Cara Daftar Gmail dan 10 Email Gratis Terbaik - Blog Dewaweb

10 Rekomendasi Penyedia Akun Email Gratis yang Terpercaya

Surat elektronik adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan digital kita saat ini, dan tentunya penyedia layanan email gratis adalah sesuatu yang sangat berguna untuk kita.

Jika membahas soal penyedia akun email gratis, tentu yang pertama kali muncul di pikiran adalah Gmail dan Yahoo! Mail. Tetapi masih ada banyak lagi penyedia akun email gratis yang dapat kamu coba.

Di artikel ini, kamu akan menemukan rekomendasi penyedia akun email gratis yang berkualitas dan terpercaya. Yuk, langsung simak.

1. Gmail

Gmail-Email

Gmail adalah penyedia layanan email terpopuler dengan lebih dari 1.8 miliar pengguna aktif setiap tahunnya. Jika kamu pengguna Android, layanan email gratis ini akan sangat membantumu dalam menggunakan perangkatmu.

Popularitas Gmail juga dipengaruhi oleh integrasi akun Google di berbagai layanan lainnya seperti YouTube, Play Store, dan Google Maps. Selain dukungan integrasi akun ke layanan Google lainnya, kamu juga dapat menggunakan Gmail untuk mendaftar akun ke berbagai website dan aplikasi dengan satu kali klik.

2. Yahoo Mail

Yahoo-Mail

Seperti yang terlihat jelas, Yahoo Mail adalah akun email gratis yang ditawarkan oleh Yahoo! Setiap pengguna baru mendapat 1 TB gratis storage untuk email yang disimpan pada email account kamu.

Jendela penulisannya saat membuat email baru sedikit mirip dengan yang ada di Gmail. Salah satu perbedaan penting adalah bahwa Yahoo Mail memungkinkan kamu melampirkan file dari Dropbox tanpa harus meninggalkan tab pesan kamu.

Beberapa tema keren tersedia dari Yahoo Mail yang bisa mengubah seluruh latar belakang dan skema warna dari webpage kamu, desainnya cukup unik.

Yahoo Mail memungkinkan kamu mengimpor kontak dari file di komputer kamu dan juga dari akun Facebook, Google, maupun Outlook.com kamu. Hal ini memudahkan kamu dalam mentransfer kontak dari penyedia email yang berbeda ke Yahoo Mail.

Yahoo Mail memungkinkan kamu membuat hingga 500 alamat sekali pakai yang ditautkan ke alamat email utama kamu namun tidak berisi nama kamu atau data pribadi kamu yang lainnya. Hal ini sangat berguna jika kamu sering mendaftar ke akun web dan tidak ingin memasukkan pesan mereka ke kotak masuk reguler kamu.

Yahoo Mail juga memberi kamu akses ke kalender online, aplikasi pengambilan pesan dan layanan olah pesan instan. kamu bahkan dapat menghubungkan akun email eksternal ke Yahoo Mail sehingga kamu dapat menggunakan satu interface untuk mengelola semua akun email kamu, bahkan dari layanan seperti Gmail atau Outlook Mail.

3. Outlook Mail

Outlook-Mail

Outlook.com (Outlook Mail) adalah layanan email gratis dari Microsoft yang tampilan keseluruhannya seperti Gmail, memiliki interface yang solid dan mudah untuk digunakan atau diakses.

Denagn buat email gratis di Outlook, kamu bisa dengan mudah mengubah skema warna halaman email account kamu dan memilih di sebelah mana panel bacanya harus ditampilkan. Interface dari Outlook dapat kami katakan intuitif.

kamu dapat mengatur pesan baru untuk secara otomatis berpindah ke folder tertentu, dikategorikan, ditkamui atau bahkan diteruskan jika kondisi tertentu (seperti yang sudah di-setting) terpenuhi.

Selain itu, kamu juga bisa terhubung ke akun Skype, Facebook dan beberapa layanan pesan kamu yang lainnya sehingga kamu bisa tetap terhubung tanpa harus meninggalkan email account Outlook.com kamu ini.

Seperti halnya pada Gmail, Outlook Mail tersambung dengan Outlook Calendar sehingga task kamu jadi lebih mudah dilakukan. Selain itu, add-in juga didukung dalam layanan email semacam PayPal, DocuSign, Trello, Boomerang, GIPHY dan banyak task tools lainnya.

Baca Juga: 10 Cara List Building untuk Kembangkan Daftar Email kamu

4. AOL Mail

AOL-Email

Pada halaman utama AOL Mail, kamu dpat menemukan email kamu sekaligus menampilkan stories atau news dari AOL.com. Hal ini bisa jadi fitur tambahan yang bagus atau bisa juga tampak berantakan tergantung pada preferensi pribadi kamu.

Seperti beberapa penyedia email yang umum, kamu dapat dengan cepat memfilter pesan kamu agar hanya menampilkan email yang belum dibaca atau sudah dibaca, atau pesan yang ditkamui atau tidak ditkamui.

Banyak pengaturan lanjutan dapat disesuaikan seperti mengubah sensitivitas filter spam, mengendalikan siapa yang dapat mengirimi kamu surat, memungkinkan panel baca dan pemblokiran surat yang berisi kata-kata tertentu seperti yang sudah kamu atur untuk ada di badan email.

Kami juga menyukai salah satu kelebihan AOL bahwa kamu dapat mengkonfigurasi peringatan agar AOL mengirimi kamu pesan teks peringatan khusus bila kriteria tertentu terpenuhi (seperti jika email dari kontak tertentu yang menyertakan kata-kata tertentu di subjek atau badan emailnya lalu masuk ke inbox kamu).

5. Yandex Mail

Yandex-Email

Yandex adalah perusahaan Rusia yang menyediakan banyak online tools selain akun email gratis (semacam browser internet, layanan cloud storage 10 GB dan mesin pencari.

Mirip dengan Google (ke YouTube, Google Drive, dsb), akun email Yandex memungkinkan kamu untuk mengakses semua layanan yang ada lewat satu kali login.

Interface dari Yandex Mail dapat kami katakan sangat bagus. Bagus dalam artian teksnya mudah dibaca dan layout yang tersedia sangat sederhana tampilannya tetapi tetap menjaga semua tools yang diperlukan tetap utuh dan mudah ditemukan atau diakses.

Pada Yandex, kamu dapat meneruskan banyak pesan dengan mudah.

Yandex dapat mengirim pesan seperti lampiran file, mengimpor file langsung dari Yandex.Disk, mengirim salinan pesan dari SMS, mengimpor gambar melalui URL, mendownload email ke file EML, menunda kapan email dikirim, memberitahu kamu saat pesan sudah terkirim. Bahkan mengingatkan kamu sekamuinya pesan yang kamu kirim tidak mendapat jawaban atau balasan email.

Tersedia juga puluhan tema yang bisa kamu pilih untuk langsung mengubah tampilan halaman email account kamu. Beberapa tema bahkan dapat berinteraksi dengan user di next level, seperti tema Weather yang bisa menunjukkan pada kamu cuaca yang sedang berlangsung di wilayah kamu.

kamu bisa menambahkan akun email lainnya ke Yandex Mail jika kamu lebih suka membaca semua surat kamu di satu tempat. Ini berarti kamu bisa membuat akun Gmail dan Yahoo Mail misalnya, kemudian membacanya di satu inbox pada Yandex Mail.

Sesuatu yang menarik dari Yandex Mail adalah ketika kamu menerima email dari seseorang, profil online mereka juga ditampilkan, seperti misalnya akun Facebook mereka. Ini sangat membantu jika kamu untuk mengenali siapa pengirim jika kamu menerima email dari seseorang yang tidak ada dalam daftar kontak kamu.

Domain atau alamat dari akun email yang dibuat di Yandex, semuanya diakhiri dengan @yandex.com.

6. ProtonMail

Proton-Email

Perbedaan utama antara ProtonMail dan layanan email lainnya di atas adalah bahwa email account satu ini sangat fokus dalam pengelolaan enkripsi.

Intinya adalah kamu bisa mengirim surat tanpa rasa takut kalau-kalau orang-orang pengguna ProtonMail, atau siapapun selain penerima pesan bisa melanggar privasi kamu, bisa membaca pesan apa yang sedang dikirimkan.

kamu juga dapat memilih untuk mengenkripsi pesan dengan pengaturan khusus, di mana kamu dapat mengatur waktu kedaluarsa sehingga pesan hancur seketika dan tidak terbaca setelah durasi yang sudah kamu tentukan (waktu akan dimulai begitu kamu mengirim pesan). Keren kan?

Waktu kedaluwarsa maksimum adalah empat minggu (28 hari) namun kamu juga dapat memilih kurun waktu yang lebih cepat, seperti 1-6 hari atau 1-23 jam, atau kombinasi keduanya (misalkan satu hari lebih empat jam).

Jika kamu mengirim pesan ke pengguna yang non-ProtonMail dan tidak menentukan waktu kedaluwarsa, pesan akan tetap kedaluwarsa dalam 28 hari.

Penerima pesan yang menerima pesan terenkripsi membuka pesan melalui tautan yang nantinya akan meminta kata sandi pada penerima dan akan ditampilkan lewat tautan di browser. Mereka bisa membalas melalui saluran terenkripsi terhadap pesan yang sama, tetapi si penerima tidak perlu memiliki akun ProtonMail terlebih dahulu.

Karena ada versi premiunya, yang gratis dibatasi cuma sampai 500 MB ruang penyimpanan dan hanya bisa mengirim hingga 150 pesan per hari (yang sebenarnya lebih dari cukup buat kebanyakan orang).

Baca Juga: Memperbaiki Masalah Email di CloudFlare CDN

7. Zoho Mail

Zoho-Email

Hal pertama yang kami perhatikan dari Zoho Mail adalah, saat membuat pesan desainnya sangat bersih atau minimalis (enak dipkamung). Hal itu bisa menjadi sesuatu yang berarti, di mana kamu jadi lebih nyaman saat mengakses email kamu karena tampilan yang bagus.

Saat kamu membuat pesan baru, kamu dapat dengan cepat dan mudah beralih ke pesan baru atau sisa surat kamu lewat tab kecil di sisi kanan halamannya.

Soal konten pesan, kamu bahkan dapat menambahkan gambar dari URL dan memasukkan tabel ke dalam pesan kamu.

Selain itu, Mudah sekali untuk membuat catatan/ tugas/ acara kalender/ kontak/ bookmark di Zoho Mail karena Zoho terkait dengan beberapa aplikasi task Zoho yang lainnya.

Stream yang tertera di Zoho adalah fitur dari Zoho Mail yang memudahkan grup kamu dan anggota tim yang kamu masukkan untuk dapat berinteraksi dengan suatu pesan dan lampiran secara bersama-sama. Hal ini sudah seperti situs media sosial pribadi kamu dan circle kamu.

8. Mail.com

Mail-Email

Perbedaan utama yang dapat kami temukan di Mail.com bila dibandingkan dengan penyedia email account lainnya dalam daftar ini adalah kamu dapat memilih kurang lebih 200 domain (kombinasi nama email) gratis lainnya.

kamu tak akan terbatas mendapat nama email seperti [email protected] atau [email protected] kamu dapat memilih dari daftar yang disediakan oleh Mail.com yang mana jumlah variasinya sangat banyak.

Domain email dikategorikan menjadi beberapa bagian sehingga mudah ditemukan. Domain yang tersedia berkaitan dengan pekerjaan, hobi, teknologi, dan musik tertentu. Ada juga domain dunia dan spiritual. Terkesan aneh? Tetapi hal ini dapat dikatakan menarik.

Beberapa pilihan teratas yang biasa digunakan orang contohnya mail.com, email.com, usa.com, myself.com, post.com, dr.com, techie.com, engineer.com, cheerful.com dan writeme.com.

Begitu kamu membuat akun email kamu, kamu bahkan dapat membangun hingga 10 alamat yang sesuai dengan alamat “utama” kamu. Misalnya, jika kamu membangun alamat doglover.com sebagai alamat utama kamu, dan kemudian menggunakan alamat asia.com sebagai nama lainnya, semua pesan yang dikirim ke salah satu alamat akan masuk ke satu inbox doglover.com kamu.

Soal akses, kamu tak perlu khawatir. kamu dapat berkirim-kiriman pesan dengan para pengguna email account lainnya. Mail menyediakan filter, kalender dan batas penyimpanannya sebesar 2 GB.

9. Tutanota

Tutanota-Email

Tutanota (bahasa Latin untuk “tuta nota”, yang berarti “pesan aman”) mirip dengan layanan ProtonMail di atas sehingga secara otomatis Tutanota ini bisa mengenkripsi semua email kamu. Namun, kamu bisa juga menonaktifkan enkripsi end-to-end jika kamu mengingin pengaturannya seperti itu.

Hal pertama yang menonjol dari layanan email satu ini adalah kamu tidak dapat melanjutkan pembuatan akun atau registrasi sampai kamu membuat kata sandi yang benar-benar aman.

Beberapa email account lainnya akan mendesak kamu untuk membuat kata sandi kamu lebih kuat tetapi akhirnya tetap diterima; Tutanota berlaku ketat soal password email.

Interface web yang baik membuat email account satu ini jadi sangat mudah untuk digunakan dan menyediakan transisi menu yang efektif, di mana folder email dan pengaturan email-nya disatukan menjadi sederhana dan mudah diakses.

Saat mengirim pesan ke pengguna non-Tutanota, kamu dapat memilih untuk membuatnya dilindungi kata sandi atau membuatnya tidak terenkripsi.

Jika password sudah kamu pilih, penerima akan mendapatkan custom link untuk membuka pesan, di mana mereka harus memasukkan password yang kamu buat tadi untuk membaca dan membalas email dari kamu.

Mungkin fitur paling bagus tentang Tutanota adalah ketika kamu sebagai pengguna Tutanota dapat saling berkirim pesan dengan pengguna lain yang tidak menggunakan Tutanota.

Pesannya masih ada di dalam akun sementara Tutanota. Ini berarti kamu dapat berkomunikasi dua arah dengan layanan email lainnya dan mereka dapat membuka tautan-tautan yang ada seperti telah kami jelaskan sebelumnya.

Tutanota menyediakan aplikasi mobile, baik untuk Android maupun iOS. Lalu soal batas penyimpanan atau storage emailnya, tersedia sebesar 1 GB.

Baca Juga: Cara Optimasi Email Marketing untuk Meningkatkan Open Rate dan CTR

10. Unseen.is

Unseen-Email

Unseen.is adalah layanan komunikasi pribadi yang menyediakan solusi pengiriman pesan berbasis single web untuk mengenkripsi email, file, instant messenger dan discussion board.

Unseen ingin mengganti jaringan sosial yang dianggap tidak aman seperti Facebook dan Twitter. Lalu Unseen ingin mengambil alih para user yang telah menggunakan email account populer semacam Gmail atau Yahoo.

Email account populer tersebut dianggap tidak aman dari pengawasan pihak ketiga. Data-data kamu dianggap dapat diambil pihak-pihak yang membutuhkannya untuk bisnis mereka.

Tidak percaya? Pernah merasa kamu sedang membicarakan soal perjalan ke Jepang dengan sesama pengguna email lain lalu tiba-tiba masuk iklan dari agen perjalanan soal trip ke Jepang?

Perusahaan ini memiliki data homebase di Islandia untuk menyulitkan pemerintah AS yang kabarnya berusaha melakukan surveillance ke semua pengguna internet lewat email mereka.

Unseen.is menerapkan metode enkripsi sendiri, mengklaim bahwa email account ini dapat menghindarkan kamu dari kemungkinan interupsi pihak yang tak diinginkan terhadap kunci enkripsi kamu.

Unseen.is dapat mengamankan data kamu dengan algoritma One Time Pad, di mana keyword tidak terulang dan setiap pesan dienkripsi secara terpisah dengan kuncinya sendiri.

Email account ini banyak digunakan oleh para pengguna internet yang ingin melindungi dirinya dari pengawasan orang-orang yang tak diinginkan demi menjaga privasi mereka dalam berkirim-kiriman pesan dengan sesama pengguna Unseen lainnya (kamu tak dapat mengirim pesan dari akun Unseen ke alamat email dari akun lainnya selain Unseen).

11. Mozilla Thunderbird

 

Itulah penjelasan untuk buat akun Gmail beserta rekomendasi email gratis yang bisa kamu gunakan. Semoga membantu!