5 Rahasia Menulis Deskripsi Produk Jualan Online

Kunci kesuksesan jualan online yang baik adalah mampu menuliskan deskripsi produk-produk secara efektif. Namu, hal ini seringkali dilupakan oleh pelaku bisnis online. Padahal bila ditelusuri lebih lanjut, jualan online adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Mengingat kini sekitar 3.7 milyar penduduk dunia menggunakan internet dan berpotensi menjadi pasar terbaik bagi bisnis kamu. Kembali lagi dalam menulis deskripsi produk dalam jualan online yang efektif, setidaknya ada lima rahasia yang bisa kamu terapkan. Apa sajakah poin-poinnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Sebaiknya gunakan kalimat persuasif

Menulis deskripsi sebuah produk jualan online pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan kalimat bersifat persuasif. Kalimat ini merupakan kalimat dengan tujuan mengajak calon pembeli atau konsumen secara halus serta meyakinkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. Bila menggunakan kalimat yang terlalu panjang, calon konsumen cenderung merasa bosan.

Pentingnya menggunakan kalimat persuasif ini selain meyakinkan calon konsumen, juga sebagai membangun awareness. Pengunjung toko online (dalam hal ini calon konsumen) seolah-olah sedang berbicara langsung dengan kamu sebagai penjual. Meskipun keduanya terpisah tempat, kalimat perusasif ini mampu membuat konsumen merasa nyaman.

Apa saja keunggulan produk?

Sebelum menuliskan deskripsi dan memasarkan produk jualan online kamu, pastikan juga kamu sudah mengetahui produk tersebut. Ingat, penjual yang baik adalah mereka yang mengetahui spesifikasi produk secara jelas. Untuk iulah kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu, caranya adalah dengan melihat toko online lainnya atau langsung membuka website dari produk tersebut.

Setelah kamu tahu tentang produk tersebut, tuliskan deskripsinya agar calon konsumen lebih tertarik untuk membeli. Manfaat lainnya mendeskripsikan produk jualan online dengan membandingkan kompetitor adalah, kamu akan lebih mendetail dan lebih baik serta profesional dalam menuliskan keunggulan produk.

Gunakan keyword yang sesuai

Menulis deskripsi produk jualan online memiliki perbedaan dengan menuliskannya di media offline seperti majalah atau surat kabar semisalnya. Dalam menuliskan deskripsi secara online, kamu juga harus memikirikan SEO-nya. Maka dari itu, sebaiknya jangan lupakan untuk meletakkan keyword di setiap deskripsi produk yang kamu tuliskan di website, karena hal ini akan berpengaruh di mesin pencari.

Sebaiknya, dalam menuliskan keyword kamu perlu berpikir sebagai seorang konsumen yang akan membeli produk tersebut. Semisalnya kamu menjual dan mendeskripsikan produk online berupa jam tangan. Maka keywords yang perlu dan sering kamu gunakan adalah ‘Jam Tangan’. Selain itu, buatlah secara lebih spesifik. Contohnya, ‘Jam Tangan Pria Terkini’ agar memudahkan calon konsumen menemukan produk yang mereka cari.

Buat dalam bentuk tabel atau list

Deskripsi produk jualan online tidak hanya sekedar menggunakan kalimat persuasif saja. Kamu pun sebaiknya perlu untuk membuatnya dalam bentuk tabel atau list. Seseorang biasanya cenderung akan merasa bosan dengan bacaan yang terlalu panjang dan terlalu banyak penjabaran. Kalimat yang terlalu padat juga cenderung membuat pembaca bingung.

Bila produk tersebut memiliki spesifikasi yang cukup banyak untuk dijelaskan, sebaiknya gunakan tabel atau list hingga infografis. Dengan adanya tabel atau list ini calon konsumen akan lebih mudah menangkap pesan dari produk yang kamu jabarkan. Mereka pun akan menjadi betah untuk berlama-lama mengunjungi toko online kamu dan kemungkinan mereka membeli pun akan lebih besar.

Pasanglah dengan foto produk yang menarik

Sebagai pelengkap, selain tulisan kamu juga wajib memasang foto produk yang dijual semenarik mungkin. Melansir dari Forbes, gambar atau visual mampu membuat pembaca atau calon konsumen semakin tertarik dengan sebuah produk dan membuat pesan yang disampaikan lebih membekas.  Bahkan segi visual sendiri merupakan kunci dari jualan online itu sendiri.

Selain menggunakan foto, kamu juga bisa menggunakan video untuk melengkapi deskripsi produk di toko online. Foto maupun video tersebut pun bisa berupa testimoni dari pelanggan agar lebih meyakinkan calon konsumen baru.

Itulah rahasia menulis deskripsi produk jualan online yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa pula, untuk menunjang jualan onlinemu, sebaiknya gunakan layanan cloud hosting terbaik di Indonesia agar proses transaksi dan pemasaran lancar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia