5 Plugin Typography WordPress Terbaik

Ada banyak sekali elemen pada web desain yang harus kamu perhatikan, salah satunya typography. Typography merupakan salah satu elemen penting bagi sebuah desain. Apalagi untuk sebuah website, di mana website lebih dominan diisi dengan teks, dan typography yang tepat akan menghasilkan desain yang tepat pula.

Memilih font yang tepat menjadi salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan kualitas desain sebuah website agar terlihat lebih profesional. Saat ini ada banyak sekali font gratis yang bisa kamu gunakan (dengan masing-masing lisensinya). Selain font, kamu juga memerlukan sebuah plugin untuk mengelola font dengan mudah. Tentunya, plugin tersebut harus kompatibel dengan berbagai fitur dan server hosting (berfungsi dengan baik di Dewaweb).

Berikut ini terdapat 8 plugin typography WordPress terbaik yang bisa kamu coba agar situs WordPress milikmu menarik untuk dilihat pembaca. Dengan beberapa plugin dibawah ini, kamu bisa mengatur font seperti mengubah warna, atau ukuran, serta penampilan. Selain itu, font bisa dikelola dengan sangat mudah seperti menampilkan font pada situs, membuat kutipan ataupun quote instan serta tweets, menonaktifkan auto-format pada bagian backend dan masih banyak lagi.

Plugin Typography WordPress

Google Font Manager

Sebagai raksasa internet dunia, Google ternyata menyediakan koleksi font yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Dan koleksi font dari Google pun memiliki keunikan, bisa dikatakan bagus, tentu tergantung selera.

Nah, plugin WordPress Google Font Manager ini membantu kamu untuk memilih font mana yang ingin kamu gunakan dari koleksi Google Fonts yang ada.

Kamu bisa mencarinya sesuai judul bahkan bisa digunakan untuk preview, seperti apa nantinya tampilan teks di website kamu jika menggunakan font tersebut. Setelahnya kamu bisa memilih font tersebut untuk digunakan di seluruh elemen website-mu.

Easy Google Fonts

Plugin-typography-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Plugin typography WordPress yang satu ini sebenarnya fungsinya sama saja seperti Google Font Manager. Menariknya, plugin ini akan menambahkan satu opsi di panel Customizer dashboardmu. di mana kamu bisa memilih atau mencoba Google Font tertentu dan bisa melihat hasilnya secara live preview, seperti biasa ketika mengkonfigurasi tampilan front-end website dengan customizer.

Adapun beberapa cara menggunakan plugin easy Google fonts sebagai berikut:

  • Setelah proses installasi selesai dan plugin sudah aktif, kamu bisa masuk pada area Settings » Google Fonts untuk membuat kontrol pada Google font dengan memasukkan daftar CSS Selector.
  • Namun jika kamu tidak memahami bagian ini bisa langsung masuk pada menu Appearance » Customize dan pilih “Typography”. Pada bagian ini, kamu bisa menyesuaikan berbagai macam bagian dengan font dari daftar font milik Google seperti Heading 1-5, memilih kategori font, karakteristik fonts dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan plugin ini.
  • Jika semua pengaturan font sudah disesuaikan dengan Google fonts di bagian Customize, Kamu bisa menyimpan pengaturan tersebut dan klik tombol “Publish”. Dan sekarang kamu bisa melihat perubahan yang sudah dilakukan, pada customize ini kamu bisa melihat setiap perubahan yang dilakukan secara live.

Typekit Fonts for WordPress

Jika kamu sudah lama bergelut di bidang desain grafis, sepertinya kamu sudah akrab dengan Typekit.

Gudangnya beragam font keren ini juga bisa diintegrasikan dengan website kamu berbasis WordPress. Gunakan plugin ini dan tentukan font mana yang ingin kamu gunakan. Kamu nantinya hanya perlu mengintegrasikan kode font tersebut di panel plugin ini.

Simple Pull Quote

Di bagian-bagian tertentu dalam artikel, kamu mungkin suka menyisipkan quote. Theme WordPress yang kamu gunakan juga berpengaruh. Jika sebuah teks tertentu diformat dalam bentuk quote, teks itu akan memiliki bentuk atau desain yang berbeda dibanding teks lain.

Namun, quote biasa akan berbeda dengan pull quote. Jika theme WordPress tidak membedakan quote biasa dan pull quote, kamu bisa menggunakan plugin WordPress Simple Pull Quote untuk mencobanya sekaligus meningkatkan typography website milikmu.

Baca Juga : Kriteria Desain Web yang SEO Friendly

Zeno Font Resizer

Plugin-typography-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Theme WordPress yang kamu gunakan mungkin memiliki opsi untuk merubah ukuran font, atau kamu juga bisa merubahnya secara manual dengan CSS. Tetapi ukuran yang tepat bagi kamu belum tentu tepat bagi pembaca website.

Dengan plugin typography WordPress ini, kamu bisa memberikan kemudahan bagi pembaca untuk merubah ukuran font artikel di website sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu, dengan font yang yang lebih rapi sesuai keinginan pembaca tentu membuat artikel di websitemu semakin readable.

EndNotes

Jika artikel yang kamu tulis di website memiliki referensi atau sumber, plugin ini bisa kamu manfaatkan untuk menambahkan footnote dengan mudah di setiap artikel yang kamu tulis. Dalam ilmu penulisan, endnote atau catatan akhir merupakan catatan referensi atau catatan kaki yang diletakkan di akhir suatu karya tulis ilmiah, sebelum Daftar Pustaka. Umumnya, teknik penulisan endnote sama persis dengan footnote.

Jadi, jika kamu ingin menambahkan catatan referensi pada artikel di WordPress, plugin EndNotes sangat recomended untuk kamu coba. Untuk cara pemasangan, kamu dapat menginstal catatan akhir baik melalui dasboard WordPress atau dengan mengunggah folder catatan akhir yang diekstraksi ke direktori / wp-content / plugins / kamu. Setelah plugin berhasil diinstal, cukup aktifkan plugin melalui menu Plugins di Dashboard WordPress kamu. Setelah plugin diaktifkan, kunjungi halaman Pengaturan untuk menyesuaikan tampilan catatan kaki kamu.

Baca Juga : Panduan Dasar Text Editor Atom, Sublime, Notepad++

TinyMCE Advanced

Plugin-typography-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Ketika menulis artikel baru di WordPress, kamu mungkin sudah sangat akrab dengan TinyMCE. Untuk menambahkan fiturnya atau memudahkan mengorganisir opsi yang sudah ada, kamu bisa menggunakan plugin ini.

Plugin TinyMCE digunakan untuk menambahkan editor WYSIWYG TinyMCE kedalam project. Apa itu WYSIWYG? WYSIWYG merupakan kependekan dari What You See Is What You Get kurang lebih artinya apa yang terlihat sekarang, akan sama hasilnya dengan yang akan ditampilkan di hasil akhirnya.

Untuk cara pemasangannya, disarankan menginstal langsung dari WordPress. Jika instalasi manual diperlukan, pastikan bahwa file plugin ada di folder bernama “tinymce-advanced” (bukan dua folder bersarang) di folder WordPress plugins, biasanya “wp-content / plugins”.

Subtitles

Sama seperti namanya, plugin WordPress yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menambahkan subjudul baru di bawah judul artikel kamu. Perlu digunakan jika kamu ingin memberikan deskripsi singkat mengenai apa yang dibahas di artikel tersebut. Selain itu bisa diletakkan langsung di dalam template WordPress.

Adapun beberapa cara pemasangan plugin subtitles sebagai berikut:

  • Unggah plugin WP Subtitle ke situs WordPress kamu di folder / wp-content / plugins atau instal melalui admin WordPress.
  • Aktifkan dari layar admin plugin WordPress.
  • Edit halaman kamu dan gunakan <? Php the_subtitle (); ?> tag template tempat kamu menginginkan subtitle muncul.

Baca Juga: 5 WordPress Plugin Terbaik Untuk Para Marketers

Kesimpulan

Meningkatkan desain typography di website yang berbasis WordPress tidaklah sulit. Semua plugin yang tertera di atas bisa digunakan dengan sangat mudah, dan tentunya gratis. Itulah  8 plugin typography WordPress terbaik yang bisa kamu coba agar situs WordPress milikmu menarik untuk dilihat pembaca. Adakah plugin WordPress untuk typography yang kamu rekomendasikan selain di atas? Semoga bermanfaat.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia