5 Tips Untuk Meningkatkan Keamanan Website Kamu

Ketika memiliki website sendiri, tentu di dalamnya terisi berbagai informasi dan file-file penting yang sudah kamu dapatkan dan kumpulkan selama ini. Selain informasi serta file penting, kamu tentunya tidak membangun website dengan mudah. Ide dan biaya banyak dikeluarkan untuk membangun website kamu sekarang.

Tapi hati-hati, di dunia internet, cukup banyak website yang terkena masalah karena keamanan mereka tidak memadai dalam menahan serangan dari berbagai bahaya yang mengintai. Kamu pastinya tidak mau hal itu menimpa website kamu, bukan?

Kali ini, ada lima tips yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan keamanan website kamu. Berikut ulasannya.

Menginstall SSL

SSL (Secure Sockets Layer)  adalah protokol keamanan yang berguna untuk membuat tautan dalam bentuk enkripsi antara server web dengan web browser yang menggunakan komunikasi online. Intinya enkripsi itu akan bekerja dengan membentuk jalinan komunikasi antara Titik A dengan Titik B yaitu web server dengan web browser.

SSL sangat penting untuk kelangsungan hidup suatu website karena dengan adanya SSL, informasi pribadi, transaksi kartu kredit, transfer data hingga data login bisa dilakukan dan terjaga dengan baik. Apalagi untuk website e-commerce yang di mana terisi banyak sekali data-data sensitif para user-nya. Maka dari itu, kehadiran SSL sangatlah penting.

Ketika kamu mau melihat apakah website tersebut sudahmemiliki sistem SSL, maka kamu bisa melihatnya langsung dari web browser kamu. Akan muncul ikon berbentuk gembok berwarna hijau di sebelah kiri alamat website tersebut di browser kamu. Selain itu, bagian ‘https’ pun juga akan berwarna hijau pula. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan data-data pribadi kamu ketika kamu memberikannya kepada website itu karena sistem SSL akan menjaga kerahasiaannya.

Baca juga: Amankan Webside Anda Dengan SSL Sebelum Diblokir Google

Terus update website kamu

Biasanya ketika sudah memiliki website, apalagi website perusahaan yang menampilkan profil, fitur, kelebihan dan info-info lainnya, terkadang tidak di-update secara berkala alias didiamkan saja tanpa menambahkan hal baru. Sayangnya dengan kamu melakukan hal itu, keamanan website kamu pun akan tidak terjamin.

Dengan hal itu, kamu sebaiknya terus update website kamu karena sistem CMS yang kamu pakai biasanya akan memberikan update terbaru dalam beberapa waktu tertentu sehingga keamanan website kamu juga akan diperkuat. Terus cek website milik kamu, ya.

Gunakan password yang kuat

Selain memberikan SSL dan juga terus update website, kamu pastinya harus memiliki password ketika ingin membangun website. Untuk password, sebaiknya gunakan kombinasi se-variatif mungkin sehingga keamanan website lebih terjamin. Kombinasikan huruf kapital, huruf kecil, angka hingga tanda baca. Cara ini penting dilakukan agar password kamu tidak mudah ditebak oleh pihak lain yang berniat jahat.

Selalu backup website secara berkala

Bnyaknya data serta informasi yang terkandung di dalam website, jangan pernah lupa untuk melakukan backup website secara berkala. Tapi kamu jangan melakukannya di server situs yang kamu pakai karena tetap saja mudah untuk diretas oleh pihak lain. Sebaiknya kamu melakukan backup di server yang lain sehingga sulit dilacak dan menjadi lebih aman.

Pakai jasa hosting yang terpercaya

Saat memiliki website, kamu tidak bisa melakukannya tanpa memakai jasa hosting. Dan saat ini sangat banyak jasa hosting yang tersedia di internet. Namun, memilih jasa hosting yang nantinya akan digunakan,  sebaiknya lihat dulu review para konsumen yang sebelumnya sudah memakai jasa mereka.

Dengan memakai jasa hosting yang terpercaya, kamu tidak perlu takut akan kualitas website sekaligus keamanannya karena dipastikan jasa hosting akan memberikan yang terbaik untuk kamu.

 

Itulah lima tips untuk meningkatkan keamanan website kamu. Semoga bisa memberikan pencerahan serta bisa kamu terapkan di dalam website kamu sendiri.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia