Internet di era modern ini bukan lagi hal yang langka. Hampir setiap orang kini menggunakan internet. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan menjadi lebih mudah dengan menggunakan internet. Jika dulu berbelanja atau berbisnis harus secara real bertemu konsumen, kini bisa dengan cara online. Untuk kamu yang berbisnis online tentunya akan membutuhkan sistem yang bisa membuat Invoice atau Faktur tagihan.

Contohnya kamu mempunyai blog yang sudah ramai dikunjungi dan berpotensi untuk menghasilkan uang melalui iklan, maka akan menyediakan slot iklan untuk disewakan. Tentunya yang dimaksud disini adalah iklan mandiri bukan dari Google AdSense. Jika ada pengiklan yang tertarik menaruh iklan di blog kamu, dan saat masa iklan sudah habis, tentunya kamu harus membuat invoice untuk dikirimkan ke pengiklan melalui invoice plugin. Hal ini agar pengiklan bisa tahu jika iklan mereka sudah saatnya di perpanjang atau di hentikan.

Memang mengirimkan tagihan kepada pengiklan bisa kamu lakukan secara manual, tapi jika kamu ingin terlihat lebih profesional maka sebaiknya menggunakan invoice. Mungkin pengiklan sendiri yang akan meminta invoice untuk bukti pembayaran mereka. Selain memudahkan dalam mengirimkannya, invoice online memiliki beberapa manfaat.

Data mengenai berapa banyak uang yang didapatkan tahun lalu, siapa saja pelanggan yang melakukan pembayaran lebih cepat dan data lainnya bisa kamu dapatkan melalui invoice online tanpa perlu bantuan analis ataupun konsultan keuangan. Dengan mengetahui seluruh informasi tersebut, kamu akan lebih mudah membuat strategi bisnis untuk mengembangkan bisnis. Dengan menggunakan invoice online, kamu tidak perlu lagi repot ketika audit dadakan. Karena, seluruh data invoice akan tersimpan lebih rapi di dalam sistem yang ada.

Berikut ini terdapat 5 WordPress invoice plugin terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat invoice di situs WordPress.

Sprout Invoice

Invoice-plugin
[Foto: WordPress.org]
Sprout Invoice diciptakan oleh Sprout Apps. Plugin ini merupakan bagian dari suite yang lebih besar dari aplikasi yang memang dirancang untuk membantu memudahkan operasi bisnis. Plugin ini hadir dalam dua versi, yaitu versi yang gratis dan versi premium. Versi gratis dari plugin ini telah memiliki banyak fitur. Misalnya, memiliki estimasi dan faktur alur kerja yang intuitif, plugin ini juga memiliki antarmuka pembayaran yang benar-benar nyaman untuk klien. Klien dapat membayar melalui berbagai gateway termasuk Cek dan PayPal.

Kamu dapat membuat banyak estimasi dan faktur untuk klien sebanyak yang kamu inginkan atau dibutuhkan. Invoice plugin ini juga dilengkapi dengan template dan pemberitahuan yang dapat disesuaikan. Banyak pilihan manajemen untuk pembayaran klien. Versi premium dari Sprout Invoice ini meliputi laporan lanjutan, kemampuan untuk menerima pembayaran deposit dan untuk pembayaran Stripe, integrasi dengan Gravity Forms dan banyak lagi.

Invoice King Pro

Plugin WordPress untuk membuat Invoice berikutnya adalah Invoice King Pro. Plugin ini akan memudahkan untuk membuat faktur yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu. Kamu dapat memilih dari berbagai tema invoice, bukan hanya dalam hal palet warna, tetapi juga dalam hal memilih tata letak dan gaya secara keseluruhan.

Baca Juga : 5 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Install

Invoice plugin ini juga dilengkapi dengan berbagai pengaturan. Misalnya, kamu bisa membuat beberapa bidang yang telah ditetapkan yang akan muncul pada semua faktur. Nantinya kamu tidak perlu memasukkan secara manual setiap waktu. Mengatur jumlah kolom yang diinginkan, mengubah konten, dan juga memasukkan perhitungan dengan spesifikasi tersendiri. Kamu dapat menyimpan informasi klien, sehingga dapat memilih mereka lagi dari menu drop down.

Setelah kamu membuat faktur, kamu dapat menyimpannya sebagai PDF untuk mengirimkan filenya via email. Atau kamu dapat menyimpannya ke desktop untuk catatan pribadi, mencetaknya, atau apapun yang ingin kamu lakukan. Jika kamu tidak ingin mengirimkan ke email pengguna sebagai lampiran PDF, maka kamu bisa mengirim email dari dalam dashboard WordPress. Kamu hanya perlu memasukkan email klien dan mengirimkan laporan invoice. Selain itu juga dapat mengubah baris subjek dan pesan untuk setiap klien dan setiap faktur yang kamu kirimkan.

Setelah Invoice dibayar oleh klien, kamu hanya perlu memilih opsi telah dibayar lunas dan secara otomatis akan mengirim pemberitahuan kepada klien. Ini adalah sistem yang mudah dan bagus, jika ingin fitur yang lebih lengkap. Invoice plugin ini juga menyediakan versi premium.

SprInvoice

Invoice-plugin
[Foto: WordPress.org]
Jika kamu ingin solusi dengan invoice sederhana maka sprInvoice merupakan pilihan yang tepat buat kamu. Dengan invoice plugin ini kamu bisa membuat faktur dengan lebih cepat dari dashboard. Ini mungkin tidak menawarkan fitur yang banyak tetapi tentunya cukup untuk mengirim faktur kepada klien.

WP-Invoice

Pilihan invoice plugin yang paling populer adalah WP-Invoice. Membuat faktur dalam admin situs yang kamu miliki dan kemudian kamu dapat mengirim email ke klien dengan deskripsi faktur. Email ini juga berisi link ke faktur, yang di-host di situs yang kamu miliki. Dari sana, klien dapat membayar tagihan melalui PayPal atau kartu kredit. Kamu juga dapat mengirim pemberitahuan bahwa tagihan telah dibayarkan.

WP-Invoice ini sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa fitur yang dapat dibeli secara individu atau sendiri. Pertama, terdapat Single Page Checkout sehingga cukup memudahkan untuk membuat satu halaman form checkout yang menerima pembayaran melalui berbagai gateway pembayaran. Harga untuk versi premium dari plugin ini sekitar $200 untuk semua fitur andalannya.  Tapi kamu juga bisa membeli fitur-fitur dari plugin WP-Invoice ini secara terpisah.

Woocommerce PDF Invoice & Packing Slips

Invoice-plugin
[Foto: WordPress.org]
Jika kamu menggunakan WooCommerce untuk membuat situs toko online di WordPress maka kamu pasti dapat memanfaatkan WooCommerce PDF Invoice & Packing Slips Plugin sebagai invoice plugin. Syncs lebih sempurna dengan WooCommerce. Dengan plugin ini setelah klien menyelesaikan pemesanan, maka Invoice konfirmasi dalam bentuk PDF nantinya akan dikirim ke Email Pelanggan.

Invoice Plugin ini sudah menyediakan template default tapi kamu dapat membuat template sendiri yang sesuai keinginan. Kamu juga dapat men-download PDF faktur atau slip yang sudah dibuat dari halaman admin WooCommerce. Plugin ini juga memungkinkan bagi kamu untuk membuat faktur massal. Selain itu juga dapat memberikan pilihan kepada pengguna untuk men-download faktur dari Halaman “My Account.” Fitur lain termasuk penomoran faktur berurutan, HTML kustom dan banyak pilihan bahasa.

Penjelasan di atas adalah mengenai 5 WordPress invoice plugin yang dapat kamu pilih untuk membuat invoice atau faktur online di WordPress. Dengan plugin tersebut, invoice yang kamu akan terlihat lebih profesional dan pastinya tidak memberatkan hosting website. Kamu bisa mengunduh gratis dengan mengunjungi link plugin tersebut atau membeli yang versi premium jika kamu membutuhkan fitur yang lebih lengkap. Kamu dapat memilih plugin mana yang akan kamu gunakan untuk WordPress yang kamu miliki.

Tampilan situs yang memudahkan bukan hanya untuk pengunjung situs tapi juga untuk klien akan menjadi nilai tambah. Hal ini akan membuat situs WordPress yang kamu miliki terlihat lebih profesional dan memudahkan. Pilihlah plugin yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia