7 Plugin Sitemap Terbaik di WordPress

Bagi seorang blogger tentunya sudah tidak asing dengan istilah sitemap. Apa itu sitemap? Sitemap berisi informasi mengenai URL-URL pada situs, seperti sebuah peta untuk search engine. Sitemap digunakan pemilik website untuk memberitahu mesin pencari termasuk google tentang halaman-halaman yang ada di website mereka. Untuk membuat sitemap, ada banyak plugin sitemap terbaik WordPress yang bisa kamu gunakan.

Meskipun sangat penting, ternyata masih banyak pemilik website yang belum menggunakan fungsi sitemap dengan baik. Mungkin diantaranya belum mengerti tentang sitemap atau memang menganggap  sitemap tidak perlu digunakan karena sudah memiliki alat navigasi yang lebih baik dan lebih cepat. Namun, apapun alasannya pandangan kamu mengenai hal ini juga tidak bisa dibenarkan sepenuhnya, karena jika melihat dari sudut pandang SEO sitemap ini sangat diperlukan untuk saat ini.

Alasan kenapa kamu membutuhkan sitemap:

  • Jika kamu menggunakan sitemap, domain website dan halaman website lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, selain itu juga lebih cepat untuk proses indexing-nya.
  • Jika terdapat perubahan di struktur website yang kamu miliki, sitemap akan memberikan informasi pada mesin pencari.
  • Mesin pencari akan lebih suka dengan website, karena sebenarnya sitemap ini membantu mesin pencari untuk melakukan indeks website besar yang mempunyai banyak sekali halaman yang tidak terstruktur atau tidak interlinked.

Plugin sitemap terbaik WordPress

Dari ketiga point diatas tentunya sudah menjadi alasan kuat mengapa sitemap tersebut sangat penting dan kenapa kamu harus membuat sitemap untuk website WordPress. Berikut ini ada 7 plugin sitemap terbaik WordPress yang bisa kamu coba.

Yoast SEO (Gratis & Berbayar)

plugin-sitemap-terbaik-wordpress.jpg
[Foto: Ekaw.info]
Plugin SEO WordPress ini sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan. Yoast SEO ini sebagai salah satu plugin WordPress yang sangat popular. Kini Yoast SEO ini sudah di install lebih dari 5 juta website yang aktif berada di seluruh dunia. Tidak heran kalau banyak orang yang menjatuhkan pilihannya pada bagian plugin SEO WordPress tersebut, karena Yoast ini mempunyai fitur yang powerfull serta user friendly. Terlebih untuk kamu yang masih pemula dengan masalah optimasi SEO, dengan memiliki interface yang mudah dipahami, Yoast SEO tersebut sangatlah memungkinkan untuk kamu bisa menambahkan SEO Title, Slug URL, Meta Description & Meta yang terdapat pada setiap artikel ataupun halaman yang akan kamu publish. Terlebih Yoast SEO ini mempunyai fitur yang bisa menuntunmu untuk melakukan optimasi keyword SEO Title, Slug URL & Meta Description.

All in One SEO Pack (Gratis dan Berbayar)

Berikutnya yaitu ada All in One SEO yang kini juga sangat populer, sampai dengan saat ini plugin tersebut sudah di install lebih dari 3 juta website. Kalau kamu melihat dari segi fitur yang ditawarkannya plugin SEO WordPress yang satu ini juga tidak kalah powerfull. All in One SEO Pack ini tidak hanya dilengkapi dengan dukungan sitemap XML, optimasi SEO Title, Meta tag, dll. Akan tetapi untuk plugin SEO WordPress yang satu ini, sangat memungkinkan website yang kamu miliki bisa terintegrasi dengan Google Analytics. Sehingga, kamu bisa memantau traffic website kamu kapanpun.

SEO Ultimate (Gratis & Berbayar)

plugin-sitemap-terbaik-wordpress
[Foto: Wpkamt.com]
Plugin sitemap terbaik WordPress berikutnya adalah SEO Ultimate, ini juga sangat recommended buat kamu sobat. Meskipun plugin yang satu ini penggunanya masih standar di angka ratusan ribu, akan tetapi ini plugin juga bagus untuk kamu gunakan. Plugin SEO yang satu ini juga memberikan penawaran yang cukup menarik dan dikemas dengan bentuk modules. Nah modules tersebut diataranya yaitu ada Rich Snippet Creator, 404 Monitor, Slug Optimizer, Permalink Tweaker dan Canonicalizer, Link Mask Generator dsb.

Baca Juga : Cara Mengatur Plugin ‘All In One SEO Pack’ untuk WordPress

FV Simpler SEO Pack (Gratis)

Berikutnya yaitu ada FV Simpler SEO Pack, untuk pengguna aktif dari plugin SEO yang satu ini hanyalah ribuan saja. Akan tetapi kamu tak perlu ragu menggunakan plugin ini , karena FV Simpler SEO Pack ini memiliki keunikan tersendiri, plugin yang satu ini menawarkan interface yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Sangat cocok sekali, untuk kamu yang masih pemula dan ingin mendalami dunia SEO.

Scribe (Gratis)

plugin-sitemap-terbaik-wordpress
[Foto: Scribe-seo]
Scribe, ya mungkin belum begitu akrab di telinga kamu. Namun perlu untuk kamu ketahui bersama bahwa plugin SEO WordPress yang satu ini juga tidak bisa kamu anggap sebelah mata. Hal ini karena tidak hanya menyuguhkan fitur untuk optimasi, akan tetapi dalam hal ini Scribe juga menyediakan fitur riset yang dapat membantu optimasi SEO.

SEO Friendly Images (Gratis)

Jika kamu suka menulis artikel listicle yang menggunakan banyak gambar dan memberikan tambahan alt image dan title di setiap gambar yang kamu upload. Maka menggunakan plugin SEO friendly images ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan kamu memakai plugin ini maka sangat besar peluang bisa masuk ke halaman pertama mesin Pencari.

Google XML Sitemap (Gratis)

Nah untuk kamu yang menginginkan website bisa unggul di search engine, pastikan menggunakan Google XML sitemap di website-mu. Plugin sitemap ini sudah datang dengan pengaturan default. Jadi kamu bisa menggunakannya secara gratis. Sitemap sendiri memiliki fungsi untuk memudahkan search engine yaitu seperti Google, Yahoo dan Bing dalam mengecek struktur website kamu. Sehingga, search engine tersebut bisa melakukan indeks terhadap website kamu menjadi lebih baik lagi.

Cara Membuat Sitemap WordPress dengan Google XML Sitemaps

Seperti yang kamu tahu bahwa sitemap.xml ini sebagai sebuah halaman yang memberikan informasi berkaitan dengan link-link dari website, yang digunakan search engine untuk melakukan crawling. Dengan itu, tentunya search engine seperti Google, Bing atau Yahoo akan dapat  menjelajah dan menelusuri halaman-halaman yang ada di dalamnya.

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat sitemap.xml yang ada di WordPress. Sebenarnya untuk membuat sitemap ini ada banyak cara, tapi untuk saat ini akan dijelaskan mengenai cara membuat sitemap dengan salah satu  plugin sitemap terbaik WordPress yaitu Google XML Sitemaps. Berikut ini untuk langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Login ke wp-admin
  • Kedua kamu Masuk ke menu “plugins” selanjutnya pilih “add new”
  • Cari plugin “Google XML Sitemaps” yang berada di kolom pencarian selanjutnya kamu bisa klik install
  • Setelah aktif plugin “Google XML Sitemaps“, maka kamu bisa mengkonfigurasikan pada menu “Settings > XML-sitemap”
  • Setelah semuanya berhasil untuk di konfigurasikan maka silahkan klik “Update Option” pada paling bawah
  • Silahkan kamu periksa halaman sitemap dengan akses http://namadomain.com/sitemap.xml maka kamu akan mengetahui hasilnya.

Bagaimana dengan cara yang kami bagikan diatas? Kamu tentunya sudah paham mengenai cara membuat sitemap ini. kamu juga bisa memilih beberapa plugin sitemap terbaik WordPress seperti yang kami informasikan diatas. Semoga bermanfaat.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia