5 Manfaat Penerapan Gamification di Dalam Perusahaan

Selama ini permainan dipandang sebagai metode untuk menghilangkan stres dan penat setelah melakukan pekerjaan berat atau sekadar untuk mengisi waktu luang saat santai. Namun, di sisi lain permainan memiliki andil besar dalam membangun sebuah perusahaan yang sehat. Metode ini disebut dengan gamification.

Pada dasarnya gamification adalah teknik memproyeksikan apa yang terjadi di masa mendatang bagi perusahaan dengan cara-cara unik. Atau dengan kata lain gamification ialah menerapkan aturan permainan untuk konteks non-permainan. Dalam hal ini semisalnya untuk pengembangan perusahaan baik peningkatan kinerja hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada. Adapun manfaat bila perusahaan menerapkan gamification ini bisa kamu simak dalam ulasan di bawah ini.

Bagaimana langkah menerapkan gamification?

Dalam menerapkan gamification untuk perusahaan, ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi. Sebab dalam gamification bila satu aspek tidak terpenuhi maka akan sulit dijalankan. Hal ini karena gamification adalah sebuah strategi yang membutuhkan kerjasama tim dan mengasah proses berpikir kreatif dalam berbisnis. Setidaknya berikut prosedur yang perlu disiapkan saat kamu ingin menerapkan gamification.

  • Lakukan analisis kualifikasi dari sebuah pekerjaan pada saat melakukan rekrutmen maupun seleksi calon karyawan baru.
  • Setelah kamu melakukan analisis kualifikasi, berikutnya tentukanlah hal apa saja yang ingin dicari dan dicapai dalam gamification ini. Dalam pencarian ini kamu juga perlu menentukan dimensi apa saja yang ingin dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan.
  • Proses berikutnya adalah kamu perlu menentukan permainan apa saja yang cocok untuk diterapkan. Usahakan dalam memilih permainan tersebut, sebaiknya yang mengasah kemampuan berpikir dan mengasah kreativitas seseorang untuk memecahkan sebuah masalah yang dihadapi.
  • Langkah terakhir ialah kamu perlu membuat kriteria-kriteria penilaian. Dari kriteria penilaian ini kamu bisa menentukan apa saja yang sudah dicapai dan hal apa saja yang perlu untuk dievaluasi di kemudian hari.

Manfaat gamification yang bisa kamu dapatkan

Salah satu alasan utama perusahaan perlu menerapkan gamification adalah untuk memberikan dampak positif dalam memberikan kemajuan perusahaan. Manfaatnya baik langsung maupun tidak langsung karyawan di dalam perusahaan menjadi memiliki daya saing. Mereka akan bersaing (tentu dalam hal ini adalah persaingan sehat) untuk menjadi yang terbaik. Lantas, dampak persaingan tersebut bagi perusahaan adalah sebagai berikut sebagaimana dilansir dari TechInAsia:

  • Lebih menjangkau pengguna dan konsumen

Konsumen dan pengguna adalah hal paling penting dalam sebuah perusahaan. Jika diibaratkan, konsumen maupun pengguna tersebut adalah tulang punggung perusahaan agar tetap berjalan dari segi pemasukan. Semakin dekat interaksi perusahaan dengan konsumen atau pengguna, maka tingkat loyalitasnya bisa semakin tinggi. Khususnya untuk pengguna baru yang belum memahami fitur-fitur aplikasi yang diberikan perusahaan.

Kesuksesan menjangkau konsumen menggunakan gamification adalah sebuah prestasi tersendiri. Kita bisa melihat perusahaan yang menggunakan metode ini adalah GOJEK yang memiliki GO-POINTS. Dengan menggunakan fitur ini mengajak penggunanya untuk sering bertransaksi lewat GO-PAY dan semakin besar poinnya semakin besar pula kesempatan memenangkan poin-poin tertentu. Sehingga, konsumen pun bertahan menggunakan layanan dari GOJEK.

  • Membantu perancangan strategi perusahaan

Adanya gamification juga bisa membantu dalam merancang strategi pada perusahaan. Manfaat ini bagi karyawan adalah mengajak bagaimana memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh perusahaan di masa-masa kritis semisalnya. Atau bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan negosiasi dengan klien maupun konsumen yang potensial.

Dari permainan-permainan seperti inilah kamu sebagai seorang pimpinan perusahaan akan mendapatkan gambaran langkah apa yang harus dijadikan strategi selanjutnya dalam keberlangsungan hidup perusahaan. Strategi pemecahan masalah dan negosiasi biasanya kerap menjadi materi dalam peningkatan kapasitas dalam sebuah angkatan bersenjata. Namun, cara seperti ini juga bisa diterapkan pada perusahaan untuk menjadi lebih baik dan tangguh dalam menghadapi berbagai persaingan bisnis.

  • Memotivasi karyawan

Manfaat berikutnya dari gamification adalah untuk memotivasi karyawan dalam sebuah perusahaan. Langkah ini juga bisa menjadi cara baru dalam mengelola sumber daya manusia terutama meningkatkan kinerjanya. Mengelola sumber daya manusia atau karyawan dengan cara lama seperti memberikan arahan tentu sangatlah membosankan. Alih-alih motivasi yang kamu utarakan berhasil, justru malah tidak masuk dalam benak karyawan. Sehingga sangat sulit diterapkan.

Beberapa perusahaan menerapkan gamification ini dan terbukti berhasil memotivasi karyawan terbaiknya. Nike contohnya yang menerapkan pola gamification yang mereka sebut ‘Ekin’. ‘Ekin’ bila dibalik menjadi Nike. Program seperti ini diajarkan Nike untuk lebih mengenal sejarah perusahaan dan memiliki rasa sense of belonging perusahaan. Selain itu, mereka tidak hanya mencintai brand sendiri tetapi juga menularkan kecintaan ini kepada konsumen. Jadi, dari sini ada hubungan timbal balik dan memberikan manfaat bagi karyawan untuk meningkatkan semangat kerja memberikan yang terbaik.

  • Menumbuhkan inovasi baru

Selain dapat menumbuhkan motivasi, gamification diyakini mampu menumbuhkan inovasi dan kreativitas bagi diri karyawan. Untuk memanfaatkannya secara optimal jika kamu sebagai pemimpin perusahaan setidaknya ada tiga cara yang perlu dilakukan seperti:

  • Memanfaatkan permainan untuk mendapatkan ide baru. Ini dilakukan oleh beberapa departemen di negara tertentu yang dinamakan dengan permainan Idea Street. Pada permainan seperti ini, manajemen perusahan bisa melihat seperti apakah proposal yang baik dan memiliki nilai paling tinggi di mata karyawan.
  • Kemudian, kamu bisa melakukan simulasi game untuk memancing kreativitas seperti permainan Go Leadership. Dalam permainan ini karyawan akan dihadapkan pada skenario yang sulit dan mencoba memecahkannya dengan cara mereka sendiri. Caranya dengan memahami karakteristik orang lain dan kondisi yang ada. Pada permainan ini karyawan dituntut untuk berpikir secara out of the box.
  • Mungkin kamu berpikir bermain identik dengan anak-anak. Namun, dalam gamification bermain adalah kunci untuk mencapai kesuksesan. Tujuannya untuk menghilangkan stres bagi karyawan. Baik itu bermain kartu, game konsol dan sebagainya. Cara ini diterapkan oleh perusahaan besar seperti Google dalam mengembangkan proyek kreatif mereka.
  • Proses perekrutan dan pelatihan lebih mudah

Terakhir manfaat besar yang didapatkan dari gamification adalah mempermudah perusahaan dalam mencari talenta terbaik. Cara unik seperti ini pernah dilakukan oleh biro intelijen dan keamanan di Inggris GCHQ yang membuat kode pesan misterius saat merekrut mata-mata terbaik. Kandidat yang ada haruslah mengetahui isi pesan tersembunyi itu untuk bisa melanjutkan proses seleksi selanjutnya. GCHQ dapat menentukan siapa kandidat terbaik melalui tes dan permainan ini.

Perusahaan besar lainnya yang memanfaatkan gamificiation adalah Daiichi Sankyo dalam pelatihan karyawannya. Perusahaan farmasi di Jepang ini mendesain permainan bagaimana cara menangani pasien diabetes. Kesabaran dan keuletan karyawan akan diuji dalam pelatihan ini sehingga mereka nantinya akan menjadi karyawan yang tekun dan tangguh di perusahaan.

Jadi, setelah mengetahui ulasan di atas kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa gamification adalaha strategi yang out of the box dan memiliki keuntungan dalam meningkatkan kinerja dan membuat perusahaan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Rahasia Internet Marketing untuk Kesuksesan Bisnis

Selain gamification, kinerja perusahaan di era teknologi dapat meningkat dengan memanfaatkan website maupun sosial media yang ada. Untuk hal satu ini memang diperlukan adanya layanan cloud hosting yang mumpuni dan terpercaya seperti layanan yang diberikan oleh Dewaweb.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia