7 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube di Mesin Pencari

7 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube di Mesin Pencari

YouTube menjadi mesin pencari kedua setelah Google. Dengan 92 milyar halaman view tiap bulan dan sekitar 35 jam video diunggah tiap menitnya, YouTube memberi traffic besar ke situs web dan blog. Kamu juga bisa memperoleh uang dari YouTube ketika berhasil memenuhi syarat subscriber dan jumlah penayangan video. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara meningkatkan peringkat video YouTube di mesin pencarian.

Menggungah video saja tidak cukup untuk mendapat view di YouTube. Kamu perlu mengembangkan channel hingga akunmu menjadi besar dan mendapat verifikasi dari YouTube. Ini merupakan salah satu cara video YouTube muncul di hasil pencarian.

Ingin tahu cara agar video kamu direkomendasi YouTube? Ikuti panduan meningkatkan ranking video YouTube berikut ini ya!

Baca Juga: Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Terbaru 2022]

Mengapa Video Tidak Muncul di Hasil Pencarian?

Sebelum membahas cara agar video muncul di hasil pencarian YouTube, kamu juga perlu tahu alasan mengapa video kamu terkadang tidak muncul di penelusuran. Berikut ini informasi yang dilansir dari YouTube:

Perlu kamu ketahui, jika kamu baru membuat channel atau video, memperbarui, atau mengubah nama channel, mungkin perlu waktu beberapa hari agar channel atau video tersebut ditampilkan dalam hasil penelusuran YouTube.

Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula, 5 Menit Jadi!

YouTube akan berusaha menampilkan hasil yang paling relevan kepada pengguna. Hasil penelusuran berupa video, channel, playlist, dan live stream. Namun, jika kamu tidak menemukan channel kamu di bagian atas hasil penelusuran, ada beberapa faktor yang memengaruhinya, seperti:

  • Nama channel biasa digunakan dalam judul video
  • Nama channel yang dipakai umum digunakan
  • Channel YouTube masih baru
  • Nama channel mungkin tidak cocok untuk semua penonton

YouTube memiliki algoritma sendiri untuk memberi peringkat pada sebuah video. Meski kamu memutuskan untuk mengiklankan video YouTube, ini tidak menjamin videomu akan berada di peringkat lebih tinggi. Ada berbagai faktor yang memengaruhinya, salah satunya durasi penayangan video.

Nah, supaya kamu tak makin penasaran, simak cara meningkatkan video YouTube berikut ini!

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

7 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube

Tadi kamu sudah tahu kenapa video/channel kamu tidak muncul di hasil pencarian YouTube. Nah, selanjutnya simak beberapa tips untuk meningkatkan peringkat video Youtube di mesin pencari berikut ini.

1. Gunakan Judul dan Kata Kunci yang Tepat

Taktik-Agar-Peringkat-Posting-Lebih-Tinggi-Di-Mesin-Pencari-Google-Dengan-Membuat-Konten-Yang-Unik

Judul video adalah nama video yang membuat penonton mengetahui isi konten yang ada di dalamnya. Memilih judul yang cocok dengan isi video akan sangat baik bagi pengunjung dan juga bagi algoritma YouTube untuk SEO. Memberikan judul yang sesuai dengan isi video adalah cara agar videomu bisa memperoleh optimasi SEO.

Jika kamu telah mengunggah video di YouTube tapi belum mendapat view, pikirkan lagi alasan mengapa seseorang harus menonton videomu atau seberapa mudah bagi pengguna untuk menemukan videomu di hasil pencarian. Video YouTube juga perlu optimasi SEO untuk mendapat peringkat di hasil pencarian.

Baca Juga: Panduan Riset Keyword YouTube untuk Meningkatkan Views 🚀

2. Isi Deskripsi Video YouTube

Tulis deskripsi tentang isi video. Penjelasan di dua hingga tiga baris pertama sangat berarti untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Berikan deskripsi singkat dalam dua hingga tiga baris yang mencakup tema video dan apa yang ada dalam video.

Selain itu, gunakan frasa kata kunci auto complete di mesin pencari sebagai deskripsi video. Bila kata kunci yang dicari sesuai dalam dua baris pertama deskripsi videomu, maka video akan mendapat peringkat lebih tinggi. Jadi tulis deskripsi videomu dengan tepat agar bisa sesuai dengan keyword pencarian.

Baca Juga: Panduan Youtube Ads: Cara Membuat Iklan di Youtube Bagi Pemula

3. Sesuaikan Nama File Video Sebelum Diunggah

Setelah kamu mengambil video dan mengeditnya, pastikan kamu sudah memberi nama video dengan format; kata_kunci.mp4.

Memberi nama file video dengan fokus pada kata kunci dapat membantu mesin pencari mengenali apa yang ada di dalam video. Pasalnya, mesin pencari tidak bisa melihat ke dalam isi video, yang dapat membantu algoritma mengetahui isi video adalah nama file videomu.

Memberi nama serta judul video memudahkan indeks pencarian video dan meletakkannya di peringkat lebih tinggi. Jadi gunakan kata kunci target dalam nama file videomu.

Baca Juga: Apa Itu Vlog? Jenis dan Cara Membuat Vlog untuk Konten Youtube

4. Gunakan Closed Caption (CC)

closed caption video youtube

Gunakan fitur Closed Caption (CC) di YouTube. CC akan menampilkan teksmu pada video yang bisa membantu audiens memahami narasi video dan dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa berbeda.

Transkrip kurang lebih merupakan naskah yang kamu gunakan saat merencanakan pembuatan video hingga eksekusi pengambilan gambar. Algoritma baru YouTube secara otomatis mentranskrip suara di video menjadi teks yang bisa diaktifkan atau kamu juga bisa menulis manual di closed caption bila video tidak memiliki suara.

Menggunakan CC menjadi cara baru untuk masuk ke indeks mesin pencari karena ada kata kunci yang tertulis di dalamnya. Selain itu, menulis transkrip ke deskripsi video membuat videomu ramah bagi mesin pencari. Kamu juga bisa manfaatkan pelayanan seperti Caption for YouTube untuk menulis caption video yang diunggah ke YouTube.

Baca Juga: YouTube Dashboard: Penjelasan, Metrik Penting, dan Fungsinya

5. Penggunaan Tag dan Keyword Research

Tag jadi cara penting lainnya untuk mendapat peringkat di pencarian YouTube, berikut beberapa tips untuk menggunakan tag di video:

  • Buat daftar tag yang spesifik, tulis kata kunci utama. Ini akan mempermudah algoritma membaca kontenmu.
  • Buat daftar tag umum, tulis kata kunci umum yang sesuai. Misalnya bila kata kunci utama yang kamu gunakan adalah “Shoutmeloud” maka tag umum bisa berupa “tips blogging,” atau “bantuan WordPress.”Kamu bisa gunakan Tubebuddy tool untuk membantu menemukan tag yang tepat untuk digunakan dalam video. Tool ini juga menunjukkan peringkat untuk kata kunci tertentu. Alat ini telah digunakan oleh banyak Youtuber dan sangat direkomendasikan untuk channel YouTube-mu.
  • Sertakan tag dengan ejaan yang keliru, misalnya jika kamu menggunakan kata kunci “SEO sesungguhnya” maka juga sertakan “SEO sesungguhnya.” Untuk mengetahui bagaimana orang mencari videomu, periksa di YouTube analytics dan traffic resources.
  • Sertakan bentuk tunggal dan jamak dari tag yang kamu gunakan, misalnya untuk kata kunci “Tattoo Art” maka sertakan juga kata “Tattoo Art” dan pisahkan kata kunci ke tag berbeda seperti “Tattoo” dan “Art.”
  • Sertakan frasa ke tag seperti long tail keyword yang kamu gunakan.

Keyword idea jadi satu bagian penting dari SEO. Kamu tidak bisa menemukan semua kata kunci yang memungkinkan untuk disertakan ke videomu, gunakan Google Keyword Planner untuk memperoleh ide untuk penggunaan kata kunci.

Baca Juga: Berapa Gaji YouTuber Dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

6. Gunakan thumbnail video menarik

Konten video kamu mungkin sudah bagus, tapi jangan lupa juga gunakan thumbnail yang menarik. Thumbnail video membantu menarik perhatian pengunjung untuk mengklik video kamu. Dengan begitu, kamu akan meningkatkan CTR (click through rate) dari video tersebut. Penambahan custom thumbnail ke videomu bisa menghasilkan dampak drastis pada CTR yang nantinya akan menaikkan peringkat videomu.

7. Pastikan konten bermanfaat

Pengguna biasanya menciptakan video seperti hiburan, tutorial, tips, atau video niche sejenis, lalu mengunggahnya ke YouTube. Beragam video ini sebaiknya menampilkan konten untuk dan memiliki kualitas yang bagus agar mendapat jumlah penayangan yang memuaskan.

Kamu bisa mengecek berbagai niche dan jenis video yang bisa dipertimbangkan agar konten semakin inspiratif di artikel Cara Jitu Menjadi Youtuber Sukses 

Baca Juga: Memahami YouTube Analytics

Panduan Mengunggah Video di Youtube

Selain tips di atas, berikut ini ada beberapa tambahan panduan sebelum kamu mengunggah video di YouTube:

Konten video

Bila kamu pemilik bisnis yang menggunakan YouTube untuk channel promosi, perbanyak membuat konten video informatif yang bermanfaat untuk penonton. Jangan terlalu fokus untuk promosi bisnis atau produk kamu. Buatlah konten-konten informatif misalnya, video tutorial, informasi, dan fakta menarik yang tetap relevan dengan brand atau produkmu.

Baca Juga: [Terbaru] Syarat dan Cara Daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube

Durasi video

YouTube secara konstan memperbarui algoritma pencarian untuk memberi pengalaman pengguna yang lebih baik. Seringkali, YouTube dengan cepat mengubah algoritmanya untuk mengatasi berbagai kendala tapi beberapa hal berikut memiliki peran penting:

  1. Jumlah komentar pada video
  2. Durasi dalam format detik yang dihabiskan pengguna untuk menonton video
  3. Jumlah like pada video
  4. Berapa kali video dibagikan di media sosial
  5. Berapa kali video muncul di situs web lain

Faktor di atas membuat Youtuber menciptakan video lebih baik dengan konten lebih tepat untuk memenuhi permintaan algoritma. Meski tidak ada panduan resmi tentang seberapa panjang durasi pada satu video, buatlah setidaknya video berdurasi 2 menit. Rasionya sederhana, semakin lama pengguna bertahan menonton videomu, akan semakin baik untuk peringkat videomu.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Video Selain YouTube yang Tak Kalah Seru (Update 2022)

Oleh karena itu, memiliki video dengan durasi lebih panjang akan menambahkan total detik yang dihabiskan pengguna untuk menonton videomu. Intinya, agar penonton tidak beranjak dari videomu, jangan ciptakan konten yang membosankan. Tapi, perhatikan juga proporsi durasi, jangan terlalu singkat dan jangan terlalu lama.

Tambahkan internal link ke website-mu

Tugasmu selanjutnya adalah mendekati audiens dan mengarahkan mereka ke website-mu. Website bisa menjadi tempat penyelesaian proses marketing, dengan menarik perhatian mereka, melakukan penjualan, mengklik iklan, dan sebagainya.

Setelah menambahkan link, kamu perlu mengoptimasi deskripsi video. Ini jadi area lain bagi YouTube untuk menemukan sinyal mengenai isi videomu. Berikut beberapa tips untuk optimasi deskripsi videomu:

  1. Setidaknya tulis konten dengan jumlah 200 kata
  2. Jangan gunakan konten duplikat. Ini berarti tiap video yang akan kamu unggah memerlukan deskripsi berbeda
  3. Jangan gunakan kata kunci dengan jumlah berlebihan. Ada risiko penalti untuk penggunaan kata kunci yang berlebihan

Salah satu tips SEO YouTube yang baik untuk blogger adalah embed video dalam postingan blog, karena ini bisa membantumu mendapat lebih banyak view. YouTube merupakan platform yang sangat berpengaruh dan bisa menghasilkan banyak traffic ke website-mu. Ikuti langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas dan lihat hasilnya pada peringkat videomu di YouTube.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Channel Youtube

Video Tutorial untuk Tingkatkan Peringkat YouTube

Untuk melengkapi pemahamanmu, berikut ini video tutorial cara agar video YouTube muncul di hasil pencarian dan bagaimana meningkatkan peringkatnya. Yuk simak!

Siap Meningkatkan Peringkat Video YouTube?

Setelah mengetahui cara agar video YouTube muncul di hasil pencarian, pada akhirnya, semua kembali pada dirimu sendiri mengenai makna video yang menarik. Tetaplah fokus pada target audiens, dan persiapkan naskah yang ditargetkan untuk memberikan informasi pada audiens. Pastikan kamu juga meminta para penonton untuk menyukai dan membagikan video tersebut, serta arahkan mereka untuk mengakses website produkmu.

Satu hal lagi yang harus kamu pastikan adalah kesiapan website-mu untuk menerima kunjungan. Ketika kamu menggunakan website untuk memajang produk atau menaruh video iklan di website, biasanya website-mu akan menerima beban berlebih yang bisa mengganggu performa website saat ditampilkan. Tapi, kamu bisa menanganinya dengan menggunakan hosting murah berkualitas yang bisa menjamin website-mu anti lelet dan aman sehingga bisa diandalkan.