dewaweb-blog-segala-hal-tentang-alexa

Ada banyak tools analisa website di luar sana. Salah satu yang terkenal adalah Alexa. Tools marketing milik Amazon ini menyediakan data lengkap sebuah website dan juga memberi Anda ranking website berdasarkan data mereka yang disebut Alexa Rank.

Apa itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah sebuah tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk me-ranking website popular. Alexa Rank banyak digunakan oleh bisnis untuk menganalisa kompetisi. Ranking Alexa ditentukan dengan menggabungkan data estimasi jumlah pengunjung website dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website.

Alexa sendiri awalnya adalah perusahaan di California yang didirikan pada tahun 1996 dan diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999. Alexa memang fokus di bidang pengumpulan data traffic website. Pada awalnya, Anda membutuhkan toolbars dan extension browser untuk mengumpulkan data. Dengan data-data ini, Alexa membantu berbagai bisnis untuk berkembang. Salah satunya adalah Wayback Machine, sebuah arsip Internet. Tetapi produk mereka yang paling terkenal adalah Alexa Rank – sebuah metric yang menyusun ranking website sesuai dengan popularitasnya atau berapa banyak orang yang mengakses dan menggunakan website itu dalam tiga bulan terakhir.

Baca juga: Tips SEO: Google SERP Snippet Untuk Meningkatkan Traffic Website

Bagaimana Alexa Rank Menyusun Ranking?

Menurut penjelasan resmi dari Alexa, ranking mereka dihitung dengan mengkombinasikan jumlah visitor setiap harinya dengan jumlah pageview yang didapatkan sebuah website dalam tiga bulan terakhir.

Data-data ini dikumpulkan dari pengguna user internet yang menggunakan satu dari 25,000 extension browser di Google Chrome, Firefox, atau Internet Explorer yang menginstal script Alexa di dalamnya.  Kemudian Alexa menggunakan algoritma mereka untuk memperbaiki data-data yang dirasa bias untuk memberikan data yang lebih akurat. Selain itu, ada beberapa website yang memiliki coding Alexa di websitenya sehingga Alexa tahu berapa banyak orang yang datang ke website tersebut dengan lebih akurat. Karena data yang dikumpulkan dari penggunaan user internet hanyalah estimasi.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Alexa menggunakan data dari pihak ketiga supaya bisa memberikan data dari sumber yang lebih luas. Kalau Anda mengunjungi website Alexa, Anda bisa langsung melihat ranking sebuah website tanpa harus menginstall extensions atau widget. Rankingnya tersedia secara global dan menurut negara.

Cara Cek Alexa Rank

Bagi Anda yang ingin mengecek ranking Alexa untuk sebuah website, caranya sendiri sangat mudah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda tidak perlu menginstall extensions atau widget untuk melihat ranking sebuah website di Alexa. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Alexa.

alexa rank analisa traffic website dewaweb

Seperti yang bisa Anda lihat di tampilan di atas, Anda tinggal memasukkan domain website yang ingin Anda check dan klik Find. Setelah itu, Anda akan melihat halaman hasil yang berisikan data-data detail tentang website tersebut. Untuk artikel ini, kami memasukkan Wikipedia.

alexa rank ranking website global dewaweb

Hal pertama yang akan Anda lihat adalah ranking global dan ranking website tersebut di negara yang Anda pilih.

alexa rank demographics kompetitor dewaweb

Selain itu, Alexa juga menyediakan data pengunjung website yang sayangnya hanya bisa dilihat jika Anda menggunakan plan berbayar Alexa. Tetapi, Anda bisa melihat letak geografis pengunjung Wikipedia dan detailnya ada di sebelah kanan. Untuk akses gratis, mereka hanya memperlihatkan lima negara yang paling banyak mengakses Wikipedia.

alexa rank engagement dewaweb

Di bagian selanjutnya, Anda bisa melihat engagement di website yang Anda masukkan. Seperti yang bisa Anda lihat di gambar di atas, Anda bisa melihat bounce rate, jumlah halaman yang diakses oleh setiap pengunjung, dan berapa lama seseorang menghabiskan waktu di Wikipedia. Di bawahnya, Anda bisa melihat darimana orang-orang menemukan akses ke website Wikipedia dan keyword apa saja yang digunakan orang-orang sampai mereka bisa menemukan Wikipedia.

alexa rank website analytics dewaweb

Jika Anda ingin tahu lebih banyak, Alexa juga menyediakan data tentang website apa yang diakses pengunjung sebelum mereka masuk ke website Wikipedia dan website apa yang akan mereka kunjungi setelah mereka keluar dari website Wikipedia (fitur berbayar).

alexa rank website link dewaweb

Tidak hanya itu, mereka juga memberi tahu website mana saja yang memberikan backlink ke Wikipedia dan website-website lain yang berhubungan dengan Wikipedia.

alexa rank website data dewaweb

Alexa juga memberi tahu Anda halaman atau sub domain (jika ada) mana saja yang dikunjungi oleh pengunjung website. Setelah itu, Anda bisa melihat bahwa Alexa juga memberi tahu Anda berapa cepat (atau lambat) waktu loading website tersebut.

alexa rank website wikipedia dewaweb

Terakhir, Alexa memberi tahu Anda dimana Anda bisa mendapat informasi lebih banyak tentang website yang Anda cek. Ada juga tambahan data demographic tentang pengunjung website di bagian paling bawah.

Apakah Alexa Rank Akurat?

Dari yang kita lihat, Alexa menyediakan data yang cukup lengkap. Terutama jika Anda ingin mengukur kompetisi Anda. Tetapi apakah data-data ini akurat?

Pertanyaan ini belum memiliki jawaban absolut. Ada yang menganggap bahwa Alexa menyediakan data yang cukup bisa dipercaya. Tetapi banyak juga yang masih menggabungkan data Alexa dengan data dari tools analisa website yang lebih terkenal seperti Google Analytics.

Kenapa begitu?

Orang-orang mengatakan bahwa Alexa belum bisa mengumpulkan data akurat dan real-time dari semua orang karena tidak semua pengguna internet menginstall extension yang memiliki script Alexa di dalamnya. Selain itu, tidak semua website memasukkan script Alexa ke dalam website mereka agar bisa dilacak oleh Alexa. Jadi data mereka sebenarnya berasal dari sumber yang terbatas.

Selain itu, Alexa juga belum benar-benar transparan tentang bagaimana cara mereka menentukan ranking website mereka. Mereka belum buka-bukaan soal asal data mereka dan bagaimana mereka menghitung metrics-nya. Kita hanya tahu bahwa mereka menggunakan dua metrics (pengunjung harian dan pageviews 3 bulan terakhir) sebagai metrics utamanya. Banyak orang yang merasa bahwa ini saja tidak cukup.

Jadi, apakah ranking Alexa penting?

Untuk pertanyaan ini, jawabannya sebenarnya relatif. Untuk kebanyakan webmasters, ranking website adalah suatu faktor yang penting. Karena dari ranking website, Anda bisa tahu apakah strategi SEO Anda sudah berjalan dengan baik atau belum. Tetapi, jika Anda ingin tahu apakah website Anda bekerja dengan baik, ada baiknya Anda tidak hanya menggunakan Alexa Rank saja. Anda tentu boleh menganalisa website dengan Alexa Rank, tetapi analisa juga website Anda dengan tools analisa website lain untuk memastikan akurasinya.

Kalau Anda ingin melihat website kompetitor Anda, Alexa Rank bisa memberi Anda gambaran tentang website mereka. Data-data yang disediakan Alexa Rank bisa memberi tahu Anda apakah website kompetitor Anda popular dan bagaimana website mereka jika dibandingkan dengan website Anda.

Bagi Anda yang menggunakan ads sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog Anda, ada banyak advertiser yang mengecek sebuah website dengan menggunakan Alexa. Banyak advertisers yang menggunakan ranking Alexa untuk memutuskan apakah website Anda memiliki potensi marketing yang tinggi; apakah iklan mereka akan banyak dilihat dan mendapat banyak klik jika dipasang di website Anda? Kebanyakan advertisers menggunakan Alexa untuk memberi mereka gambaran apakah website kamu bisa mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu, ranking Alexa bisa jadi penting untuk Anda.

Download Gratis eBook Sukses Online Dewaweb

Cara Meningkatkan Alexa Rank

Jika Anda merasa ranking Alexa penting bagi website Anda, maka Anda harus meningkatkan Alexa Rank website Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan Alexa Rank website Anda:

Install toolbar Alexa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, agar data website Anda bisa masuk ke database Alexa, Anda perlu menginstall toolbar atau extensions Alexa di browser Anda. Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan Alexa Rank adalah dengan menginstall toolbar Alexa. Setiap kali Anda mengunjungi website Anda, datanya akan masuk ke database Alexa. Ini bisa membantu Alexa Rank website Anda untuk mengalami kenaikan yang signifikan. Untuk menginstall toolbar Alexa, Anda tinggal mengunjungi halaman download toolbar Alexa dan mengikuti langkahnya.

Install widget Alexa di website Anda

Selain toolbar, Anda juga perlu menginstall widget Alexa di website Anda. Kenapa? Toolbar Alexa hanya merekam kunjungan yang datang dari browser Anda. Jadi kalau pengunjung website kamu tidak memiliki toolbar Alexa, kunjungan mereka tidak akan dihitung oleh Alexa. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Install widget Alexa di website Anda. Widget Alexa di website Anda menghitung semua kunjungan ke website Anda. Bagi Anda yang menggunakan WordPress, Anda bisa langsung menginstall plugin Alexa Rank Widget.

Buat dan post konten yang menarik dan memiliki nilai

Konten adalah hal penting untuk website. Untuk mendapatkan banyak pengunjung dan traffic, tentunya Anda memerlukan konten yang menarik dan dioptimasi untuk SEO.  Anda pasti tahu bahwa search engine atau mesin pencari suka dengan konten yang mendapat banyak klik. Jika website Anda memiliki ranking tinggi di mesin pencari, ranking Anda di Alexa juga akan ikut naik.

Selain itu, dengan konten yang menarik dan memiliki nilai, Anda mungkin akan mengundang visitor untuk kembali mengunjungi website Anda di waktu lain. Ini juga bisa membantu meningkatkan Alexa Rank Anda. Coba lakukan strategi digital marketing lainnya seperti social media marketing, email marketing, dan sebagainya untuk menarik kembali orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda.

Simpulan

Di artikel ini, kami sudah membahas tentang Alexa Rank. Alexa Rank bisa memberi Anda gambaran tentang popularitas sebuah website. Ini tentunya sangat berguna jika Anda ingin melihat seberapa sukses kompetitor Anda. Selain itu, jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog Anda, Alexa Rank banyak digunakan oleh advertisers untuk melihat seberapa bagus website Anda dan apakah mereka akan mendapat banyak keuntungan dengan beriklan di website Anda. Meskipun masih ada banyak debat tentang akurasi Alexa Rank, Alexa bisa menjadi satu tools yang membantu Anda untuk mengevaluasi sebuah website. Jika Anda ingin berbagi pengalaman menggunakan Alexa atau memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini membantu!