10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

Kamu dapat menikmati banyak manfaat dalam mengatur sebuah website, yakni dengan menggunakan content management system (CMS) yang dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan membangun website. CMS website adalah  platform yang bisa digunakan untuk membuat website secara tanpa harus mengerti pemrograman.

Jika kamu ingin membangun website dalam skala kecil, ada baiknya memakai CMS berfitur simpel, agar lebih mudah saat menggunakannya. Berikut kami pilihkan CMS website terbaik yang dapat digunakan oleh seluruh pengguna hosting murah Dewaweb!

Baca Juga: Berbagai CMS Untuk Membuat Social Media Sendiri

1. WordPress

cms website wordpress

Salah satu CMS website terbaik dan terpopuler yang bisa kamu gunakan adalah WordPress. CMS ini bersifat open source, sehingga semua orang dapat mengakses source code dan mengembangkan aplikasi sendiri sesuai kebutuhan. Saat ini, WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

WordPress memiliki beragam plugin yang bermanfaat untuk mengelola website, seperti backup konten otomatis, mengubah tampilan website,  menulis artikel SEO, dan masih banyak lagi. Kamu dapat membuat situs WordPress untuk berbagai keperluan, mulai dari toko online, blog, website perusahaan dan sebagainya. WordPress menawarkan berbagai macam tool dan template secara gratis yang bisa kamu gunakan.

Untuk dapat menggunakan WordPress, kamu perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk menyewa web hosting dan membeli nama domain sendiri untuk website kamu.

2. Joomlacms website - joomla

Pilihan CMS lainya yang bisa kamu coba adalah Joomla. Jika kamu ingin membuat website toko online, maka Joomla menjadi opsi terbaik untuk membuat website online shop.

Meski tak sepopuler WordPress, Joomla telah digunakan oleh lebih dari 1,5 juta website di seluruh dunia. Joomla adalah sebuah CMS open source yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan jenis website dengan fitur dan kustomisasi yang lengkap. Cara penggunaannya memang relatif tidak semudah saat menggunakan WordPress, namun Joomla menjadi platform yang cukup fleksibel untuk digunakan.

3. Drupal cms website drupal

Drupal adalah alternatif CMS open source lainnya yang dapatdigunakan secara gratis, apabila kamu sudah memiliki web hosting dan nama domain sendiri. Drupal menyediakan berbagai tema dan kustomisasi yang beragam untuk dapat kamu gunakan di website.

Drupal dilansir memiliki potensi yang lebih besar untuk website dengan kompleksitas tinggi dan jumlah konten dan traffic yang banyak. Mengembangkan website dengan Drupal harus memuiliki pengetahuan mendalam dalam mengelola CMS ini. Untuk itu, apabila kamu membuat website dengan kompleksitas tinggi, CMS Drupal merupakan pilihan yang tepat.

4. Wix

Wix

Wix adalah perusahaan yang menawarkan solusi serba bisa untuk membangun website. Wix juga merupakan salah satu CMS website yang populer di kalangan bisnis dan personal, karena sifatnya yang terintegrasi. Saat ini, Wix digunakan oleh lebih dari 4,5 juta website di seluruh dunia.

Dalam penggunaan WordPress, Drupal, atau Joomla, kamu diharuskan untuk memiliki web hosting dan domain dari pihak ketiga. Namun jika kamu membuat website di Wix, kamu dapat menggunakan paket web hosting dan domain yang mereka tawarkan. Memiliki kesamaan dengan Squarespace dan Shopify, Wix mengharuskanmu membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan fitur premium.

5. Shopify

contoh landing page cms - shopify

Shopify cocok digunakan sebagai CMS untuk membangun toko online. Sebab, Shopify kebanyakan digunakan sebagai CMS untuk website jenis e-commerce dengan berbagai macam fitur, seperti manajemen produk, tool penjualan, pembayaran, fitur pengiriman barang, transaksi penjualan dan sebagainya.

Meski kamu juga bisa membuat toko online di WordPress dengan bantuan plugin seperti WooCommerce, di Shopify, kamu bisa menemukan fitur yang lengkap untuk kebutuhan website e-commerce. Namun untuk menggunakan CMS ini kamu harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu.

6. GetSimple

cms website - get simple

CMS pertama yang dapat digunakan oleh kamu sebagai pengguna layanan web hosting Indonesia adalah GetSimple. Mengusung tagline “GetSimple has everything you need, and nothing you don’t”, CMS ini berbasis open-source, menggunakan database MySQL, dan dirancang secara khusus untuk mengelola website skala kecil. GetSimple dapat diunduh secara gratis, dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk di-install.

7. Zimplit

Para pengguna layanan hosting murah Indonesia pun dapat menggunakan CMS bernama Zimplit yang juga berbasis open-source dan gratis ini. CMS ini memungkinkan pemilik situs untuk mengedit konten tanpa harus mengakses admin area. Sementara jika kamu ingin menghilangkan merk Zimplit, kamu harus membayar biaya sebesar €29 hingga €39 tiap bulan, berdasarkan jumlah situs.

8. Perch

cms website - perch

CMS website selanjutnya adalah Perch yang mengharuskan kamu membayar lisensi sebesar £35 untuk satu domain, dan dapat dijalankan pada di server tanpa ada biaya lagi. Melalui CMS ini, kamu dapat menggunakan tags PGP untuk mengelola area tertentu yang dapat diedit, serta memungkinkan para desainer men-setting ulang sistem dan antarmuka.

9. CushyCMS

cms website - cushy

Selanjutnya adalah CushyCMS yang memungkinkan pemilik situs memiliki CMS sendiri dengan hanya membayar $28 per bulan, serta memiliki versi gratis tanpa custom CMS. Melalui CushyCMS, kamu sekarang hanya memerlukan beberapa menit saja untuk editing semua konten pada website.

10. Squarespace

CMS Squarespace

Terakhir adalah CMS Squarespace yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat situs web dengan mudah. Squarespace adalah salah satu solusi membangun website yang serba bisa. Kamu bisa membuat blog, situs bisnis, toko e-commerce, dan masih banyak lagi.

Squarespace mudah digunakan, meskipun bagi orang awam yang membangun sebuah situs web atau blog. Memiliki interface yang jelas dan intuitif, Squarespace juga unggul dalam fitur penerbitan konten baru. Selain itu, ada fitur LayoutEngine kustom yang memungkinkanmu mengatur konten blog secara drag-and-drop. Squarespace juga memiliki pilihan desain layout website yang beragam untuk situs kamu.

Sudah Tahu CMS Website Terbaik?

CMS website di atas dapat dipakai untuk kamu yang berencana membangun website sederhana hingga kompleks. Untuk menggunakan salah satu content management system tersebut, jangan lupa untuk menggunakan salah satu layanan web hosting Indonesia yang handal. Untuk menghemat biaya operasional tak ada salahnya pula untuk memilih VPS murah, namun pastikan layanannya berkualitas disamping harganya yang ekonomis.