Ancaman Malware Emotet: Penjelasan dan Cara Mencegahnya

Ancaman Malware Emotet: Penjelasan dan Cara Mencegahnya

Emotet adalah salah satu malware yang belakangan ini sering dibicarakan di dunia cyber security. Jenis serangan siber satu ini memanfaatkan social engineering untuk menciptakan skenario penipuan yang tampak sangat meyakinkan – bahkan cenderung sulit dibedakan dengan yang asli, terlebih oleh orang awam.

Tapi meskipun berbahaya, bukan berarti Emotet tidak dapat dicegah. Anda dapat mencegah ancaman Emotet dengan beberapa cara yang akan kita bahas di artikel ini. Yuk simak penjelasannya!

Apa itu Emotet?

Emotet adalah sebuah jenis malware dan operasi cyber crime yang diduga berbasis di Ukraina. Malware ini juga dikenal sebagai Heodo dan pertama kali terdeteksi di tahun 2014. Pada akhir tahun 2021, seorang pengamat keamanan siber dikejutkan dengan adanya penemuan bahwa Emotet masuk dalam kategori malware paling berbahaya di dunia.

Sejak kemunculannya, malware Emotet ini telah banyak digunakan oleh penjahat siber untuk melakukan aksi pemerasan terhadap sejumlah bank, perusahaan, rumah sakit dan instansi pemerintah lainnya.

Masih pada tahun awal kemunculannya, malware ini juga berhasil digunakan untuk merusak sistem milik North Carolina school district.

Baca juga : Pengertian Malware dan Pentingnya Anti Malware Dewaguard

Berdasarkan prediksi FBI, terdapat kurang lebih 45 ribu komputer di Amerika Serikat yang telah berhasil disusupi oleh malware jenis ini. Kerugian yang disebabkan oleh malware Emotet diprediksi telah mencapai puluhan juta dollar Amerika Serikat.

GData, sebuah instansi pengamat keamanan siber, mengungkapkan tanda kemunculan Emotet pertama kalinya melalui tracker-nya. Berdasarkan ungkapan ini, Trickbot malware diketahui telah mengunduh file dengan ekstensi .ddl yang kemudian diketahui sebagai salah satu variasi dari Emotet.

Menurut Lawrence Abrams, seorang peneliti keamanan siber, infrastruktur Emotet tengah dibangun ulang dengan bantuan Trojan.Trickbot.

Trickbot adalah malware yang digunakan oleh dua organisasi penjahat siber yang sangat terkenal. Dua organisasi tersebut adalah Mummy Spider dan Wizard Spider.

Para pakar telah sepakat bahwa Emotet membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat berfungsi seperti dulu. Tetapi pada penelitian yang dilakukan di bulan Desember 2021, infrastruktur Emotet dikabarkan telah terbangun kembali hingga 50%.

Tak hanya lebih cepat dari prediksinya, Emotet versi terbaru telah berhasil dikembangkan lebih canggih oleh pembuatnya. Metode enkripsi menggunakan Elliptic Curve Cryptography (ECC) yang jauh lebih kuat dibanding RSA cryptography (enkripsi versi sebelumnya). Selain itu, metode infeksi menggunakan Windows app installer packages palsu yang sangat mirip dengan aslinya juga telah diterapkan pada Emotet.

Baca juga : Cara Melindungi Komputer dari Malware dan Virus Lainnya

Malware ini sangat patut diwaspadai, terutama oleh kalangan perusahaan, bank, instansi pemerintah, dan instansi swasta yang memiliki database penting. Karena sifatnya yang tak mudah terdeteksi, Emotet akan lambat laun menguasai server sasaran dan menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Proses Penyebaran Emotet

Pada dasarnya, Emotet bertindak sebagai pembuka pintu utama dalam serangan siber. Ketika pintu utama sudah terbuka, maka sang pelaku kejahatan siber akan lebih mudah dalam menguasai sistem komputer target. Proses penyebaran Emotet dilakukan dengan cara yang profesional dan hampir tidak mencurigakan sedikitpun.

Malware Emotet ditransmisi ke perangkat korban dengan berbagai metode – namun metode penyebaran yang paling umum adalah melalui attachment pada email.

Untuk menarik perhatian korban, pelaku penyebar malware ini dengan membuat email semenarik mungkin. Umumnya, pelaku akan berpura-pura menawarkan promo, invoice, resi pengiriman, pernyataan perbankan, dan sebagainya. Selain memancing perhatian, email yang dibuat oleh pelaku juga sudah didesain agar terlihat seperti email penting dari pihak yang mereka kenal.

Para pembuat malware tidak hanya terdiri dari ahli IT saja, soal copywriting dan desain juga dikuasai oleh mereka. Sehingga email yang disebarkan terlihat sangat menarik dan tidak jarang membuat orang penasaran untuk membukanya.

Setelah korban mengunduh file tersebut dan membukanya pada komputer mereka, maka malware akan terinstal secara otomatis.

Tak hanya menjadi sebuah malware, Emotet juga menjadi salah satu layanan yang bisa disewa oleh penjahat siber lainnya. Hal ini dikarenakan cara unik Emotet dalam menguasai komputer korban hanya dengan membuka pintu utama saja dan sudah bisa menguasai komputer korban.

Baca juga : 13 Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

Keunikannya tersebut kemudian menjadikan Emotet sebagai salah satu malware paling tanggung di dunia. TrickBot dan Ryuk adalah contoh organisasi yang telah menggunakan layanan Emotet.

Cara Mencegah Emotet

Ada alasan mengapa Emotet sangat ditakuti di seluruh dunia. Kamu tidak bisa mengandalkan antivirus saja dalam mencegah Emotet, karena kode dalam malware biasanya bersifat polymorphic (selalu berubah). antivirus hanya mendeteksi malware ataupun virus lainnya yang sudah dikenal. Secara sederhana, antivirus hanya bisa mengatasi virus yang sudah ada dan kodenya tidak berubah.

Kesadaran pengguna akan ancaman ini juga dapat meminimalisir terjadinya serangan malware Emotet. Ketika pengguna lebih berhati-hati dalam memilah email yang diterima, maka kemungkinan terjangkit malware ini akan menurun secara signifikan.

Salah satu pola pikir yang sangat membantu dalam mencegah penyebaran malware adalah dengan menetapkan pandangan skeptis terhadap email yang masuk – terlebih dari pengirim tak dikenal.

Langkah sederhana dalam mencegah Emotet adalah dengan membuka email yang bersumber dari alamat email yang kita kenal saja. Jika harus membuka email dari orang yang tidak dikenal, pastikan jangan langsung mendownload attachment yang ada. Dengan begitu potensi terserang malware Emotet akan berkurang.

Lindungi Aset Kamu dari Ancaman Emotet

Emotet adalah malware yang dijadikan sebagai pintu masuk dalam serangan siber. Metode yang sering digunakan adalah melalui attachment pada email. Meskipun banyak dari kita yang sudah menggunakan antivirus, alangkah baiknya jika kita tetap lebih waspada terhadap attachment yang bersumber dari alamat email yang tidak dikenal.

Jika kamu ingin mengecek apakah email kamu sudah pernah menjadi target serangan Emotet atau belum, kamu bisa cek di Database Kepolisian Belanda.

Jangan sampai aset digital kamu terserang oleh Emotet atau malware lainnya. Konsultasikan tingkat keamanan siber di server atau fasilitas kamu ke Dewaguard. Salam sukses online!