5 Tokoh Sukses Dibalik Marketplace Terbesar di Indonesia

Perkembangan bisnis di Indonesia semakin hari kian pesat karena perkembangan teknologi yang juga mendukung sektor bisnis. Salah satunya adalah kehadiran marketplace. Apa itu marketplace? Marketplace adalah website atau aplikasi online yang menjadi wadah untuk proses jual beli yang produknya disediakan oleh masyarakat dari kalangan pelaku industri atau pun pribadi.

Marketplace Indonesia menjadi salah satu jenis website yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia setiap harinya. Konsumerisme dan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi menjadi alasan utama marketplace sangat digemari.

Tapi membangun marketplace bukanlah suatu hal yang mudah. Jerih payah, kegagalan di tengah jalan hingga masalah yang datang silih berganti adalah makanan sehari-hari yang harus dihadapi sejak awal. Namun ketika kesuksesan itu datang, semua mata tertuju ke mereka, para tokoh yang berhasil membangun marketplace masing-masing dengan pencapaian yang berbeda-beda. Berikut lima tokoh sukses dibalik marketplace terbesar di Indonesia.

William Tanuwijaya (Tokopedia)

William Tanuwijaya adalah pendiri Tokopedia, marketplace terbesar yang sangat sukses dalam membangun bisnis jual beli di Indonesia. Mulai membangun Tokopedia sejak tahun 2009, William tidak serta merta mendapatkan kesuksesan dengan cepat. Pria kelahiran Pematang Siantar, 37 tahun silam ini, malah sebenarnya sudah berusaha membangun Tokopedia dari tahun 2007, namun momentum yang tepat baru datang dua tahun kemudian.

Seiring berjalannya waktu, Tokopedia baru mendapatkan langkah pertama dalam menyongsong kesuksesan mereka pada tahun 2014 berkat suntikan dana $100 juta dari Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital. Secara perlahan-lahan, Tokopedia mulai mendapatkan sorotan dan sukses menjadi salah satu tujuan masyarakat dalam membeli dan menjual barang yang mereka inginkan.

Baca selengkapnya : Mengenal William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

Achmad Zaky (Bukalapak)

Achmad Zaky adalah pendiri sekaligus CEO Bukalapak yang berhasil menciptakan sebuah pergerakan dalam bisnis marketplace dengan beberapa pencapaian pribadi. Pada awal karirnya, Zaky tidak langsung menjadikan Bukalapak sebagai pegangan bisnisnya. Dia mencoba bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Baru pada tahun 2010, Zaky membangun Bukalapak dari awal.

Dengan nama yang unik dan pergerakan fantastis di pasar marketplace, Zaky berhasil mendapatkan apa yang diinginkan selama ini. Bukalapak sukses menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan mendapat pengakuan dari berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo.

Kusumo Martanto (Blibli)

Kusumo Martanto adalah CEO dari Blibli, perusahaan marketplace yang dimiliki oleh Grup Djarum. Ditunjuk sebagai CEO sejak 2010, Kusumo diberikan kepercayaan dalam membangun Blibli. Dan dia berhasil melakukannya. Blibli sukses berdiri sebagai salah satu marketplace yang bisa berkembang dan menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan besar lainnya seperti NBA untuk menjual produk mereka di Blibli.

Christin Djuarto (Shopee Indonesia)

Dari semua nama di daftar ini, Christin Djuarto adalah tokoh termuda karena dia menduduki jabatan Director Shopee Indonesia pada umur 29 tahun. Namun Christin membangun karirnya di Shopee secara perlahan-lahan dari bawah.

Dari jabatan Head of Operations Shopee, Head of Business Development hingga Director, Christin menunjukkan kapasitasnya sebagai tokoh yang sangat pas menduduki posisi penting seperti itu. Apalagi Shopee adalah perusahaan bertaraf internasional yang juga memiliki cabang di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Sugiharto Darmakusuma (Elevenia)

Sugiharto Darmakusuma adalah CEO Elevenia yang sukses membangun kembali Elevenia setelah dibeli oleh Salim Grup. Dengan usaha kerasnya, Elevenia bisa menjadi salah satu marketplace yang disukai masyarakat karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kapasitas Sugiharto tidak perlu diragukan lagi. Selain menjabat sebagai CEO Elevenia, ada beberapa perusahaan lain yang dia pimpin dan semua berjalan sukses.

 

Itulah lima tokoh sukses dibalik marketplace terbesar di Indonesia yang bisa membawa inspirasi sekaligus mengajarkan kalau berproses adalah kewajiban dalam meniti karir. Bagaimana menurut pendapatmu?

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia