5 Plugin Moodle Penting untuk e-Learning

Saat ini, hampir semua kegiatan belajar sudah beralih ke internet menggunakan teknik e-learning. Alhasil, fitur yang disajikan oleh aplikasi video conference pun sudah kurang memadai untuk kegiatan belajar mengajar. Meski saat ini orang-orang sudah dapat menggunakan Moodle, namun fitur yang ada mungkin masih kurang mumpuni. Berikut ini ada 5 plugin Moodle penting untuk e-learning yang bisa kamu pelajari.

Moodle

Moodle adalah salah satu CMS (Content Management System) yang ditujukan untuk media pembelajaran secara daring atau virtual, alias e-learning. Ada dua dashboard yang digunakan di Moodle, yaitu Dashboard Pengajar (guru atau dosen) dan Murid. Melalui Moodle, pengajar bisa menambahkan materi online, membuat kuis, forum, atau assignment setiap harinya.

LMS ini termasuk open source sehingga bisa diinstal dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa membangun website e-learning sendiri tanpa perlu repot merekrut developer untuk membangun sistem ini, karena cukup dengan domain dan hosting, sistem e-learning sudah dapat dibangun.

Mengingat fiturnya yang mendukung sistem e-learning dan kemudahan penggunaannya, Moodle kini menjadi LMs yang digunakan oleh banyak lembaga atau instansi, terutama untuk pendidikan.

Baca Juga: Cara Install Moodle di VPS CentOS 7

e-Learning

e-Learning adalah sebuah konsep pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dalam prosesnya sehingga dapat diharapkan konsep ini bisa diakses di seluruh lokasi hanya dengan koneksi internet dan akses ke website e-learning saja.

5 Plugin Moodle Penting untuk e-Learning

Plugin adalah program komputer dengan fungsi tertentu untuk menambah fitur atau meningkatkan fungsi suatu program. Biasanya, plugin digunakan di website atau aplikasi, misalnya plugin Yoast di WordPress yang berfungsi untuk mengevaluasi nilai SEO on-page. Berikut ini adalah 5 plugin Moodle yang penting kamu manfaatkan untuk mengelola website e-learning.

  • System Benchmark

Plugin System Benchmark dapat mengetahui kemampuan server yang kamu miliki untuk menangani Moodle dan mengetahui score dari benchmark ini. Besar atau kecilnya score benchmark menentukan seberapa teroptimasinya Moodle yang kamu gunakan.

memantau informasi dari system benchmark

Semakin kecil nilai benchmark, akan semakin bagus pula performa dari server yang kamu miliki.

  • Edwiser Site Monitor

Jika kamu bukan seorang yang terbiasa melihat hasil analisis menggunakan format CLI (Command Line Interface) dan sudah terbiasa di GUI (Graphic User Interface), maka plugin yang satu ini akan sangat membantumu untuk mengetahui seberapa besar statistik penggunaan resource, langsung dari Moodle.

tampilan plugin edwiser site monitor di moodle

Edwiser Site Monitor juga bisa kamu gunakan untuk mengecek sisa resource yang tersedia hingga resource yang dimiliki server kamu tanpa perlu repot-repot melihat di CLI. Kamu juga bisa melihat Live Users sehingga kamu bisa menentukan apakah servermu akan mengalami highload atau tidak.

  • Custom Certificate

Jika kamu memiliki course menggunakan Moodle dan kamu ingin memberikan sertifikat penghargaan pada peserta belajar, kamu bisa membuatnya menggunakan plugin Custom Certificate.

plugin custom certificate untuk moodle

Kamu juga bisa mengostumisasi template pada sertifikatnya nanti agar hasilnya bisa sesuai dengan kebutuhan kamu.

kostumisasi informasi custom certificate dewaweb

Untuk melihat template-nya, klik “Save changes and preview”.

  • Interacitve Content – H5P

Kalau kamu membutuhkan suatu modul atau plugin untuk membuat konten e-learning berisi kuis, video interaktif, atau simulasi, kamu bisa menggunakan plugin bernama H5P yang cukup responsif, mendukung HTML5, dan bisa digunakan secara gratis.

interactive content plugin for moodle

  • Global Chat

Global Chat plugin memungkinkan siswa dan pengajar untuk dapat berkomunikasi secara real-time langsung dari platform Moodle yang digunakan. Plugin komunikasi ini mirip seperti Google Chat dan Facebook Chat sehingga memudahkan pengguna untuk memahami cara penggunaannya.

plugin global chat di lms moodle

Simpulan

Moodle menjadi salah satu solusi untuk pembelajaran online, khususnya di Indonesia saat ini. Penggunaan Moodle setiap tahunnya semakin meningkat, artinya banyak orang-orang mulai sadar bahwa pembelajaran online menjadi sangat efektif. Selain mempersingkat waktu, Moodle juga fleksibel karena siswa bisa belajar di mana pun dan kapan pun, sesuai dengan course yang dibuat oleh pengajar.

Agar dapat meningkatkan fungsi Moodle yang kamu kelola, manfaatkan rekomendasi 5 plugin gratis di atas sebaik mungkin. Segera hubungi Dewaweb dan dapatkan paket khusus cloud hosting untuk CBT dan e-Learning, yang memberikanmu kemudahan karena semua konfigurasi dan keamanan server akan dikelola oleh Dewaweb sehingga kamu bisa fokus pada pengelolaan Moodle.

Keuntungan lain dengan menggunakan layanan hosting di Dewaweb adalah aplikasi Moodle kamu akan disimpan di data center terbaik di Indonesia (Equinix DCI) dengan kapasitas unlimited bandwidth dan konfigurasi cloud server yang sudah dioptimalkan untuk bisa menangani ribuan siswa yang login sekaligus. Berikan informasi jumlah siswa yang menggunakan aplikasi secara bersamaan dan dapatkan harga spesialnya!

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu, Sahabat Dewaweb. Salam sukses online!