan.

Mencoba bisnis fashion online sangat layak kamu pertimbangkan karena kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk menyewa tempat dan menyiapkan modal besar. Bisnis online termasuk gratis dan dapat kamu pasarkan dengan mudah dan aman. Baik menggunakan mobile phone atau sejumlah akun media sosial yang kamu miliki. Munculnya beragam marketplace juga bisa membuat bisnis fashion online lebih mudah dipasarkan.

3. Dropshipping

Dropshipping bisa jadi pilihan usaha yang cocok bagi kamu yang tidak mempunyai modal besar. Modal yang menjadi salah satu masalah utama memulai usaha bisa kamu atasi dengan jenis usaha satu ini.

Pendapat bahwa untuk memulai bisnis hingga sukses membutuhkan modal besar memang tidak salah, namun juga tidak 100% benar. Apalagi saat ini kamu bisa memulai usaha tanpa atau minim modal.

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Dropshipper pun merupakan istilah yang cukup akrab di telinga, khususnya bagi kamu yang kerap belanja online. Dropshipper pada dasarnya merupakan orang yang melakukan penjualan produk orang lain, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya produksi ataupun menyediakan stok barang.

Poin terpentingnya adalah kamu harus memastikan produsen yang kamu pilih menawarkan produk berkualitas baik, agar semakin banyak pembeli dan membuat bisnis dropship-mu sukses.

4. Produk Kecantikan

produk kecantikan

Produk kecantikan merupakan barang jualan online lainnya yang laku di masa ini. Biasanya, produk kecantikan terbagi menjadi dua, yakni skincare dan makeup. Sebelum membeli produk kecantikan tersebut, pembeli akan melihat rekomendasi-rekomendasi dari para beauty influencer. Oleh karena itu, minat seseorang yang ingin membeli produk ini cukup tinggi, karena melihat bahwa produknya memberikan hasil yang baik.

Apabila kamu tertarik untuk membuka usaha produk kecantikan ini, kamu bisa menjadi reseller dari produk-produk kecantikan yang sudah memiliki nama yang besar. Nantinya, kamu dapat menjual kembali produk tersebut di ecommerce, website, hingga media sosial masing-masing.

5. Perlengkapan Bayi

Ide jualan online lainnya adalah perlengkapan bayi. Ada banyak perlengkapan bayi yang dapat dibutuhkan oleh beberapa orang, salah satunya adalah pasangan mudah. Umumnya mereka akan mencari perlengkapan bayi yang diinginkannya di marketplace atau ecommerce.

Oleh karena itu, ini bisa dijadikan sebagai peluang emas yang jangan sampai terlewatkan. Sebagai bahan referensi, ada beberapa perlengkapan bayi yang bisa dijual secara online, di antaranya popok bayi, pakaian bayi, mainan bayi, tempat makan bayi, hingga tas perlengkapan traveling untuk bayi.

6. Alat Masak dan Dapur

Alat masak dan dapur merupakan ide jualan online yang menargetkan ibu rumah tangga sebagai konsumennya. Sebab, ibu rumah tangga termasuk sosok yang sering menghabiskan waktu di dapur untuk memasak makanan dan lain sebagainya. Itu sebabnya, banyak yang pada akhirnya membeli alat-alat masak dan dapur.

Kamu bisa menjadi ide jualan online ini sebagai kesempatan. Sebagai langkah awal, kamu bisa menjual beberapa alat masak dan dapur yang memang cukup sering dicari oleh para pembeli, seperti panci, wajan, rice cooker, blender, piring, sendok, hingga gelas.

Baca juga: 20 Ide Usaha Sampingan Online Modal Kecil Untung Besar di 2022

7. Gadget

gadget

Kebutuhan perangkat komunikasi dan teknologi di Indonesia tergolong tinggi. Hal tersebut dibuktikan dari DataReportal yang mengungkapkan bahwa jumlah perangkat seluler yang terkoneksi di Indonesia mencapai 370,1 juta pada Januari 2022, meningkat 13 juta atau 3,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebetulnya tidak hanya ponsel saja, gadget juga bisa terdiri dari produk lain, seperti laptop. Biasanya penggunaan laptop ini diperuntukkan kepada mahasiswa hingga para pekerja. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kinerja mereka agar pekerjaan atau tugas-tugas bisa cepat terselesaikan.

Adapun satu hal lain yang menjadi potensi ide jualan gadget bisa laris di pasaran, yakni karena setiap bulannya selalu ada gadget baru yang muncul. Oleh karena itu, penjual pun bisa terus mengikuti tren yang ada, agar produk jualannya tidak ketinggalan zaman.

8. Peralatan Olahraga

Selanjutnya adalah peralatan olahraga. Ide jualan online ini meningkat karena kesadaran masyarakat yang ingin hidup sehat. Beberapa produk peralatan olahraga, di antaranya sepeda, matras yoga, bola basket, dan raket. Untuk menjual peralatan olahraga ini, kamu bisa memulai dengan membuat akun di beberapa toko online hingga media sosial.

9. Alat Elektronik Rumah

Ide jualan online lainnya yang laris di pasaran adalah alat elektronik rumah. Umumnya, alat-alat elektronik rumah memang bermanfaat untuk membantu pekerjaan rumah agar lebih efektif, seperti e kontak, vacuum cleaner, air purifier, rice cooker dan lampu tumblr.

Tidak hanya itu, adapun peralatan elektronik rumah yang memiliki ukuran lebih besar, sehingga dibanderol dengan harga yang lebih besar, mulai dari AC, kulkas, dan mesin cuci. Meski cukup mahal, alat elektronik rumah bisa bertahan dalam kurun waktu yang lebih lama hingga 4-5 tahun lamanya.

Sebetulnya, ada banyak alat elektronik rumah yang dijual secara offline. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk membuka toko online yang berfokus hanya pada alat-alat elektronik rumahan saja.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

10. Peralatan Rumah Tangga

Mirip dengan alat masak dan dapur, peralatan rumah tangga juga dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga. Produk-produk peralatan rumah tangga yang dimaksud adalah bedcover, lemari, sapu, pel, gorden, dan lain sebagainya.

Karena banyak yang meminati peralatan rumah tangga ini, adapun toko offline yang mulai membuka katalog di media sosial atau secara online. Dengan begitu, toko tersebut bisa mencakup ibu-ibu rumah tangga yang ada di seluruh Indonesia.

11. Perawatan Kesehatan

perawatan kesehatan

Semenjak pandemi, perawatan kesehatan sangat dibutuhkan bagi masyarakat, seperti hand sanitizer, masker, obat-obatan, dan multivitamin meroket secara drastis. Dengan begitu, kesehatan masyarakat pun lebih meningkat.

Karena menjadi barang yang cukup laku di pasaran, perawatan kesehatan ini bisa menjadi produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, baik secara online maupun offline.

12. Alat Tulis dan Kantor

Selanjutnya adalah alat tulis dan kantor (ATK). Produk ini cukup laris di pasaran karena banyak pekerjaan kantoran yang membutuhkan beberapa perlengkapan kantor, seperti dokumen, pulpe, kertas HVS, dan lain sebagainya.

Produk ATK yang dijual secara online disebut-sebut lebih praktis. Tidak hanya itu, alasan kepraktisan, produk ATK di ranah online biasanya lebih terjangkau, banyak pilihan, serta berdesain unik.

13. Merchandise Kpop

Indonesia termasuk negara yang kebanyakan dipenuhi oleh para kpopers atau pecinta musik asal Korea Selatan. Jadi, jangan heran apabila merchandise kpop yang sudah laku terjual di pasaran, terlebih jika grup musik yang digemarinya cukup populer, seperti BTS hingga NCT.

Para penjual bisa memanfaatkan ketenaran ini dengan menjual berbagai macam merchandise kpop di beberapa toko online, marketplace, hingga ecommerce dan media sosial.

14. Peralatan Portabel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata portabel adalah mudah dibawa-bawa. Arti lainnya dari portabel adalah mudah dijinjing. Sebagai contoh komputer portabel, komputer kecil yang mudah dijinjing, komputer jinjing.

Karena kemudahannya tersebut, beberapa peralatan portabel pun cukup digemari oleh masyarakat luas, sebab bisa menjadi solusi untuk, terlebih bagi anak kos atau apartemen yang memang memiliki ukurang kamar yang tidak luas.

Untuk rekomendasi produk portabel, kamu bisa berjualan blender portabel, kipas portabel, teko listrik, panci listrik, bahkan kompor listrik. Semakin lengkap toko tersebut, semakin besar kemungkinan mendatangkan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

15. Aksesoris Handphone

Pada poin ini, sebetulnya mirip dengan gadget. Aksesoris handphone pada umumnya dibutuhkan karena meningkatnya penjualan gadget. Selain membuat penampilan gadget menjadi lebih menarik, aksesoris handphone juga bermanfaat untuk menunjang pemakaian gadget agar lebih maksimal.

Sebagai bahan referensi, berikut aksesoris handphone yang dapat dijual secara online, di antaranya casing, charger, earphone, holder hp, tripod mini, powerbank, hingga smartband.

16. Pakaian Anak

pakaian anak

Fashion tidak hanya merujuk pada orang dewasa saja, ada juga pakaian anak-anak yang bisa dijadikan sebagai referensi ide jualan online. Penjualan pakaian anak ini juga minim dari kata rugi, karena tren pakaian anak-anak yang tidak banyak berubah dari tahun ke tahun.

Untuk pakaian anak-anak sendiri, ada beberapa produk yang dapat diperjualbelikan dan menjadi favorit bagi anak-anak atau orang tua, mulai dari kaos, mini dress, dan kemeja anak. Sebagai informasi, kamu bebas memilih platform yang memang dirasa pas untuk menjual pakaian anak-anak.

17. Tas Wanita dan Dompet

Tas menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian masyarakat, tujuannya tentu untuk memasukkan barang-barang yang akan dibawa ke dalam satu tempat yang sama. Oleh karena itu, banyak yang pada akhirnya mencari-cari tas, terutama wanita.

Beberapa ecommerce pada umumnya tidak hanya menjual tas saja, supaya lebih menarik, mereka akan memberikan free gift berupa dompet. Dengan begitu, banyak yang pada akhirnya memilih berbelanja online, dibandingkan harus berkunjung ke storenya langsung.

18. Sepatu

Produk ini sendiri sebetulnya masuk ke dalam produk fashion yang cukup banyak diburu. Kebanyakan, produk sepatu wanita, kemudian ada beberapa sepatu dari beberapa merk ternama, seperti Jordan, Nike, Specs, dan lain sebagainya.

Untuk mewujudkannya, penjual bisa memulai dengan membuka toko online kecil-kecilan di beberapa platform. Meskipun keuntungan yang didapatkan masih terbilang kecil, kondisi ini bisa terus beranjak seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Buat Toko Online dengan Lapak Instan

19. Jam Tangan

Tidak hanya sepatu, jam tangan juga menjadi item fashion selanjutnya yang bisa jadi produk jualan online paling laris. Tidak hanya mempercantik penampilan ketika digunakan, jam tangan juga bermanfaat untuk membantu penggunanya dalam melihat jam.

Umumnya jam tangan yang digemari oleh masyarakat luas adalah jam tangan berdesain unik, penggunaan warna hijau, atau ornamen karakter animasi dan komik. Untuk platform jualannya sendiri, kamu bisa memanfaatkan ecommerce, marketplace, media sosial, dan lainnya.

20. Kacamata dan Softlens

kacamata dan softlens

Kacamata menjadi salah satu produk yang dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki kondisi mata rabun. Jika tidak ingin menggunakan kacamata, kamu bisa memanfaatkan penggunaan softlens. Namun tetap saja, dibandingkan kacamata, penggunaan softlens kerap menimbulkan beberapa risiko besar.

Kini, kacamata yang cukup digemari oleh wanita adalah kacamata yang memiliki bentuk cukup ni, seperti frame warna-warni, bulat, atau bergaya aviator. Hingga kacamata pria, seperti gaya retro 70an dan oversized frame. Agar terwujud, kamu bisa berjualan di berbagai platform online seperti yang sudah disebelumkan sebelumnya.

21. Busana Muslim

Umumnya, penjualan busana muslim akan meningkat ketika mendekati hari raya keagamaan Islam. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga yang membeli busana muslim ini untuk dijadikan sebagai outfit dalam kehidupan sehari-harinya.

Untuk platform jualannya sendiri, tak jauh beda dengan produk fashion lain. Jika memungkinkan bukalah sebuah toko offline. Tapi jika tidak, berjualan di platform online juga tetap menjanjikan agar mendapatkan keuntungan yang setimpal.

22. Parfum

Parfum adalah minyak wangi adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh. Karena manfaatnya tersebut, parfum cukup digemari karena bisa memberikan kenyamanan bagi yang menggunakanya.

Jika kamu beranggapan bahwa parfum identik dengan wanita, anggapan tersebut salah. Sebab, ada banyak aroma lainnya yang menghadirkan produk parfum dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai catatan saja, kini ada banyak produk parfum palsu yang dijual di pasaran. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu sudah melakukan pengecekan dengan benar, sebelum menggunakannya.

23. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah juga menjadi ide jualan online yang bisa menarik ladang keuntungan bagi kamu. Terlebih, perlengkapan ibadah merupakan keharusan yang perlu dimiliki untuk menjalankan kegiatan keagamaan. Beberapa perlengkapan ibadah, di antaranya sajadah, sarung, mukena, peci, dan sorban.

Untuk platform, toko offline dan online sebenarnya sama-sama menjanjikan. Namun untuk toko online, pastikan bahwa kamu telah berkonsultasi dengan ahli agama mengenai cara pengemasan jenis produk tertentu, agar sesuai aturan agama.

Baca juga: Pahami Apa Itu Customer Journey dan Manfaatnya bagi Bisnis

24. Alat Vlogging dan Fotografi

alat vlogging dan kamera

Vlogging adalah kegiatan berupa video yang dibuat dengan cara direkam. Umumnya dalam vlog, terdapat beberapa konten yang diperlukan. Kemudian, vlog tersebut akan diupload dalam platform YouTube. Tujuannya agar video tersebut bisa dilihat oleh para pemilik YouTube.

Untuk memaksimalkan kualitas video tersebut, para vlogger memerlukan alat untuk vlogging. Beberapa alat keperluan vlogging dan fotografi, di antaranya properti studio mini, kamera, lensa tambahan, tripod, monopod, dan mikrofon.

Penjualan alat vlogging ini bisa memanfaatkan platform penjualan, mulai dari marketplace hingga media sosial. Lebih baik jika kamu menjual alat-alat vlogging tersebut di lebih dari satu platform agar menjangkau lebih banyak konsumen.

25. Tanaman Hias

Memelihara tanaman hias menjadi salah satu hobi yang kemunculannya mulai ada sejak ada pandemi. Jadi jangan heran jika penjualan tanaman hias terus meningkat di beberapa ecommerce. Adapun beberapa jenis tanaman hias yang sering dipelihara seperti Monstera, Aglaonema, dan Anthurium.

Tanaman hias ini bisa dijual secara online, namun pastikan bahwa kamu telah menguasai jelas bagaimana cara pengemasan masing-masing tanaman. Dengan begitu, tanaman hias bisa sampai di rumah pembeli dengan aman.

26. Peralatan Packing

Selanjutnya adalah peralatan packing. Peralatan ini biasanya dibutuhkan untuk para pebisnis untuk mengemas produk-produk yang dijual, seperti kardus boks, bubble wrap, atau lakban. Tidak hanya itu, ada juga plastik,
karung, bahkan kayu juga banyak diburu oleh pelapak online.

Peralatan packing ini bisa dijual secara online dan tidak membutuhkan modal yang cukup banyak. Bahkan kamu bisa memanfaatkan seluruh kanal online, seperti website, marketplace, bahkan media sosial. Jangan lupa untuk menyediakan pembelian grosir, guna mengakomodasi pelanggan yang membeli dalam jumlah besar.

27. Perlengkapan Petshop

Memelihara hewan termasuk hobi yang dilakukan oleh pecinta hewan. Beberapa hewan yang dipelihara adalah kucing dan anjing. Oleh karena itu, penjualan perlengkapan untuk hewan peliharaan juga meningkat. Adapun perlengkapan petshop yang biasanya dibutuhkan adalah makanan kucing dan anjing, kandang, litter box, shampoo khusus hewan, bahkan baju untuk hewan peliharaan.

Perlengkapan petshop ini bisa langsung dijual di beberapa platform online, seperti website toko online, atau berjualan perlengkapan hewan di marketplace.

28. Hampers dan Seserahan

Hampers bisa menjadi produk jualan online paling laris yang bisa dijual, terutama menjelang momen hari raya, seperti Idul Fitri dan Natal. Kamu bisa menjual hampers berisi makanan, produk kecantikan, perlengkapan ibadah, hingga perlengkapan new normal.

Hampers dan seserahan tersebut bisa dijual melalui beberapa platform online, seperti website toko online, marketplace, media sosial, atau bahkan punya semuanya.

29. Mainan dan Action Figure

action figure

Action figure adalah figurin yang dapat melakukan aksi atau gerakan. Action figure memiliki titik artikulasi di bagian tangan, kaki, maupun kepala yang membuat kita dapat membentuknya menjadi berbagai pose sesuai keinginan.

Biasanya action figure ini dibeli oleh para kolektor. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menjual beberapa action figure berkarakter anime Jepang, seperti One Piece dan Attack on Titan. Kamu bisa menjual action figure tersebut di beberapa website online, marketplace, dan lainnya.

30. Sembako

Sembako menjadi salah satu produk yang bisa menjadi ide jualan online. Mungkin beberapa orang berpikir bahwa sembako hanya bisa dibeli secara offline, seperti di supermarket, warung, dan lain sebagainya. Padahal, sembako juga bisa dibeli secara online melalui beberapa platform online.

Beberapa produk sembako yang biasanya dijual adalah beras, minyak, dan gula yang sekiranya memiliki masa kadaluarsa lama. Kamu bisa menjual sembako-sembako tersebut di platform online, seperti marketplace, media sosial, dan lainnya.

31. Camilan dan Snack Kiloan

Mirip dengan sembako, camilan dan snack kiloan dapat didapatkan dengan membelinya di secara online. Beberapa snack dan camilan tersebut biasanya sudah di dalam kemasan dan memiliki kadaluarsa yang cukup lama. Beberapa camilan dan snack kiloan tersebut bisa dijual di beberapa platform online, marketplace, media sosial, dan lainnya.

Baca juga: 11+ Cara Mendapat Uang dari Instagram dengan Mudah

Sudah Menemukan Produk Online Terlaris untuk Dijual?

Itulah informasi seputar ide jualan online terlaris yang booming dan bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi. Bila kamu tertarik mencoba peruntungan dengan jualan online, beberapa pilihan tren jualan online di atas layak dipertimbangkan. Jadi, sudah menemukan produk online terlaris untuk dijual? Semoga artikel yang Dewaweb rangkum ini bermanfaat untuk kamu, ya.