20+ Instagram Tools Gratis yang Bermanfaat bagi Pemilik Bisnis

20+ Instagram Tools Gratis yang Bermanfaat bagi Pemilik Bisnis

Instagram hingga saat ini merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak diakses oleh masyarakat di dunia. Termasuk di Indonesia, bahkan berdasarkan survei dari WeAreSocial tahun lalu mencatat pengguna Instagram di Indonesia sekitar 55 juta dan menempati urutan ketiga terbesar di dunia. Maka tidaklah heran bila Instagram kerap dijadikan sebagai platform bisnis online. Maka dari itu dibutuhkan Instagram tools terbaik supaya semakin maksimal. 

Untuk memanfaatkan bisnis online platform ini, kamu perlu menggunakan Instagram tools agar makin optimal. Berikut Instagram tools gratis yang bisa kamu pakai.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan di Instagram Ads dari Nol

1. Later.com

Later.com merupakan tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat jadwal posting di Instagram. Keuntungannya, tools ini juga bisa digunakan untuk media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter dan Pinterest. Untuk bisa menggunakannya, kamu harus menggunakan akun Instagram dengan versi bisnis dan bukan personal. Meskipun Later.com adalah tools gratis, kamu tidak perlu khawatir karena tools ini termasuk partner resmi Instagram sehingga aman untuk digunakan.

Dengan Instagram tools ini kamu bisa membuat sebanyak 30 post dalam waktu satu bulan dan bisa digunakan untuk satu akun Instagram saja. Selain untuk menjadwalkan posting, baru-baru ini Later.com mengenalkan fitur untuk membuat posting terjadwal secara otomatis.

2. All-Hashtag

Dalam Instagram hashtag atau tagar adalah hal yang wajib kamu sematkan di postingan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan konten yang kamu buat. Terlebih lagi bila kamu memiliki bisnis online dan memasarkannya lewat Instagram, maka hashtag wajib kamu tuliskan. Instagram sendiri membatasi penggunaan hashtag hingga 30 dalam satu kali postingan.

Mencari hashtag yang populer di Instagram memang tidak mudah. Kamu perlu Instagram tools All-Hashtag. Dari segi penggunaannya, tools ini bisa dibilang sangat mudah dan dapat di unduh gratis. Kamu tinggal klik generate dan copy pada konten dan langsung kamu bisa melihat hasilnya.

Baca Juga: 7 Contoh Content Marketing di Instagram yang Bisa Jadi Inspirasi

3. Socialblade

Tidak hanya itu saja, dalam melakukan bisnis melalui Instagram kamu juga perlu untuk melihat perkembangan kompetitor. Salah satu Instagram tools yang bisa kamu gunakan adalah Socialblade. Alat ini berfungsi untuk menganalisa konten serta statistik akun Instagram. Kamu bisa mengunduh tools tersebut secara gratis. Cara menggunakannya adalah, cukup memasukkan username Instagrammu atau akun lainnya yang ingin kamu lihat.

Data-data yang muncul berupa jumlah followers, konten, tingkat engagement rate, dan rata-rata jumlah likes hingga komentar semua akun. Kamu pun bisa melihat tren yang sedang terjadi di Instagram pada suatu waktu. Adanya Instagram tools ini bisa kamu gunakan untuk membuat marketing plan melalui akun Instagram.

4. Iconosquare

Bagi kamu yang memiliki bisnis online yang masih berskala kecil dapat menggunakan Instagram tools Iconosquare. Sama seperti tools yang digunakan untuk menganalisa pada umumnya, Iconosquare menawarkan pencarian user, menanggapi tulisan maupun komentar para pengguna, hingga analisa untuk membuat hashtag. Tools ini juga bisa digunakan untuk menganalisa akun Instagram kita.

Iconosquare sendiri cukup terkenal dan banyak digunakan oleh para selebritis terkenal. Bahkan beberapa musisi dan selebritis di Amerika Serikat kerap menggunakannya. Selain itu, Iconosquare bisa menggunakan lebih dari 20 bahasa sehingga kamu dapat melihat atau menghubungi followers dari negara lain.

5. Schedugram

Seringkali bisnis online melalui Instagram bisa menyita waktu cukup lama. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Instagram tools Schedugram dapat kamu gunakan untuk menghemat waktu. Schedugram sendiri memiliki basis di Australia dan dilengkapi dengan berbagai fitur. Beberapa di antaranya adalah memposting gambar, video, maupun konten secara terencana.

Tools ini sangat cocok bagi kamu yang baru merintis usaha tetapi tidak memiliki admin dalam mempromosikan produk. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan dapat melayani order pelanggan tanpa harus lupa untuk posting konten produk.

Baca Juga: 9+ Cara Jitu Menambah Jumlah Followers dan Likes di Instagram

6. Canva

Instagram tools berikutnya adalah Canva, untuk kamu yang biasa membuat desain pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Canva merupakan aplikasi yang populer di banyak kalangan, baik pada content creator, mahasiswa, dan masih banyak lagi. 

Kamu bisa mengaksesnya langsung di situs webnya.  Di sana, kamu akan menemukan banyak template dengan berbagai ukuran, salah satunya adalah ukuran untuk Instagram. Baik feeds maupun Instagram stories. Dengan adanya template tersebut maka kamu tidak perlu bersusah payah mendesainnya dari awal.

Cukup pilih template sesuai keinginan, kemudian drag & drop serta tambahkan foto dan teks yang dibutuhkan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Feed Instagram Kamu Jadi Makin Menarik

7. Unfold

Ketika hendak membuat stories di Instagram, seringkali kita terbatasi oleh pilihan font yang sedikit. Mau tidak mau, stories kamu hanya menggunakan font yang itu-itu saja.

Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan aplikasi Unfold. Aplikasi ini merupakan produk dari Squarespace yang memiliki lebih dari 200 template Instagram stories.

Selain itu, ia sudah dilengkapi dengan font bawaan yang bebas dipilih. Kamu bisa menggunakan tools-nya secara gratis, atau menggunakan versi premium untuk mendapat lebih banyak template.

8. Adobe Creative Cloud Express

Creative Cloud Express merupakan Instagram tools yang dulunya bernama Adobe Spark. Aplikasi ini merupakan solusi dari Adobe yang khusus menyediakan berbagai template media sosial, salah satunya Instagram.

Tools ini dirancang dengan baik agar pengguna dapat menggunakannya dengan mudah dan hanya tinggal drag & drop saja. Selain menyediakan berbagai template, aplikasi ini juga dapat menjadi alternatif untuk mengedit foto.

Terdapat banyak fitur basic seperti mengubah ukuran, menghapus background, konversi format file, dan masih banyak yang lain. Pada tools tersebut kamu dapat memilih dari ribuan template yang tersedia secara gratis.

9. UNUM

Berbeda dengan sebelumnya, UNUM merupakan aplikasi perencana visual. Aplikasi ini memungkinkan kamu dapat melihat seperti apa gambaran feed Instagram nantinya setelah kamu memposting beberapa foto berikutnya.

Tidak hanya itu, UNUM juga menyediakan fitur edit foto dan video, membuat draft teks, tagar, Instagram analytics serta penjadwalan posting. Dengan versi gratisnya, kamu bisa mendapatkan 18 grid untuk membuat perencanaan posting serta 500 postingan foto dan video per bulan.

Baca Juga: Mau Buat Feed Instagram Aesthetic? Ikuti 5+ Cara Ini!

10. StoriesAds

Jika sebelumnya khusus untuk membuat postingan feed, tools kali ini digunakan khusus untuk membuat stories. StoriesAds merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu membuat Instagram stories dengan kualitas yang tinggi.

Dengan aplikasi tersebut, kamu tidak perlu membuat video dari awal, karena aplikasi ini menyediakan beberapa template yang bisa kamu gunakan.

Untuk saat ini, StoriesAds masih memberikan secara gratis, namun bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kamu harus membayar ketika akan menggunakannya.

11. Buffer Stories Creator

Instagram tools berikutnya adalah Buffer Stories Creator, aplikasi ini sama seperti sebelumnya, yaitu sama-sama digunakan untuk membuat cerita Instagram. 

Aplikasi ini benar-benar memudahkan pengguna dalam membuat desain stories. Bahkan kamu hanya perlu mengunggah foto yang ingin digunakan, menambahkan teks, memilih font serta warna.

Setelah itu kamu hanya tinggal mengaturnya sesuai keinginan. Apabila kamu belum menemukan desain yang tepat, tenang saja karena aplikasi ini juga menyediakan beberapa template cantik yang bisa langsung kamu gunakan.

12. Buffer Remix

Pernahkah kamu berpikiran untuk memindahkan konten dari Twitter ke Instagram, atau mendapat testimoni dari pelanggan tentang produk kamu, lalu sembari menandai kamu pada tweet-nya?

Nah, tools Buffer Remix dapat membantu kamu, aplikasi ini memungkinkan kamu mengambil tweet tersebut namun diubah menjadi desain Instagram yang cantik.

Kamu hanya perlu menempelkan URL tweet atau produk apapun. Setelah itu edit desain agar sesuai dengan brand kamu. 

Baca Juga: 12+ Plugin Instagram Terbaik untuk Website WordPress Kamu

13. Buffer

Jika sebelumnya rata-rata merupakan aplikasi desain untuk feed dan stories, maka berbeda dengan tools satu ini. Buffer adalah aplikasi manajemen media sosial yang dibuat untuk membantu pemilik bisnis dalam menjadwalkan postingan berbagai media sosial mereka.

Dengan Buffer, kamu dapat merencanakan dan memantau campaign yang sedang kamu jalankan, selain itu kamu juga dapat membalas komentar serta DM yang masuk melalui tools ini.

Apabila sebelumnya kamu belum pernah menggunakan tools seperti ini, tenang saja karena Buffer memiliki tampilan yang sederhana dan ramah untuk pemula.

14. Buffer Start Page

Instagram tools selanjutnya masih dari Buffer, yaitu Buffer Start Page. Baik akun personal maupun bisnis, biasanya pada bio Instagram terdapat link yang akan mengarahkan ke berbagai halaman lain milik kamu.

Nah, jika kamu ingin membuat link tersebut, tools Buffer Start Page dapat menjadi solusi.  Dengan mengoptimalkan link bio, pelanggan tidak hanya dapat melihat halaman pada Instagram saja, melainkan seperti website, marketplace bisnis kamu, atau yang lain.

Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Font Bio di Instagram Jadi Makin Keren

15. Creator Studio

Creator Studio merupakan Instagram tools yang dapat digunakan untuk manajemen media sosial, namun hanya platform yang tergabung pada Meta seperti Instagram, Facebook, WhatsApp.

Pada aplikasi ini kamu dapat membuat postingan, menjadwalkan, hingga menemukan peluang monetisasi dari konten jika ada.  Hanya saja, Creator Studio masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya seperti.

  • Tidak dapat menjadwalkan Instagram reels.
  • Tidak dapat otomatis mengkompres gambar agar sesuai dengan platform.
  • Baru saja menambahkan fitur penjadwalan instagram stories, sehingga beberapa kali masih terjadi eror ketika fitur digunakan.

Tapi tidak perlu khawatir karena kedepannya, Creator Studio pasti akan menyempurnakan fitur-fiturnya. 

16. Ads Manager

Instagram tools berikutnya yaitu Ads Manager. Tools ini digunakan untuk mengelola campaign iklan berbayar pada platform yang tergabung dengan Meta, salah satunya adalah Instagram.

Ads Manager memungkinkan kamu dalam membuat iklan, membuat dan mengelola campaign serta menguji dengan A/B testing.  Untuk menggunakan tools ini kamu tidak akan dimintai biaya sama sekali, kecuali jika kamu menjalankan campaign iklan.

17. Hashtag Expert

Hashtag merupakan salah satu hal yang dapat membantu postingan kamu lebih mudah ditemukan pengguna. Itulah mengapa penggunaan hashtag dalam postingan sangat dianjurkan.

Untuk menemukan hashtag yang tepat, kamu dapat menggunakan aplikasi Hashtag Expert. Kamu bisa mulai dengan memasukan satu hashtag pada aplikasi tersebut, kemudian akan muncul hashtag lain relevan dengan potensi yang tinggi. Setelah itu kamu bisa salin hashtag-nya dan masukan pada caption Instagram kamu.

Baca Juga: 11 Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen dan Contohnya

18. Gleam

Gleam merupakan Instagram tools yang dirancang untuk membantu kamu yang hendak mengadakan giveaway untuk pengguna. Kamu dapat menggunakan tools ini secara gratis.

Meski gratis, namun Gleam tidak memberikan batasan apabila kamu hendak membuat giveaway lagi dan lagi.

19. Brand Collab Manager

Brand Collab Manager merupakan aplikasi buatan Meta yang akan membantu menghubungkan antara brand dengan influencer. Aplikasi ini gratis digunakan bagi pengguna Facebook dan Instagram, namun dengan beberapa kriteria berikut.

  • Setidaknya harus memiliki 1.000 followers.
  • 15.000 engagement post dalam 60 hari terakhir.
  • 180.000 menit dilihat dalam 60 hari terakhir dan beberapa kriteria lain.

Selain itu, kamu juga harus menjadi admin pada halaman yang dikirimkan, kemudian halaman tersebut harus terdapat pada negara yang sudah ditentukan.

Dengan tools ini kamu dapat dengan mudah menemukan influencer, serta mengelola kontrak dengan mereka.

20. ShortStack

Aplikasi ini sangat berbeda dengan yang lain, ShortStack merupakan tools yang dapat mengelola konten UGC (User Generated Content). Aplikasi ini akan mencatat apabila ada pengguna yang menandai kamu dalam setiap media sosial.

Sehingga kamu bisa lebih mudah menemukan konten dari pengguna tersebut. Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut secara gratis dan mengumpulkan hingga 100 entries.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

21. Repost For Instagram

Kamu melihat postingan orang lain dan ingin memposting ulang di akun kamu? Aplikasi Repost For Instagram dapat menjadi solusinya. Kamu dapat memposting ulang postingan tersebut hanya dengan beberapa langkah saja.

Selain itu jangan lupa untuk menambahkan credit pemilik asli postingan agar tetap mengikuti persyaratan penggunaan Instagram.  

22. Instagram Insights

Instagram tools terakhir yaitu fitur Instagram Insights. Fitur ini bisa kamu temukan pada aplikasi Instagram dengan akun bisnis. Cara mengaksesnya sebagai berikut.

  • Login akun Instagram bisnis kamu.
  • Klik Profile.
  • Pilih button Insights.

Pada fitur ini kamu dapat melihat laporan kinerja akun Instagram sejak akun tersebut dibuat.

Baca Juga: Panduan Instagram Insight Post dan Story Bagi Para Pemula

Kesimpulan

Di atas adalah beberapa Instagram tools gratis yang dapat kamu gunakan. Selain itu, untuk mempermudah bisnis online, kamu bisa menjalin kemitraan dengan penyedia jasa hosting terpercaya demi kelancaran loading dan keamanan website bisnismu. Selamat mencoba!