Google Photos merupakan layanan berbagi dan penyimpanan foto yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini muncul sejak Mei 2015 dari Google+, jejaring sosial perusahaan. Perangkat canggih ini berfungsi memberikan pengguna penyimpanan gratis tanpa batas untuk foto hingga 16 megapiksel dan video hingga resolusi 1080p. Lantas, apa saja alasan kamu harus menyimpan koleksi foto di Google Photos ini? Dapatkan informasi lengkap alasannya di bawah ini!

Dilengkapi fitur pencarian

Google Photos lebih dari sekadar tempat penyimpanan foto sederhana. Layanan ini dapat mencadangkan fotomu di beberapa perangkat, dilengkapi dengan fitur organisasi otomatis, dan alat pencarian pintar. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah berbagi album dan gambar dengan orang lain dan memungkinkan komentar item yang dibagikan. Sekilas, perangkat ini mungkin terlihat seperti aplikasi Galeri lainnya, namun sebenarnya galeri penyimpan foto ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan Google Drive. Aplikasi ini juga tersedia untuk Android, iOS, dan desktop.

Nah, salah satu fitur yang membuat Google Photos spesial adalah fitur pencariannya. Perangkat ini secara otomatis memberikan tag ke fotomu berdasarkan lokasi, pengenalan wajah, dan jenis gambar (selfie, screenshot, dan video) kemudian membuat folder untuk masing-masing foto. Aplikasi ini bahkan mampu mengklasifikasikan hewan dan benda. Kamu juga bisa menggunakan istilah pencarian apapun untuk menemukan foto tertentu, seperti lokasi atau subjek. Fungsinya yang akurat membuat fitur ini menjadi alasan utama kamu harus menggunakan Google Photos.

Menyediakan ruang penyimpanan foto yang besar dan gratis

Sering menggunakan aplikasi penyimpanan foto yang cepat penuh sehingga membuatmu bingung? Jika pengalaman seperti itu menganggumu, ini waktu yang tepat untuk beralih menggunakan Google Photos. Kamu kini tak perlu khawatir tentang ruang penyimpanan foto yang terbatas hanya sebesar 10 atau 20 GB saja. Kamu bisa memasukkan sebanyak mungkin foto  tanpa perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan. Dengan catatan, Google akan mengompresi fotomu (foto yang lebih besar dari 16 megapiksel dan video dengan resolusi lebih dari 1080p).

Tak ingin ada kompresi? Tidak perlu khawatir. Perangkat ini juga dapat menyimpan fotomu apa adanya, tanpa kompresi. Namun, foto yang kamu unggah dengan cara tersebut akan dihitung berdasarkan kuota penyimpananmu di beberapa aplikasi Google, termasuk Gmail. Nah, bila mendapatkan penyimpanan tanpa batas adalah prioritas, kamu harusnya tidak masalah dengan kompresi yang dilakukan Google ini. Lagipula, ini gratis!

Hasil foto dan video yang dikompresi sama sekali tidak mencolok

Memanfaat Google Photos yang gratis memang membuatmu harus menerima foto dan video yang dikompresi, tapi itu bukan masalah. Karena hasil foto dan video yang dikompresi tersebut sama sekali tidak mencolok, bahkan kadang tak terlihat. Setelah kamu mengunggah foto atau videomu, kamu hampir tidak bisa menemukan perbedaannya bahkan setelah dikompresi. Dengan pengecualian penggunaan tampilan retina oleh fotografer profesional dan videografer, resolusi terkompresi dari foto dan videomu harusnya tidak menjadi masalah besar.

Penyimpanan Cloud dan backup

Satu lagi alasan mengapa kamu harus menyimpan koleksi foto menggunakan Google Photos, yakni penyimpanan cloud dan backup. Apa maksudnya? Jadi, perangkat ini dapat mencadangkan semua foto dan videomu ke cloud, sehingga kamu dapat mengaksesnya dari perangkat lain, termasuk desktop dan tablet. Apabila kamu khawatir akan menggunakan terlalu banyak data, kamu dapat mengatur fungsi backup dilakukan hanya menggunakan Wi-Fi. Kamu pun dapat memilih untuk backup versi asli yang tidak terkompresi ataupun versi “high-quality” yang terkompresi.

 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus menyimpan koleksi foto di Google Photos. Dengan banyak manfaat yang ditawarkan, penggunaan fitur canggih ini sangat pantas untuk kamu pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Tercepat di Indonesia