Mengenal Apa itu Comodo SSL, Jenis, dan Kegunaannya

Mengenal Apa itu Comodo SSL, Jenis, dan Kegunaannya

Pernah mendengar istilah Comodo SSL? Sebagai informasi, Comodo SSL adalah sertifikat SSL jenis DV milik brand Comodo yang sangat mudah digunakan pada website karena hanya memerlukan verifikasi email.

Pembuatan sertifikat ini hanya memerlukan proses 10 menit dan terbilang hemat untuk mengamankan transaksi pelanggan kamu. Lebih penting lagi, pelanggan kamu akan yakin bahwa aman untuk berbisnis denganmu karena informasi sensitif dienkripsi dan tetap bersifat pribadi.

Yuk cari tahu lebih lengkap seputar SSL ini mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga kegunaannya di artikel ini!

Apa Itu Comodo SSL?

comodo ssl adalah

Comodo SSL adalah salah satu brand penyedia sertifikat Secure Socket Layer (SSL) yang ada di Indonesia dengan lebih dari 700 ribu pelanggan sejak beroperasi di tahun 1998. Dengan menggunakan SSL ini, informasi sensitif dan krusial seperti nomor kartu kredit, password, dan data penting lain pengunjung website dapat terlindungi.

SSL merk ini tidak hanya menyediakan sertifikat SSL tetapi juga code signing, malware scanning, PCI signing, serta vulnerability assessment.

Adapun pengertian SSL adalah sebuah teknologi yang memberikan keamanan bagi kamu yang menjadi pengelola sebuah website. SSL bekerja dengan cara mengenkripsi informasi dari ujung ke ujung sehingga aman tanpa ada bocor data ke pihak ketiga. Berikut ini kita akan bahas jenis-jenis SSL serta kegunaannya.

Baca Juga: Apa Itu SSL? Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk Website

Jenis SSL

Sempat disinggung sebelumnya tentang DV, berikut adalah jenis SSL secara umum yang terbagi menjadi tiga tipe:

1. Domain Validation (DV)

Ini merupakan jenis SSL yang berada di level dasar. Sertifikat ini cocok untuk website yang hanya membutuhkan enkripsi. Selain harganya yang lebih murah, aktivasi SSL-nya juga cepat, hanya dalam hitungan menit.

Cara aktivasinya juga mudah, kamu hanya perlu melakukan verifikasi email untuk membuktikan bahwa sebuah domain adalah milikmu sendiri.

DV sangat cocok dan direkomendasikan untuk kamu yang punya website bisnis dan organisasi berukuran kecil.

2. Organization Validation (OV)

Naik satu tingkat dari DV, SSL jenis OV merupakan jenis sertifikat di level keamanan menengah. Untuk mendapatkannya, perusahaan kamu harus menjalani pemeriksaan bisnis ringan.

Proses pemeriksaannya bisa berlangsung sampai tiga hari. Hal ini karena semua informasi bisnis milikmu harus diverifikasi terlebih dahulu.

OV sangat cocok dan direkomendasikan untuk kamu yang memiliki website bisnis dan organisasi skala menengah.

3. Extended Validation (EV)

SSL jenis EV adalah yang teratas dengan level keamanan tertinggi. Sertifikat EV menjamin keamanan websitemu dari serangan siber seperti phishing, penipuan email, dan lainnya.

EV sangat cocok dan direkomendasikan untuk kamu yang memiliki website bisnis dan organisasi skala besar dengan trafik tinggi.

Untuk persyaratan pendaftaran domain yang paling mudah adalah DV. Sementara OV dan EV memerlukan beberapa dokumen penting agar dapat di-review dahulu oleh pihak SSL.

Jenis Comodo SSL dan Kegunaannya

Setelah mengetahui jenis SSL secara umum, berikut ini Dewaweb sudah rangkum jenis-jenis produk dari SSL dari brand ini beserta kegunaannya. Langsung simak, ya!

1. Comodo EV Multi-Domain SSL Certificate

Sertifikat SSL yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki e-commerce dengan traffic yang cukup tinggi.

Situs yang menggunakan sertifikat SSL jenis ini akan mendapatkan perlindungan tingkat tinggi dengan green bar yang menonjolkan nama perusahaan atau organisasi kamu pada Addres Bar Browser.

Sebagai perusahaan yang terpercaya, pelanggan kamu akan dengan cepat mengidentifikasi bisnismu. SSL jenis ini memiliki tingkat enkripsi mencapai 256-bit dengan root certificate 2048-bit.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi SSL untuk SEO dan Keamanan Website

2. EV SSL Certificate

SSL tipe Extended Validation (EV) ini memberikan tingkat keamanan, kepercayaan, dan otentifikasi tertinggi sehingga bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan untuk melakukan transaksi online. Melalui perangkat ini, address bar di browser akan berubah menjadi hijau dan menonjolkan nama perusahaan atau organisasi kamu.

Baca Juga: Cara Memasang SSL di cPanel bagi Pemula

3. Multi-Domain SSL Certificate

Sertifikat Comodo SSL Multi-Domain ini didukung fitur SAN (Subject Alternative Name) yang akan mengamankan domain/subdomain dengan nama berbeda atau sama.

Untuk subdomain yang bisa diamankan bahkan mencapai 25 subdomain dan hanya perlu satu sertifikat SSL. Hemat bukan? Kekuatan enkripsi sertifikat SSL Multi-Domain ini mencapai 256-bit dengan kompatibilitas browser 99.3 persen.

4. Comodo Multi-Domain Wildcard SSL

Sertifikat Comodo SSL jenis Multi-Domain Wildcard hadir dengan kecanggihan multi fungsi karena memiliki dua tipe yaitu Multi-Domain dan Wildcard.

Multi-Domain akan mendukung fitur SAN sehingga bisa melindungi domain/subdomain dengan nama yang berbeda hingga 25 nama. Sedangkan Wildcard akan melindungi subdomain dengan nama yang sama di domain utama secara tidak terbatas. Fantastis, bukan?

Baca Juga: Kenali Let’s Encrypt SSL untuk Menaikkan Peringkat Website

5. Comodo Unified Communications (UCC) Wildcard

Berbeda dari jenis sebelumnya, Comodo Unified Communications (UCC) Wildcard memungkinkan kamu menghemat biaya. Namun, kamu tetap bisa menggunakan banyak fitur di dalamnya. Selain mendukung fitur SAN, sertifikat SSL jenis ini juga mendukung Office Communication dan Microsoft Exchange.

6. Comodo Positive SSL Certificate

Jika kamu masih baru mau mencoba menggunakan HTTPS, maka Comodo SSL ini bisa dengan cepat didapatkan dengan harga yang cukup murah.

SSL Certificate jenis ini memiliki kekuatan enkripsi 128-bit hingga 256-bit dengan 2048-bit root certificate yang mencakup domain www dan non-www.

Dengan Domain Validation (DV), sertifikat SSL ini hanya bisa mengamankan satu nama domain utama karena memang memiliki tipe single domain.

Baca Juga: Masalah SSL Error pada Website dan Cara Mengatasinya

7. Comodo Elite SSL

Sebanyak 99.9 persen pengguna internet mengakui bahwa Comodo SSL jenis Elite secara ideal mampu melindungi web server sebuah perusahaan.

Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan sertifikat ini karena harganya cukup murah. Perangkat ini dirancang khusus untuk melindungi intranet dan ekstranet juga.

Baca Juga: Cara Install SSL OpenLiteSpeed di Ubuntu 18.04

8. Comodo Instant SSL Certificate

Comodo SSL yang divalidasi oleh Organization Validation (OV) ini tidak hanya untuk mengenkripsi informasi dan komunikasi. Namun, kamu juga bisa menggunakannya sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Caranya adalah dengan menggunakan Comodo Secure Seal yang memberi informasi bisnis kamu saat pelanggan mengarahkan kursor di atasnya.

Baca Juga: Cara Instalasi Let’s Encrypt SSL

Jadi, Pilih Sertifikat Comodo SSL yang Mana?

Sekarang kamu sudah lebih tahu tentang Positive SSL Comodo, kan? Memang ada banyak jenis produk SSL yang disediakan oleh brand ini, dan masing-masing jenisnya bisa kamu sesuaikan dengan keperluanmu.

Sebaiknya memilih sertifikat SSL yang paling sesuai dengan kebutuhan website kamu dan tentu saja beli di tempat penyedia SSL terbaik dan terpercaya seperti Dewaweb. Dengan mempercayakan websitemu kepada Dewaweb, kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Ninja Support dari Dewaguard akan senantiasa membantumu selama 24 jam setiap hari! Ditambah lagi, Dewaweb sudah bersertifikat keamanan internasional ISO 27001 yang akan menjamin websitemu selalu aman dari serangan siber!

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Kamu juga dapat membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.