Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi dengan Mudah

Banyak orang menggunakan koneksi WiFi karena manfaat yang diberikan. WiFi memungkinkan kamu menghubungkan banyak perangkat melalui satu jaringan. Kamu pun tidak perlu menggunakan data ponsel untuk mengakses internet. Penggunaannya juga mudah, dapat terkoneksi di area yang cukup luas, tanpa kabel panjang yang merepotkan. Tapi, apa jadinya bila kamu menggunakan WiFi namun koneksinya lamban? Kamu perlu ketahui cara mempercepat koneksi WiFi dengan mudah di bawah ini sekarang!

Uji kecepatan broadband

Ini adalah langkah pertama mempercepat koneksi WiFi yang harus kamu lakukan. Kamu perlu melakukan tes kecepatan untuk mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan. Cara ini menunjukkan kecepatan unggah dan unduh, sekaligus memberimu titik referensi untuk mengukur seberapa efektif setiap metode mempercepat WiFi yang kamu lakukan.

Untuk melakukannya, cukup kunjungi situs pengujian kecepatan. Kamu bisa mencoba Speed Test,  klik mulai, dan informasi kecepatan unggah dan unduhan kamu akan muncul. Atau, cukup ketik ‘speed test’ ke Google dan Google akan memberikan pemeriksaan kecepatan di dalam browser.

Muat ulang router

Memuat ulang perangkat adalah cara terkenal yang berfungsi memperbaiki banyak situasi, termasuk untuk mengatasi koneksi WiFi yang lambat. Kamu hanya perlu mematikan router selama 10-15 detik dan menyalakannya kembali. Kebanyakan router mempunyai sakelar turn off di bagian belakang. Tapi kamu juga bisa mencabut adaptor untuk memutus daya dan mematikannya.

Setelah proses memuat ulang selesai (tunggu minimal satu menit), cobalah WiFi kembali dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum. Jika koneksi WiFi tidak menunjukkan perbedaan, kamu juga bisa memuat ulang perangkat yang terhubung ke WiFi-mu. Terkadang, perangkat yang terhubung ke WiFi berpotensi menjadi penyebab masalah pada WiFi. Jadi, kamu bisa mempercepat koneksi WiFi dengan cara memuat ulang perangkatmu yang terhubung ke WiFi.

Ganti router

Standar Wi-Fi terbaru adalah 802.11ac. Jika router yang kamu gunakan adalah standar 802.11b atau 802.11g, router baru pasti akan meningkatkan kecepatan WiFi dan menyediakan jangkauan konektivitas yang lebih lama.

Jika kamu telah menjadi pelanggan setia, sebagian besar penyedia internet akan mengirimkanmu router terbaru secara gratis tetapi yang lain mungkin membebankan biaya pengiriman. Untuk memeriksa standar WiFi yang kamu gunakan, lakukan  cara berikut:

    • Klik pada pintasan Wi-Fi (biasanya ditemukan di kanan bawah layar PC).
    • Arahkan kursor pada layanan broadband yang kamu gunakan.
  • Informasi standar WiFi akan tercantum di sebelah ‘Jenis Radio’.

Periksa perangkat yang menggunakan WiFi

Bandwidth total jaringan WiFi dibagi antara perangkat yang terhubung. Program berat bandwidth apa pun yang berjalan pada satu perangkat akan mempengaruhi kecepatan internet pada perangkat lain. Biasanya, browsing web tidak memiliki efek besar. Namun, menggunakan WiFi untuk bermain game, menonton streaming video, atau mengunduh file besar pada perangkat dapat secara drastis mempengaruhi bandwidth jaringan perangkat lain.

Jadi, pastikan tidak ada perangkat yang menggunakan jaringan WiFi untuk bandwidth konten berat. Selain itu, kamu dapat memutuskan koneksi perangkat yang tidak aktif seperti smartphone yang tidak digunakan. Hal tersebut perlu dilakukan karena aplikasi background-nya mungkin masih menggunakan bandwidth bahkan ketika layar dimatikan.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Browser Terbaik untuk Browsing Paling Nyaman

Mempercepat koneksi WiFi sendiri cukup mudah, bukan? Tentu saja, dengan koneksi WiFi yang cepat, aktivitas internetmu bisa berjalan lebih nyaman. Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia