Ini 8 Plugin eCommerce WordPress Terbaik untuk Website Toko Online Kamu!

Ini 8 Plugin eCommerce WordPress Terbaik untuk Website Toko Online Kamu!

Beberapa di antara pemilik website mungkin ingin mengubah website mereka menjadi toko online. Jika kamu termasuk salah satu di antaranya, kamu bisa mengubah website biasa menjadi toko online dengan memanfaatkan plugin eCommerce untuk WordPress.

Namun, tak sedikit plugin eCommerce yang ternyata saat ini sudah tak dapat digunakan. Tapi tenang, setidaknya masih ada 8 plugin eCommerce WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menyulap website-mu menjadi toko online. Penasaran apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online: 5+ Langkah Mudah

WooCommerce

contoh website wordpress dengan plugin woocommerce

Jika rutin mencari rekomendasi plugin, mungkin kamu akan sering menemukan plugin eCommerce WordPress yang satu ini. Tak heran, WooCommerce saat ini sudah diandalkan oleh lebih dari 5 juta website di WordPress. Selain itu, plugin yang dikembangkan oleh Automattic ini juga selalu melakukan pembaruan secara rutin.

Setelah menggunakan WooCommerce, kamu bisa menginstal plugin karya anak bangsa, yaitu Epeken, untuk membantumu mengintegrasikan pengiriman dan sistem pembayaran yang sesuai dengan jasa pengiriman dan bank yang tersedia di Indonesia. Ditambah lagi, kamu juga bisa memantau penjualan langsung dari HP melalui aplikasi WooCommerce yang kini bisa diunduh di OS Android dan iOS.

WP eCommerce

WP eCommerce adalah plugin yang bisa kamu andalkan jika ingin membuat website toko online yang mudah digunakan. Tak hanya itu, plugin eCommerce WordPress yang satu ini juga menjadikan keamanan sebagai salah satu fitur mereka karena telah menggunakan sertifikat SSL untuk transaksi secara online di website.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kupon atau voucher ketika ingin mengadakan promosi. Kamu juga tak perlu khawatir dengan laporan penjualan setiap bulan, karena plugin WP eCommerce sudah menyediakannya secara otomatis di dashboard WordPress kamu.

contoh plugin wp ecommerce monthly reports

Baca Juga: Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula

Dokan

contoh website wordpress dengan dokan ecommerce plugin

Rekomendasi plugin eCommerce selanjutnya yang bisa kamu gunakan di website WordPress milikmu adalah Dokan. Plugin yang dikembangkan oleh weDevs ini memiliki tampilan yang mudah dipahami meski kamu tidak memahami coding sama sekali.

Selain itu, kamu juga tak perlu khawatir dengan kecepatan dan kemudahan penggunaannya, karena Dokan berpedoman pada plugin ternama seperti WooCommerce dan BigCommerce. Jika kamu bingung dalam penggunaannya, Dokan juga mempunyai komunitas yang cukup suportif di Github. Plugin yang satu ini cocok digunakan jika produkmu dijual dalam bentuk fisik maupun digital.

Ecwid

ecwid plugin ecommerce

Plugin yang satu ini bisa menjadi pilihan juga, karena sudah dapat digunakan di versi Gutenberg Editor WordPress sehingga memudahkanmu ketika menambahkan produk ke katalog. Selain itu, Ecwid juga termasuk salah satu plugin yang cukup powerful dan mudah digunakan, serta dapat diintegrasikan ke berbagai media sosial lain untuk mempromosikan produk kamu.

Tak hanya itu, plugin yang sudah digunakan oleh lebih dari 30 ribu pengguna ini juga sudah terintegrasi dengan katalog Facebook. Alhasil, kamu bisa lebih mudah memajang produk di Facebook di Instagram dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Gutenberg: Editor Drag-and-Drop dari WordPress

Easy Digital Downloads (EDD)

Sesuai namanya, Easy Digital Downloads atau yang kerap disebut “EDD” adalah plugin eCommerce WordPress yang cocok jika kamu menjual produk dalam bentuk digital, seperti foto, video, e-book, dan sebagainya. Memiliki fitur mirip website marketplace seperti Tokopedia atau Shopee, pembeli bisa langsung membeli dengan mengklik “Buy Now” tanpa memasukkan item ke keranjang.

Artinya, proses pembelian di website-mu bisa lebih cepat dilakukan sekaligus mempermudah pembeli yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu di website eCommerce. Tapi, jangan lupa untuk memberikan promo yang menarik, ya. Kamu bisa membuat kupon atau kode promo yang bisa diterapkan saat checkout dengan mengaturnya dari menu Downloads, lalu pilih “Discount Codes”.

contoh kode kupon plugin edd ecommerce website wordpress

BigCommerce

dashboard wordpress dengan plugin bigcommerce

BigCommerce terkenal sebagai pembuat website toko online yang sekaligus menyediakan CMS untuk membuat website eCommerce. Namun, plugin eCommerce yang satu ini juga masih bisa kamu gunakan secara gratis di CMS WordPress.

Sistem pengelolaan kontennya yang baik menjadikan BigCommerce sebagai salah satu plugin eCommerce yang kini direkomendasikan untuk website WordPress kamu. Selain itu, kompatibilitasnya dengan mobile (AMP) membuat BigCommerce menjadi plugin yang sering digunakan oleh pemilik website toko online.

Baca Juga: Apa Itu Google AMP?

Shopping Cart & eCommerce Store by WP EasyCart

wp easycart ecommerce plugin

Meski namanya jarang terdengar, tapi plugin yang dikembangkan oleh WP EasyCart ini bisa dijadikan pertimbangan jika skala bisnismu belum terlalu besar. Shopping Cart & eCommerce Store dari WP EasyCart menawarkan plugin yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula sehingga kamu tidak perlu bingung dengan cara penggunaannya.

Selain itu, plugin yang satu ini juga dapat mengintegrasikan data konsumen atau pelangganmu untuk tujuan pemasaran, seperti MailChimp, AffiliateWP, Quickbook, dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan versi gratisnya yang sudah cukup untuk bisnis kecil, tapi kamu juga bisa memilih untuk beralih ke versi berbayar dengan merogoh kocek mulai dari US$69 atau sekitar Rp990 ribu.

Fotomoto

Tanpa bertele-tele, plugin Fotomoto hanya ditujukan bagi kamu yang ingin menjual karya grafismu (terutama foto) di website eCommerce WordPress. Kamu bisa mengaktifkan plugin yang satu ini untuk galeri foto yang kamu miliki di website. Setelah diaktifkan, tombol pembelian akan muncul di bagian bawah gambarmu. Simak contohnya di website demo berikut.

contoh website demo fotomoto

Baca Juga: 17 Rekomendasi Plugin Galeri Foto untuk WordPress

Demikian rekomendasi 8 plugin eCommerce WordPress yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Namun, meski terlihat menarik, plugin ini mungkin tak dapat memberikan layanan maksimal untuk membuat website toko online yang optimal. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk mempertimbangkan beralih ke website yang benar-benar ditujukan untuk membuat toko online, misalnya dari Dewastore.

Di Dewastore, kamu tak perlu direpotkan dengan cara mengubah website menjadi toko online, tapi kamu hanya perlu memilih tema yang cocok sesuai keinginan, kemudian masukkan produk ke katalog. Setelah itu, kamu dapat mengintegrasikan katalogmu dengan Facebook dan Instagram Shopping.

Apa pun keputusanmu, pastikan kamu selalu memberikan yang terbaik untuk website-mu, ya. Misalnya ketika memilih hosting, pastikan kamu memilih cloud hosting terbaik agar website-mu cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan agar pelanggan betah berada di website-mu. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses online!