Akses SSH di Dewacloud

Akses SSH di Dewacloud

Dewacloud PaaS mendukung akses melalui SSH dengan salah satu cara berikut:

Web SSH

Akses ke separate node di dalam environment-mu berdasarkan pada user’s session. Untuk memulai koneksi, klik tombol Web SSH di sebelah environment yang diinginkan pada dashboard.

Ini memungkinkanmu untuk terhubung dari mana saja melalui internet, hanya dengan menggunakan browser.

Akses Web SSH Dewacloud

Kamu dapat mengakses container mana saja langsung melalui browser dengan menggunakan Web SSH dari Dewacloud. Kamu hanya perlu meng-klik tombol Web SSH yang ada di samping masing-masing node dalam sebuah environment (lihat gambar di bawah).
web ssh dewacloud
Dengan berbagai opsi yang tersedia di tools panel, kamu dapat melakukan dua hal:

  • berganti ke beberapa nodes pada layer dengan horizontal scaling dengan memilih menggunakan menu drop-down yang berisi Node ID.
  • membuka tab baru yang terhubung ke container yang sedang dipilih dengan meng-klik Duplicate Session. Dengan opsi ini, kamu dapat menjalankan beberapa operations dalam satu node secara bersamaan (contoh: memantau log di satu tab, dan melakukan perubahan pada aplikasi di tab lain).

Selain itu, Web SSH juga memiliki beberapa shortcut yang akan memudahkan proses pengelolaan aplikasi. Daftar shortcut ini juga dapat kamu akses dengan mengarahkan kursor ke ikon keyboard di sudut kanan atas.

  • Copy (Ctrl + Shift + C)
  • Paste (Ctrl + V)
  • Settings (Ctrl + Shift + Alt) – digunakan untuk mengatur emulator seperti mengubah metode input, mengubah teks di clipboard secara manual, dsb.

Gate SSH

Jenis koneksi yang didasarkan pada penggunaan SSH key pair dan memungkinkan akses untuk ke keseluruhan akun Dewacloud, atau hanya pada container tertentu saja.

Hal ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi karena hanya menghubungkan instance (database, application server, dsb) dengan private SSH key yang cocok dengan public key, yang disimpan di pengaturan akunmu.

Akses melalui SSH Gate Dewacloud

Untuk membuat koneksi melalui SSH Gate Dewacloud, kamu perlu membuat SSH key pair dan menambahkan public key ke akun kamu melalui dashboard.

Kemudian, cari SSH connection string untuk akun kamu dengan meng-klik tombol settings di dashboard.

Pada halaman pengaturan, kamu akan menemukan jendela SSH Keys > SSH Connect. Di halaman ini, kamu dapat melihat informasi yang diperlukan untuk mengakses akun, termasuk SSH connection string.
gate ssh

Sekarang, kamu dapat mengakses seluruh akun Dewacloud atau container tertentu saja.

Akses SSH ke Akun Dewacloud

Untuk mengakses SSH ke akun Dewacloud, kamu perlu melakukan beberapa pengaturan sebagai berikut:

Linux/MacOS/FreeBSD
Buka terminal dan jalankan SSH connection string seperti gambar di bawah ini.
ssh connection string linux

Windows
Unduh dan jalankan client SSH pilihan kamu (di sini kami menggunakan PuTTY).
SSH access PuTTy
Cari tab Session di bagian kiri, kemudian isi Host Name (atau IP address) dan Port sesuai dengan SSH

  1. Setelah terhubung, kamu akan melihat daftar environment yang ada di akun kamu. Pilih environment yang ingin diakses dengan mengetikkan angka yang ada di samping environment tersebut.
    connection string di akun Dewacloud kamu.
    environment group
  2. Setelah memilih environment, kamu akan melihat daftar container yang ada di dalamnya. Kamu cukup mengetikkan nomor untuk container yang ingin diakses.

    container list

    Master node (yang diperlukan untuk clustering, scaling, cloning, dsb.) ditandai dengan [M]. Setiap container juga dilengkapi dengan Node ID, LAN IP, WAN IP, dan Alias.

Direct Access ke Container

Kamu juga dapat langsung mengakses container yang diinginkan dengan melewati langkah-langkah pemilihan environment dan node.

Kamu cukup perlu menggunakan Node ID untuk container (dapat dilihat di dashboard) yang ingin diakses di bagian awal connection string.

Dengan mengacu pada gambar di atas, kamu dapat mengakses container Tomcat dengan menggunakan connection string sebagai berikut:

[sourcecode lang=”powershell”]ssh [email protected] -p 3022[/sourcecode]

Fitur ini sangat berguna untuk automation scripts atau mengatur konfigurasi aplikasi (seperti Capistrano).