Beberapa tahun belakangan pemerintah indonesia aktif memblokir berbagai situs di internet. Alasannya tidak lain adalah untuk menghindari konten-konten negatif yang meresahkan masyarakat. Namun, sayangnya website-website yang sebenarnya bermanfaat juga menjadi korbannya. Hal inilah yang membuat pengguna VPN gratis di Indonesia semakin meningkat. Bahkan berdasarkan survei GlobalWebIndex seperti dikutip dari Techinasia.com menyebutkan bahwa persentase pengguna VPN di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia yakni 41 persen.

Layanan VPN pun beragam yang ditawarkan. Terutama layanan VPN gratis untuk smartphone dan bisa diunduh oleh siapa saja untuk membuka situs-situs yang diblokir tersebut. Bagi kamu yang ingin mengunduh layanan VPN gratis tersebut, berikut lima rekomendasi terbaik yang bisa dipertimbangkan.

Hotspot Shield

Aplikasi VPN gratis pertama yang bisa kamu coba adalah Hotspot Shield. Layanan VPN ini masuk dalam daftar VPN terbaik karena kecepatannya yang sangat tinggi. Kamu bisa menggunakan data sebesar 500MB setiap harinya. Bahkan dalam Google PlayStore, Hotspot Shield merupakan aplikasi VPN gratis yang paling sering banyak diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna. Keunggulan dari Hotspot Shield ini adalah didukung dengan kemampuan koneksi internet masa kini. Termasuk juga menggunakan 3G maupun 4G. Ukurannya pun hanya sekitar 11MB

Touch VPN

Layanan kedua adalah Touch VPN yang memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam hal pemakaian. Aplikasi VPN gratis ini hanya memiliki satu tombol saja dan tidak memiliki batasan kecepatan. Kamu bisa menggunakannya dengan leluasa dalam mencari sesuatu di mesin pencari. Tidak hanya itu saja, Touch VPN juga memiliki keunggulan lainnya berupa pilihan server anonim. Termasuk pula server-server besar yang sering digunakan di Amerika Serikat.

Mengenai keamanan, sudah tidak dihiraukan lagi karena sudah menggunakan SSL enkripsi yang tangguh dan terbaik. Jadi, kamu bisa terlindungi dari aksi penyadapan WiFi. Dari segi ukuran memang sedikit lebih besar yakni 40 MB dan sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di dunia.

Hideman VPN

Berikutnya ada Hideman VPN yang dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama. Keunggulan dari layanan VPN gratis ini adalah kecepatan dan keamanannya. Ya, keamanan menjadi faktor penting dalam berinternet. Hideman VPN rupanya menitikberatkan pada faktor keamanan ini yakni dengan dilengkapi enkripsi 256-bit. Dengan enkripsi tersebut aktivitas internet kamu akan semakin terjaga.

Meski begitu Hideman VPN hanya bisa digunakan secara gratis selama lima jam setiap minggunya. Dari segi ukuran pun tidak begitu besar dan bisa digunakan di semua platform smartphone. Inilah yang membuatnya banyak diunduh hingga lebih dari 5 juta penggunanya hingga saat ini.

Psiphon Pro

Selain ketiga VPN gratis sebelumnya, juga ada Psiphon Pro. Psiphon Pro banyak dipilih karena dari segi penggunaan bisa dibilang sangat mudah. Pada awalnya, Psiphon hanya dapat digunakan untuk perangkat komputer. Perkembangan android pun pada akhirnya membuat Psiphon mulai mengembangkan produknya untuk OS ini.

Psiphon Pro memiliki reputasi yang sangat baik untuk membuka proteksi website yang diblokir oleh pemerintah. Ukuran layanan VPN gratis dari Psiphon Pro ini bervariasi, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan bisa disesuaikan dengan ukuran pada smartphone-mu. Maka dari itu tidak heran bila Psiphon Pro menyandang predikat sebagai salah satu best performance di kalangan pengguna IT.

Snap VPN

Terakhir, ada Snap VPN yang bisa kamu pilih dan pasang di smartphone. Keunggulan menggunakan Snap VPN adalah mampu menembus firewall dari website maupun situs yang diblokir oleh penyedia internet. Selain itu, kamu pun tak perlu khawatir akses internet kamu dibobol ataupun dilacak orang lain. Layanan VPN gratis ini bisa dibilang sangat kompatibel karena bisa bekerja di semua jenis jaringan seperti WiFi, LTE, bahkan 3G. Sedangkan dari segi ukurannya hanya 8.4 MB saja.

Itulah lima rekomendasi layanan VPN gratis yang layak untuk kamu pasang dan gunakan di smartphone kamu. Jadi, mana yang akan jadi pilihanmu?