Berbicara mengenai plugin WordPress fungsinya memang beragam, mulai untuk meningkatkan traffic hingga menjaga keamanan website. Untuk mendukung keamanan website yang sedang kamu buat atau kelola, diperlukan pula WordPress backup plugin. Jenis plugin ini memang banyak ditawarkan dan bisa kamu dapatkan secara gratis maupun berbayar. Berikut lima WordPress backup plugin terbaik yang perlu kamu ketahui dan bahan pertimbangan untuk mengamankan website-mu.

BackupBuddy

BackUp Buddy adalah WordPress backup plugin yang sudah lama dikenal banyak kalangan, khususnya pengguna blog dan website. Pada tahun 2010 saja, penggunanya sudah mencapai 1.5 juta dan berhasil mengamankan data dari website para pengguna dengan baik. Plugin ini menawarkan kemudahan dalam melakukan backup data pada website. Kamu tinggal menginstallnya dan melakukan klik beberapa kali, maka proses akan berjalan otomatis.

Keunggulannya adalah proses backup plugin ini secara menyeluruh, sehingga semua file langsung di backup. Bila kamu menggunakan fitur premium, akan ada fitur tambahan penyimpanan gratis hingga 1 GB di Stash Live Storage. Dengan fitur ini kamu bisa melakukan backup secara berkala.

BlogVault

Selain BackupBuddy, BlogVault juga dikenal sebagai salah satu plugin yang paling populer. Keunggulannya adalah semua proses backup dilakukan pada BlogVault server. Keunggulan ini membuat server web hosting tidak terbebani. Lewat fitur inilah BlogVault bisa diandalkan sebagai solusi Software as a Service (Saas). Sementara itu adanya fitur unlimited on-demand memungkinkan proses backup dilakukan hanya memperbarui file yang sudah dimodifikasi saja.

Hal di atas tentu akan menghemat load server sehingga performa semakin optimal. Kamu juga bisa melakukan recover website dengan backup plugin ini. File backup yang tersimpan hingga 90 hari, sehingga kamu bisa melakukan recover website dengan cepat ketika terjadi masalah yang tidak disengaja.

Jetpack Backups

Sebelumnya Jetpack Backups bernama VaultPress yang berdiri sendiri dan dikembangkan oleh WordPress. Namun, kini sudah menjadi bagian dari produk JetPack. Backup plugin ini bisa kamu gunakan secara gratis dan bisa menghemat pengeluaran. Meski gratis, fitur yang ditawarkan pun sangatlah mendukung untuk keamanan dan backup website. Ada beberapa pilihan paket dari JetPack Backups yang disediakan, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan website.  Maka tidak heran bila JetPack Backups juga banyak dipilih oleh banyak orang untuk mengamankan website mereka.

Updraft Plus

WordPress backup plugin selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Updraft Plus. Plugin ini pun bisa kamu dapatkan secara gratis dan bisa digunakan melakukan backup serta menyimpan semua data penting ke dalam server cloud. Updraft Plus memberikan kemudahan mendukung proses backup secara terjadwal dan kamu bisa memilih file mana yang akan di-backup. Jika kamu menggunakan fitur berbayar, maka akan mendapatkan fitur tambahan seperti melakukan migrasi atau clone website, pencarian dan penggantian database, mendukung multisite, serta fitur tambahan lainnya untuk optimalisasi website yang kamu kelola.

BoldGrid Backup

WordPress backup plugin yang bisa kamu pilih adalah BoldGrid. Keunggulannya dari plugin lainnya adalah langkah-langkahnya yang cukup sederhana. Plugin ini bisa kamu gunakan untuk melakukan proses backup dan restore saat terjadi crash. BoldGrid bisa melakukan backup secara otomatis maupun manual.  Fitur yang ada berikutnya adalah proteksi kesalahan. Dengan adanya fitur ini ketika proses update gagal, website secara otomatis kembali ke versi terakhir sebelum kamu melakukan update. Jadi, data tidak otomatis hilang.

Acronis Cloud Backup

Acronis Cloud Backup merupakan salah satu software backup terkemuka yang memberikan keamanan data terbaik, dan sangat mudah dalam merecovery data saat terjadi masalah. Penggunaan Acronis ditujukan kepada UMKM sampai dengan perusahaan besar yang ingin data mereka terjamin keamanannya. Acronis Backup juga memiliki fitur unggulan, salah satunya adalah Acronis dapat melakukan backup harian secara otomatis, sehingga akan membuat data-data kamu akan semakin aman.

Sebagai layanan Cloud Hosting kelas dunia yang telah tersertifikasi ISO 27001, keamanan data website pelanggan sangat  penting. Dewaweb memberikan perlindungan terbaik untuk semua website pelanggan, yaitu dengan menyediakan Acronis Cloud Backup secara gratis. Cukup dengan membeli paket Hosting di Dewaweb, Anda bisa mendapatkan Acronis Cloud Backup yang akan membuat website Anda menjadi lebih aman.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Plugin WordPress Sendiri dengan Mudah

Selain menggunakan WordPress backup plugin untuk mendukung optimalisasi website, kamu juga perlu menggunakan layanan penyedia internet dan hosting terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam melakukan backup website

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia