10+ Aplikasi Pengganti YouTube yang Tidak Kalah Seru

10+ Aplikasi Pengganti YouTube yang Tidak Kalah Seru

Ada banyak pilihan aplikasi pengganti YouTube yang dapat digunakan untuk mendapatkan hiburan, edukasi, dan lain sebagainya. Meski berbeda-beda, aplikasi seperti YouTube ini memiliki berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang.

Buat kamu yang belum tahu, di artikel ini Dewaweb berikan daftar aplikasi pengganti YouTube yang bisa kamu jadikan pilihan. Simak daftarnya di bawah ini ya!

Baca Juga:10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

1. Vidio

aplikasi pengganti YouTube - vidio

Vidio bisa menjadi aplikasi pengganti YouTube untuk menonton video. Situs web video streaming ini cukup populer digunakan, terlebih Vidio merupakan karya anak bangsa yang membanggakan.

Selain menyediakan tayangan hiburan seperti film nasional, sinetron dan tayangan olahraga, di Vidio kamu bisa menonton siaran live streaming dari berbagai televisi nasional. Bagi pecinta drama Korea, jangan khawatir! Kamu juga bisa menonton tayangan drakor favorit di Vidio.

Sayangnya, beberapa tayangan eksklusifnya hanya bisa kamu nikmati bila kamu berlangganan dengan akun premium.

2. TED

aplikasi pengganti YouTube - ted

Butuh tayangan inspiratif untuk ditonton saat mengisi waktu luang? TED cocok jadi pilihan! Di TED, kamu bisa menonton video talkshow, presentasi live streaming, seminar hingga podcast dari pembicara-pembicara yang hebat. Sebut saja Jeff Bezos, Michelle Obama dan Bill Gates pernah menjadi pembicara di TED.

TED (Technology, Entertainment, Design) adalah organisasi non profit yang pada mulanya menyelenggarakan konferensi dengan fokus di bidang teknologi dan desain, yang dikenal dengan nama TED Talk.

Seiring perkembangannya, TED melebarkan topik pembahasannya hingga ke bidang bisnis, personal growth, lingkungan, aktivis, kesehatan, budaya, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menambah pengetahuan di waktu luang dengan menonton tayangan-tayangan TED.

3. Dailymotion

Situs video selain YouTube lainnya adalah Dailymotion. Dailymotion termasuk salah satu situs web berbasis video yang paling banyak dikunjungi dan layak kamu coba. Dailymotion menyediakan beberapa kategori untuk koleksi videonya di antaranya news, sports, entertainment dan music.

Sama seperti YouTube, situs streaming video ini menyediakan berbagai macam konten mulai dari olahraga, entertainment hingga politik. Dailymotion mengizinkan penggunanya untuk berbagi video. Tampilan antarmukanya cukup sederhana bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Video dari Facebook ke HP atau PC

4. Plex

Pilihan selanjutnya ada Plex. Layanan streaming video ini menyediakan berbagai tayangan hiburan yang bisa kamu tonton di waktu luang. Lebih dari 20.000 film dan show juga Live TV dari 130 channel yang bisa dinikmati gratis di Plex. Selain itu kamu juga bisa mendengarkan koleksi podcast yang mereka sediakan.

Baik pengguna Android maupun iOS, Plex bisa kamu download di HP ataupun PC. Jadi, kamu bisa menonton tayangan di berbagai device yang kamu miliki. Plex juga menyediakan opsi akun berbayar. Fasilitas yang didapatkan penggunanya antara lain dapat mengunduh video, menonton tayangan 4K, record live TV dan masih banyak lagi.

Baca juga: 17 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop dan HP, Wajib Coba!

5. iQIYI

iqiyi

iQIYI bisa jadi opsi apk mirip YouTube yang layak kamu coba. Di iQIYI, kamu bisa menikmati beragam serial, drama dan film dari Korea, Jepang dan China.

Selain itu, kamu juga bisa menonton berbagai koleksi serial anime populer seperti One Piece, Attack on Titan, Naruto, Sailormoon dan masih banyak lagi yang ditawarkan di dalamnya.

iQIYI disediakan secara gratis. Namun, jika ingin merasakan pengalaman menonton yang lebih nyaman, kamu bisa daftar ke akun premium. Dengan akun premiumnya, pengguna bisa menonton tayangan berkualitas 1080P, tanpa jeda iklan, dan bisa dipakai pada beberapa device.

Baca Juga: 9 Cara Menambah Viewer YouTube supaya Video Kamu Trending

6. Twitch

Bagi para penikmat gaming, Twitch layak kamu coba. Twitch merupakan platform populer bagi para video gamers untuk membagikan konten video gaming mereka secara langsung.

Bagi para penggunanya, Twitch sering dimanfaatkan untuk mempelajari pengembangan software, tutorial video game dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi lainnya. Di Twitch, kamu juga bisa chatting dengan para pengguna lain untuk mencari referensi game seru yang sedang tren.

7. Nimo TV

nimo tv

Selain Twitch, bagi penyuka game kamu bisa coba Nimo TV. Platform video streaming ini cukup populer di kalangan para gamers.

Pengguna Nimo TV bisa melihat siaran langsung atau video rekaman dari live streaming pertandingan game yang paling update sekalipun. Pilihannya mulai dari Mobile Legends, PUBG, Free Fire hingga GTA5 dan masih banyak lagi.

Kamu tinggal memilih di kategori game favoritmu baik mobile ataupun PC game, dan pilih siaran sesi game dari para gamers populer yang ingin kamu tonton.

Selain itu, kamu juga bisa menonton pertandingan e-sport yang disediakan di dalamnya. Nimo TV merupakan paket komplit bagi penyuka game untuk mengisi waktu luang.

Baca juga: 20 Tips untuk Menambah Subscriber YouTube 

8. 9Gag

9Gag juga bisa menjadi salah satu pilihan platform untuk menonton video, terutama konten-kontennya yang jenaka. Meski lebih terbatas bila dibandingkan pesaingnya, klip-klip pendek di situs ini juga cukup menghibur penggunanya.

Portal video alternatif YouTube satu ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir kebosanan. Tak hanya video, 9Gag juga menyediakan konten meme dan GIF yang menghibur ketika pengguna melakukan scrolling di homepage.

9. Netflix

aplikasi pengganti youtube - netflix

Netflix merupakan penyedia layanan media streaming digital. Salah satu yang terpopuler di berbagai kalangan saat ini. Meski bukan sebagai platform membagikan video, Netflix bisa jadi pilihanmu jika kamu bosan menonton konten video dan ingin beralih menonton series, drama dan film.

Untuk menikmati tayangan Netflix, penggunanya diharuskan untuk berlangganan. Tapi tak usah khawatir, bagi pengguna baru, kamu tetap bisa menikmati tayangannya selama masa free trial. Meski diharuskan membayar, tayangan Netflix sangat beragam, berkualitas dan worth it untuk ditonton.

10. Metacafe

Masih belum cukup dengan pilihan-pilihan di atas? Kamu bisa coba Metacafe yang bisa disebut sebagai aplikasi seperti YouTube. Mirip seperti YouTube, kamu bisa menikmati beragam konten mulai dari hiburan, game, sports dan lainnya.

Tampilan antarmukanya bisa dibilang cukup sederhana untuk digunakan. Mungkin secara kualitas, video-video di YouTube masih menjadi juara. Meski begitu, Metacafe bisa dijadikan opsi situs berbagi dan menonton video selain YouTube.

11. Imgur

Imgur adalah salah satu website untuk berbagi konten berupa gambar, meme, dan video yang digunakan oleh orang dari berbagai penjuru dunia. Jadi, kamu dapat menemukan berbagai macam konten di sini — mulai dari yang menghibur hingga mengedukasi.

Desain tampilan website ini sedikit berbeda dibandingkan yang lain, namun kamu pasti dapat menggunakannya dengan mudah setelah beradaptasi.

Baca Juga: Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Terbaru 2022]

Simpulan

Nah itu dia sahabat Dewaweb, itu dia beberapa aplikasi pengganti YouTube yang bisa kamu coba. Kira-kira yang mana menjadi pilihanmu?

Ternyata cukup banyak opsi yang bisa kamu gunakan untuk menonton video. Bahkan beberapa di antaranya memiliki segmen tertentu, seperti video game dan juga talkshow. Tapi, ingat untuk gunakan layanan streaming video tersebut dengan bijak ya. Pastikan untuk menonton konten-konten yang positif dan menginspirasi.

Semoga artikel ini bisa membantumu. Jika kamu mencari artikel informatif seputar website, hosting, digital marketing, tips dan trik bisnis online, kamu bisa baca selengkapnya di blog Dewaweb ya!