6 Fitur Bahasa Pemrograman C++ Untuk Pemula

Dalam dunia IT khususnya jaringan komputer, bahasa pemrograman C++ yang berorietasi pada objek. Hal ini berbeda dari bahasa pemrograman C generasi sebelumnya yang merupakan bahasa pemrograman yang bersifat prosedural. Kemunculan bahasa pemrograman ini sebenarnya sudah muncul di tahun 1980-an dan dicetuskan oleh Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories. Hingga sekarang, bahasa pemrograman C++ terus mengalami penyempurnaan. Apa saja fitur unggulan yang ditawarkan untuk pemula? Simak ulasannya berikut.

Keunggulan fitur bahasa pemrograman C++

Kamu tentu sudah mengetahui apa itu bahasa pemrograman C++ dalam poin pertama di atas. Lantas, apa saja keunggulan fitur bahasa pemrograman C++ ini bisa kamu simak dalam beberapa poin di bawah ini? Bila dirangkum, setidaknya ada enam poin baik khususnya dari segi penggunaan.

  • Memiliki fitur yang portabel

Bahasa pemrograman C++ memang banyak digunakan di dunia saat ini dan memiliki dukungan dari standar yang ditetapkan oleh American National Standard Institute (ANSI). Kode yang kamu buat dalam satu sistem operasi dapat juga digunakan pada platform lainnya. Semisalnya saja menggunakan Microsoft Windows bisa dikompilasi menggunakan Linux. Jika terdapat perubahan pun pada kompilasi tersebut, itu sangat sedikit atau bahkan tidak perlu adanya perubahan sama sekali.

  • Orientasi pada objek

Jenis bahasa pemrograman ini juga berorientasi pada objek. Hal ini bisa dilihat pada adanya style OOP yang ada. Dengan demikian, proses pembuatan aplikasi pun dapat menjadi lebih mudah. Adanya tutorial akan semakin memudahkanmu dalam membuat bahasa pemrograman hingga proses maintenance. Tentu saja, cara seperti ini lebih banyak dipilih oleh para programmer.

  • Bahasa pemrograman yang terstruktur

Bahasa pemrograman C++ bisa mengkompilasi langsung ke dalam sebuah kode asli mesin. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang terstruktur dan cepat bila dioptimalkan. Masalah pengkodean dapat lebih mudah dan terpecahkan, sebab dapat dipecah menjadi dalam beberapa bagian terkecil. Sehingga lebih mudah untuk dikoreksi jika terjadi kesalahan. Bahasa pemrograman ini pun memiliki fleksibilitas yang singkat dalam pengetikan sebuah kode yang dibuat.

  • Lebih simpel

Sebenarnya cara kerja bahasa pemrograman C++ ini hampir sama dengan generasi sebelumnya atau bahasa pemrograman C. Namun, banyak yang merasa bila membuat program ini lebih mudah. Terutama kalau kamu sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman sintaksis yang rumit, maka menggunakan bahasa pemrograman C++ adalah pilihan yang tepat.

  • Dukungan library yang lengkap

Selain keunggulan di atas, bahasa pemrograman C++ juga didukung dengan library yang lengkap pada website tertentu yang mendukung bahasa pemrograman ini. Sebut saja seperti SourceForge yang mampu menghasilkan sekitar 3000-an hasil untuk library C++. Melihat potensinya yang begitu besar, maka bisa dikatakan bahasa pemrograman ini sangatlah lengkap.

  • Mudah digunakan

Lalu, apakah bahasa pemrograman C++ ini bisa diandalkan untuk pemula? Jawabannya adalah iya. Sama halnya seperti bahasa pemrograman Java, kamu pun bisa melakukan exception handling dengan mudah. Selain digunakan untuk perangkat keras, bahasa pemrograman C++ juga dapat dikembangkan dalam sebuah website hingga aplikasi lainnya.

Baca Juga: 5 Bahasa Pemrograman Populer di Dunia

Kesimpulan dari ulasan di atas adalah, bahasa pemrograman C++ memiliki keunggulann tersendiri terutama sebagai latihan bagi para pemula untuk membuat sebuah aplikasi pada perangkat keras maupun website. Untuk website, selain membutuhkan bahasa pemrograman yang baik kamu juga perlu menggunakan layanan hosting terbaik dan terpercaya agar keberlangsungan website berjalan dengan baik.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia