11 Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah dan Gratis

11 Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah dan Gratis

Cara menambah followers IG dapat dilakukan secara gratis dan mudah. Dulu, cara paling umum untuk menaikkan followers Instagram adalah dengan melakukan follow for follow. Namun, kini algoritma Instagram sudah semakin canggih sehingga cara tersebut mulai tidak relevan lagi.

Memiliki banyak followers di Instagram memang terbilang sangat penting, terlebih bagi akun bisnis. Jumlah followers menjadi salah satu sinyal akan popularitas dan kepercayaan yang tinggi terhadap suatu brand atau bisnis. Banyaknya followers mampu meningkatkan visibilitas merek dan menarik minat calon pelanggan.

Jumlah followers juga dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna lain, seperti jumlah like, komentar, dan share. Semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin besar pula peluang untuk menghasilkan penjualan.

Mungkin kemudian kamu berpikir untuk membeli followers agar cepat dan instan. Padahal, menambah followers Instagram dapat dilakukan secara gratis. Yuk simak beberapa caranya berikut ini!

Cara Menambah Followers Instagram dengan Gratis

Ada beberapa cara untuk tambah followers Instagram seperti tidak memprivat akun, memperbaiki profil instagram, posting konten saat jam ramai, hingga memanfaatkan berbagai fitur Instagram.

1. Jangan mengunci akun

Pertama, jika kamu ingin followers-mu bertambah secara organik maka jangan memprivat akun. Memprivat akun berarti secara tidak langsung kamu tidak ingin banyak orang melihat postingan-mu. Akun yang tidak privat akan mempermudah konten mendapat banyak like, bahkan bisa saja masuk ke explore IG sehingga makin banyak orang tahu akan akunmu.

Kemudian jika akun yang ingin kamu naikkan followers-nya adalah akun milik perusahaan, maka kamu wajib mengubahnya menjadi akun Instagram for Business. Hal ini penting karena akan terlihat lebih profesional serta ada banyak fitur Instagram Bisnis yang akan bermanfaat untuk mengetahui insights Instagram.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Instagram Bisnis & Tips Berjualan di IG

2. Perbaiki profil Instagram

Profil Instagram yang jelas akan membantu pengguna IG mengetahui siapa kamu sebenarnya. Maka dari itu, penting untuk mengonfigurasi profilmu dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Memakai username Instagram yang mudah diingat. Jika akun bisnis, pakailah username yang merepresentasikan bisnismu.
  • Menggunakan desain logo sebagai foto profil Instagram.
  • Tuliskan bio Instagram yang menjelaskan tentang bisnismu, kamu juga bisa mengubah font bio Instagram agar lebih menarik.
  • Gunakan CTA, terlebih jika ada promo yang sedang berlangsung.
  • Tambahkan tautan ke website bisnis milikmu jika ada.
  • Manfaatkan highlight dari story yang mengandung hal-hal penting seperti promo atau produkmu.

cara menambah followers ig - profil bio ig dewaweb

3. Memiliki konten menarik dan berkualitas

Menciptakan konten yang menarik dan relevan dengan target audiensmu adalah salah satu cara menambah followers IG secara organik. Namun, kamu harus tahu karakter audiens dengan baik. Lakukanlah riset pasar dan analisis untuk mengetahui minat, kebutuhan, dan preferensi mereka.

Selain memastikan kontenmu sudah menarik dan berkualitas, sesuaikan juga jenis konten Instagram milikmu dengan preferensi audiens. Ada banyak tipe konten seperti polling, reels, live, IGTV, konten meme, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, kamu juga bisa mempercantik tampilan feeds Instagram kamu agar pengunjung lebih betah melihat profilmu.

Baca Juga: Mau Buat Feed Instagram Aesthetic? Ikuti 5+ Cara Ini!

4. Posting saat prime time

Memiliki konten menarik dan berkualitas saja belum cukup, kamu harus mengunggahnya di puncak jam ramai atau disebut prime time. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan A/B testing yaitu mem-posting konten yang sama pada jam yang berbeda.

Dari sana kamu bisa mengetahui mana konten yang memiliki engagement lebih tinggi. Jika sudah tahu, kamu bisa lebih sering mem-posting konten di jam tersebut. Selain post saat prime time, kamu juga bisa mengikuti algoritma Instagram agar engagement Instagram milikmu bisa lebih tinggi.

Jika menggunakan Instagram Bisnis akan lebih menguntungkan karena akan ada grafik untuk mengetahui waktu mana yang menghasilkan engagement tertinggi. Dengan memiliki pengetahuan ini, kamu bisa memprediksi kapan waktu yang tepat untuk memposting.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

5. Manfaatkan berbagai fitur Instagram

Ada berbagai fitur Instagram seperti stories, IGTV, atau reels yang disediakan oleh platform media sosial untuk meningkatkan daya tarik konten. Manfaatkanlah fitur tersebut dengan baik. Kamu bisa mencocokkan fitur mana yang paling sesuai dengan kontenmu.

Misalnya jika kamu memiliki konten tutorial, lebih baik mengunggahnya di Instagram TV (IGTV) karena bisa berdurasi sampai 15 menit. Sementara jika kamu hanya ingin mengunggah konten ringan, Instagram Story bisa menjadi opsi terbaik.

6. Sinkronisasi Instagram dengan media sosial lain

Ini mungkin merupakan cara menambah followers IG gratis paling mudah. Kamu cukup melakukan sinkronisasi akun IG-mu dengan akun media sosial milikmu yang lain, misalnya Twitter atau Youtube. Ada kemungkinan jumlah pengikut kamu di media sosial lain sudah cukup banyak sehingga kesempatan untuk mempromosikan akun Instagram dan mendapatkan followers lebih besar.

Keuntungan lainnya dari sinkronisasi media sosial ini adalah berkurangnya beban untuk memasang post di masing-masing media. Pengguna media sosial lain bisa mengunjungi akun Instagram kamu dengan lebih mudah sehingga bisa meningkatkan traffic akun dan juga mendapatkan followers dan likes yang lebih banyak.

7. Adakan kuis atau giveaway

Kamu bisa coba mengadakan kuis atau giveaway dengan syarat utama mem-follow akun Instagram-mu. Cara ini tentu saja bisa meningkatkan jumlah followerslikesexposure akunmu, dan bahkan peningkatan penjualan produk.

Adakan kuis dengan syarat yang mudah seperti menjadi followers media sosialmu, memberikan like atau komentar di salah satu fotomu, atau menggunakan hashtag yang spesifik. Kamu bisa mempromosikan kuis ini ke media sosial lainnya dan meminta followers-mu untuk tag temannya sehingga jumlah  followers kamu semakin bertambah.

Baca Juga: 15 Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Bisnis

8. Pakai caption menarik

Setiap konten yang diunggah pastinya memerlukan sebuah caption baik hanya pemanis atau bahkan caption penting untuk menjelaskan sesuatu. Dalam pembuatan caption ini juga tidak bisa sembarangan karena tujuan caption untuk menggugah pembaca sehingga engagement Instagram ikut meningkat. Jadi, sebaiknya gunakanlah caption menarik dan unik namun tidak terlalu panjang. Kamu juga bisa memberikan CTA di akhir caption postinganmu.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

9. Gunakan hashtag yang sesuai

Penggunaan fitur tanda pagar (#) atau hashtag yang dipopulerkan oleh media sosial Twitter bisa menjadi salah satu cara menambah followers IG gratis yang paling efektif. Instagram memiliki fitur pencarian hashtag yang dapat memudahkan kamu melakukan pencarian hashtag yang populer dan sesuai dengan bisnis atau niche Instagram kamu.

Dengan menggunakan hashtag ini akan membantu kirimanmu dilihat oleh pengguna yang belum mengikuti akunmu namun sedang mencari foto yang berkaitan dengan bisnis atau industrimu. Buatlah hashtag yang jelas, mudah dimengerti, dan berkaitan dengan bisnis kamu. Jangan gunakan singkatan yang tidak semua orang mengerti dan gunakan kalimat singkat dan padat.

Baca Juga: Apa Itu Hashtag? Cara Kerja, Contoh, dan Manfaatnya untuk Promosi

10. Gunakan tag lokasi

Manfaatkanlah fitur tag lokasi agar konten tersebut bisa ditemukan oleh lebih banyak pengguna Instagram. Cara kerja fitur tag adalah dengan mengelompokkan postingan berdasarkan lokasi yang sama.

Jika ada pengguna yang sedang melihat suatu lokasi di Instagram, maka postingan milikmu juga berpotensi dilihat oleh pengguna tersebut. Penggunaan fitur lokasi ini juga perlu disesuaikan karena hanya bisa menggunakan satu tag lokasi dalam satu postingan.

11. Gunakan aplikasi penambah followers

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk tambah followers IG adalah menggunakan aplikasi penambah followers. Beberapa nama APK penambah followers gratis yang bisa kamu coba seperti Real Followers & Likes via Tag, Get Real Followers Fast Likes, Gogram.id, dan Pengikut.id.

Yuk Terapkan Cara Tambah Followers Instagram di Atas!

Itulah beberapa cara menambah followers IG dengan mudah dan gratis. Cara-cara di atas tentu saja tidak akan membuahkan hasil dengan instan. Kamu harus menerapkannya dengan disiplin dan konsisten.

Jika ingin hasil yang cepat, kamu bisa menggunakan bantuan Instagram Ads. Cara ini terbilang lebih efektif untuk menambah followers Instagram namun tentu saja tidak gratis. Sebaiknya kamu menggunakan cara ini ketika memiliki budget lebih saja.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!