5 Fungsi VPN Terhadap Aktivasi Internet

Kalau kamu sering melakukan browsing menggunakan jaringan internet, tentu pernah mendengar istilah VPN. Sebenarnya VPN ini adalah singkatan dari Virtual Private Network atau sebuah koneksi dari jaringan internet satu dengan jaringan internet lainnya yang bersifat pribadi. VPN ini bisa digunakan untuk android dan windows. Lalu, apa sebenarnya fungsi VPN itu sendiri? Berikut ulasannya yang bisa kamu simak sebelum menggunakannya.

Keamanan data lebih terjamin

Keamanan data menjadi masalah yang paling ditakuti oleh pengguna internet. Terlebih bagi perusahaan di bidang perbankan dan finance, keduanya membutuhkan keamanan jaringan internet tingkat tinggi untuk mencegah peretasan. Dalam survei ‘Digital Banking in Indonesia 2018’ oleh konsultan ekonomi PricewaterhouseCoopers (PWC) seperti dilansir Katadata menyebutkan bahwa bank bisa saja kehilangan 1 juta US$ akibat serangan siber dan kerugian mencapai 100 juta US$.

Dengan menggunakan VPN, kejadian seperti di atas bisa diminimalisir. Hal ini dikarenakan dalam VPN, data yang sudah dikirimkan sudah dienkripsi dengan baik. Jadi, meskipun ada hacker yang meretas dari jaringan VPN, maka belum tentu pula hacker ini menguraikan data yang dienkripsi. Fungsi VPN ini seolah menciptakan dua buah tembok besar yang dapat memblokir serangan siber dan keamanan serta kerahasiaan data lebih terjamin.

Dapat mengotentifikasi data dengan baik

Pencurian data dan peretasan dalam internet, biasanya terjadi karena seseorang sering menggunakan sumber jaringan internet yang bersifat publik. Akibatnya, data yang masuk dalam komputer kamu bisa saja bermuatan negatif dan berpotensi menyerang data. Di sinilah fungsi VPN mengotentifikasi data yang masuk. Data tersebut akan diperiksa informasi sumbernya apakah dari sumber terpercaya atau justru sumber yang berpotensi mendatangkan kerugian.

Biasanya VPN juga memiliki sifat share bandwith dengan menggunakan Protocol Label Switch (MPLS) Wide Area Network (WAN). Dengan adanya fitur ini akan membuat kamu lebih nyaman dalam berinternet. Dalam proses otentifikasi ini, bila sukses maka data yang dikirim akan aman. Sebaliknya, bila gagal akan ada pengecekan ulang pada data yang masuk.

Kamu bisa akses website yang diblokir

Kamu tentu pernah mengalami hal ketika ingin membuka situs tertentu tidak bisa karena diblokir oleh penyedia jaringan atau oleh negara. Contohnya saja ketika kita mencari informasi mengenai kesehatan reproduksi manusia, bisa saja situs tersebut diblokir karena berbau pornografi. Padahal, sebenarnya isi dari situs tersebut menjelaskan dari sisi ilmiah dan biologis.

Untuk itu fungsi VPN dapat membuka situs yang diblokir tersebut. Tidak hanya itu, fungsi VPN juga bisa menyembunyikan aktivitas internet yang dilakukan oleh pengguna. Kamu pun tidak perlu khawatir orang lain mendeteksi aktivitasmu di internet. Terutama untuk hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan data untuk tindakan kriminal.

Gangguan dapat diminimalisir

Terkadang dalam mengirimkan data lewat jaringan internet kita pernah mengalami gangguan, seperti data hilang atau corrupt. Bahkan data yang kita kirimkan dapat diacak atau diganggu oleh pihak ketiga (biasanya yang melakukan ini adalah hacker). Ini tentu tidak mengherankan mengingat Indonesia menjadi lalu lintas internet yang padat. Mengacu pada data yang dilansir dari DailySocial disebutkan jika 150 juta dari 255 juta pengguna internet rentan terhadap serangan siber.

Kejadian buruk tersebut setidaknya bisa kamu minimalisir dengan menggunakan VPN. Fungsi VPN di sini sebagai ‘pengaman’ dalam mengirimkan data pada jaringan internet. Dengan demikian data yang kamu kirimkan bisa sampai ke tujuan tanpa gangguan apapun.

Kecepatan download meningkat

Selain keempat fungsi di atas, di sisi lain fungsi VPN juga dapat meningkatkan kecepatan download dari jaringan internet. Tidak jarang data yang kita download biasanya memiliki ukuran besar dan membutuhkan waktu lama. Bila kamu menggunakan VPN bisa dipastikan hal tersebut tidak lagi terjadi.

Mengapa bisa demikian? Ini lebih dikarenakan, ketika kamu menggunakan VPN pengguna seolah  menggunakan jaringan pribadi. Maka dari itu, jaringan tersebut tidak banyak digunakan orang lain sehingga kecepatan internetnya semakin bertambah. Arus data dalam internet juga semakin lancar dan kamu pun bisa mendownload segala hal dengan mudah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Layanan VPN Gratis Terbaik

Besar bukan fungsi VPN bagi jaringan internet? Selain itu, untuk menunjang kelancaran aktivitasmu perlu juga untuk menggunakan jasa penyedia layanan internet terbaik di Indonesia. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan menambah wawasan.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia