5 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Mendengar kalimat ‘bekerja dari rumah dengan modal kecil’ buat sebagian orang mungkin terdengar kurang menjanjikan. Padahal, ribuan peluang bisnis rumahan dengan keuntungan besar bukanlah sesuatu yang mustahil asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Nada-nada skeptis boleh saja terdengar begitu nyaring. Apalagi ‘budaya’ Indonesia yang mendewakan kerjaan kantoran dan PNS sudah begitu melekat di masyarakat.

Bicara mengenai bisnis rumahan dengan modal kecil, kenyataannya, tetaplah memaksa kamu untuk tetap memiliki modal guna memulai bisnis tersebut. Sejatinya, pengetahuan tentang bisnis juga sama pentingnya. Oleh karena itu, ide bisnis rumahan juga mutlak dibutuhkan.

Secara ringkas, ada dua kategori bisnis rumahan yang bisa kamu jalankan, yakni offline dan online. Dalam beberapa model bisnis tertentu, kamu juga bisa menjalankannya secara offline dan online. Berikut ini beberapa contoh bisnis rumahan yang menguntungkan.

Offline

Bisnis kuliner

Menjual makanan merupakan salah satu bisnis rumahan yang menguntungkan. Peluang mendapatkan laba besar sangatlah mungkin mengingat semua orang membutuhkan makan. Bicara modal, kamu bisa menentukan sendiri budget yang kamu butuhkan. Artinya, modal awal yang kecil pun tetap bisa kamu maksimalkan asal kamu pintar dalam memasarkan dan menentukan pasar.

Bisnis voucher pulsa

Mudah dan murah. Dengan modal sedikit, kamu sudah bisa menjadi agen pulsa. Telah banyak pula jasa yang menawarkan kamu agar bisa menjadi penjual pulsa dengan mudah, di mana saja dan kapan saja.

Sama seperti bisnis kuliner, kamu bisa menjalankan bisnis ini secara offline dan online. Platform media sosial bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa kamu.

Event organizer

Ada banyak jenis-jenis peluang usaha di bidang event organizer. Mulai dari jasa dekorasi, wedding organizer, sampai creative event. Bisnis ini mungkin membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Tapi kalau kamu sudah punya skill dan peralatan yang memadai, memulai bisnis seperti ini tidaklah sulit.

Kalau kamu tidak memiliki modal yang cukup, banyak layanan jasa online yang bisa kamu maksimalkan. Kamu tinggal menawarkan jasa kamu secara online. Orang-orang yang membutuhkan keahlian kamu tinggal menghubungi kamu. Cara lain, kamu bisa membuat website sendiri berisi portofolio usaha kamu.

Online

Membangun online shop

Ketika jiwa dagang kamu tak lagi terbendung, dan di saat yang bersamaan sudah banyak layanan yang bisa kamu maksimalkan, sudah saatnya kamu menjual produk-produk kamu secara online. Kamu bisa membangun jaringan toko online sendiri.

Peluang bisnis ini bisa kamu jalankan tanpa modal, lho. Caranya cukup mudah, kamu tinggal bergabung dengan supplier atau produsen terpercaya sebagai reseller atau dengan sistem dropship. Kamu bisa memasarkan produk kamu secara sendiri melalui media sosial atau dengan bermitra dengan layanan online.

Penulis lepas

Peluang bisnis rumahan ini sangat cocok buat kamu yang memiliki skill menulis. Di era informasi seperti sekarang, menjadi seorang penulis lepas terbilang sangat menguntungkan. Kamu bisa mendapat bayaran besar dari tiap artikel atau tulisan yang kamu buat.

Namun, menjadi penulis bisa begitu tricky. Kamu wajib aktif mencari informasi siapa yang membutuhkan jasa penulis. Kamu bahkan bisa membangun agensi terlebih dahulu sebagai penyedia jasa penulis. Agensi ini bisa kamu jalankan sendiri atau dengan orang lain. Langkah berikutnya, kamu harus menawarkan jasa kamu melalui media sosial dan website.

Baca Juga: Bagaimana Market Segmentation Bisa Mempengaruhi Jalannya Bisnis?

Masih banyak sebetulnya peluang bisnis rumahan di luar sana. Satu hal yang wajib kamu tanamkan yaitu bersungguh-sungguh dan fokus mengembangkan usaha kamu. Belajar dari kegagalan orang lain juga tak kalah pentingnya ketimbang melihat kesuksesan orang lain. Jangan lupa, kalau kamu berbisnis secara online pastikan menggunakan layanan hosting dari Dewaweb untuk menjamin kecepatan loading dan keamanan situs.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia