10 Fungsi VPN Terhadap Aktivitas Internet yang Perlu Kamu Tahu

10 Fungsi VPN Terhadap Aktivitas Internet yang Perlu Kamu Tahu

Kalau kamu sering browsing menggunakan jaringan internet, tentu pernah mendengar istilah VPN. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network atau sebuah koneksi dari jaringan internet satu dengan jaringan internet lainnya yang bersifat pribadi. Tak hanya sebatas membuka website yang diblokir, fungsi VPN ternyata lebih dari itu. Lalu, apa sebenarnya apa saja fungsi VPN? Berikut ulasannya yang bisa kamu simak sebelum menggunakannya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengaktifkan VPN di HP dan PC

1. Mengamankan Data

Keamanan data menjadi masalah yang paling ditakuti oleh pengguna internet. Terlebih bagi perusahaan di bidang perbankan dan finance, keduanya membutuhkan keamanan jaringan internet tingkat tinggi untuk mencegah peretasan. Dalam survei ‘Digital Banking in Indonesia 2018’ oleh konsultan ekonomi PricewaterhouseCoopers (PWC) seperti dilansir Katadata menyebutkan bahwa bank bisa saja kehilangan 1 juta US$ akibat serangan siber dan kerugian mencapai 100 juta US$.

Dengan menggunakan VPN, kejadian seperti di atas bisa diminimalisir. Hal ini dikarenakan dalam VPN, data yang sudah dikirimkan sudah dienkripsi dengan baik. Jadi, meskipun ada hacker yang meretas dari jaringan VPN, maka belum tentu pula hacker ini menguraikan data yang dienkripsi. Fungsi VPN ini seolah menciptakan dua buah tembok besar yang dapat memblokir serangan siber dan keamanan serta kerahasiaan data lebih terjamin.

2. Dapat Mengotentifikasi Data dengan Baik

Pencurian data dan peretasan dalam internet, biasanya terjadi karena seseorang sering menggunakan sumber jaringan internet yang bersifat publik. Akibatnya, data yang masuk dalam komputer kamu bisa saja bermuatan negatif dan berpotensi menyerang data. Di sinilah fungsi VPN mengotentifikasi data yang masuk. Data tersebut akan diperiksa informasi sumbernya apakah dari sumber terpercaya atau justru sumber yang berpotensi mendatangkan kerugian.

Biasanya VPN juga memiliki sifat share bandwidth dengan menggunakan Protocol Label Switch (MPLS) Wide Area Network (WAN). Dengan adanya fitur ini akan membuat kamu lebih nyaman dalam berinternet. Dalam proses otentifikasi ini, bila sukses maka data yang dikirim akan aman. Sebaliknya, bila gagal akan ada pengecekan ulang pada data yang masuk.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan IP Address di Perangkat dengan Mudah

3. Bisa Akses Website yang Diblokir

Kamu tentu pernah mengalami hal ketika ingin membuka situs tertentu tidak bisa karena diblokir oleh penyedia jaringan atau oleh negara. Contohnya saja ketika kita mencari informasi mengenai kesehatan reproduksi manusia, bisa saja situs tersebut diblokir karena berbau pornografi. Padahal, sebenarnya isi dari situs tersebut menjelaskan dari sisi ilmiah dan biologis.

Untuk itu fungsi VPN dapat membuka situs yang diblokir tersebut. Tidak hanya itu, fungsi VPN juga bisa menyembunyikan aktivitas internet yang dilakukan oleh pengguna. Kamu pun tidak perlu khawatir orang lain mendeteksi aktivitasmu di internet. Terutama untuk hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan data untuk tindakan kriminal.

4. Meminimalisir Gangguan

Terkadang dalam mengirimkan data lewat jaringan internet kita pernah mengalami gangguan, seperti data hilang atau corrupt. Bahkan data yang kita kirimkan dapat diacak atau diganggu oleh pihak ketiga (biasanya yang melakukan ini adalah hacker). Ini tentu tidak mengherankan mengingat Indonesia menjadi lalu lintas internet yang padat. Mengacu pada data yang dilansir dari DailySocial disebutkan jika 150 juta dari 255 juta pengguna internet rentan terhadap serangan siber.

Kejadian buruk tersebut setidaknya bisa kamu minimalisir dengan menggunakan VPN. Fungsi VPN di sini sebagai ‘pengaman’ dalam mengirimkan data pada jaringan internet. Dengan demikian data yang kamu kirimkan bisa sampai ke tujuan tanpa gangguan apapun.

5. Kecepatan Download Meningkat

Selain keempat fungsi di atas, di sisi lain fungsi VPN juga dapat meningkatkan kecepatan download dari jaringan internet. Tidak jarang data yang kita download biasanya memiliki ukuran besar dan membutuhkan waktu lama. Bila kamu menggunakan VPN bisa dipastikan hal tersebut tidak lagi terjadi.

Mengapa bisa demikian? Ini lebih dikarenakan, ketika kamu menggunakan VPN pengguna seolah  menggunakan jaringan pribadi. Maka dari itu, jaringan tersebut tidak banyak digunakan orang lain sehingga kecepatan internetnya semakin bertambah. Arus data dalam internet juga semakin lancar dan kamu pun bisa mendownload segala hal dengan mudah.

Baca Juga: Rekomendasi Layanan VPN Gratis Terbaik

6. Memungkinkan akses remote control

Fungsi VPN lainnya adalah memungkinkan akses remote control. Artinya, dengan VPN kamu bisa melakukan remote komputer di tempat lain dengan syarat masih terhubung dengan jaringan internet. Kalau kamu memiliki data-data penting di komputer lain, fungsi VPN ini bisa dimanfaatkan.

7. Menjaga Privasi

Fungsi VPN yang bisa kamu rasakan adalah untuk menjaga privasi kamu secara online. Apabila kamu sering menggunakan WiFi publik, maka akan sangat rawan terhadap aksi kejahatan siber. Para pelaku kejahatan siber umumnya mengincar username dan password pada akun-akun penting. Melalui jaringan WiFi publik, data-data penting kamu akan lebih mudah dibobol oleh hacker.

Dengan menggunakan jaringan pribadi dan mengaktifkan VPN, kamu bisa mengakses internet dengan lebih aman. Dengan VPN, data-data yang dikirimkan terenkrispi sehingga lebih aman dan terlindungi dari kejahatan siber.

Baca Juga: Apa Perbedaan Proxy dan VPN? Mana yang Lebih Baik? 

8. Mengganti IP Address

Selain hal-hal di atas, fungsi VPN juga memungkinkan bagi pengguna untuk mengganti alamat IP mereka. Pasalnya, ketika kamu telah tersambung dengan server VPN pada negara yang sudah dipilih, maka kamu nantinya akan mendapatkan alamat IP sesuai dengan negara tersebut. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menganti lokasi IP sesuai dengan pilihan.

9. Mengatasi Geolocation Block

Pernah menemukan masalah geolocation block saat hendak mengunjungi suatu website? Masalah geolocation block memang umum terjadi, hal ini disebabkan karena adanya blocking yang dilakukan website terhadap suatu wilayah tertentu. Jadi, ketika kamu hendak mengakses website tersebut di negara yang diblokir, maka situs tidak bisa terbuka. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan VPN.

Baca Juga: Cara Menggunakan OpenVPN di Android dan Windows

10. Mengenkripsi data

Ini merupakan salah satu keuntungan VPN. Saat kamu mengaktifkan VPN, maka seluruh data pribadi akan dienkripsi. Seperti yang diketahui, enkripsi adalah proses penyamaran data menjadi kombinasi angka dan huruf yang acak sehingga tidak dapat dibaca secara langsung. Sedangkan untuk membaca data-data tersebut, dibutuhkan kunci enkripsi yang sesuai sehingga hanya pihak-pihak tertentu yang bisa mengaksesnya.

Sudah Tahu Fungsi VPN?

Bagaimana, sudah tahu apa saja fungsi VPN bagi jaringan internet? Selain itu, untuk menunjang kelancaran aktivitasmu perlu juga untuk menggunakan jasa penyedia layanan internet terbaik di Indonesia. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan menambah wawasanmu ya! Salam sukses online!