control panel web hosting featured image

5 Control Panel Web Hosting Gratis

Control panel hosting digunakan untuk mengelola sebuah website. Di dalamnya, terdapat sejumlah fitur yang dapat dipakai untuk mengelola email, database, penambahan domain, disk, monitor bandwidth sampai backup data.

Sekalipun penyedia web hosting Indonesia  telah menyertakan control panel di dalam paket yang ditawarkannya, tetapi Anda juga dapat mencoba control panel hosting gratis terlebih dahulu untuk mempelajarinya.

Cpanel

Salah satu control panel hosting yang paling populer adalah Cpanel. Cpanel yang berbasis Unix/Linux ini mempunyai tampilan antarmuka yang simple sehingga mudah digunakan oleh para pemula.

Cpanel memberikan akses penuh kepada Anda untuk mengatur situs website dan administrasi hosting melalui browser, serta dapat dipakai untuk membuat akun email, autoresponder dan mengatur database dengan cepat.

Baca juga: Ini Dia 6 Control Panel Hosting Paling Populer

Zpanel

Ada pula Zpanel yang dapat mendukung web hosting kelas enterprise seperti Microsoft Windows, Linux, UNIX dan Mac OS. Zpanel yang berjalan pada PHP, Apache, dan MySQL ini memiliki sejumlah fitur utama, yang diantaranya adalah MySQL, MailServer, Apache Web Server, PHP, phpMyAdmin, Webalizer, FTP Jailing dan FileZilla Server.

Ajenti

Sementara control panel hosting bernama Ajenti yang berbasis open source hadir dengan UI simpel dan memberikan kinerja prima untuk mengatur server kecil, VPS hosting, dan dedicated.

Selain itu, di dalam Ajenti juga tersedia berbagai plugin yang dapat dipakai untuk mengelola software, seperti Apache, Firewall, File System, Munim, Nginx, Samba dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Fitur-fitur cPanel

ISPConfig

Sebelum menggunakan layanan cloud hosting cepat, Anda pun dapat memakai control panel web hosting bernama ISPConfig yang mempunyai lisensi BSD. Control panel ini dapat dipakai untuk mengatur banyak server sekaligus serta mengelola BIND DNS, SQL, database, virtual server dan FTP.

Sementara fitur utama yang ditawarkan ISPConfig meliputi dukungan web server seperti Nginx dan antarmuka web yang dapat dipakai untuk mengelola reseller login, client dan administrator.

Baca juga: Cara Instalasi OpenCart di cPanel

Webadmin

Control panel web hosting lain yang dapat digunakan adalah Webadmin. Software ini dirancang khusus untuk platform UNIX dan Linux, memiliki kemampuan untuk mengelola email server, FTP, firewall dan database. Melalui Webadmin, Anda juga dapat membuat server virtual pada Apache.

Kelima control panel gratis di atas bisa Anda gunakan untuk mengatur website. Bagi Anda yang ingin control panel gratis yang jauh lebih profesional dan cocok untuk website bisnis, Anda bisa mencari layanan hosting murah terbaik yang menawarkan harga menarik dengan layanan yang berkualitas.